Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Garut, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan Bersama Orang Tercinta.

Garut merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Letaknya yang tak begitu jauh dari Bandung, membuat banyak orang berkunjung kesini menghabiskan masa liburan. Di kota ini Anda akan disuguhkan beragam tempat rekreasi unik dan menarik mulai dari wisata alam hingga modern.

Kota Garut juga dikelilingi oleh berbagai gunung yang membuat udaranya semakin sejuk dan segar, sehingga sangat cocok sebagai tujuan berlibur bersama keluarga. Berikut ini ulasan deretan tempat wisata di Kota Garut yang bisa Anda pilih untuk liburan yang berkesan.

1. Leuwi Jurig

Leuwi Jurig
Image Credit: Instagram.com @garutkondusip

Leuwi Jurig merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Garut yang memiliki pemandangan luar biasa. Dalam bahasa Sunda, Leuwi Jurig memiliki makna yaitu Kolam Setan. Meski namanya sedikit menyeramkan, tetapi pemandangan alam yang disuguhkan dijamin membuat siapapun akan berdecak kagum dan terpesona. Aliran airnya sangat jernih, sehingga bisa digunakan untuk berenang sambil menikmati kesegaran air tersebut.

Lokasi: Cihikeu, Kec. Bungbulang, Kota Garut.

2. Situ Bagendit

Situ Bagendit
Image Credit: Akato.co.id

Destinasi yang kedua ini hanya berjarak sekitar empat kilometer dari pusat kota Garut. Situ Bagendit ini merupakan objek wisata alami yang menjadi salah satu favorit para wisatawan, karena tempat wisata ini menyajikan pemandangan alam yang mempesona. Tak hanya itu, lokasi wisatanya juga mudah untuk diakses. Anda bisa melakukan beberapa aktivitas untuk menikmati suasana di Situ Bagendit ini, mulai dari berkeliling danau hingga menjelajahi pasar tradisional.

Menurut legenda rakyat, destinasi wisata ini berasal dari cerita Nyai Endit yang terkenal akan kekikiran dan kesombonganya. Di Situ Bagendit ini terdapat berbagai fasilitas yang bisa Anda coba, seperti rakit serta perahu bebek. Fasilitas tersebut disediakan untuk para pengunjung, agar bisa berkeliling di sekitar danau sambil menikmati suasana yang terdapat di destinasi wisata satu ini. Dengan begitu liburan Anda dan keluarga akan semakin lengkap dan menyenangkan.

Lokasi: Desa Bagendit, Kec. Banyuresmi Kab. Garut.

3. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo
Image Credit: Google Maps (Agus Purwanto)

Candi Cangkuang ini menjadi salah satu destinasi wisata bersejarah yang ada di Garut, sehingga sangat cocok sekali untuk dikunjungi saat liburan. Letak Candi Cangkuang ini berada di sebuah daratan yang ada di tengah danau. Untuk bisa mencapai lokasi ini, Anda harus menyeberangi danau menggunakan rakit. Selain candi, di tempat wisata ini juga terdapat Kampung Pulo yang merupakan permukiman adat.

Lokasi: Jl. Darajat Leuwigoong, Cangkuang, Kec. Leles, Kab. Garut.

4. Kawasan Wisata Cipanas Garut

Kawasan Wisata Cipanas Garut
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Menjadi salah satu objek wisata yang diunggulkan di Garut, Kawasan Wisata Cipanas ini letaknya tak begitu jauh dari pusat kota Garut sehingga membuat tempat ini tak pernah sepi akan pengunjung. Terlebih lagi dengan adanya pemandangan alam yang begitu memukau. Hal ini karena letak wisata ini berada di kaki Gunung Guntur dengan hawa yang sejuk dan menyegarkan.

Lokasi: Jl. Raya Cipanas No.16, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut.

5. Kawasan Wisata Darajat Garut

Kawasan Wisata Darajat Garut
Image Credit: Google Maps (mahendra bandung)

Selain Wisata Cipanas, Kawasan Wisata Darajat Garut ini juga sangat populer di kalangan para wisatawan. Objek wisata yang ada di Garut ini menyajikan pemandangan yang luar biasa karena berada di ketinggian. Sehingga para pengunjung bisa leluasa menikmati pemandangan lembah yang mempesona di bawahnya. Di kawasan ini juga terdapat berbagai pilihan kolam pemandian air panas yang cocok digunakan untuk berendam dan bersantai menghabiskan waktu liburan.

Lokasi: Jl. Puncak Darajat Desa No.Km. 14, Karyamekar, Kec. Pasirwangi, Kab. Garut.

6. Karacak Valley

Karacak Valley
Image Credit: Reginaristiana.blogspot.co.id

Karacak Valley ini baru diresmikan pada bulan Agustus 2016 yang awalnya merupakan perkebunan kopi dan hutan pinus. Dengan potensi wisata alamnya yang sangat memukau, menjadikan tempat ini dikembangkan sebagai kawasan wisata yang menarik dan banyak difavoritkan oleh para wisatawan. Di lokasi satu ini para pengunjung bisa mendapatkan fasilitas camping ground untuk berkemah sambil menikmati suasana alam terbuka.

Lokasi: Jl. Karacak Valley, Margawati, Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kab. Garut.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sentul Bogor Terbaru & Terhits Buat Liburan

7. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa
Image Credit: Twitter.com @infogarut

Objek wisata ini sebenarnya merupakan sebuah penginapan yang memiliki konsep kebun bunga dengan beraneka macam. Hamparan kebun bunganya menjadi pemandangan alam yang begitu mempesona serta sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto yang menarik. Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa bermalam di penginapan yang disediakan di Kebun Mawar Situhapa ini.

Lokasi: Jl. Raya Kamojang KM. 5, Kec. Samarang, Kab. Garut.

8. Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas
Image Credit: Digarut.com

Kawah Talaga Bodas bukan hanya populer sebagai objek wisata, tetapi juga sangat populer sebagai kolam pemandian air panas untuk mengobati segala macam penyakit. Di destinasi wisata ini terdapat dua jenis tempat pemandian air panas yang bisa Anda pilih, yaitu kolam air panas di Kawah Talaga Bodas dengan beberapa kolam kecil terbuka dan Pancuran Tujuh Telaga Bodas.

Lokasi: Jl. Talaga Bodas No. 5, Wanajaya, Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kab. Garut.

9. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang
Image Credit: Pergidulu.com

Destinasi wisata satu ini berada di ketinggian sekitar 1.730 mdpl, sehingga membuat suhu udaranya cukup dingin. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kawah Kamojang disarankan untuk memakai jaket yang tebal. Kawah ini dikelola sebagai PLTP atau Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang dibangun pada tahun 1926 saat masa penjajahan Belanda. Konon katanya uap yang dihasilkan oleh kawah ini sangat berkhasiat untuk kesehatan kulit, serta aromanya mampu melancarkan peredaran darah.

Lokasi: Desa Randakurung, Kec. Samarang, Kab. Garut.

10. Kebun Binatang Cikembulan

Kebun Binatang Cikembulan
Image Credit: Liputan6.com

Selain menghadirkan berbagai jenis satwa, Kebun Binatang Cikembulan juga menyediakan suasana alam yang rindang dan sejuk. Tentunya hal tersebut mampu membuat para wisatawan nyaman ketika berada di tempat wisata satu ini. Di dalam Kebun Binatang ini terdapat beragam satwa langka, seperti Macan Tutul Jawa dan Harimau Sumatera. Tempat wisata ini tak hanya cocok untuk rekreasi keluarga, tetapi efektif juga sebagai sarana edukasi bagi anak anak.

Lokasi: Cikembulan, Kec. Kadungora, Kab. Garut.

11. Sabda Alam Water Park

Sabda Alam Water Park
Image Credit: Explorewisata.com

resmi dibuka pada tahun 2008, Sabda Alam Waterpark menawarkan sensasi liburan yang seru bareng keluarga dengan berbagai wahana permainan dan fasilitas yang tersedia. Menariknya, air yang mengaliri kolam renang ini berasal dari sumber air panas yang ada di Kawasan Gunung Guntur Damai. Letak gunung ini juga tak jauh dari lokasi wisata, sehingga ketika berada di Sabda Alam Water Park ini Anda bisa mendapatkan panorama pegunungan yang mempesona.

Terdapat beberapa wahana permainan seru yang patut Anda coba seperti nampan tumpah, waterboom, sliderboom, kuda laut, kolam arus, jamur payung, kolam terapi ikan, dan masih banyak lagi lainnya. Selain wahana permainan yang seru, di Sabda Alam Water Park juga menyediakan berbagai fasilitas untuk para pengunjungnya yaitu food court, baby spa, free wifi, musholla, ruang ganti, dan fasilitas pendukung lainnya.

Lokasi: Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut.

12. Darajat Pass Water Park

Darajat Pass Water Park
Image Credit: Penginapan.net

Darajat Pass Water Park ini menjadi salah satu tempat rekreasi di Garut selanjutnya. Destinasi wisata ini tak pernah sepi akan pengunjung, karena disini Anda akan diberikan suguhan sensasi liburan yang seru dan menyenangkan. Terdapat beragam wahana permainan air yang bisa Anda coba dengan aliran air hangatnya, sehingga bisa membuat tubuh Anda merasa lebih rileks dan nyaman. Tak hanya permainan air, Anda juga bisa mencoba berbagai tantangan lebih seru lainnya.

Lokasi: Jl. Darajat KM. 14, Karyamekar, Kec. Pasirwangi, Kab. Garut.

13. Situ Cangkuang

Situ Cangkuang
Image Credit: Kilaswisata.com

Wisata Garut yang tak kalah menarik selanjutnya ialah Situ Cangkuang. Danau satu ini letaknya tak begitu jauh dari destinasi wisata Candi Cangkuang. Memasuki tempat wisata ini, wisatawan akan disuguhi dengan suasana alam yang begitu menyejukkan dan asri. Di tengah danau terdapat pulau kecil, Anda bisa mencapainya dengan menggunakan rakit bambu yang dikemudikan oleh petugas disana.

Lokasi: Jl. Darajat Leuwigoong, Cangkuang, Kec. Leles, Kab. Garut.

14. Situ Kabuyutan

Situ Kabuyutan
Image Credit: Travelnatic.com

Situ Kabuyutan menawarkan sensasi liburan yang menenangkan dengan letaknya yang cukup terpencil di Garut. Lokasi danaunya dikelilingi oleh bebatuan cadas dan pohon pinus, sehingga membuat suasana alamnya terasa semakin damai dan menyejukkan mata. Pemandangan alam yang begitu indah, dengan tambahan air danau berwarna kehijauan serta kicauan burung yang bersahutan mampu menjadi penawar penat setelah rutinitas harian.

Lokasi: Desa Pasirlayung, Kec. Pakenjeng, Kab. Garut.

15. Wisata Kawah Papandayan

Wisata Kawah Papandayan
Image Credit: Instagram.com @galerigarut

Meski baru diresmikan pada tanggal 25 Juni 2017, Wisata Kawah Papandayan ini sudah menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Garut. Di kawasan ini terdapat dua kolam renang air panas yang memiliki suhu airnya sekitar 30 derajat celcius. Para pengunjung bisa berendam di kolam air panas tersebut, sembari menikmati keindahan alam yang begitu menyejukkan. Air panas tersebut dipercaya memiliki kandungan sulfur yang mampu menyehatkan badan.

Selain bisa berendam di kolam air panas, Anda juga bisa mengeksplor keindahan dari Gunung Papandayan melalui Gardu Pandang Papandayan yang letaknya tak jauh dari kawah ini. Gardu pandang tersebut bisa menjadi salah satu spot foto yang menarik karena menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Sehingga Anda bisa mendapatkan suasana liburan yang komplit disini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Sukabumi yang Populer Buat Liburan

Lokasi: Karamat Wangi, Kec. Cisurupan, Kab. Garut.

16. Papandayan Leisure Park

Papandayan Leisure Park
Image Credit: Papandayanleisurepark.com

Objek wisata yang baru dibuka awal tahun 2017 ini, telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Garut. Letaknya tak jauh dari Kawah Papandayan yaitu sekitar 2 kilometer serta sebelum mencapai area Papandayan Camping Ground. Konsep wisata yang ditawarkan Papandayan Leisure Park ini tak jauh berbeda dengan Papandayan Camping Ground, perbedaannya terletak pada beberapa spot foto yang menarik.

Lokasi: Sirnajaya, Kec. Cisurupan, Kab. Garut.

17. Hutan Mati Papandayan

Image Credit: Youtube.com (Dany Arsidad)
Image Credit: Youtube.com (Dany Arsidad)

Destinasi wisata ini menyajikan pemandangan unik berupa hutan mati yang mengering, yang diakibatkan karena letusan Gunung Papandayan di tahun 2002 silam. Meski terlihat sedikit suram, tetapi lokasi wisata ini banyak dijadikan spot foto yang unik serta artistik oleh para wisatawan. Hanya saja di lokasi ini, terdapat aroma belerang yang cukup menyengat sehingga disarankan bagi pengunjung untuk menggunakan masker.

Lokasi: Karamat Wangi, Kec. Cisurupan, Kab. Garut.

18. Tebing Alam Batu Tumpang

Tebing Alam Batu Tumpang
Image Credit: Amazingindonesia.id

Tebing Alam Batu Tumpang ini bisa menjadi pilihan tepat bagi para wisatawan yang memiliki hobi panjat tebing yang memicu adrenalin. Aksesnya yang cukup mudah karena berada di pinggir jalan, membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat wisata unik dan eksotis ini disaat liburan tiba. Selain bisa menguji adrenalin, di Tebing Alam Batu Tumpang juga bisa menyaksikan indahnya perbukitan kebun teh yang berjajar.

Lokasi: Tanjungjaya, Kec. Banjarwangi, Kab. Garut.

19. Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong
Image Credit: Kesiniaja.com

Tempat wisata ini menyajikan pemandangan alam yang mempesona dengan aliran air terjun mini serta kolamnya yang dangkal. Udara di Leuwi Tonjong juga sangat sejuk ditambah lagi dengan panorama tebing dan perbukitan hijau nan eksotis, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai spot foto yang instagenik. Selain bersantai dan menikmati pemandangan, Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti camping atau sekedar jalan jalan menyusuri sungai.

Lokasi: Jayamukti, Kec. Cihurip, Kab. Garut.

20. Leuwi Jubleg

Leuwi Jubleg
Image Credit: Bisnisbandung.com

Tak kalah cantik dengan Leuwi Tonjong, destinasi wisata ini juga menyajikan pemandangan alam yang menyejukkan dengan aliran airnya yang jernih dan menyegarkan. Kata Jubleg sendiri memiliki makna yaitu alat tumbuk tradisional yang menggambarkan bebatuan di sekeliling tempat wisata ini. Air terjun mini dengan kolam penampungnya yang jernih tersebut sangat menggoda siapapun untuk bisa merasakan kesegaran airnya yang alami.

Lokasi: Cihikeu, Kec. Bungbulang, Kab. Garut.

21. Leuwi Paranje

Leuwi Paranje
Image Credit: Ceritaparapejalan.blogspot.com

Destinasi wisata satu ini menawarkan sensasi liburan seru dengan melakukan kegiatan River Tubing. Dengan biaya yang relatif terjangkau, Anda bisa menjelajahi keindahan pemandangan sepanjang aliran Leuwi Paranje ini. Anda tak perlu khawatir, karena River Tubing ini tentunya didampingi oleh pemandu untuk mengamankan Anda. Selain pemandu, di Leuwi Paranje juga menyediakan berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti helm, body protector, dan ban.

Lokasi: Bojong, Kec. Banjarwangi, Kab. Garut.

22. Bukit Lolongokan

Bukit Lolongokan
Image Credit: Youtube.com (lim taufan irawan mirga adikusuma)

Bukit Lolongokan terletak di perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Cianjur, sehingga cukup jauh jika ditempuh dari pusat kota Garut. Keberadaan bukit ini mungkin masih belum begitu familiar di para wisatawan, tetapi sebenarnya destinasi wisata ini menyuguhkan panorama alam di atas bukit yang sungguh indah dan cocok digunakan untuk spot foto yang instagenik.

Kata Lolongokan sendiri memiliki makna menengok, yang berarti keindahan alam yang disajikan bukit ini akan membuat siapapun menengok untuk mengaguminya. Untuk akses jalan menuju Bukit Lolongokan ini lebih mudah apabila berasal dari arah Kabupaten Bandung. Sementara untuk akses yang melalui kota Garut sendiri juga mudah, namun yang menjadi kendala ialah keberadaannya yang lumayan jauh sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Lokasi: Sukamulya, Kec. Talegong, Kab. Garut.

23. Graha Liman Kencana

Graha Liman Kencana
Image Credit: Jelajahgarut.com

Pada lokasi wisata satu ini, pengunjung akan dibawa ke dalam suasana yang berbeda daripada umumnya karena Anda akan disuguhkan dengan nuansa Bali dan Keraton yang sangat khas. Dengan nuansa tersebut membuat banyak orang menyebutnya sebagai Kampung Bali. Selain keberadaan replika candi dan pura, di sekitar lokasi ini juga terdapat beragam patung yang kokoh berdiri bak penjaga.

Aroma dupa yang khas juga tercium di Graha Liman Kencana ini. Destinasi wisata yang kental akan unsur etnik dan antik ini didirikan oleh H. Derajat Hadiningrat, seorang kolektor benda bersejarah yang berasal dari keturunan Keraton Solo. Hobinya yang mengoleksi berbagai benda kuno tersebut telah dijalani sejak tahun 2004. Untuk menyalurkan hobinya tersebutlah beliau membangun Graha Liman Kencana ini.

Lokasi: Jl. Ki Hajar Dewantara No.17, Cibunar, Kec. Cibatu, Kab. Garut.

24. Wisata Kebun Jeruk Cigedug

Wisata Kebun Jeruk Cigedug
Image Credit: Pixabay.com

Kebun Jeruk Cigedug ini merupakan salah satu tempat wisata hiburan dan juga edukasi, dimana pengunjung akan diberikan beragam informasi mengenai cara penanaman bibit jeruk yang benar serta memilih buah jeruk yang siap petik. Uniknya lagi, jeruk Garut ini tak mengenal musim sehingga Anda bisa sewaktu waktu datang kesini untuk menikmati sensasi memetik jeruk dan menikmati kesegaran buahnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Cikarang Bekasi Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Raya Cikajang KM. 24, Mekarsari, Kec. Cikajang, Kab. Garut.

25. Rumah Pohon Bukit Nangklak

Rumah Pohon Bukit Nangklak
Image Credit: Garuttrip.com

Di destinasi wisata ini para wisatawan bukan hanya disuguhi dengan pemandangan alamnya yang asri dan sejuk, melainkan Anda juga bisa mencoba wahana permainan baru yang cukup memacu adrenalin yaitu Sky Bike. Lintasan Sky Bike sendiri berupa tali sepanjang 30 meter yang terhubung diantara pohon pinus yang menjulang tinggi. Untuk keamanannya sendiri tak perlu khawatir karena sudah dilengkapi dengan peralatan yang sesuai standar.

Selain Sky Bike, para wisatawan juga bisa mencoba permainan seru berupa paintball dan flying fox yang menantang. Jika ingin bermalam, Anda juga bisa merasakan sensasi menginap di Rumah Pohon Nangklak ini. Dari atas rumah pohon ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang begitu indah dan menyejukkan pikiran. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu sarana wisata untuk menghindari sejenak rutinitas harian.

Lokasi: Sirnajaya, Kec. Cisurupan, Kab. Garut.

26. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies
Image Credit: Bisnisbandung.com

Hamparan rumput hijau yang begitu luas menjadi salah satu daya tarik tersendiri di destinasi wisata satu ini. Dari puncak bukit, para wisatawan akan melihat dengan jelas indahnya pegunungan yang berjajar serta birunya lautan yang sungguh mempesona. Serta dilengkapi pula dengan sejuknya udara dan indahnya panorama alam sehingga membuat pengunjung enggan untuk segera beranjak pulang.

Lokasi: Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut.

27. Arung Jeram di Sungai Cimanuk

Arung Jeram di Sungai Cimanuk
Image Credit: Khatulistiwaadv.blogspot.com

Arus Sungai Cimanuk yang cukup deras menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan, yang ingin menikmati sensasi liburan dengan cara yang lebih seru dan menantang. Di lokasi destinasi wisata ini para wisatawan akan diajak menjelajahi derasnya aliran Sungai Cimanuk, dengan melintasi area hutan bambu serta tebing yang tinggi nan eksotis hingga persawahan yang luas membentang dengan menggunakan perahu karet.

Lokasi: Desa Simpang, Kec. Cikajang, Kab. Garut.

28. Kampung Sampireun

Kampung Sampireun
Image Credit: Hotelscombined.co.id

Kampung Sampireun merupakan salah satu resort eksklusif yang ada di Garut. Tempat ini banyak menjadi tujuan wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu lokasi ini juga sering menjadi salah satu destinasi honeymoon di Garut yang sudah terkenal. Di destinasi wisata ini Anda bisa menginap di resort yang alami di sekitar danau serta dilengkapi dengan pelayanan yang super eksklusif.

Lokasi: Jl. Raya Samarang Kamojang, Kec. Samarang, Kab. Garut.

29. Curug Sang Hyang Taraje

Curug Sang Hyang Taraje
Image Credit: Pagguci.com

Curug atau Air Terjun Hyang Taraje ini terletak cukup jauh dari pusat kota Garut, sehingga Anda perlu sedikit perjuangan untuk bisa mencapai ke tempat satu ini. Destinasi wisata ini masih terbilang alami dan sekarang semakin dikenal sebagai salah satu tujuan wisata alam yang ada di Garut. Curug Sang Hyang Taraje juga merupakan air terjun yang cukup unik dengan adanya dua air terjun kembar dengan volume air yang cukup besar dan cukup tinggi.

Tempat wisata ini memang sangat indah dan instagramable, sehingga menjadi salah satu wisata yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Menurut sebuah legenda setempat, di dekat air terjun ini terdapat sebuah batu berbentuk tapak raksasa yang konon katanya merupakan tapak Sangkuriang. Tetapi sayangnya, jarang sekali orang yang dapat menemukan adanya tapak tersebut.

Lokasi: Kampung Kombongan, Pakenjeng, Kec. Pamulihan, Kab. Garut.

30. Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang

Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang
Image Credit: Garuttrip.com

Pantai Santolo ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang paling dikenal di Kota Garut, bentang pantainya yang panjang dengan pasir putih nan halus tersebut menjadi daya tarik tersendiri dari tempat satu ini. Pantai Santolo ini terletak persis di sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Santolo. Pulau ini dipisahkan dengan sungai kecil yang menjadi muara dan pelabuhan dari Cilaut Eureun.

Pantai Sayang Heulang merupakan pantai berkarang yang bisa Anda temukan di salah satu sisi Pulau Santolo ini. Keunikan dari pantai ini ialah terdapat karang yang menjorok jauh ke laut sepanjang garis pantai. Di saat surut, Anda bisa berjalan di sepanjang bentang karang ini bahkan bisa mencapai ke sisi

laut langsung. Selain itu Anda juga bisa menemukan berbagai ikan kecil berwarna warni yang biasanya terjebak di antara karang.

Lokasi: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut.

Itulah deretan tempat wisata terbaik di Garut yang bisa dijadikan sebagai referensi liburan Anda. Selain beberapa destinasi yang disebutkan, masih banyak wisata lainnya yang terdapat di kota Garut ini baik itu wisata modern maupun alam. Ketika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa juga untuk menjelajahi beragam kuliner khas kota Garut yang sangat menggunggah selera Anda.