20 Tempat Wisata di Depok Terbaru & Terhits Buat Liburan

20 Tempat Wisata di Depok Terbaru & Terhits Buat Liburan

Butuh Liburan Lebih Seru? Inilah Daftar Tempat Wisata Favorit di Depok, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Terhits yang Menarik Anda Jelajahi Saat Liburan.

Depok yang merupakan salah satu kota di Jawa Barat, menawarkan sejuta pesona di berbagai destinasi wisata yang dimilikinya. Beberapa objek wisata tersebut masih tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui perihal keindahan dari tempat wisata di depok ini. Mulai dari wisata alam, wisata air, wisata danau, dan lain sebagainya bisa Anda temukan di kota belimbing satu ini.

Jika Anda berlibur ke Depok, berikut rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan liburan seru dan menyenangkan.

1. Basecamp KCD

Basecamp KCD
Photo by Mega Greta.com

KCD atau Komunitas Ciliwung Depok merupakan relawan yang berada di sekitar Sungai Ciliwung, dimana mereka bergerak untuk mengajak masyarakat setempat untuk menjaga kebersihan serta kelestarian dari Sungai Ciliwung. Dengan konsep yang anti mainstream, di sini Anda bisa menjelajahi area sekitar sungai dengan cara yang baru.

Di sini Anda bisa berfoto ria di basecamp KCD yang telah dipermak sedemikian rupa menjadi spot foto kekinian. Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin, maka bisa melihat lebih dekat Sungai Ciliwung dengan mencoba wahana flying fox nya yang begitu seru. Anda bisa menemukan lokasi wisata ini di kawasan Pancoran MAS, yang disuguhkan secara gratis (kecuali flying fox).

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Boulevard Raya Grand Depok City, Pancoran MAS, Kota Depok, Jawa Barat.

2. Kampung 99 Pepohonan

Kampung 99 Pepohonan
Photo by Google Maps WN. Kasim

Kampung 99 Pepohonan yang berlokasi di kawasan Meruyung adalah salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk liburan keluarga. Menyuguhkan konsep yang menyatu dengan alam, Kampung 99 Pepohonan menawarkan pengunjung berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan agar liburan menjadi lebih berkesan.

Berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini yaitu memerah susu kambing, berkuda, membajak sawah, menanam pohon, memanen sayuran, membuat makanan tradisional, naik sampan, hingga menginap di rumah pohon. Anda sekeluarga juga dapat berkeliling area wisata dan menikmati suasana khas pedesaan yang begitu asri nan sejuk.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KH. Muhasan II, Meruyung, Limo, Meruyung, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

3. Pondok Zidane Depok

Pondok Zidane Depok
Photo by Instagram Pondok Zidane Official

Objek wisata satu ini menawarkan pengalaman liburan yang begitu seru dengan berbagai fasilitas lengkap yang disuguhkannya. Selain dapat bermalam di pondok, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti naik rakit, flying fox, menangkap ikan gratis, serta bermacam macam kegiatan outbound lainnya yang juga begitu mengasyikkan.

Lokasi wisata yang memiliki luas sekitar 2 hektar ini ditumbuhi dengan banyak sekali pepohonan hijau, sehingga memberikan suasana wisata yang begitu sejuk pada setiap pengunjung yang datang. Beberapa jenis pohon yang bisa Anda jumpai di Pondok Zidane Depok di antaranya yaitu pohon jambu biji, jambu air, rambutan, mangga, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kekupu Blok, Blok Porek 1, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

4. Kampung 3D Depok

Kampung 3D Depok
Photo by Facebook Kampung3ddepok

Siapa sangka bila di Depok jalanan perumahan pun bisa menjadi sebuah objek wisata yang sangat layak untuk dikunjungi. Destinasi yang berada di sebuah jalan di Depok Timur ini selalu terlihat ramai, belasan orang silih berganti memenuhi ruas jalan tersebut. Mereka asyik berfoto dengan latar belakang lukisan 3D yang menghiasi area wisata satu ini.

Salah satu lukisan 3D yang populer dan begitu banyak peminatnya yaitu zebra cross dan lukisan perahu beserta ikannya, dan lain lain. Menariknya, semua lukisan tersebut dibuat oleh 10 anggota karang taruna yang bahkan tidak memiliki keahlian khusus di bidang desain atau seni lukis. Namun hasilnya ternyata di luar dugaan, karena berfoto di sini sangat instagramable.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Danau Tandano II No.178, Abadijaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

5. Kampung Warna Warni Depok

Kampung Warna Warni Depok
Photo by Kompas.com

Satu lagi jalan perkampungan yang juga tidak pernah sepi, yaitu Kampung Warna Warni Depok yang berada di kawasan Pondok Cina dan sekitarnya. Tidak jauh berbeda dengan Kampung 3D, destinasi ini juga menawarkan wisata bertemakan lukisan. Dimana sejauh mata memandang Anda akan melihat berbagai lukisan indah yang dapat memanjakan mata.

Pembuatan Kampung Warna Warni Depok ini juga dilakukan secara swadaya oleh masyarakat setempat. Jadi warga yang memiliki keterampilan dalam bidang melukis kemudian menghias kampung ini, menjadi dipenuhi lukisan tiga dimensi serta berbagai tulisan motivasi berwarna warni yang cocok dijadikan sebagai spot berfoto ria.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bhakti, RW 10, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

6. Taman Lembah Gurame

Taman Lembah Gurame
Photo by Google Maps Khoirul Azmi

Taman Lembah Gurame merupakan salah satu ruang terbuka publik yang di kota Depok, dimana Anda bisa mengunjungi taman ini untuk sekedar melepas penat dari berbagai aktivitas sehari hari. Taman yang berada di kawasan Perumnas Depok 1 ini menawarkan nuansa alami dengan banyaknya pepohonan serta tanaman yang mengelilinginya.

Selain itu di Taman Lembah Gurame juga telah disediakan beberapa fasilitas seperti lapangan futsal, basket, kolam ikan, jogging track, jalur khusus refleksi, dan gazebo. Sehingga para pengunjung akan lebih betah saat memilih refreshing ke taman satu ini. Objek wisata taman tersebut juga menyuguhkan beberapa spot foto menarik yang juga instagramable.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nangka Raya No.68, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

7. Studio Alam TVRI

Studio Alam TVRI
Photo by Google Maps heru bakmal

Satu lagi tempat refreshing yang cocok untuk dikunjungi ketika lelah dari hiruk pikuk dan kemacetan kota Depok, yaitu Studio Alam TVRI. Destinasi yang berada di kawasan Sukmajaya ini sebenarnya bukan merupakan tempat wisata. Melainkan lokasi syuting yang digunakan untuk film film kolosal Indonesia. Namun Anda tetap bisa berkunjung jika tidak ada syuting.

Ditumbuhi dengan berbagai pepohonan rindang, Studio Alam TVRI menawarkan nuansa alami nan sejuk yang bisa menyegarkan pikiran. Di dalamnya juga terdapat danau buatan dan beberapa rumah tradisional yang begitu menarik untuk dijelajahi. Anda juga bisa menggunakan tempat ini sebagai area fotografi dengan pemandangan alam yang begitu indah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Studio Alam TVRI No.2B RT03/08, Sukmajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

8. Godong Ijo

Godong Ijo
Photo by Google Maps Sandra Maria

Masih dengan wisata alam yang begitu sejuk, ada juga Godong Ijo yang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata bersama keluarga. Di sini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru, mulai dari outbound, vertical garden, mini zoo, area bermain anak, hingga kolam pemancingan yang memiliki cukup banyak jenis ikan. Di antaranya yaitu gurame, bawal, dan lain lain.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cinangka Raya No.KM 10 No.60, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

9. Taman Wisata Pasir Putih

Taman Wisata Pasir Putih
Photo by Google Maps Miftah 27

Jika dari nama tempatnya Anda berpikir wisata ini merupakan pantai dengan hamparan pasir putih, maka Anda salah besar. Karena Taman Wisata Pasir Putih adalah salah satu waterpark yang ada di Depok, dan merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga favorit bagi warga sekitar. Di sini Anda bisa bermain air sepuasnya dengan tambahan wahana air yang seru.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Rw. Geni Raya No.1, RT.1/RW.7, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

10. Arina Waterpark

Arina Waterpark
Photo by Topijelajah.com

Ada lagi waterpark yang tak kalah populer di Depok yaitu Arina Waterpark, yang berada di kawasan Pondok petir. Objek wisata ini menawarkan 2 buah kolam renang khusus untuk anak anak, dan 1 kolam untuk dewasa. Di dalamnya area wisatanya sendiri Anda bisa menemukan wahana permainan air yang cukup lengkap, seperti ember air tumpah dan perosotan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pondok Petir, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

11. Green Lake View Waterpark

Green Lake View Waterpark
Photo by Facebook Green Lake View Waterpark

Depok memiliki destinasi wisata air yang cukup banyak, salah satunya yaitu Green Lake View Waterpark ini. Tempat wisata satu ini juga sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga, karena ada juga beberapa kolam renang yang aman untuk anak anak. Selain itu Green Lake View Waterpark juga dilengkapi fasilitas memadai seperti gazebo serta foodcourt.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Bogor Jl. Nangka No.KM.37, Curug, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

12. Kolam Renang Ceria

Kolam Renang Ceria
Photo by Google Maps Taufik Hidayat

 

Kolam Renang Ceria berada di kawasan Kukusan dan tidak pernah terlihat sepi di akhir pekan. Di sini Anda bisa menemukan beberapa kolam renang yang telah dilengkapi dengan seluncuran air. Tak hanya itu saja, ada juga kolam arus yang begitu diminati oleh para pengunjung. Hanya dengan diam bersantai di atas ban saja, Anda bisa terbawa arus mengelilingi area kolam.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. K.H.M. Usman No.110, Kukusan, Kec. Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

13. Kolam Renang Paragon

Kolam Renang Paragon
Photo by Instagram Iis SriMulyani

Apabila Anda ingin berenang namun tidak ingin kulit menjadi belang karena paparan sinar matahari, maka Kolam Renang Paragon ini bisa menjadi pilihan. Sebab wisata air satu ini menawarkan konsep semi outdoor, sehingga Anda bisa berenang sepuasnya tanpa terpengaruh oleh kondisi cuaca. Fasilitas yang ditawarkan di Paragon juga sangat lengkap dan memadai.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamaju, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

14. D’Kandang Amazing Farm

D'Kandang Amazing Farm
Photo by Twitter D’kandang Farm

Destinasi wisata di Depok satu ini menawarkan wisata alam yang sangat edukatif, dan cocok dikunjungi bersama dengan putra putri Anda. Berbagai aktivitas di bidang pertanian dan peternakan pun bisa dijajal, dan dikemas secara inovatif dan begitu seru. Mulai dari memerah susu, memberi makan sapi dan kerbau, menanam tanaman, mengenal kebun, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penarikan, RT.01/RW.02, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

15. Agrowisata Belimbing Dewa

Agrowisata Belimbing Dewa
Photo by Kompasiana.com

Depok dikenal dengan julukan kota belimbing, bahkan buah tersebut dijadikan sebagai ikon dari kota Depok. Oleh karena itu, tidak heran bahwa depok memiliki destinasi Agrowisata Belimbing Dewa yang begitu terkenal. Di sini pengunjung bisa merasakan memetik langsung buah belimbing dari pohonnya. Ada juga berbagai kuliner olahan belimbing yang dapat dinikmati.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bungsan Pesona Gaharu, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

16. Pacuan Kuda Tapos

Pacuan Kuda Tapos
Photo by Topijelajah.com

Jika Anda sedang merasa bosan dan ingin berlibur di objek wisata anti mainstream, maka coba datang ke Pacuan Kuda Tapos. Di tempat wisata ini Anda bisa menyaksikan para atlet yang tengah berlatih naik kuda, ataupun mencoba berkuda. Bahkan pada tahun 2011 silam, pacuan kuda ini juga menjadi lokasi tempat penyelenggaraan Sea Games untuk cabang berkuda.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Artayasa No.5, Grogol, Kec. Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

17. Situ Asih Pulo

Situ Asih Pulo
Photo by Google Maps Jam Jamiali

Situ Asih Pulo menjadi destinasi wisata berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Depok. Di kawasan wisata ini Anda bisa berkeliling danau menggunakan sebuah perahu bebek yang disewakan. Anda juga bisa memilih untuk duduk santai di tepian danau, sembari menikmati keindahan alam di sekitar yang begitu menyegarkan mata.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Situ Asih, Pulo, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

18. Situ Cilodong

Situ Cilodong
Photo by Google Maps Anggabaya Mustofa

Situ Cilodong berada di kawasan Kalibaru, dan menjadi destinasi alternatif ketika liburan di Depok. Terdapat cukup banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di objek wisata satu ini, seperti naik balon air, memancing, jogging, dan lain sebagainya. Di sekitar danau juga bisa ditemukan beberapa warung sebagai tempat istirahat ketika lapar dan haus melanda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kalibaru, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

19. Situ Bojongsari

Situ Bojongsari
Photo by Google Maps Ikung Adiwar

Situ Bojongsari menjadi destinasi wisata yang tepat bagi Anda yang mendambakan ketenangan di tengah Depok. Wisata ini masih cukup tersembunyi, sehingga suasananya tidak terlalu ramai dan masin cukup sepi. Di sini Anda bisa bersantai di bawah pohon rindang, atau menyalurkan hobi memancing sembari menikmati suasana alamnya yang begitu sejuk.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sawangan Lama, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

20. Situ Jatijajar

Situ Jatijajar
Photo by Google Maps Anshor Orul

Terakhir ada juga Situ Jatijajar yang berada di kawasan Jatijajar, dimana destinasi ini merupakan objek wisata danau yang masih begitu asri. Danau yang memiliki luas kurang lebih 6,5 hektar ini bisa Anda nikmati dengan menyewa bebek bebekan untuk mengitari danau. Selain itu ada juga wisata kuliner di tepi danau yang siap memanjakan perut Anda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jatijajar, Kec. Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.

Sebagai salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia, Depok menjadi tujuan wisata yang tidak hanya populer di kalangan wisatawan lokal melainkan juga wisatawan mancanegara. Dengan seiring berjalannya, Depok kini bahkan mampu menampilkan berbagai tempat wisata baru yang begitu menarik dan begitu sayang untuk dilewatkan.