Temukan Pilihan Tempat Wisata Populer di Ciwidey Bandung, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Liburan yang Seru dan Menyenangkan.

Berkunjung ke kota Bandung, rasanya tidak akan lengkap tanpa mampir ke daerah wisata Ciwidey. Letak geografis Ciwidey membuat kawasan ini memiliki beragam destinasi wisata yang memiliki pemandangan luar biasa. Ditambah, sirkulasi udara sejuknya yang khas, akan membuat Anda selalu rindu dan selalu ingin pergi ke Ciwidey.

Intip rekomendasi tempat wisata di Ciwidey Bandun g yang menarik dikunjungi untuk berlibur bersama orang tercinta.

1. Kawah Putih

Kawah Putih Ciwidey
Image Credit: Kikibandungtransport.com

Mendengar nama Ciwidey, tentunya akan langsung membawa pikiran Anda menuju Kawah Putih yang sangat terkenal. Ya, Kawah Putih yang merupakan sebuah danau alami dari letusan Gunung Patuha ini adalah wisata alam yang wajib Anda kunjungi. Kawah Putih menyajikan pemandangan luar biasa, yang sangat indah untuk dijadikan spot foto. Tak heran, wilayah ini juga sering menjadi spot foto prewedding.

Kawah Putih memiliki daya tarik yang menarik hati banyak wisatawan karena panoramanya. Bagaimana tidak, Anda akan disuguhkan indahnya danau berwarna putih kehijauan dan dapat berubah sesuai dengan kadar belerang yang ada di dalam danau. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas yang dapat menunjang liburan menyenangkan anda, seperti ontang-anting, arena ATV, dan jembatan skywalk yang keren.

Lokasi: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

2. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali
Image Credit: Wikipedia.org

Menikmati hamparan kebun teh yang hijau dan berbukit-bukit, tentunya akan membuat perasaan Anda damai. Di Ciwidey, Anda bisa mengunjungi Perkebunan Teh Rancabali yang sudah terkenal, karena sering menjadi tempat syuting di film-film.

Kebun teh ini terletak di ketinggian hingga 1.628 meter dan dikelilingi oleh banyak gunung sebagai latar belakangnya. Anda akan menikmati suasana sejuk khas pegunungan.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

3. Bukit Jamur

Bukit Jamur
Image Credit: Dakatour.com

Bukan berarti bukit yang dipenuhi dengan jamur, bukit jamur adalah areal hijau perbukitan yang banyak ditanami pohon cemara kerdil menyerupai bentuk jamur. Menjadi tempat beristirahat favorit bagi wisatawan yang pergi ke Ciwidey, bukit ini juga memiliki pemandangan alam dengan warna kehijauan yang asri. Banyak wisatawan yang mampir untuk hanya sekedar berfoto atau beristirahat.

Tempat ini menyediakan berbagai spot foto yang hits, sehingga seringkali juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk melakukan prewedding. Anda tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan yang indah, namun di tempat ini Anda juga bisa mengunjungi wisata bersejarah. Diantaranya, bangunan pabrik teh lawas peninggalan Belanda.

Lokasi: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

4. Pemandian Air Panas Ciwalini

Pemandian Air Panas Ciwalini
Image Credit: Ragamtempatwisata.com

Menikmati udara sejuk Ciwidey, akan terasa lebih mengasyikkan dengan menikmati mandi di Pemandian Air Panas Ciwalini. Tidak hanya untuk orang dewasa, pemandian ini juga menyediakan tempat pemandian untuk anak-anak, dengan banyak wahana permainan yang bisa dinikmati si kecil.

Anda dapat mandi dengan nuansa alam dan pemandangan asri dari pegunungan dan kebun teh di sekitarnya, membuat liburan Anda bersama keluarga lebih berkesan.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan Tenjolaya Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

5. Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort
Image Credit: Ciwideyvalley.com

Tempat wisata yang menawarkan konsep wisata keluarga yang komplit ini sangat sayang dilewatkan untuk liburan. Ciwidey Valley Resort menawarkan berbagai macam fasilitas untuk seluruh anggota keluarga.

Tempat wisata ini menyediakan fasilitas kolam renang dan berbagai macam wahana permainan yang asyik dan ramah bagi anak-anak. Selain itu, terdapat wisata edukasi taman burung yang menarik.

BACA JUGA:  44 Tempat Wisata di Bogor Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

6. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey
Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Terletak di dataran tinggi, membuat Ciwidey memiliki berbagai macam kebun sayur dan buah-buahan. Salah satunya Kebun Strawberry Ciwidey yang kini sudah dibuka menjadi tempat wisata.

Di tempat ini, Anda akan dimanjakan dengan area perkebunan buah strawberry dengan latar belakang pegunungan yang hijau. Anda bisa menikmati manisnya buah strawberry yang dipetik langsung dari kebunnya.

Lokasi: Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

7. Palalangon Park

Palalangon Park
Image Credit: Wisatainfo.com

Wisata keluarga selanjutnya di Ciwidey yang bisa dikunjungi adalah Palalangon Park. Tempat ini menawarkan fasilitas sangat lengkap untuk membuat liburan Anda bersama keluarga menjadi berkesan.

Anda bisa menikmati bermain air di kolam renang yang segar, sambil melihat pemandangan bunga-bunga yang cantik dari taman bunga yang ada disana. Tempat ini juga menyediakan banyak wahana permainan.

Lokasi: Leuwiliang, Cibodas, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

8. Sunan Ibu Sunrise Point

Sunan Ibu Sunrise Point
Image Credit: Infociwidey.com

Tempat wisata ini, baru dibuka pada tahun 2018 silam. Meski tergolong cukup baru, tempat ini menjadi jujukan para wisatawan khususnya pecinta alam untuk melihat matahari terbit yang mengagumkan.

Terletak di kawasan tertinggi pada area Kawah Putih, membuat Sunan Ibu Sunrise Point pasti memiliki lanskap atau panorama yang sangat indah. Tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat camping wisatawan.

Lokasi: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

9. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis
Image Credit: Yourbandung.com

Kawah Rengganis menjadi salah satu tempat wisata yang menawarkan pesona alam tanah Ciwidey. Kawah Rengganis terkenal dengan eksotisme pemandangan kawah akibat letusan Gunung Sunda Purba pada ratusan tahun lalu. Yang unik dan menjadikan kawasan ini lebih banyak digemari, karena bau belerang di kawah ini tidak begitu kuat dan menyengat sehingga terasa lebih nyaman untuk dikunjungi.

Ketika berwisata kesini, Anda bisa menemukan sensasi wisata alam yang berbeda. Karena, Anda juga bisa menikmati pemandian air panas langsung dari mata air. Tidak hanya segar, mandi air hangat yang mengandung belerang dipercaya memiliki berbagai macam manfaat. Dan juga akan membuat Anda tenang serta dipercaya dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh anda.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

10. Barusen Hills Ciwidey

Barusen Hills Ciwidey
Image Credit: Wisatakaka.com

Rasanya, pantas saja jika Ciwidey menjadi daerah yang sering dikunjungi keluarga untuk berwisata di masa liburan sekolah. Karena Ciwidey memiliki banyak tempat wisata yang cocok untuk keluarga, seperti Barusen Hills Ciwidey.

Tempat ini menawarkan berbagai spot wisata favorit. Anda bisa mengajak si kecil untuk berenang di kolam renangnya yang besar, dengan pemandangan layaknya pedesaan negeri Belanda.

Lokasi: Gambung Ciwidey, Cisondari, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

11. Candy House

Candy House
Image Credit: Merdeka.com

Jika kalian pernah melihat rumah dalam film Willy Wonka yang penuh dengan permen dan coklat, kurang lebih begitulah suasana Candy House Ciwidey. Rumah permen yang diklaim menjadi yang pertama di Indonesia ini, merupakan areal wisata yang penuh dengan dekorasi permen warna-warni.

Meski aneka permen raksasa ini hanyalah hiasan, namun Anda dapat menjadikannya sebagai spot foto kekinian untuk kebutuhan media sosial Anda.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey Rancabali KM 33.7, Desa Cikembang, Panundaan, Kec. Ciwidey, Kota Bandung.

12. Situ Patenggang

Situ Patenggang
Image Credit: Pegipegi.com

Situ Patenggang merupakan salah satu danau yang menjadi ikon tanah Ciwidey karena keeksotisannya. Hamparan air yang masih sangat jernih berwarna kehijauan ini, rasanya sangat selaras dengan pemandangan di sekelilingnya. Di area sekeliling danau penuh dengan kebun teh yang asri, serta pemandangan banyak gunung disekitarnya. Membuat pemandangan danau ini begitu menarik.

Destinasi wisata ini tidak hanya memiliki pemandangan yang sangat indah, melainkan juga menyimpan cerita rakyat yang beredar. Cerita ini berasal dari Putra Prabu Ki Santang dan Dewi Rengganis dimana mereka menemukan tempat yang sering disebut sebagai “Batu Cinta” kemudian sang dewi minta dibuatkan danau dan perahu untuk berlayar bersama. Sehingga, danau ini memiliki kesan romantis.

Lokasi: Situ Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Terhits Buat Liburan

13. Wisata Alam D’riam Riverside & D’riam Riverside Resort

Wisata Alam D’riam Riverside & D’riam Riverside Resort
Image Credit: Bobocantik.com

Tempat satu ini memiliki berbagai fasilitas dengan banyak aktivitas yang seru dan cocok bagi seluruh anggota keluarga. Memiliki wahana olahraga seru, Anda bisa menikmati wahana panjat dinding dengan pemandangan sekitar wilayah Ciwidey yang sungguh asri. Tidak hanya itu saja, Anda bisa menyusuri anak sungai dengan aktivitas arung jeram yang menantang, dan dapat menambah kekompakan bersama keluarga.

Pada destinasi wisata ini, terdapat jembatan yang instagramable dan menjadi ikon dari D’riam Riverside. Jembatan gantung ini terbuat dari bambu yang kokoh dan semakin terlihat manis dengan ornamen-ornamen bambu yang cantik. Dari jembatan, Anda akan disuguhi pemandangan berupa aliran sungai yang berpadu dengan pepohonan rindang yang asri. Di sekitarnya juga dipenuhi taman bunga yang cantik.

Lokasi: Jl. Raya Soreang-Ciwidey No.KM.25, Cukanggenteng, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

14. Teras Bintang

Teras Bintang
Image Credit: Destinasibandung.co.id

Menikmati pemandangan Ciwidey yang indah secara langsung memang sangat menyenangkan, apalagi jika pemandanganya dinikmati dari Teras Bintang. Teras ini adalah gardu pandang berbentuk bintang, yang cocok dikunjungi untuk Anda yang ingin menikmati perpaduan pemandangan alam Ciwidey.

Di Teras Bintang, Anda bisa melihat perpaduan pepohonan rimbun, pegunungan hijau dan danau yang sungguh masih asri.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

15. Pinisi Resto

Pinisi Resto
Image Credit: Instagram.com @wisatalambandung

Di Pinisi Resto, Anda tidak hanya akan disajikan makanan yang lezat, tapi juga sensasi makan yang luar biasa. Resto ini banyak dikunjungi wisatawan, karena memiliki bentuk unik sebagai daya pikatnya.

Berbentuk kapal tradisional berukuran raksasa, resto ini terdampar di areal perkebunan teh yang luas dan sejuk. Sehingga makan di resto ini akan terasa lebih enak, dengan suasana yang asri dan nyaman.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

16. Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas
Image Credit: Hargatiket.net

Destinasi wisata ini memiliki daya tarik berupa kolam air panas di tengah alam terbuka hijau. Setiap berkunjung kesini, Anda bisa menikmati berendam di air kolam yang segar, ditambah pemandangan hutan lebat dengan udaranya yang sejuk. Tidak hanya itu, kawasan ini merupakan tempat penangkaran rusa yang dibuat sealami mungkin, seperti pada habitat aslinya. Disini juga menyediakan tempat camping.

Di Ranca Upas, daya tarik lainnya adalah fasilitas yang lengkap seperti kolam renang hangat, kolam renang dan berbagai wahana lainnya. Biasanya Ranca Upas sering dikunjungi pada musim panas. Karena Anda bisa menikmati sensasi menginap dengan pemandangan langit berbintang yang jarang ditemukan di perkotaan.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM.11, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

17. Taman Kelinci Ciwidey

Taman Kelinci Ciwidey
Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Bagi Anda yang menyukai wisata keluarga yang ramah anak, Taman Kelinci Ciwidey dapat menjadi daftar liburan Anda berikutnya. Di tempat ini, Anda akan mendapatkan sensasi wisata unik, karena Anda bisa berinteraksi langsung dengan 100 jenis kelinci yang lucu.

Tidak hanya jenis kelinci lokal, Taman Kelinci Ciwidey juga mendatangkan kelinci jenis impor bahkan dari New Zealand langsung.

Lokasi: Cikembang, Panundaan, Kec. Ciwidey, Kota Bandung.

18. Green Hill Park

Green Hill Park
Image Credit: Deliscakrawala.blogspot.com

Green Hill Park Ciwidey Bandung berada di tengah hutan tropis, sehingga membuat udaranya sejuk. Selain itu, taman ini juga dipenuhi dengan aneka jenis flora dan fauna yang eksotis untuk menambah wawasan pengunjung.

Green Hill Park juga menjadi tempat wisata yang akan memuaskan pengunjung dengan sumber pemandian panas alaminya. Didukung berbagai fasilitas yang sangat lengkap seperti penginapan dan pusat rekreasi.

Lokasi: Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

19. Glamping Lakeside

Glamping Lakeside
Image Credit: Pegipegi.com

Resort yang berada di alam terbuka ini, sangat luas dan didominasi oleh kebun teh yang asri. Dan lagi, terdapat salah satu spot foto yang hits yang menjadi ikon resort ini, yakni jembatan di atas danau yang sangat panjang. Jembatan gantung ini langsung terhubung ke Resto Pinisi yang masih sekompleks dengan Glamping Lakeside. Disini, disediakan banyak sekali spot foto yang tentunya kekinian dan keren.

Glamping Lakeside mengusung konsep glamour camping yang sedang hits. Kawasan wisata ini menyediakan fasilitas berupa tenda mewah eksklusif dengan pemandangan yang indah dari Situ Patenggang. Anda juga akan merasakan suasana camping dengan fasilitas mewah seperti tempat tidur, namun dengan pemandangan yang asri dan suasana khas pegunungan yang sangat sejuk dan menenangkan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Alam di Purwakarta yang Populer Buat Liburan

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

20. Kampung Pa’go

Kampung Pa’go
Image Credit: Infociwidey.com

Kampung Pa’go menyediakan tempat wisata dengan fasilitas penginapan yang sangat seru dan berharga murah. Tempat wisata ini menjadi favorit banyak orang, khususnya wisatawan dari kota yang padat. Anda akan mendapatkan suasana menginap yang nyaman, dengan fasilitas yang lengkap. Tak heran, tempat ini juga sering menjadi tujuan bagi orang-orang yang ingin melakukan staycation.

Lokasi: Jl. Raya Soreang – Ciwidey No.KM.25, Cukanggenteng, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

21. Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort

Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort
Image Credit: Hargatiket.net

Tempat wisata ini, seakan menjadi primadona baru di tanah Ciwidey. Bagaimana tidak, tempat wisata ini menyediakan berbagai fasilitas menarik seperti wahana kolam renang dengan berbagai permainan air lainnya.

Seakan memiliki daya tarik tersendiri, air kolam renang disini tidak sama dengan kolam renang lainnya. Karena, air di kolam ini langsung dari sumber air panas Kawah Putih.

Lokasi: Jl. Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

22. Glamping Legok Kondang Lodge

Glamping Legok Kondang Lodge
Image Credit: Inilahkoran.com

Melakukan aktivitas camping adalah salah satu cara untuk lebih dekat dengan alam. Namun, tidak semua orang menyukai camping di alam karena dianggap terkesan menyusahkan.

Di Glamping Legok Kondang Lodge, Anda bisa bisa merasakan camping di tengah hutan pinus yang indah, dengan fasilitas mewah. Nikmati bangun di pagi hari sambil mendengar kicauan burung dengan suasana hutan yang segar.

Lokasi: Jl. Kurunangan, Lebak Muncang, ebakmuncang, Kec. Ciwidey, Kota Bandung.

23. Jembatan Kereta Api Cikudapateuh

Jembatan Kereta Api Cikudapateuh
Image Credit: Youtube.com (Maybi Prabowo)

Mungkin, hanya di Ciwidey yang memiliki tempat wisata berupa jembatan kereta api. Namun jangan salah, jembatan ini merupakan salah satu tujuan wisata yang hits terlebih bagi Anda yang suka memburu spot foto kekinian untuk diunggah di akun sosial media kesayangan anda.

Meski sudah tua, jembatan ini terlihat menawan dan terkesan vintage. Anda juga dapat melihat pemandangan yang tak kalah keren saat berkunjung disini.

Lokasi: Jl. Raya Soreang – Ciwidey No.255, Sadu, Kec. Soreang, Kota Bandung.

24. Southland Ciwidey

Southland Ciwidey
Image Credit: Topijelajah.com

Menjadi salah satu tempat yang banyak diburu oleh para pecinta fotografi, Southland Ciwidey menyediakan banyak spot foto yang keren. Berada di tengah hutan pinus yang lebat, Anda dapat menyaksikan panorama alam yang indah, dengan suara khas alam yang damai. Tidak hanya menjadi tempat foto, Anda juga bisa menginap di kawasan hutan pinus sambil tidur di bawah langit berbintang.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM.12, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

25. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang PPTK Gambung

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang PPTK Gambung
Image Credit: Youtube.com (Wahid A Fauzi)

Bumi perkemahan ini seringkali didatangi oleh para pecinta alam yang ingin bercamping ria dengan pemandangan alam yang segar. Suasana udara yang sangat sejuk, dan menikmati tidur di alam terbuka tentunya akan meninggalkan kesan yang mengasyikkan. Camping Ground ini memang terletak di kawasan yang masih sangat asri, sehingga jika berkunjung kesini Anda akan merasakan suasana yang damai.

Lokasi bumi perkemahan ini juga dekat dengan kawasan pusat penelitian teh, sehingga Anda bisa sekaligus belajar mengenai berbagai macam jenis teh dan menikmati suasana minum teh yang segar langsung di kebunnya. Tempat ini juga sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Sehingga, tak jarang tempat ini menjadi tujuan rombongan wisata untuk outbond, ataupun dijadikan lokasi family gathering.

Lokasi: Mekarsari, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

Kawasan Ciwidey rasanya sangat layak disebut sebagai primadona kota Bandung. Udaranya yang sangat sejuk dan segar, serta letaknya yang dipenuhi dengan areal perkebunan teh berlatar belakang gunung yang indah membuat daerah ini sangat terkenal. Ciwidey juga menyediakan banyak tempat wisata alam yang bisa Anda nikmati untuk menghabiskan masa libur panjang bersama keluarga tercinta.