Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Cirebon, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Layak Anda Kunjungi untuk Liburan Seru dan Menyenangkan.

Cirebon, salah kota yang terletak di daerah jalur pantura ini, dikenal juga sebagai kota wali. Disebut demikian, pasalnya kota ini banyak disinggahi para wali. Tak heran, banyak wisata sejarah dan wisata religi yang ditawarkan kota Cirebon.

Tidak hanya itu saja, letak geografisnya membuat kota ini menyimpan pesona alam yang luar biasa dengan keunikannya tersendiri. Ditambah destinasi wisata hits lainnya yang mulai banyak muncul, sejak dibangunnya Tol Cipali dan membuat kota penghasil rebon ini banyak dikunjungi.

Jika berada di Cirebon, berikut daftar tempat wisata yang menarik dan populer untuk mendapatkan liburan yang lebih berkesan bersama orang tercinta.

1. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati
Image Credit: Investor.id

Ketika berkunjung ke kota Cirebon, tidak afdol rasanya jika tidak berkunjung ke wisata religinya, yakni makam Sunan Gunung Jati. Sebagai salah satu tokoh penyebaran agama Islam di kota tersebut, tak heran makam Sunan Gunung Jati menjadi salah satu tempat yang istimewa. Makam ini memiliki arsitektur dengan perpaduan budaya Jawa, Arab dan Tiongkok. Dimana, ketiga budaya itu menggambarkan ketiga etnis yang paling banyak tinggal di Cirebon saat itu.

Makam ini memiliki pintu besar yang megah berjumlah sembilan buah. Sembilan pintu menunjukkan sebagai sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa. Namun, tidak semua wisatawan dapat masuk melalui kesembilan pintu tersebut. Wisatawan biasa hanya boleh memasuki lima dari sembilan pintu yang ada, karena keempat pintu lainnya hanya bisa dilalui dan dimasuki oleh keluarga atau keturunan asli dari Sunan Gunung Jati.

Lokasi: Jl. Alun-Alun Ciledug No.53, Astana, Kec. Gunungjati, Kota Cirebon.

2. Taman Sari Goa Sunyaragi

Taman Sari Goa Sunyaragi
Image Credit: Journeyofindonesia.com

Taman Sari Goa Sunyaragi awalnya digunakan sebagai tempat latihan tentara kesultanan Cirebon. Yang menjadi daya tarik dari wisata ini adalah adanya susunan batu yang disusun dengan tingkat seni yang tinggi. Susunan ribuan batu kokoh yang membentuk semacam candi ini, banyak disukai pengunjung untuk tempat berfoto.

Selain itu, tempat ini juga digunakan sebagai destinasi wisata untuk belajar sejarah. Yang menarik, tempat ini menyediakan balon udara bagi pengunjung.

Lokasi: Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.

3. Setu Patok

Setu Patok
Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Berkunjung ke Setu Patok akan membuat Anda merasa sedang berada di Danau Toba meskipun  terletak di pulau Jawa. Ya, Setu Patok adalah danau terbesar di kota udang ini. Pemandangan indah dari hamparan air dan ilalang akan membuat momen senja Anda menjadi lebih indah.

Selain menikmati senja, Anda bisa menikmati berbagai wahana yang ditawarkan oleh pihak pengelola. Diantaranya, berkeliling danau dengan perahu motor, ataupun memancing di spot yang nyaman.

Lokasi: Desa Setu Patok, Kec. Mundu, Kota Cirebon.

4. Telaga Nilem

Telaga Nilem
Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Wisata air berikutnya yang harus dikunjungi di kota Cirebon adalah Telaga Nilem. Suasana segar dengan pemandangan air berwarna biru kehijauan, disertai dengan tumbuhan liar hijau membuat Anda akan betah berlama-lama di telaga ini.

Anda akan menemui banyak ikan mas yang berenang dan terlihat jelas dari permukaan, karena air yang begitu jernih. Anda bisa menikmati liburan dengan santai, dan sejenak melupakan kehidupan kota yang sesak.

Lokasi: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.

5. Ciwaringin

Ciwaringin
Image Credit: Nativeindonesia.com

Ciwaringin merupakan sebuah tempat wisata yang memiliki pemandangan hutan yang masih sangat asri. Tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan hijau, pada bagian belakang Ciwaringin terdapat gunung kapur yang tak kalah menakjubkan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Banjar Terbaru & Terhits Buat Liburan

Anda juga bisa memacu adrenalin dengan mengendarai motor cross pada arena yang tersedia disana. Atau, Anda juga bisa menikmati danau yang masih alami dan bersih sebagai tempat memancing ikan.

Lokasi: Desa Ciwaringin, Kec. Ciwaringin, Kota Cirebon.

6. Alun-Alun Kejaksaan

Alun-Alun Kejaksaan
Image Credit: Klikhotel.com

Alun-alun merupakan salah satu ikon dari setiap kota, untuk itu tidak ada salahnya untuk berkunjung ke alun-alun Kejaksaan di Cirebon. Wisata murah ini menjadi salah satu tempat wisata favorit keluarga.

Alun-alun ini sering digunakan sebagai tempat berolahraga, dan juga sebagai tempat wisata kuliner. Pasalnya, banyak penjual makanan murah yang berjajar dan berjualan di sekitar alun-alun. Semakin malam, suasana tempat ini semakin semarak dengan lampu kota.

Lokasi: Jl. Kartini, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

7. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan
Image Credit: Instagram.com @ulhaqeltsyam

Berada di pesisir pantai dan menjadi kota penghasil rebon, tak heran Cirebon juga memiliki pantai yang sangat menawan. Pantai Kejawanan menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise, karena posisi matahari terbit tepat berada di tengah pantai.

Menikmati pemandangan matahari terbit di pinggir pantai, sambil melihat banyaknya perahu nelayan yang mulai berlayar menjadi keindahan tersendiri. Setelah puas menikmati pagi, Anda bisa membeli ikan segar langsung dari pelayan disana.

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

8. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong
Image Credit: Instagram.com @philosovia

Ketika berkunjung ke Cirebon, Anda harus menyempatkan diri pergi ke Bukit Gronggong yang memiliki pemandangan indah. Di sekitar bukit, terdapat berbagai macam resto dan cafe hits yang populer.

Anda bisa menikmati makan malam lezat, sambil menikmati suasana malam kota Cirebon dengan gemerlap lampu kota yang indah. Ketika siang hari, Anda juga bisa melihat pemandangan dari atas bukit dengan suasana dan hawa yang segar dan menenangkan.

Lokasi: Patapan, Kec. Beber, Kota Cirebon.

9. Wisata Kura-Kura Belawa

Wisata Kura-Kura Belawa
Image Credit: Radarcirebon.com

Wisata Kura-kura Belawa adalah tempat wisata dimana pengunjungnya dapat melihat bermacam jenis kura-kura dan penyu. Salah satu yang menjadi ikon tempat wisata ini adalah kura-kura endemik Belawa yang berukuran raksasa dan hanya ada di Kota Cirebon.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melihat situs kuno yang masih sangat dijaga disana. Dua situs kuno tersebut adalah Situs Sumur Pamuruyan dan juga Situs Pasujudan yang sudah berumur ratusan tahun.

Lokasi: Belawa, Kec. Lemahabang, Kota Cirebon.

10. Batu Lawang

Batu Lawang
Image Credit: Kompas.com

Batu Lawang adalah dua batu besar yang tinggi, dan berbentuk seperti “lawang” atau dalam bahasa Indonesia adalah pintu. Batu besar ini, memiliki tinggi lebih dari 50 meter, dan bisa dinaiki. Memiliki luas lahan sebesar tiga hektar, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam yang membentang dan unik.

Tempat unik ini menjadi rujukan wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga, dan berfoto di pemandangan alam yang sangat menarik.

Lokasi: Cupang, Kec. Gempol, Kota Cirebon.

11. Ade Irma Suryani Waterland

Ade Irma Suryani Waterland
Image Credit: Tempat.co.id

Wisata air terbaru yang ada di Kota Cirebon ini, dibangun dengan sangat megah menyerupai sebuah kapal layar besar. Tempat wisata ini, memiliki fasilitas 40 cottage yang berada di pinggir pantai. Sehingga, pengunjung dapat menikmati fasilitas menginap dengan pemandangan pantai yang indah.

Tempat ini, juga cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin melakukan staycation, ataupun berbulan madu bersama pasangan. Anda tidak akan rugi ketika berkunjung kesini.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

12. Telaga Remis

Telaga Remis
Image Credit: Indonesiakaya.com

Telaga Remis memiliki pemandangan alam yang sangat indah ditambah dengan suasana sejuk dari pegunungan diatasnya. Konon, telaga ini adalah tempat minum Prabu Siliwangi ketika sedang bertapa.

Pada area sekitar telaga, terdapat bumi perkemahan yang bisa digunakan untuk camping, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menginap di Telaga Remis. Selain itu, terdapat banyak sajian kuliner khas Cirebon yang banyak dijual oleh warga lokal setempat.

Lokasi: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kota Kuningan.

13. Setu Sedong

Setu Sedong
Image Credit: Ksmtour.com

Menjadi wisata air berikutnya yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Cirebon, Seitu Sedong memiliki pemandangan yang sangat mempesona. Waduk air ini, sudah dibangun sejak jaman kolonial Belanda, dan mulai dimanfaatkan sebagai irigasi sejak tahun 1921. Tak heran, tempat wisata ini sangat digemari oleh banyak orang sejak dulu hingga kini. Terlebih, saat sore hari pada jam-jam golden hour dimana sinar matahari masih indah-indahnya sebelum tenggelam.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Terhits Buat Liburan

Daya pikat dari waduk ini adalah latar belakang pemandangan Gunung Ciremai, yang berada tepat di belakang waduk. Pemandangan gunung, langit biru dengan burung berterbangan, serta air waduk yang kehijauan menambah eksotisme pemandangan Setu Sedong. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati berkeliling waduk dengan wahana bebek air yang sudah disediakan. Dan juga, Anda bisa memancing di sore hari di arena pancing yang ada di sisi waduk.

Lokasi: Desa Sedong, Kec. Sindang Laut, Kota Cirebon.

14. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Image Credit: 1001indonesia.net

Salah satu masjid tertua di Cirebon ini, menjadi salah satu rujukan wisata religi yang dikunjungi banyak orang. Masjid Agung Sang Cipta Rasa memiliki banyak sejarah dan cerita unik dibaliknya. Konon, masjid ini dibangun langsung oleh tokoh-tokoh penting kerajaan di sekitar wilayah Cirebon, seperti kerajaan Demak dan Majapahit. Dalam membangun masjid megah berwarna merah ini, Sunan Gunung Jati langsung menunjuk Sunan Kalijaga sebagai arsitek yang dipercaya.

Tidak hanya memiliki bentuk arsitektur yang unik, masjid ini juga memiliki tradisi yang masih sering dilakukan hingga saat ini.Tradisi tersebut disebut dengan Adzan Pitu, dimana setiap sholat Jumat, adzan akan dikumandangkan langsung oleh tujuh orang muadzin secara bersamaan. Mulanya, tradisi ini dilakukan masyarakat Cirebon untuk mengusir wabah yang menjangkit wilayah Caruban. Hingga kini, arsitektur dan tradisi masjid agung ini masih tetap terjaga.

Lokasi: Jl. Kasepuhan No.Komplek, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

15. Pemandian Air Panas Palimanan

Pemandian Air Panas Palimanan
Image Credit: Berberita.com

Pemandian air panas memang sangat cocok dinikmati untuk melakukan relaksasi sebagai pelepas penat. Di Cirebon, Anda bisa pergi ke Pemandian Air Panas Palimanan yang memiliki nuansa alam yang menenangkan.

Pemandian alam terbuka ini, memiliki mata air panas yang masih jernih. Tidak hanya berwisata, pergi ke pemandian ini akan dapat menenangkan diri Anda serta mengobati berbagai macam penyakit kulit dan juga melancarkan aliran darah anda.

Lokasi: Palimanan Barat, Kec. Palimanan, Kota Cirebon.

16. Waterboom dan Outbound Siwalk

Waterboom dan Outbound Siwalk
Image Credit: Gerainews.com

Destinasi wisata menarik lainya yang bisa didatangi bersama keluarga di Cirebon adalah Waterboom dan Outbound Siwalk. Taman rekreasi ini memiliki berbagai wahana yang bisa dicoba bersama keluarga ataupun teman. Diantaranya adalah ATV, wahana flying fox dan juga speed boat.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas outbond yang sangat menyenangkan. Waterboom ini juga dikelilingi pemandangan bukit dan areal persawahan yang sejuk.

Lokasi: Setupatok, Kec. Mundu, Kota Cirebon.

17. Hutan Plangon

Hutan Plangon
Image Credit: Indonesiakaya.com

Wisata alam satu ini menjadi salah satu tempat wisata yang dikeramatkan oleh sebagian masyarakat Cirebon. Hal ini dikarenakan, dulunya tempat ini menjadi tempat bagi pangeran Keraton Cirebon untuk bertapa dan menyepi.

Hutan ini tergolong masih sangat asri, terbukti dari masih banyaknya kera yang menghuni kawasan Plangon. Ketika mengunjungi tempat ini, Anda bisa berinteraksi langsung dengan kera-kera tersebut seperti memberi makan kera.

Lokasi: Babakan, Kec. Sumber, Kota Cirebon.

18. Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan
Image Credit: Wikipedia.org

Keraton Kacirebonan adalah bukti peperangan antara masyarakat Indonesia di wilayah Cirebon dengan kolonial Belanda. Keraton ini memiliki ciri warna dominan berwarna hijau yang khas dengan delapan tiang megah sebagai pilarnya.

Tidak hanya itu, wisata sejarah ini juga menyimpan berbagai benda koleksi antik milik sultan asli Keraton Kacirebonan. Berkunjung kesini, membuat pengunjung bisa melihat pedang, tombak, dan seluruh alat yang pernah digunakan.

Lokasi: Jl. Pulasaren, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

19. Pemandian Cibulan

Pemandian Cibulan
Image Credit: Google Maps (Edi Kurniadi)

Salah satu pemandian umum di Kota Cirebon lainnya yang wajib dikunjungi adalah Pemandian Cibulan. Yang menjadi daya tarik dari pemandian ini adalah seluruh kolam pemandian, dipenuhi dengan ikan Kancra Bodas yang lebih sering disebut dengan ikan dewa.

BACA JUGA:  19 Tempat Wisata di Cimahi Terbaru & Terhits Buat Liburan

Pengunjung dapat langsung menikmati segarnya mandi di kolam bernuansa alam, ditemani ikan-ikan yang bisa membersihkan sel-sel kulit mati pada kulit pengunjung yang berenang di dalamnya.

Lokasi: Maniskidul, Kec. Jalaksana, Kab. Kuningan.

20. Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan
Image Credit: Batiqa.com

Ketika berkunjung ke Cirebon, rasanya tidak akan lengkap sebelum menilik wisata Keraton Kasepuhan. Wisata bersejarah ini sudah ada sejak tahun 1529 yang didirikan langsung oleh Pangeran Cakrabuana sebagai salah satu tokoh penyebar agama Islam di Cirebon.

Keraton ini memiliki daya tarik tersendiri, karena bangunan yang cukup unik dan antik serta banyaknya cerita sejarah yang bisa dipelajari langsung dari Keraton Kasepuhan.

Lokasi: Jl. Kasepuhan No.43, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

21. Pulau Biawak Cirebon

Pulau Biawak Cirebon
Image Credit: Infocirebon.com

Tidak hanya NTT yang terkenal dengan Pulau Komodo, Cirebon juga terkenal dengan Pulau Biawaknya. Pulau ini memiliki banyak pantai dengan dominasi tumbuhan bakau dan juga hamparan pasir putih yang lembut.

Menjadi salah satu pulau yang dihuni dengan banyak Biawak, Pulau ini menjadi jujukan wisatawan lokal hingga mancanegara. Tidak hanya itu, pulau ini memiliki ikon berupa mercusuar kuno yang dibangun dan sudah ada sejak zaman Belanda.

Lokasi: Kepulauan Biawak, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu.

22. Pantai Balongan

Pantai Balongan
Image Credit: Facebook.com (Pantai Balongan Kesambi)

Pantai ini menjadi lebih terkenal sejak ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional 2016. Memiliki panorama yang bisa membuat semua orang terpukau, pantai ini juga memiliki ombak yang menantang. Sehingga, pantai ini menjadi spot favorit para peselancar yang disukai banyak wisatawan lokal dan juga luar negeri.

Pengelola pantai juga menawarkan banyak fasilitas yang lengkap dan memadai, sehingga pantai ini selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan.

Lokasi: Jl. Raya Balongan, Kec. Balongan, Kab. Indramayu.

23. Hutan Mangrove Kasih Sayang

Hutan Mangrove Kasih Sayang
Image Credit: Google Maps (wisnu prayoga)

Dermaga panjang dengan jembatan berwarna merah ini menjadi salah satu wisata hits lainnya di Cirebon. Hutan dengan tumbuhan mangrove ini, memiliki pemandangan indah karena memiliki pemandangan yang langsung menghadap ke laut.

Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana sejuk perhutanan, dan juga pemandangan birunya laut yang menakjubkan. Tempat wisata ini, juga dilengkapi dengan berbagai spot foto kekinian yang keren dan hits.

Lokasi: Mundupesisir, Kec. Mundu, Kab. Cirebon.

24. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang
Image Credit: Pegipegi.com

Cirebon juga terus berinovasi meningkatkan destinasi wisatanya dengan menjadikan Desa Wisata Cikalahang menjadi sebuah destinasi wisata baru. Desa ini terkenal dengan sentra ikan bakar yang sudah dijamin kelezatannya.

Tidak hanya itu, desa wisata satu ini memiliki areal persawahan hijau khas yang menyejukkan mata. Memiliki fasilitas yang beragam, desa ini juga menawarkan wisata kolam renang dan juga kolam pemancingan yang  sangat luas.

Lokasi: Cikalahang, Kec. Dukupuntang, Kab. Cirebon.

25. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman
Image Credit: Republika.co.id

Tempat wisata sejarah di kota Cirebon yang tidak boleh dilewatkan adalah Keraton Kanoman. Keraton bersejarah yang menjadi saksi penyebaran agama Islam di tanah Jawa ini dibangun oleh Pangeran Kertawijaya. Keraton ini masih memegang tradisi adat istiadat yang masih sering dilakukan seperti, tradisi Grebeg Syawal yang dilaksanakan seminggu setelah hari raya Idul Fitri. Pada keraton ini, juga banyak terdapat peninggalan-peninggalan bersejarah dari Kesultanan Cirebon.

Keraton Kanoman merupakan kompleks tertua di Cirebon. Keraton ini terbagi menjadi beberapa bagian. Bagian terluar adalah Alun-Alun Kanoman yang menjadi tempat jual beli masyarakat setempat. Pada bagian selatan, terdapat area Lemah Duwur yang menjadi salah satu bangunan untuk sultan dan beberapa bagian bangunan lainnya yang memiliki cerita sejarahnya sendiri. Selain itu, bentuk bangunan yang unik juga membuat kawasan ini ramai dikunjungi.

Lokasi: Jl. Kanoman No.40, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Cirebon menjadi salah satu kota yang kental akan sejarah peradaban Islam, karena menjadi tempat tinggal Sunan Gunung Jati yang menyebarkan Islam di Tanah Jawa. Tak heran, kota ini dikenal sebagai jujukan wisata sejarah dan religi yang terkenal di Indonesia. Tidak hanya itu, Cirebon juga memiliki berbagai tempat wisata bernuansa alami dan juga buatan yang dapat memanjakan wisatawan lokal dan mancanegara.