Periksa Daftar Tempat Wisata Populer di Cimahi, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terindah dan Terhits yang Bisa Anda Jelajahi Saat Berlibur ke Cimahi.

Kota Cimahi yang dikenal dengan sebutan Kota Tentara, mungkin tidak terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan pada saat musim liburan. Padahal, siapa sangka kota ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga.

Destinasi liburan yang ditawarkan tak kalah keren dan populer dengan kota-kota lainnya yang sering dikunjungi. Berikut deretan tempat wisata terbaik di Cimahi yang bisa menjadi referensi liburan Anda.

1. All About Strawberry

All About Strawberry
Image Credit: Tresanda.blogspot.com

Cimahi menjadi kota yang sangat pas untuk menanam berbagai macam buah-buahan, diantaranya strawberry. Bagi para pecinta strawberry, Cimahi menyuguhkan salah satu destinasi wisata untuk memuaskan anda. All About Strawberry menjadi jawaban untuk Anda yang ingin mengetahui berbagai informasi mengenai buah kecil ini, hingga berbagai macam olahannya.

Saat pertama kali memasuki objek wisata ini, Anda akan langsung disuguhi dengan welcome drink berupa jus strawberry yang menyegarkan. Setelah itu, Anda dapat dengan bebas memetik buah strawberry segar langsung dari kebunnya. Tidak hanya itu saja, fasilitas yang ditawarkan disini juga tak kalah menarik. Terdapat wahana outbound dan bermain anak yang sering disebut sebagai “Disneyland”.

Lokasi: Jl. Cihanjuang No.24, Cibabat, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi.

2. Gunung Bohong

Gunung Bohong
Image Credit: Instagram.com @hanafi_niff

Gunung Bohong, merupakan tempat latihan tembak militer di Cimahi. Meski dijadikan sebagai tempat untuk latihan menembak, pemandangan sekitar Gunung Bohong tidak akan membuat Anda berhenti takjub. Karena memiliki ketinggian yang tidak terlalu menjulang, gunung ini seringkali dijadikan sebagai tempat latihan untuk mendaki gunung bagi anak-anak pramuka yang berkemah disini.

Lokasi: Gunung Bohong, Kec. Cimahi Tengah, Kab. Cimahi.

3. Curug Malela

Curug Malela
Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Benua Amerika jika ingin pergi berkunjung ke Air Terjun Niagara. Di Cimahi, Anda juga bisa pergi ke curug yang terkenal dengan sebutan “Niagara Mini” yang ada di Indonesia. Anda akan menikmati kesejukan bermain air di bawah Curug Malela dengan pemandangan sekitar yang menenangkan. Debit air yang turun dari atas, seakan benang putih yang menjulur dari atas.

Lokasi: Desa Cicadas, Kec. Rongga, Kab. Bandung.

4. Alam Wisata Cimahi

Alam Wisata Cimahi
Image Credit: Google Maps (Alam Wisata Cimahi)

Alam Wisata Cimahi seakan menjadi salah satu tempat wisata di Cimahi yang menyediakan berbagai fasilitas komplit bagi para pengunjungnya. Disini Anda akan menikmati pesona keindahan alam kota Cimahi yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan, serta wisata kuliner khas dengan cita rasa tak tertandingi. Tak heran, tempat ini tak pernah sepi dikunjungi wisatawan yang berlibur.

Banyak ragam aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata ini. Jika ingin membangun rasa keberanian dan kekompakan dalam keluarga, Anda bisa bermain di wisata outbound yang disediakan. Sambil menikmati udara segar khas kota Cimahi ditambah pemandangan alamnya yang masih asri, Anda bisa melakukan aktivitas memancing. Hasil pancingan juga dapat Anda nikmati langsung disana.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi KM.4 No.157, Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi.

5. Rumah Bunga Rizal

Rumah Bunga Rizal
Image Credit: Google Maps (rulli suwismawan)

Sama dengan kawasan di wilayah Bandung lainnya, Cimahi juga terletak di kontur dataran tinggi, dan juga cuaca yang pas digunakan untuk berkebun. Salah satu hasil perkebunan yang banyak ditanam oleh masyarakatnya adalah bunga. Tak heran, di Cimahi terdapat beberapa tempat budidaya bunga yang bisa dikunjungi wisatawan. Salah satunya adalah Rumah Bunga Rizal.

Disini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan dari berbagai tanaman bunga yang cantik dan berwarna-warni. Anda juga bisa belajar mengenai cara budidaya bunga, budidaya tanaman hias, dan juga beberapa semak yang cantik. Sebagai daya tarik lainnya, Anda dapat membawa pulang beraneka ragam bunga anggrek dan juga kaktus yang bisa Anda buat sebagai bingkisan kecil untuk kerabat di rumah.

Lokasi: Jl. Maribaya, Kayuambon, Kec. Lembang, Kab. Bandung.

6. Dampo Awang Beach

Dampo Awang Beach
Image Credit: Instagram.com @orangrembang

Objek wisata ini juga dikenal dengan sebutan Taman Kartini, namun setelah berganti pengelola masyarakat lebih sering menyebutnya dengan nama Dampo Awang Beach. Taman ini berada di sebelah utara Pantai Rembang. Sehingga Anda dapat menikmati keindahan pantai yang elok di tengah taman Kartini yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Diantaranya adalah kolam renang dan wisata sewa perahu.

Lokasi: Rembangan, Kec. Tasikagung, Kab. Rembang.

7. Wisata Kuda Paku Haji

Wisata Kuda Paku Haji
Image Credit: Instagram.com @sutejosetyo

Jika Anda ingin menghabiskan liburan dengan melakukan aktivitas yang menantang adrenalin, Anda dapat pergi ke Wisata Kuda Paku Haji. Anda dapat mengelilingi objek wisata dengan cara berkuda yang sangat menyenangkan. Sambil menikmati pemandangan sekitar yang sangat meneduhkan. Di sekelilingnya, terdapat pepohonan rindang yang dapat menyegarkan suasana sekitar Wisata Kuda Paku Haji.

Tidak hanya itu saja, Anda dapat menikmati olahraga yang lebih menantang seperti ATV yang juga disediakan oleh pihak pengelola. Di sepanjang jalan, Anda akan menikmati pemandangan berupa hutan yang rimbun dan sesekali akan menemukan berbagai satwa yang akan menyapa anda. Untuk lebih memuaskan para wisatawan, destinasi satu ini juga menyediakan wahana outbound, tempat bermain dan juga kolam renang.

Lokasi: Jl. Haji Gofur No.Km. 4, RT.02/RW.10, Pakuhaji, Kec. Ngamprah, Kab. Bandung.

8. Ciwangun Indah Camp (CIC)

Ciwangun Indah Camp
Image Credit: Google Maps (annisa raskania)

Objek wisata Ciwangun Indah Camp, terdiri dari berbagai macam objek wisata. Pengunjung yang datang kesini, akan dimanjakan dengan aroma hutan pinus yang menyegarkan. Anda juga bisa melakukan trekking untuk berjalan menyusuri lembah yang tak kalah indahnya di sekitaran hutan pinus. Objek wisata lainnya yang bisa Anda nikmati adalah hamparan perkebunan teh yang tumbuh sangat rimbun.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

9. Kampung Adat Cireundeu

Kampung Adat Cireundeu
Image Credit: Instagram.com @sagalanabandung

Anda pasti sudah banyak tahu, jika Bandung memiliki banyak kampung wisata yang mengambil tema bak luar negeri. Diantaranya adalah kampung dengan nuansa China, Korea, hingga Jepang. Namun di Kota Cimahi, terdapat salah satu kampung adat dengan teman Indonesia yang tak kalah populer dari kampung-kampung yang sudah disebutkan tadi. Yakni, Kampung Adat Cireundeu.

Di kampung adat ini, mayoritas masyarakatnya masih menggunakan singkong sebagai makanan pokok dan memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari. Kampung adat ini, juga memiliki kawasan hutan lindung, yang dikenal dengan nama Hutan Larangan dan juga Hutan Tutupan. Daya tarik lainnya yang banyak menarik minat wisatawan adalah adanya objek wisata Batu Cadas Gantung yang mengagumkan.

Lokasi: Leuwigajah, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

10. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland
Image Credit: Google Maps (Damels Channel)

Menjadi salah satu tempat rekreasi favorit keluarga, Kampung Gajah Wonderland menawarkan berbagai macam fasilitas yang menyenangkan. Disini, bisa melakukan ragam aktivitas berupa outbond, flying fox dan juga waterparknya yang juga dilengkapi dengan berbagai wahana seru. Yang menjadi daya tarik disini adalah, pantai buatan yang juga bisa digunakan untuk berenang dan serasa di pantai sungguhan.

Lokasi: Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

11. Pandiga Educreation Sport

Pandiga Educreation Sport
Image Credit: Google Maps (Andhita Pipiet Christianti)

Tidak hanya puas berwisata, di Pandiga Educreation Sport Anda juga akan merasakan tubuh yang bugar dan lebih segar. Wisata ini memiliki pemandangan yang masih sangat asri dan segar, dengan background pegunungan yang indah. Bangunan yang megah, wisata terpadu yang lengkap dengan berbagai macam wahana, serta wisata kuliner yang lengkap membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Jl. Sirnarasa Jl. Cihanjuang No.11, Cibabat, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi.

12. Giggle Box Cimahi

Giggle Box Cimahi
Image Credit: Google Maps (Youli C Kirwan)

Jika Anda berkunjung ke Kota Cimahi, dan bertanya mengenai wisata kuliner yang ada disana, muda-mudinya akan merekomendasikan Giggle Box Cimahi. Restoran ini memiliki bangunan yang sangat instagramable, sehingga cocok untuk menunjang gaya Anda yang fotogenic. Tidak hanya memiliki bentuk bangunan yang menarik, makanan yang disajikan akan memanjakan lidah dan perut anda.

Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.11, Karangmekar, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

13. Gedung The Historich

Gedung The Historich
Image Credit: Google Maps (Elis Lisnawati)

Gedung kokoh ini, awalnya menjadi tempat pertemuan antara tentara dan bangsawan pada zaman penjajahan Belanda. Tak heran, arsitektur gedung ini masih kental dengan gaya Belanda, yang dipadukan dengan gaya kaisar Romawi dan juga bangunan ala tropis Eropa. Sekarang, gedung ini sudah dibuka dan dimanfaatkan sebagai salah satu objek wisata di Kota Cimahi dan banyak dikunjungi wisatawan untuk berfoto.

Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.19, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

14. Cimahi Techno Park

Cimahi Techno Park
Image Credit: Facebook.com @technopark.cimahi

Pemerintah Kota Cimahi membangun Cimahi Techno Park sebagai salah satu upaya mengembangkan industri ekonomi dengan basis teknologi. Di destinasi wisata satu ini, Anda akan menemukan berbagai macam produk unggulan dari startup yang tergabung di Cimahi Techno Park. Anda bisa menemukan berbagai makanan unik, kerajinan, tekstil dan masih banyak barang lainnya untuk dijadikan oleh-oleh.

Lokasi: Jl. Baros, Leuwigajah, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

15. Menara Kereta Api Cimahi

Menara Kereta Api Cimahi
Image Credit: Tribunnews.com

Menara air yang berdiri kokoh di tengah Kota Cimahi ini, dulunya dibangun untuk memenuhi kebutuhan air bagi kereta uap yang melintas di wilayah tersebut pada jamannya. Setelah tidak lagi difungsikan, menara ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh muda-mudi Kota Cimahi. Tempat ini menjadi salah satu spot foto hits yang banyak muncul di linimasa sosial media remaja kota Cimahi.

Lokasi: Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

16. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug
Image Credit: Instagram.com @rizkaervinaa

Dalam bahasa Sunda, Bugbrug adalah air terjun yang jatuh secara tumpang tindih. Nama tersebut sangat pas disematkan sebagai nama curug ini. Curugnya memiliki debit air yang sangat deras, sehingga menambah kesan eksotis yang ditampilkan oleh Curug Bugbrug. Airnya yang berwarna bening dan sangat jernih ini, terlihat sangat kontras dengan pemandangan sekitarnya yang berwarna hijau cerah dari pepohonan.

Lokasi: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

17. Kampung Buyut Cipageran

Kampung Buyut Cipageran
Image Credit: Facebook.com @372KopiKolmas

Ketika ingin pergi ke wisata yang kental akan budaya, Anda dapat mengunjungi Kampung Buyut Cipageran yang ada di sebelah utara kota Cimahi. Kampung ini menyediakan daya tarik yang menarik bagi para wisatawan. Selain pesona keindahan alam sekitar yang indah dan suasananya yang sejuk, kampung ini juga menyediakan aneka pusat kesenian dan budaya yang lengkap.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.Km. 3, Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Kota Cimahi.

18. Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung
Image Credit: Instagram.com @pajrimpdp

Satu lagi tempat wisata di Cimahi yang cocok bagi Anda penyuka tanaman khususnya bunga yang warna-warni. Taman Wisata Bunga Cihideung menjadi budidaya bunga terbesar yang ada di wilayah Jawa Barat. Anda dapat menemukan berbagai jenis bunga cantik yang dibudidayakan disini sambil menikmati pemandangan sekitarnya yang tak kalah elok dari bunga mekar dengan warna-warni yang memikat hati.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.223, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

19. Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu
Image Credit: Google Maps (Bella Claudia)

Destinasi wisata ini, merupakan salah satu wisata edukasi yang sering dikunjungi wisatawan untuk menghabiskan waktu liburnya. Disini, Anda akan menemukan jaring tipis berukuran besar yang menampung banyak kupu-kupu cantik. Anda dapat menikmati pemandangan kupu-kupu penuh warna yang terbang kesana kemari. Anda akan ditemani oleh seorang pemandu taman yang akan menemani selama berada disana.

Lokasi: Jl. Cihanjuang Cibaligo Permai Raya No.58, Cihanjuang, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

Cimahi menjadi salah satu kota yang menawarkan berbagai macam tempat wisata yang seru untuk dikunjungi. Seakan memiliki paket wisata yang lengkap, di kota ini Anda dapat menemui wisata alam yang menakjubkan, wisata budaya yang mengagumkan, hingga wisata hits yang sangat populer. Sempatkanlah waktu untuk berlibur ke Cimahi dan mengunjungi berbagai tempat wisata ini.