Inilah List Tempat Wisata Terbaik dan Menarik di Cikarang, Bekasi. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Populer dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Memiliki Rencana Liburan.

Cikarang merupakan salah satu daerah yang terletak di Bekasi, Jawa Barat. Lokasinya sendiri berada pada jarak yang tidak terlalu jauh dari ibukota Jakarta. Meski dijuluki sebagai salah satu kawasan industri di Jawa Barat, Cikarang pula menjadi wilayah yang telah berkembang pesat sehingga memiliki fasilitas serta sarana liburan yang memadai.

Beragam objek wisata yang ada di Cikarang selalu menarik perhatian para wisatawan. Pesona keindahan daerahnya mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung. Penasaran? Berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Cikarang Bekasi yang cocok untuk liburan Anda selanjutnya.

1. Kampoeng Djamoe Organik

Kampoeng Djamoe Organik
Image Credit: Google Maps (Rais Ramdhany)

Objek wisata di Cikarang yang bisa dikunjungi bersama keluarga adalah Kampoeng Djamoe Organik. Destinasi wisata ini dimiliki oleh Perusahaan Marta Tilaar yang bergerak di bidang kecantikan. Kampung Djamoe Organik sendiri merupakan tempat wisata edukasi terpadu yang menampilkan proses pembuatan kosmetik. Tak hanya itu, pengunjung juga akan menemukan beraneka ragam tanaman herbal untuk pengobatan maupun kecantikan.

Selain cocok dikunjungi bersama dengan keluarga, Kampung Djamoe Organik juga bisa digunakan sebagai tempat rekreasi sekolah. Pemandangan yang disuguhkan oleh tempat wisata Cikarang satu ini sangatlah indah dan asri, karena dikelilingi oleh taman serta sawah yang ditanami oleh padi organik. Menariknya lagi, terdapat danau buatan serta pepohonan hijau nan rindang yang menambahkan suasana asri dan alami disini.

Lokasi: Jl. Ciujung, Kawasan EJIP Pintu II, Sukaresmi, Kec. Cikarang Selatan, Kota Bekasi.

2. Saung Ranggon

Saung Ranggon
Image Credit: Detik.com

Destinasi wisata selanjutnya merupakan wisata sejarah yang terletak di daerah Cikarang Bekasi, yaitu Saung Ranggon. Objek wisata ini telah didirikan sekitar abad 16 Masehi silam oleh Pangeran Rangga. Lokasi Saung Ranggon ini memiliki ukuran sebesar 7.6 x 7.2 meter persegi. Saat berkunjung kesini pengunjung bisa bersantai di saung yang disediakan sambil menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan.

Pepohonan rimbun yang mengelilingi kawasan wisata ini mampu menimbulkan suasana asri dan teduh, sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat melepas penat. Selain menikmati keindahan pemandangan alam yang disuguhkan, para pengunjung juga bisa menambah pengetahuan sejarah dengan melihat lihat berbagai peninggalan yang terdapat di Saung Ranggon ini.

Lokasi: Saung Ranggon, Kec. Cikarang Barat, Kota Bekasi.

3. Taman Buaya Indonesia

Taman Buaya Indonesia
Image Credit: Detik.com

Taman Buaya Indonesia yang berlokasi di Cikarang ini merupakan salah satu penangkaran buaya terbesar di Indonesia. Objek wisata ini juga sangat cocok digunakan sebagai wisata edukasi bagi para pengunjung yang ingin mengenal lingkungan alam sekitar, serta binatang yang terdapat didalamnya. Taman Buaya Indonesia memiliki beragam jenis buaya seperti buaya Irian, buaya Sumatra, albino, dan lain sebagainya.

Jumlah buaya yang terdapat di penangkaran Cikarang ini kurang lebih sekitar 500 ekor. Tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai akan pengunjung yang datang. Para wisatawan juga bisa mengenal aneka jenis buaya serta bagaimana cara perawatannya dengan baik yang dilakukan oleh para petugasnya. Di dalam lokasi wisata ini setidaknya terdapat lima kolam besar, dimana setiap kolamnya mampu menampung sekitar 100 ekor buaya.

Keunikan tempat wisata ini bisa dirasakan sejak pertama kali sampai ke lokasi, dimana para pengunjung bisa melihat patung berukuran besar yang menyerupai buaya dengan mulutnya yang menganga lebar. Para wisatawan yang berkunjung tak perlu takut ketika berada di lokasi penangkaran, sebab tersedia pengaman di setiap kolamnya berupa pagar besi mencapai tinggi 1,5 meter. Dengan begitu para pengunjung bisa mengelilingi kolam penangkaran tanpa takut disantap oleh mereka.

Lokasi: Jl. Raya Cikarang – Cibarusah No.18, Sukaragam, Kec. Serang Baru, Kota Bekasi.

4. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang
Image Credit: Waterboomlippocikarang.com

Di Cikarang juga terdapat wisata air yang kekinian dan tentunya mampu memanjakan para pengunjung yang datang. Waterboom Lippo Cikarang ini cukup populer dengan nuansa Bali yang sangat kental. Tak hanya nuansa Bali saja, ternyata di Waterboom Lippo Cikarang juga memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan wisata sejenisnya yaitu lebih mengedepankan gaya modernnya.

Jika berkunjung ke destinasi wisata ini, para pengunjung tak perlu takut terbakar sinar matahari ketika sedang berenang karena Waterboom Lippo Cikarang ini juga mengusung nuansa alam asri. Nuansa alam tersebut ditimbulkan dengan diberikan berbagai pepohonan di sekitar kolam renang. Tak hanya itu, fasilitas yang disediakan oleh wisata ini juga cukup lengkap mulai dari kategori anak anak hingga orang dewasa.

Lokasi: Jl. Madiun Kav. 115, Lippo Cikarang, Cibatu, Kec. Cikarang Selatan, Kota Bekasi.

5. Matador Family Waterpark

Matador Family Waterpark
Image Credit: Facebook.com @matadorWP

Selain Waterboom Lippo Cikarang, terdapat pula wisata air lainnya yang lebih menarik dan unik yaitu Matador Family Waterpark. Ketika berkunjung ke destinasi wisata ini Anda akan disuguhkan dengan beragam macam fasilitas menarik seperti Flying Fox, Bungee Trampoline, hingga jenis kolam renang untuk menguji kemampuan berenang para pengunjung. Matador Family Waterpark ini memiliki desain budaya Spanyol.

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata air ini memang cocok dikunjungi bersama dengan anggota keluarga disaat musim liburan tiba. Menariknya lagi, di Matador Family Waterpark ini terdapat pula berbagai wahana kolam renang untuk anak. Tidak mengherankan jika destinasi wisata air di Cikarang ini sering digunakan sebagai tempat hunting yang selalu ramai di waktu hari libur ataupun weekend.

Lokasi: Jl. Raya Cikarang – Cibarusah, Sukadami, Kec. Cikarang Selatan, Kota Bekasi.

6. Taman Sehati

Taman Sehati
Image Credit: Idaraihan.com

Taman Sehati merupakan salah satu objek wisata yang berkonsep taman di Cikarang. Taman ini biasanya dikenal sebagai tempat hunting atau berkumpul di Cikarang, karena disaat sore hari para pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Pemandangan indah tersebut membuat banyak pengunjung yang tak mau melewatkannya begitu saja. Para pengunjung akan mengabadikannya sebagai kenangan terindah.

Selain pemandangan matahari terbenamnya yang indah, disini juga terdapat beragam pepohonan rindang untuk memunculkan nuansa asri nan alami. Taman Sehati dilengkapi pula dengan pemandangan dome flower layaknya di Singapura. Adanya beragam fasilitas tersebutlah yang membuat taman di Cikarang ini selalu ramai akan pengunjung terutama di sore hari.

Lokasi: Sertajaya, Kec. Cikarang Timur, Kota Bekasi.

7. Kota Deltamas

Kota Deltamas
Image Credit: Samleinad.com

Destinasi wisata selanjutnya yang patut dikunjungi ketika berada di Cikarang ialah Kota Deltamas. Tak seperti namanya, wisata ini memiliki nuansa layaknya di pedesaan. Pemandangan tersebut sangat menyejukkan mata serta dengan adanya pepohonan nan rindang yang mampu membuat nuansa di wisata ini menjadi lebih asri dan sejuk. Terdapat pula pemandangan berupa perbukitan kecil yang indah.

Selain pemandangan alam berupa perbukitan dan pepohonan, di Kota Deltamas juga terdapat berbagai danau buatan. Adanya danau buatan tersebut menambah kesan yang unik serta daya tarik tersendiri dari wisata ini. Para pengunjung yang datang ke destinasi ini juga akan dimanjakan dengan beragam sajian kuliner khas Cikarang yang dijajakan oleh berbagai warung makan di sekeliling Kota Deltamas ini.

Lokasi: Cikarang Pusat, Kota Bekasi.

8. Megati Waterpark Cikarang

Megati Waterpark Cikarang
Image Credit: Megatiwaterpark.com

Megati Waterpark Cikarang merupakan salah satu destinasi wisata air yang memiliki nuansa alam. Berbeda dengan waterpark pada umumnya, di Megati Waterpark Cikarang ini mengusung tema alam pedesaan dengan konsep alam terbuka. Bagi siapa saja yang berkunjung ke destinasi wisata ini akan mendapatkan nuansa pedesaan alami sambil berendam di kolam renang yang disediakan.

Tidak mengherankan apabila wisata di Cikarang ini sangat cocok digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga, karena dengan suasana alamnya yang sejuk tersebut mampu menyegarkan tubuh dan otak. Terdapat pula beragam macam wahana permainan menarik serta wahana petualangan yang cocok bagi anak anak. Anda pula tak perlu khawatir, karena setiap sudut wisata ini terdapat petugas yang selalu mengontrol keadaan para pengunjung.

Lokasi: Jl. Pilar Sukatani No.Desa, Karangsetia, Kec. Karangbahagia, Kota Bekasi.

9. Puri Nirwana Waterpark Cikarang

Puri Nirwana Waterpark Cikarang
Image Credit: Facebook.com @purinirwanaresidences18

Waterpark selanjutnya yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Cikarang yaitu Puri Nirwana Waterpark Cikarang. Destinasi wisata ini didesain senyaman mungkin, sehingga terasa sekali nuansa kebersamaan dengan keluarga. Dalam wisata ini pula terdapat dua kolam renang untuk kategori anak anak dan orang dewasa. Kolam renang yang diperuntukkan orang dewasa, terdapat berbagai macam ukuran yaitu mulai dari kedalaman 1.5 hingga 1.8 meter.

Para pengunjung juga akan dimanjakan dengan fasilitas berupa tiga seluncuran yang dapat digunakan untuk anak anak maupun orang dewasa. Seluncuran tersebut terdiri dari beragam ukuran dan macam yang sangat mumpuni untuk digunakan oleh banyak pengunjung. Selain beragam fasilitas yang lengkap tersebut, para pengunjung juga bisa menikmati berbagai jenis masakan khas Jawa Barat yang disediakan di kantin.

Lokasi: Jl. Ki Hajar Dewantara, Sukaraya, Kec. Karangbahagia, Kota Bekasi.

10. Sport Club Taman Sentosa

Sport Club Taman Sentosa
Image Credit: Google Maps (Rachman Darmansah)

Tak hanya wisata kolam renang serta wisata alam, di Cikarang juga terdapat area khusus olahraga yaitu Sport Club Taman Sentosa. Destinasi wisata ini menjadi tempat rekreasi dan olahraga yang selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Disebut pula sebagai sport center yang menyediakan beragam fasilitas olahraga mulai dari lapangan futsal, fitness and aerobic center, kolam renang, lapangan badminton, dan masih banyak lagi lainnya.

Di Sport Club Taman Sentosa tidak hanya menawarkan rekreasi saat liburan tiba, tetapi juga mampu mengembalikan kebugaran serta kesehatan tubuh. Uniknya lagi di wisata Cikarang ini juga tak hanya dikhususkan untuk orang dewasa saja, melainkan bisa digunakan sebagai destinasi liburan bersama keluarga dan anak anak. Sehingga tidak hanya berlibur saja, tetapi anak anak juga dapat menggerakkan tubuh mereka dengan mencoba berbagai macam fasilitas olahraga yang disediakan.

Lokasi: Jl. Sentosa Utara, Pasirsari, Kec. Cikarang Selatan, Kota Bekasi.

Cikarang memang terkenal dengan kota industri yang berkembang, namun bukan berarti Cikarang tidak memiliki tempat wisata untuk memanjakan masyarakatnya. Beragam wisata yang disebutkan diatas merupakan bagian terkecil yang dimiliki oleh Cikarang Bekasi. Dengan berkunjung ke salah satu wisata yang disebutkan diatas, akan membuat masa liburan Anda menyenangkan apalagi dihabiskan bersama dengan orang orang tersayang.