Tertarik Liburan ke Cianjur? Intip Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Cianjur, Jawa Barat. Objek Wisata Terbaru, Populer dan Terhits untuk Anda Jelajahi Saat Liburan.

Kabupaten Cianjur dikenal menjadi salah satu penghasil beras terbesar di Jawa Barat dan termasuk komoditas utama di daerah tersebut. Beras yang dihasilkan memiliki aroma khas pandan, yang mungkin saja tidak dapat Anda temui di kota lain. Selain unggul di bidang pertanian, kabupaten satu ini juga memiliki sederet destinasi wisata yang sangat mempesona, baik wisata alam maupun buatan.

Anda bisa berkunjung ke beberapa destinasi tersembunyi yang belum diketahui banyak orang, tetapi justru memiliki keindahan unik di dalamnya. Berikut daftar tempat wisata populer di Cianjur yang menarik untuk dijelajahi.

1. Wisata Wachi

Wisata Wachi
Image Credit: Facebook.com @WisataCiwideyNew

Bagi warga Cianjur selatan, saat ini telah hadir tempat wisata kekinian yang menawarkan spot foto menarik untuk anda. Wisata alam celak indah atau yang biasa disebut Wachi ini jadi salah satu destinasi yang ramai dikunjungi. Pasalnya, menyuguhkan panorama dari puncak bukit dengan balutan kabut serta udara yang segar. Para pengunjung juga dapat berswafoto dari gardu pandang berbentuk bunga matahari, papan bintang, hati, atau spot love yang unik.

Lokasi: Pagermaneuh, Kec. Tanggeung, Kab. Cianjur.

2. Little Venice

Little Venice
Image Credit: Jajanbeken.com

Merasakan naik gondola dan dinyanyikan oleh pengemudinya saat ini tidak perlu jauh jauh ke Venezia. Anda bisa berkunjung ke Little Venice yang ada di Cianjur untuk menjajal objek wisata unik satu ini. Tak hanya gondola, Anda juga disuguhi bangunan khas Eropa yang berjajar rapi lengkap dengan danau dan kanalnya. Bagi para pecinta aktivitas wahana air, Anda juga dapat bermain bubble ball, banana boat, kapal, perahu, kapal Missisipi, dan rubber boat.

Lokasi: Batulawang, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

3. Wisata Pokland

Wisata Pokland
Image Credit: Masaginews.com

Awal mulanya, Pokland merupakan hutan pinus yang berisi deretan pohon pinus yang mampu menarik minat para remaja untuk hunting di area tersebut. Tak hanya itu, area itu juga dijadikan sebagai tempat pengumpulan kayu untuk material bangunan. Akan tetapi, saat ini telah resmi dijadikan sebagai kawasan wisata yang dilengkapi beberapa spot cantik. Mulai dari payung gantung, spot love, rumah terbalik, penyewaan hanbok, hingga camping ground.

Lokasi: Haurwangi, Kec. Haurwangi, Kab. Cianjur.

4. CMR GH

CMR GH
Image Credit: Arocki.com

Bagi masyarakat Indonesia saat ini trek yang sulit bukan suatu kendala, terutama bila ada spot foto menarik di dalamnya. Oleh sebab itu, Cimirung Gunung Hayang jadi salah satu objek wisata yang banyak dibicarakan karena pesona alamnya. Anda bisa berswafoto dengan latar bukit dan sawah yang menakjubkan. Bila Anda beruntung, saat sore hari juga jadi waktu yang tepat untuk mengabadikan momen sunset dari ketinggian Cimirung Gunung Hayang ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Banjar Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Cibenteng, RT.05/RW.04, Mekarjaya, Kec. Cikalongkulon, Kab. Cianjur .

5. Kebun Teh Sukanagara

Kebun Teh Sukanagara
Image Credit: Apakabarcianjur.blogspot.com

Melipir sejenak dari hiruk pikuk perkotaan bisa jadi ajang untung melepas penat dan kembali mengisi energi. Anda bisa berlibur ke kebun teh sembari menikmati udara yang sejuk dan pemandangan hijau. Area tersebut dilengkapi jajaran pohon teh yang disusun rapi sehingga tampak cantik dan estetik sebagai spot foto. Anda bisa melihat secara langsung proses memetik daun teh, pembuatan teh, hingga akhirnya bisa disajikan di sebuah cangkir cantik.

Lokasi: Jl. Campaka, Sindangsari, Kec. Sukanagara, Kab. Cianjur.

6. Pantai Jayanti

Pantai Jayanti
Image Credit: Updatetiket.com

Tak lengkap bila tidak membahas wisata bahari yang disuguhkan oleh kota penghasil beras satu ini. Pantai Jayanti memiliki daya tarik unik, yaitu pasir yang berwarna hitam tetapi justru jadi pesona yang tidak kalah dengan pantai lainnya. Anda juga akan melihat gulungan ombak besar di kawasan ini karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Selain itu, area ini juga jadi surga bagi para pecinta seafood karena terdapat pelabuhan nelayan dan pasar ikan.

Lokasi: Jl. Pantai Jayanti, Cidamar, Kec. Cidaun, Kab. Cianjur.

7. Pantai Apra

Pantai Apra
Image Credit: Cianjurekspres.net

Berada di pesisir selatan kota Cianjur membuat pantai Apra menyuguhkan ombak besar untuk anda. Pesona Apra yang membuatnya ramai dikunjungi para muda mudi, yaitu jadi spot terbaik untuk menyaksikan sunset. Anda bisa mengabadikan momen ini bersama teman atau pasangan dengan swafoto bersama. Saat malam menjelang, area pesisir pantai ini sering dijadikan spot untuk nongkrong anak anak muda hingga larut malam.

Lokasi: Saganten, Kec. Sindangbarang, Kab. Cianjur.

8. Pantai Lugina

Pantai Lugina
Image Credit: Melancongkuy.com

Menjadi salah satu destinasi yang tersembunyi, karena letaknya yang cukup sulit untuk ditemukan. Akan tetapi, Anda tidak perlu meragukan keindahan yang ditawarkan oleh pantai Lugina ini. daya tarik utamanya, yaitu para wisatawan dapat menikmati indahnya air laut melalui atas bukit yang juga dijadikan spot foto instagramable. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini, yaitu sore hari untuk mengabadikan saat mentari akan kembali ke peraduannya.

Lokasi: Jl. Pantai Lugina, Wanasari, Kec. Agrabinta, Kab. Cianjur.

9. Curug Citambur

Curug Citambur
Image Credit: Hargatiket.net

Lokasi dari air terjun satu ini berada di tengah tebing tinggi lengkap dengan pesona alamnya yang luar biasa. Para pengunjung akan disuguhi curug dengan ketinggian sekitar 100 meter dan uap air yang tampak seperti kabut. Saat berada di sekitar air terjun, Anda merasakan cipratan air yang dapat membasahi baju. Waktu terbaik untuk berkunjung, yaitu saat musim hujan atau setelahnya karena debit air yang melimpah dan pepohonan di sekitarnya menghijau.

Lokasi: Desa Karangjaya, Kec. Pasirkuda, Kab. Cianjur.

10. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum
Image Credit: Mandalawangicibodas.com

Destinasi wisata satu ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Pangrango. Di kawasan yang sama, terdapat tiga air terjun berbeda dengan pesona yang unik pula. Curug Cibeureum ini memiliki aliran air yang cukup deras dan berada di lokasi yang sangat terbuka. Tak heran, bila lokasi ini lebih ramai dikunjungi wisatawan karena dekat dengan shelter jalur pendakian. Bagi para wisatawan, terdapat dua spot foto ikonik yaitu depan air terjun dan jembatan kayu.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Anak di Bandung Terhits Buat Liburan

Lokasi: Desa Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

11. Curug Ciismun

Curug Ciismun
Image Credit: Reresepan.com

Destinasi wisata satu ini tergolong tempat yang cukup ramai dikunjungi, baik bagi pelancong maupun fotografer profesional. Pasalnya, terdapat lokasi yang sangat estetik dan cocok sebagai lokasi hunting foto. Tak hanya itu, daya tarik dari curug ini juga karena lokasinya yang berada di ketinggian dengan udara sejuk yang cocok untuk berlibur keluarga. Paduan antara suara derasnya air yang jatuh dan gemerisik di rerimbunan pohon juga jadi salah satu daya tariknya.

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

12. Curug Luhur

Curug Luhur
Image Credit: Gotravelly.com

Bagi Anda yang ingin menyepi dari ramainya perkotaan, sepertinya curug Luhur ini sangat cocok. Mulai dari trekking yang harus dilalui, hingga pemandangan yang disajikan di depan air terjun sangat memanjakan wisatawan. Paduan antara gemericik air, pepohonan hijau, serta suara serangga jadi sangat pas untuk mengisi liburan. Tak heran, banyak orang yang rela menempuh jarak jauh untuk menikmati tempat wisata tersembunyi satu ini.

Lokasi: Pamoyanan, Batulawang, Kec. Cibinong, Kab. Cianjur.

13. Curug Cikondang

Curug Cikondang
Image Credit: Google Maps (Indra Gunawan)

Tampaknya, bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian cocok dilabelkan pada curug CIkondang. Para wisatawan yang ingin menikmati indahnya air terjun ini harus melalui jalan berliku dan penuh batuan lebih dulu. Akan tetapi, panorama sepanjang perjalanan tak akan membuat Anda bosan atau cepat lelah. Uniknya, lokasi wisata satu ini tersembunyi di antara perkebunan teh dan area persawahan dengan beragam spot menarik untuk swafoto.

Lokasi: Wangunjaya, Kec. Campaka, Kab. Cianjur.

14. Sungai Cikundul

Sungai Cikundul
Image Credit: Antaranews.com

Suka dengan aktivitas di luar rumah yang menantang? Anda wajib berkunjung ke Sungai Cikundul yang menyediakan fasilitas untuk arum jeram. Dijamin aktivitas ini dapat memacu adrenalin anda, tetapi juga mampu melepas penat dari padatnya rutinitas. Tak perlu cemas, karena para pemula akan dipandu dengan pemandu profesional dan dilengkapi peralatan yang aman.

Lokasi: Kec. Cianjur, Kab. Cianjur

15. Situs Megalitikum Gunung Padang

Situs Megalitikum Gunung Padang
Image Credit: Pegipegi.com

Seperti namanya, situs ini telah memiliki umur yang sangat tua, sehingga dijadikan sebagai tempat bersejarah. Menurut kabar yang beredar, situs Megalitikum ini lebih tua daripada Peradaban Mesir Kuno. Bukti dari peradaban di zaman dulu yang masih dapat Anda lihat saat ini, yaitu susunan batu unik dan beragam cerita mistis di sana. Tak hanya mistis, lokasi ini juga menyuguhkan panorama yang sangat indah.

Lokasi: Desa Karyamukti, Kec. Campaka, Kab. Cianjur.

16. Situs Megalitikum Gunung Kasur

Situs Megalitikum Gunung Kasur
Image Credit: Instagram.com @AgusJayaSaputra

Tak hanya Gunung Padang, Anda juga wajib berkunjung ke situs yang merupakan tempat makam pendiri Kerajaan Cianjur ini. Daya tarik utamanya, yaitu cetak telapak kaki dari Patih Pertama di Kerajaan Cianjur. Tak heran, wisata ini cukup diminati dan dibicarakan oleh banyak orang. Anda juga bisa menikmati pemandangan yang mempesona dari ketinggian sekitar 1080 mdpl.

Lokasi: Gadog, Kec. Pacet, Kab. Cianjur.

17. The John’s Aquatic Resort

The John’s Aquatic Resort
Image Credit: Agoda.com

Bila sebelumnya membahas wisata alam, kali ini beralih ke wisata buatan yang telah berdiri sejak tahun 2010 silam. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga dengan pemandangan yang sangat asri. Tak hanya itu, fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung cukup banyak, yaitu playground, taman burung, area outbound, arena berkuda, flying fox, paintball, tabung rafting, dan lain lain. Selain itu, tersedia pula paket outbond yang dibanderol dengan harga terjangkau.

BACA JUGA:  10 Tempat Romantis di Bandung Buat Liburan Bersama Pasangan

Lokasi: Jl. Kp. Pasir Tangkil, Babakankaret, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur.

18. Bravo Campground Citampele

Bravo Campground Citampele
Image Credit: Explorewisata.com

Destinasi satu ini tampaknya sangat cocok sebagai area wisata keluarga, karena terdapat beberapa spot ramah anak dan cocok untuk orang dewasa. Bagi para pecinta aktivitas outdoor, Anda bisa menjajal trekking, berenang, atau mengendarai ATV. Bagi anak anak, tersedia playground yang menantang adrenalin, tetapi tetap aman. Daya tarik lainnya, yaitu menyuguhkan pesona alam luar biasa untuk para pengunjung.

Lokasi: Jl. Raya Jonggol, Kp. Citampele, Kec. Cikalongkulon, Kab. Cianjur.

19. Green Apple Garden

Green Apple Garden
Image Credit: Villagreenapple.web.id

Menyegarkan pikiran dan hati tampaknya sangat cocok bila memilih tempat ini sebagai area berlibur. Anda dapat menikmati taman yang asri, fasilitas lengkap, dan sederet spot foto keren di tempat ini. Mulai dari bus besar berwarna merah, replika Big Ben, spot foto asri di kebun, dan lain lain. Yang tak kalah menarik, yaitu atmosfer di ketinggian 1200 mdpl yang sangat sejuk sehingga membuat seluruh wisatawan betah berkunjung ke tempat ini.

Lokasi: Green Apple Garden Blok Z SF 150, Gadog, Kec. Pacet, Kab. Cianjur.

20. Canopy Trail TNGGP

Canopy Trail TNGGP
Image Credit: Satyawinnie.com

Kawasan Taman Nasional Gunung Pangrango kembali menyuguhkan destinasi yang tidak dapat Anda tolak. Lokasi ini cocok untuk Anda yang suka dengan aktivitas di luar rumah yang menantang adrenalin. Pasalnya, setiap pengunjung akan berjalan di atas Canopy Trail yang selalu bergoyang di ketinggian sekitar 45 meter di antara empat pohon Rasamala. Tak hanya itu, ketakutan itu diperparah dengan jembatan yang tidak terlalu lebar.

Lokasi: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

21. Waduk Jangari

Waduk Jangari
Image Credit: Pojoksatu.id

Pernahkah Anda menginap di atas sebuah danau? Tampaknya pengalaman tersebut bisa Anda peroleh di atas waduk Jangari yang menyediakan ribuan rumah apung dan keramba ikan. Daya tarik lainnya, yaitu Anda bisa berkeliling dengan perahu warga setempat untuk melihat keindahan waduk secara keseluruhan serta menikmati pertunjukan tari jaipong. Selain itu, para wisatawan juga dapat mencicipi hidangan khas Cianjur dengan bahan dasar ikan.

Lokasi: Bobojong, Kec. Mande, Kab. Cianjur.

22. Curug Dadali

Curug Dadali
Image Credit: Seringjalan.com

Tak hanya menyuguhkan curug yang menyegarkan, destinasi wisata ini juga memiliki area yang unik dan eksotis. Anda akan menikmati suguhan pemandangan air terjun yang cukup deras dengan aliran yang berada di kubangan. Kubangan ini penuh dengan bebatuan yang berlumut, sehingga harus berhati hati saat ada di sekitarnya. Para pengunjung diperingatkan untuk tidak berenang di tempat ini karena cukup berbahaya.

Lokasi: Wargaasih, Kec. Kadupandak, Kab. Cianjur.

Berlibur ke kota Cianjur biasanya memilih berkunjung ke destinasi yang ada di Puncak. Sebagian besar tempat wisata di kota penghasil beras pandanwangi ini memang termasuk ke dalam kawasan Puncak. Akan tetapi, banyak pula yang lokasinya masih tersembunyi dengan daya tarik unik yang tak boleh dilewatkan saat ke Cianjur. Ada sekitar 22 destinasi wisata dengan beragam keunikan yang ditonjolkan, sehingga mampu membuat liburan Anda lebih berkesan.