Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Ciamis, Jawa Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan dan Akhir Pekan.

Memiliki lokasi yang strategis di jalur antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, membuat Ciamis menjadi tujuan bagi wisatawan yang ingin berwisata lintas provinsi. Tak hanya memiliki akses yang mudah dijangkau, kabupaten ini juga mempunyai sederet tempat wisata yang indah dapat memanjakan mata dan pikiran.

Tentu saja, berwisata ke daerah Ciamis akan menjadi tempat berlibur yang tepat. Berikut beberapa tempat wisata terbaik di Ciamis yang menarik untuk dikunjungi.

1. Situs Gunung Susuru

Situs Gunung Susuru
Image Credit: Google Maps (Sugaluhlang Traveller)

Ketika Anda berwisata ke daerah Ciamis, maka Anda akan bisa menemukan banyak tempat wisata yang unik. Pertama adalah obyek wisata Situs Gunung Susuru, situs tersebut menjadi salah satu wisata sejarah yang ada di daerah ini. Sebab keberadaan situs Gunung Susuru menjadi saksi bisu dari sejarah petilasan dari Kerajaan Galuh Kertabumi.

Dinamakan dengan Gunung Susuru karena pada daerah ini banyak sekali tumbuh bunga susuru. Yang mana kembang tersebut merupakan salah satu jenis kaktus yang hanya bisa tumbuh di tempat tersebut. Konon katanya, kembang ini dulunya digunakan sebagai pagar tanaman keraton Galuh Kertabumi.

Lokasi: Kertabumi, Kec. Cijeungjing, Kab. Ciamis.

2. Rafting Sungai Citumang

Rafting Sungai Citumang
Image Credit: Google Maps (Gun Gun Gunawan)

Dikenal dengan arus airnya yang menantang dan juga deras, menjadikan objek wisata ini diminati bagi pelancong yang menyukai olahraga rafting. Uniknya lagi, ketika sedang bermain rafting, Anda pun akan disuguhkan dengan panorama sungai yang sangat memukau. Sebab, pepohonan rindang yang ada di sekitar sungai akan terlihat begitu menawan.

Ketika Anda rafting di Sungai Citumang, maka Anda pun akan diajak untuk mengarungi aliran sungai yang membelah hutan jati. Air yang hijau kebiruan akan menjadi daya pikat tersendiri yang bisa Anda dapatkan. Ditambah dengan ornamen batu batu padas yang memiliki relief alami akan membuat Anda tidak ingin meninggalkan tempat satu ini.

Lokasi: Desa Bojong, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

3. Wisata Batu Ngampar

Wisata Batu Ngampar
Image Credit: Google Maps (py uncle)

Wisata Batu Ngampar dapat menjadi destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi. Dengan menyajikan keindahan air terjun dengan pemandangan yang indah akan menjadi salah satu tempat menghilangkan stres. Derasnya aliran air ditambah dengan bebatuan yang menghiasi dan hijaunya panorama sekitar akan membuat Anda terpukau.

Lokasi: Medanglayang, Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis.

4. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu
Image Credit: Instagram.com @pantai_batuhiu

Pantai satu ini juga memiliki pemandangan yang tak kalah keren dengan pantai yang lain. Akan tetapi, terdapat keunikan tersendiri di balik namanya. Nama Batu Hiu sendiri karena di pantai ini terdapat batu raksasa yang memiliki bentuk laksana ikan hiu. Anda juga bisa melihat pantai dari sudut pandang yang berbeda, yakni dengan menaiki bukit yang ada di sekitarnya.

Lokasi: Desa Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran.

5. Puncak Bangku Rancah

Puncak Bangku Rancah
Image Credit: Google Maps (rizwan koer)

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam ketika berada di Ciamis, maka Puncak Bangku Rancah menjadi lokasi yang pas. Pasalnya ketika disini, Anda bisa melihat indahnya hamparan sawah yang hijau dan memanjakan mata. Dengan suasana khas pegunungan tersebut akan membuat liburan semakin berkesan.

Lokasi: Situmandala, Kec. Rancah, Kab. Ciamis.

6. Lembah Putri

Lembah Putri
Image Credit: Google Maps (Khalifa Firza Khafif Ar Razi)

Meskipun wisata ini belum terkenal di kalangan wisatawan, lembah Putri bisa Anda kunjungi karena menawarkan pemandangan yang sangat indah. Anda akan melihat birunya laut dan juga hijaunya pepohonan yang akan membuat Anda betah. Untuk itu, ketika Anda sedang dilanda penat, mengunjungi Lembah Putri adalah alternatif yang bisa dicoba.

Lokasi: Putrapinggan, Kec. Kalipucang, Kab. Ciamis.

7. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas
Image Credit: Instagram.com @penginapanbatukaras

Ombak yang tenang dan juga pasir pantai berwarna hitam, menjadi ciri khas dari Pantai Batu Karas. Di bibir pantai, Anda juga bisa bersantai di bawah rimbunnya pepohonan. Saat berada disini, Anda pun bisa berenang dan juga bermain air di pinggir pantai. Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap. Pasalnya, Anda bisa bermain jet ski, banana boat hingga berkemah saat berada disini.

Lokasi: Desa Batu Karas, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

8. Astana Gede Kawali

Astana Gede Kawali
Image Credit: Instagram.com @_tio_tio

Selain menyajikan indahnya wisata alam, berada di Ciamis Anda juga bisa berkunjung ke Astana Gede Kawali. Wisata ini akan menyuguhkan beberapa peninggalan di masa Kerajaan Galuh. Ada banyak hal yang bisa Anda temui, seperti menhir, prasasti dan juga makam yang masih terawat dengan sangat baik. Wisata sejarah ini bisa menjadi alternatif Anda untuk berlibur.

Lokasi: Indrayasa, Kec. Kawali, Kab. Ciamis.

9. Mega Wisata Icakan

Mega Wisata Icakan
Image Credit: Google Maps (Yesi Nurliyati)

Mega Wisata Icakan dapat menjadi salah satu destinasi yang ramah anak. Pasalnya, Anda dan keluarga bisa sekaligus menikmati indahnya suasana alam dengan konsep yang apik. Lembah ini disusun dengan memiliki tatanan yang sangat indah. Ditambah dengan suasananya yang asri akan membuat Anda betah menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Memiliki luas sekitar 35 hektar, Anda pun akan ditawarkan dengan berbagai macam fasilitas lengkap guna menunjang kenyamanan Anda di dalam berlibur. Bahkan pemandangan yang ditawarkan pun sangatlah mempesona. Mulai dari pegunungan dan juga kontur tanah berbukit akan membuat pikiran menjadi lebih segar.

Lokasi: Dusun Cikacang, Sukamulya, Kec. Baregbeg, Kab. Ciamis.

10. Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang
Image Credit: Tripadvisor.com

Curug juga menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Ciamis. Dengan memiliki air terjun sebanyak 7 tingkat, maka Anda akan disuguhkan aliran air yang memiliki bentuk layaknya undak undakan. Dengan memiliki ketinggian yakni 800 hingga 900 meter, akan membuat Anda bisa melihat keindahan yang sempurna.

Suara air terjun yang mengalir sangat menenangkan. Ditambah dengan sejuknya udara yang bisa Anda rasakan di tempat ini akan menjadikan destinasi ini wajib untuk disinggahi. Curug Tujuh Cibolang ini bisa Anda nikmati sembari disuguhkan panorama indah yakni pohon pinus tinggi yang menjulang.

Lokasi: Sandingtaman, Kec. Panjalu, Kab. Ciamis.

11. Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu
Image Credit: Instagram.com @abdur_rohman_98

Memiliki luas sekitar 57 hektar dan juga pulau yang ada di tengahnya membuat destinasi ini wajib dikunjungi. Pulau yang berada di tengah tersebut dinamakan Nusa Gede, yang mana di pulau tersebut melindungi peninggalan dari zaman purbakala. Lingkungan yang masih asri dan udara yang sejuk, tentu saja menjadi daya pikat tersendiri bagi pelancong ketika berlibur ke tempat ini.

Lokasi: Situ Lengkong, Kec. Panjalu, Kab. Ciamis.

12. Sukahaji Waterboom

Sukahaji Waterboom
Image Credit: Google Maps (Wahana Edukasi-Sukahaji Waterboom)

Untuk Anda yang bingung mengajak si kecil berlibur, maka Sukahaji Waterboom menjadi lokasi yang tepat. Pasalnya destinasi satu ini telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana air yang mengasyikkan. Mulai dari seluncur air, hingga kolam renang dengan beragam bentuk akan membuat liburan akhir pekan menjadi lebih menyenangkan.

Lokasi: Jl. Raya Cihaurbeuti, Sukahaji, Kec. Cihaurbeuti, Kab. Ciamis.

13. Taman Raflesia

Taman Raflesia
Image Credit: Google Maps (Feri Permana)

Menyambut malam di Ciamis bisa Anda habiskan dengan mengunjungi Taman Raflesia. Disini, Anda akan bisa menemukan air mancur yang sangat ikonik dan berwarna warni ketika di malam hari. Anda pun bisa bersantai ataupun sekedar bercengkrama bersama kerabat saat berada di taman ini.

Lokasi: Taman Raflesia, Kec. Ciamis, Kab. Ciamis.

14. Taman Surawisesa Kawali

Taman Surawisesa Kawali
Image Credit: Google Maps (Ako Zai)

Bagi Anda yang ingin berlibur dengan budget ramah kantong, maka Taman Surawisesa Kawali menjadi salah satu objek wisata yang bisa Anda kunjungi. Pasalnya, destinasi yang mempunyai area ruang terbuka hijau ini akan menjadi lokasi yang pas untuk menghabiskan waktu. Sehingga, tak mengherankan tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Ada berbagai macam aktivitas menarik yang bisa Anda coba saat berada di taman ini. Sebab, di Taman Surawisesa Kawali ini terdapat berbagai macam permainan anak. Sehingga si kecil tidak akan bosan apabila diajak kesini. Selain itu, ketika perut Anda keroncongan, maka Anda bisa membeli berbagai makanan yang dijajakan oleh pedagang sekitar.

Lokasi: Taman Surawisesa, Kec. Kawali, Kab. Ciamis.

15. Alun Alun Ciamis

Alun Alun Ciamis
Image Credit: Google Maps (Amir Rahman)

Selain mengunjungi taman, di Ciamis ini juga terdapat alun alun yang digunakan sebagai tempat untuk berkumpul. Taman yang ada di alun alun ini dibagi menjadi taman buatan dan taman alami. Bisa dikatakan alun alun ini menjadi lokasi bagi warga Ciamis untuk menghabiskan waktu. Sebab, dari pagi hingga malam hari seolah olah tak berhenti kedatangan pengunjung.

Lokasi: Ciamis, Kec. Ciamis, Kab. Ciamis.

16. Masjid Agung Ciamis

Masjid Agung Ciamis
Image Credit: Google Maps (Gelar Pangestu)

Saat berkunjung ke kota satu ini, jangan lupa untuk singgah sejenak di Masjid Agung Ciamis. Masjid ini memiliki desain arsitektur yang sangat menarik. Dengan didominasi oleh kayu, Anda pun bisa beribadah di tempat yang bagus ini. Untuk itu, Anda pun akan sering menyaksikan orang yang mengabadikan foto ketika berkunjung ke lokasi satu ini.

Keunggulan lain yang bisa Anda temukan disini adalah adanya pohon kurma. Tentu saja, Anda akan sangat jarang menemukan pohon tersebut tumbuh di dataran Indonesia. Namun, di Masjid Agung Ciamis, Anda bisa menemukannya. Sehingga, banyak wisatawan yang sengaja datang untuk melihat pohon tersebut.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Kec. Ciamis, Kab. Ciamis.

17. Ciung Wanara

Ciung Wanara
Image Credit: Google Maps (Aditya Karnawiredja)

Kerajaan Galuh menjadi salah satu hal yang pastinya selalu berkaitan dengan Ciamis. Sebab, di daerah satu ini banyak sekali ditemukan situs peninggalan kerajaan tersebut. Salah satu situs yang bisa Anda temukan adalah Ciung Wanara yang menjadi situs purbakala dan juga arkeologi yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Galuh. Situs bercorak Hindu Budha ini menjadi wisata sejarah yang bisa dikunjungi.

Lokasi: Karangkamulyan, Kec. Ciamis, Kab. Ciamis.

18. Green Canyon atau Cukang Taneuh

Green Canyon atau Cukang Taneuh
Image Credit: Google Maps (IDEN)

Meskipun berada di Pangandaran, wisata ini memiliki jarak tempuh yang cukup dekat dengan Ciamis. Memasuki wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan air yang jernih lengkap dengan pepohonan hijau. Dengan keindahan tersebut, maka wisata ini sering disebut seindah Green Canyon yang ada di Amerika.

Ketika berada disini, Anda akan diajak untuk menyusuri indahnya Sungai Cijulang yang cukup unik. Sebab, aliran tersebut berada diapit dengan dua bukit serta menembus gua. Berada di perahu, Anda pun akan bisa bermain air dengan suasana gua yang gelap. Tentu saja Anda menawarkan sensasi yang berbeda dibanding destinasi yang lain.

Lokasi: Jl. Raya Cijulang, Green Canyon, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran.

19. Kampung Adat Kuta

Kampung Adat Kuta
Image Credit: Google Maps (fajar8af)

Siapa bilang Anda tak bisa berwisata budaya ketika berada di Ciamis? Anda pun bisa singgah di Kampung Adat Kuta yang merupakan sebuah dusun adat. Untuk Anda yang tertarik, maka persiapkan fisik dengan baik. Sebab, Anda akan diajak untuk menempuh perjalanan yang sulit. Pasalnya, lokasi kampung adat ini berada di tebing perbukitan dan lembah yang curam.

Lokasi: Karangpaningal, Kec. Tambaksari, Kab. Ciamis.

20. Cagar Alam Pananjung

Cagar Alam Pananjung
Image Credit: Indonesia.travel

Cagar alam ini sendiri menjadi salah satu angin segar bagi Anda yang ingin berwisata di tempat yang asri dan penuh dengan berbagai macam binatang. Ketika berada disini, Anda akan menjumpai rusa, landak, tando, banteng, lutung dan kalong. Tak hanya menyaksikan keindahan flora dan fauna saja, disini Anda juga akan diajak untuk menjelajah keindahan destinasi lainnya yang akan membuat Anda betah

Lokasi: Pananjung, Kec. Pangandaran, Kab. Pangandaran.

Tempat wisata yang ada di Ciamis menjadi salah satu alternatif tempat berlibur bagi Anda yang penat dan bosan dengan aktifitas kota yang membosankan. Berwisata di alam dengan pemandangan yang indah dan memukau akan menjadi salah satu obat pelepas lelah yang bisa Anda dapatkan. Untuk itu, tak ada salahnya menyempatkan berlibur ketika akhir pekan.