Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Bogor, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Terbaru & Paling Hits Dikunjungi Saat Berlibur Bersama Keluarga.

Kota Bogor merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki kemajuan cukup pesat. Selain kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, Bogor juga sangat berkembang dalam sektor wisata. Daerah dengan julukan kota hujan ini memiliki keindahan alam yang begitu mempesona, dan berbagai destinasi wisata yang sangat menarik untuk Anda kunjungi saat liburan.

Tidak hanya keindahan yang ada di Puncak, berikut deretan tempat wisata di Bogor yang memukau dan bisa menjadi referensi terbaik untuk liburan Anda.

1. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor
Image Credit: Posbagus.com

Destinasi wisata pertama yang wajib masuk ke dalam daftar wisata yang harus Anda kunjungi bersama keluarga adalah Taman Safari. Objek wisata ini menawarkan pengunjung untuk berinteraksi secara langsung dengan hewan yang hidup di habitat aslinya. Taman Safari ini terbagi menjadi 2 season yaitu siang dan malam. Untuk siang hari, aktivitasnya layaknya taman safari pada umumnya. Sedangkan safari malam menawarkan petualangan di alam terbuka.

Lokasi: Jl. Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Image Credit: Getlost.id

Kebun Raya Bogor rasanya sudah sangat terkenal di seantero tanah air. Siapa yang tidak mengenal kebanggaan anak bangsa satu ini? Kebun Raya Bogor merupakan salah satu dari peninggalan zaman penjajahan Belanda. Dan hingga saat ini masih dilestarikan dengan baik, bahkan menjadi ikon dari kota hujan tersebut. Di objek wisata ini Anda dapat menikmati indahnya alam, serta melihat aneka flora serta fauna.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

3. Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor
Image Credit: Kalderanews.com

Museum Zoologi merupakan sebuah museum yang menyimpan berbagai koleksi hewan purba yang telah punah. Bangunan ini tidak hanya terdiri dari koleksi hewan yang diawetkan saja, tapi juga terdiri dari fosil hewan yang berusia ribuan bahkan jutaan tahun. Anda dapat menemukan museum ini dengan mudah karena masih berada di satu lokasi dengan Kebun Raya Bogor. Selain menjadi tempat rekreasi, museum ini bisa Anda manfaatkan sebagai sarana pendidikan anak.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.9, RT.04/RW.02, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

4. Museum Etnobotani

Museum Etnobotani
Image Credit: Lovelybogor.com

Satu lagi museum yang ada di Bogor yaitu Museum Etnobotani. Museum ini telah diresmikan sejak tahun 1982, dan saat ini sudah memiliki koleksi sekitar 1700 benda yang sudah diberi nomor serta dipamerkan pada ruang kaca. Benda yang dipamerkan tersebut merupakan sampel yang digunakan oleh para peneliti, untuk meneliti hubungan antara suku asli suatu daerah dengan tumbuhan yang ada di sekitarnya. Objek wisata ini sangat cocok sebagai sarana edukasi.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda 22 – 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, RT.02/RW.08, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

5. Museum Pembela Tanah Air

Museum Pembela Tanah Air
Image Credit: Wisatatempatku.com

Selanjutnya ada Museum Pembela Tanah Air, yang bisa Anda jadikan sebagai sarana liburan dan edukasi. Selain berwisata, di sini Anda bisa mengenang perjuangan kemerdekaan para pahlawan pada zaman dahulu. Ini cukup untuk memperkuat rasa nasionalisme, di tengah gempuran arus zaman yang mulai melunturkan rasa kebangsaan pada generasi muda Indonesia. Anda bisa mengajak putra putri Anda untuk mulai mencintai para pahlawan dengan berkunjung kemari.

Lokasi: Pabaton, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

6. Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis
Image Credit: Pariwisataindonesia.id

Selain wisata sejarah perjuangan, Anda juga harus mengenal wisata sejarah kerajaan nusantara. Seperti yang ada di Museum Prasasti Batu Tulis, yang merupakan peninggalan dari kerajaan Pajajaran dan dibuat pada masa pemerintahan Surawisesa tahun 1521 hingga 1535. Pada batu prasasti ini terdapat beberapa kalimat yang ditulis dengan menggunakan bahasa dan aksara Sunda Kuno. Tujuan utama prasasti ini dibuat yakni mengenang Prabu Siliwangi, ayah Surawisesa.

Lokasi: Jl. Batutulis No.54, RT.02/RW.02, Batutulis, Kec. Bogor Selatan, Kota Bogor.

7. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari
Image Credit: Instagram.com @twmparkofficial

Di destinasi wisata satu ini Anda dapat menemukan beraneka ragam permainan, seperti outbond, ATV, arung jeram, flying fox, mini outbond, serta wahana rumah hantu. Ada juga sarana edukasi untuk anak anak melalui wahana area sawah serta kebun sayur. Pada sektor alam, terdapat wahana kegiatan air yang menyajikan aneka permainan air dan wisata danau. Tidak sampai disitu saja, Taman Wisata Matahari juga menyediakan lahan perkemahan, dan banyak lagi.

Lokasi: Jl. Raya Puncak KM. 77 Cilember Bogor, Puncak, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

8. JungleLand Adventure Theme Park

JungleLand Adventure Theme Park
Image Credit: Instagram.com @hannihandayani

Objek wisata di Bogor satu ini dikembangkan dengan area seluas 35 hektar, dan di dalamnya terdapat lebih dari 31 wahana dan beraneka ragam atraksi yang menarik. Keseluruhan wahana dirancang dengan konsep yang unik, dan untuk berbagai segmen usia. Tak hanya permainan saja, JungleLand Adventure Theme Park juga menawarkan berbagai menu kuliner pada deretan cafe dan resto di sekitarnya.

Lokasi: Jl. Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.

9. Waterboom Yasmin Sport Center

Image Credit: Heldi.net

Waterboom Yasmin Sport Center menjadi tempat wisata keluarga berikutnya yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Bogor. Objek wisata ini ramah untuk semua kalangan, baik untuk anak anak maupun orang dewasa. Berbagai wahana air bisa Anda rasakan dan nikmati dengan keluarga tercinta. Lokasinya pun cukup mudah untuk ditemukan, karena berada di jalur ramai dan berada di tengah kota.

Lokasi: Jl. Ring Road 16310, RT.06/RW.02, Curugmekar, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor.

10. Situ Gede

Situ Gede
Image Credit: Instagram.com @dea.kariza

Situ Gede merupakan objek wisata danau yang memiliki luas sekitar 6 hektar. Salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan berkunjung ke sini, yaitu pemandangan alamnya yang sangat menawan. Danau ini dikelilingi oleh hutan yang memiliki berbagai jenis tanaman di dalamnya, sehingga suasana di sekitar danau menjadi sangat sejuk. Anda bisa menikmati semua keindahan tersebut dengan menyusuri sungai di atas perahu yang disewakan.

Lokasi: Situgede, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor.

11. Taman Mekarsari

Taman Mekarsari
Image Credit: Instagram.com @milliamblue

Selain wisata alam, di Bogor terdapat cukup banyak taman bermain yang cocok untuk liburan keluarga dan ramah anak seperti Taman Mekarsari. Taman ini sangat ramai saat hari libur tiba, karena memang sangat cocok sekali untuk menghilangkan penat. Dengan luas sekitar 264 hektar, Taman Mekarsari menawarkan berbagai macam wahana yang seru. Salah satunya yaitu water kingdom, yang diklaim sebagai wahana wisata air yang terbesar di Asia.

Lokasi: Jl. Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Kota Bogor.

12. Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung
Image Credit: Hargatiket.net

Selanjutnya ada Taman Riung Gunung yang memiliki tempat bermain khusus anak anak, fasilitas kolam renang, bahkan area camping keluarga di alam terbuka. Di sini Anda bisa memilih penginapan yang memiliki konsep sederhana dengan nuansa alam yang begitu sejuk, karena dikelilingi oleh kebun teh. Selain itu, ada cukup banyak fasilitas seru lainnya di Taman Riung Gunung seperti wahana outbond, terapi ikan, tea walk, cafe and resto, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

13. Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul
Image Credit: Explorewisata.com

Taman yang cocok dijadikan sebagai wisata keluarga lainnya yaitu Taman Budaya Sentul. Memiliki area lahan yang cukup luas, taman ini menyuguhkan fasilitas perkemahan dan pertemuan dalam suasana yang sangat nyaman. Jika Anda berkunjung dengan membawa buah hati, maka mereka dapat mengikuti kegiatan membatik, melukis, serta membuat keramik pada spot culture center yang ada di sana. Selain itu, ada juga wahana outbond, hingga paintball yang seru.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.

14. Tirta Sanita Ciseeng

Tirta Sanita Ciseeng
Image Credit: Piknikasik.com

Jika Anda ingin merasakan indahnya alam pedesaan yang asri dan nyaman, maka Tirta Sanita Ciseeng bisa Anda jadikan pilihan. Tempat wisata ini merupakan sebuah pemandian air panas, yang airnya langsung diambil dari sumber mata air panas setempat. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat refreshing favorit bagi masyarakat lokal, karena tiket masuknya yang sangat murah. Selain area pemandian, di sini Anda juga bisa menemukan banyak wahana permainan anak.

Lokasi: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kota Bogor.

15. Warso Farm

Warso Farm
Image Credit: Sanjayatour.com

Tempat wisata di Bogor yang juga cukup murah tapi tidak kalah seru yakni Warso Farm. Destinasi wisata yang lebih dikenal dengan nama kebun durian ini merupakan objek wisata yang terletak di Desa Cihideung, yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota. Di sini Anda bisa menjumpai sekitar 900 buah pohon durian, dan beberapa tanaman lain seperti buah naga, buah jambu monyet, dan buah nangka. Ada juga beberapa wahana seru yang bisa Anda nikmati di Warso Farm.

Lokasi: Jl. K.H. Halimi, Cipelang, Kec. Cijeruk, Kota Bogor.

16. Air Panas Ciparay

Air Panas Ciparay
Image Credit: Travelingwhere.com

Air Panas Ciparay sesuai dengan namanya menawarkan pengalaman berendam di pemandian air panas yang masih alami. Selain airnya yang langsung dari sumber mata air panas yang alami, pemandangan di sekitar pemandian sangat ini juga sangat asri dan sejuk. Dimana lokasinya berada di tengah bukit dan tebing, yang menjadikannya memiliki pemandangan begitu memukau.

Lokasi: Kawasan Taman Nasional Halimun, Ciparay, Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kota Bogor.

17. Marcopolo Adventure

Marcopolo Adventure
Image Credit: Bogorku509336786.wordpress.com

Marcopolo Adventure merupakan sebuah objek wisata yang menawarkan wahana air yang tergolong cukup lengkap. Di sini Anda bisa menemukan kolam renang, balon air, water boom, flying fox, dan masih banyak lainnya. Kolam renang ini menjadi salah satu tempat liburan favorit bagi anak anak di Kota Bogor. Jadi jika Anda berlibur bersama keluarga ke kota hujan ini, jangan lupa untuk mengunjungi Marcopolo Adventure.

Lokasi: Jl. Sholeh Iskandar, RT.01/RW.11, Cibadak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor.

18. Kolam Renang ZamZam Tirta

Kolam Renang ZamZam Tirta
Image Credit: Hargatiket.net

Kolam Renang ZamZam Tirta memiliki sumber air alami, yang langsung berasal dari Pegunungan Salak. Menikmati segar serta dinginnya mandi di kolam renang ini bersama dengan keluarga, tentu menjadi salah satu pilihan liburan yang menyenangkan. Selain kolam renang Anda juga bisa menemukan lapangan futsal serta restoran, di objek wisata yang terletak di wilayah barat Kabupaten Bogor ini.

Lokasi: Jl. Sukamaju Ciapus Kreteg No.2A, Pagelaran, Kec. Ciomas, Kota Bogor.

19. Agro Gunung Mas

Agro Gunung Mas
Image Credit: Travelspromo.com

Berikutnya ada objek wisata Agro Gunung Mas, yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Melihat kebun teh yang hijau sejauh mata memandang, dapat menyejukkan mata dan membuat pikiran lebih rileks. Selain keindahan alam hijaunya, beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati di Agro Gunung Mas yaitu kolam pemancingan, pengalaman berkuda, pemandian air panas, tea walk, tea corner dan tea cafe, hingga terbang layang.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM. 87, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

20. Kebun Wisata Pasirmukti

Kebun Wisata Pasirmukti
Image Credit: Seneng-piknik.blogspot.com

Kebun Wisata Pasirmukti menawarkan pemandangan lahan sawah yang cukup luas di antara beberapa kebun buah dan kolam pemancingan. Kebun yang memiliki luas sekitar 15 hektar ini memiliki cukup banyak koleksi, mulai dari berbagai jenis anggrek, tanaman obat, buah, serta lahan sayuran dan hasil kebun. Selain tumbuh tumbuhan, wisatawan juga dapat melihat koleksi hewan seperti jenis unggas, ikan, dan ruminansia.

Lokasi: Jl. Raya Tajur No.Km, RW.4, Pasir Mukti, Kec. Citeureup, Kota Bogor.

21. Hutan Cifor

Hutan Cifor
Image Credit: Mediabogor.id

Objek wisata alam di Bogor berikutnya yang memiliki pemandangan yang tak kalah menakjubkan adalah Hutan Cifor, yang berada di kawasan Dramaga. Hutan Cifor atau Center of International Forestry Research ini ditujukan untuk membantu para peneliti, dalam mempelajari berbagai jenis flora serta perlindungan hutan secara menyeluruh. Di sini Anda juga dapat menyaksikan penangkaran rusa yang merupakan spesies asli dari Indonesia.

Lokasi: Jl. Raya Cifor, RT.03/RW.05, Situgede, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor.

22. Penangkaran Elang Loji

Penangkaran Elang Loji
Image Credit: Hargatiket.net

Jika Anda ingin melihat elang loji, maka di Bogor ada satu tempat yang bisa Anda tuju yaitu Penangkaran Elang Loji. Di sini merupakan satu satunya tempat penangkaran hewan tersebut. Anda dapat menyaksikan elang yang berada di dalam kandang penangkaran, sebelum dilepas ke alam liar. Anda pun dapat berkemah di hutan pinus serta menikmati segarnya air yang terdapat di Curug Cibadak, di sekitar area penangkaran elang ini.

Lokasi: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kota Bogor.

23. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung
Image Credit: Piknikasik.com

Ternyata di Bogor juga terdapat wisata curug atau air terjun yang memiliki pemandangan yang indah nan eksotis. Air terjun di sini tidak terlalu tinggi, bahkan lebih mirip seperti kolam pribadi. Dengan pepohonan di sekitar pinggiran curug, debit air yang cukup keras, serta air yang begitu jernih, Anda akan merasakan sensasi menyegarkan ketika berendam di sana. Tak ayal jika Curug Cibaliung ini menjadi destinasi wisata yang begitu populer di wilayah Sentul, Bogor.

Lokasi: Desa Karangtengah, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.

24. Curug Lembah Pelangi

Curug Lembah Pelangi
Image Credit: Wisatalova.com

Curug Lembah Pelangi terbilang cukup unik karena berada di daerah dataran rendah, tidak seperti curug di Bogor lainnya yang berada di dataran tinggi. Curug ini diberi nama pelangi karena udara yang panas serta lembab tertimpa cahaya yang memantul, akan menimbulkan pelangi di wilayah air terjun. Selain bermain air di bawah air terjun Anda juga dapat mencoba sensasi berjalan menyusuri tebing dengan menggunakan tali, yang nantinya akan dipandu oleh petugas.

Lokasi: Jatake, Cimanggu, Kec. Cibungbulang, Kota Bogor.

25. Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis
Image Credit: Caritraraya.com

Curug ini merupakan pertemuan antara Sungai Cisarua dan Cipamingkis, dan berlokasi di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Area air terjunnya masih sangat asri, dengan dikelilingi oleh hutan pinus sehingga memberikan pemandangan yang begitu indah. Selain menikmati keindahan alamnya dan bermain air sepuasnya, di sini Anda juga bisa berkemah, jogging, maupun sekedar beristirahat di saung yang sudah disediakan.

Lokasi: Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kota Bogor.

26. Curug Country

Curug Country
Image Credit: Twitter.com @detikTravel

Ternyata cukup banyak curug atau air terjun di Bogor yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi liburan. Salah satunya yang tak kalah indah dan mempesona adalah Curug Country, yang berada di Desa Tanjungrasa, Kecamatan Tanjungsari. Air terjun cantik ini merupakan aliran air yang jatuh melalui undakan batu, tidak seperti curug pada umumnya. Airnya juga sangat jernih dan segar, berpadu dengan pepohonan di kiri kanan yang masih sangat asri.

Lokasi: Tanjung Rasa, Kec. Tanjung Sari, Kota Bogor.

27. Gunung Pancar

Gunung Pancar
Image Credit: Rubrikwisata.com

Gunung Pancar merupakan kawasan wisata alam di Bogor yang terkenal dengan fasilitas pemandian air panasnya. Air panas ini berasal dari mata air yang masih alami, dan dialirkan melalui pancuran kolam rendaman. Selain menikmati pemandian air panas, pengunjung juga seringkali memanfaatkan objek wisata ini sebagai tempat hiking, camping, berkuda, joging, dan kegiatan bersepeda.

Lokasi: Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

28. Little Venice Kota Bunga Puncak Bogor

Little Venice Kota Bunga Puncak Bogor
Image Credit: Jajanbeken.com

Bagi Anda yang mencari tempat romantis di Bogor, maka bisa berkunjung ke Little Venice Kota Bunga. Objek wisata ini bahkan tidak kalah memukau dari yang ada di Eropa sana. Di sini Anda dapat dibuat terkagum kagum dengan keindahan tatanan bunganya, tak heran jika kawasan tersebut dijuluki sebagai kota bunga. Selain itu banyak miniatur bangunan eropa yang bisa Anda saksikan di sini. Anda juga akan dimanja dengan wahana kapal, perahu, hingga gondola.

Lokasi: Batulawang, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

29. Puncak Paragaya

Puncak Paragaya
Image Credit: Facebook.com @paragayapuncak

Puncak Paragaya sepertinya sangat cocok bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan Kota Bogor dari ketinggian. Puncak Paragaya sendiri terletak di daerah Puncak Paralayang, yang berdekatan dengan Masjid Besar Atta Awun. Di objek wisata ini, ada satu pohon besar yang menjulang tinggi dimana pengunjung sering menjadikannya sebagai objek foto. Saat ingin berfoto di atas pohon besar tersebut, Anda akan dikenakan biaya tambahan di luar tiket masuk.

Lokasi: Jl. Venue Paralayang, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab. Bogor.

30. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol
Image Credit: Gunung.id

Untuk Anda yang hobi mendaki, maka jangan sampai terlewat untuk mampir di Gunung Batu Jonggol yang terletak di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Jonggol. Gunung ini hanya memiliki ketinggian kurang lebih 200 meter, dengan jalur pendakian yang cukup ekstrim sehingga Anda perlu waspada. Untuk menaklukan gunung ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun alias gratis, dan bisa dikunjungi kapanpun Anda mau.

Lokasi: Desa Sukaharja, Kec. Sukamakmur, Kota. Bogor.

31. Gunung Munara Rumpin

Gunung Munara Rumpin
Image Credit: Superadventure.co.id

Jika Anda merupakan pemula dalam mendaki gunung, maka Gunung Munara Rumpin bisa Anda jadikan pilihan untuk menambah pengalaman mendaki. Karena gunung satu ini terbilang cukup mudah untuk didaki, rute menuju puncaknya juga relatif tidak ada tantangan jadi sangat cocok bagi para pemula. Meski begitu jalan menuju lokasi gunung ini merupakan jalanan berbatu yang tetap perlu Anda waspadai.

Lokasi: Desa kampung Sawah, Kec. Rumpin, Kab. Bogor.

32. Gunung Kapur Klapanunggal

Gunung Kapur Klapanunggal
Image Credit: Tempatwisataunik.com

Gunung yang bisa Anda taklukan berikutnya di Bogor yaitu Gunung Kapur Klapanunggal. Gunung ini merupakan tebing kapur, dan dulunya dijadikan sebagai tempat penambangan batu kapur untuk pembuatan semen. Di sini Anda bisa melihat pemandangan berbagai tebing nan indah serta alami, tanpa perlu dipungut biaya. Selain melihat keindahan tebing, banyak pengunjung kemari untuk melihat matahari terbenam yang begitu mempesona.

Lokasi: Klapanunggal, Kec. Klapanunggal, Kab. Bogor.

33. Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding
Image Credit: Paragliding.co.id

Selanjutnya ada objek wisata paragliding yang terletak di kawasan Puncak. Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa mencoba sensasi terbang dengan menggunakan paragliding bersama dengan pemandu yang sudah ahli. Dengan paragliding, Anda dapat melihatnya indahnya Bogor dari ketinggian dan merasakan udara segar yang menerpa wajah. Pengalaman ini tentunya akan menjadi kenangan yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Lokasi: Jl. Raya Puncak Km 87, Bukit Paralayang, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab. Bogor.

34. Cimory Riverside

Cimory Riverside
Image Credit: Bobocantik.com

Jika berlibur ke Bogor, maka tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Cimory Riverside yang berada di Kawasan Leuwimalang, Cisarua. Tempat ini merupakan pusat perbelanjaan khusus yogurt dan susu. Selain bisa berbelanja yogurt, susu, serta semua produk olahannya, Anda juga bisa menyaksikan panorama alam berupa aliran sungai yang menyegarkan. Menikmati kuliner sembari melihat pemandangan alam yang indah tentu akan membuat pikiran rileks.

Lokasi: Jl. Raya Puncak – Gadog No.KM, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

35. Penangkaran Rusa Giri Jaya

Penangkaran Rusa Giri Jaya
Image Credit: Wisatakita77.wordpress.com

Penangkaran rusa ini sudah berdiri sejak tahun 1993 dan memiliki luas sekitar 5 hektar. Di sini Anda dapat berjumpa dengan berbagai jenis rusa, seperti rusa jawa, rusa bawean, dan rusa tutul. Selain melihat rusa Anda juga bisa melakukan swafoto seru di atas spot indah jembatan gantung, yang terbentang memanjang di atas Sungai Cibeet. Untuk dapat merasakan keseruan tersebut Anda tidak perlu membayar dengan harga tinggi, karena tiket masuknya relatif murah.

Lokasi: Buanajaya, Kec. Tanjungsari, Kota Bogor.

36. Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Pemandian Air Panas Gunung Peyek
Image Credit: Denubay.com

Lokasi Pemandian Air Panas Gunung Peyek ini cukup unik, karena berada di tengah sawah. Dan untuk merasakan sensasi uniknya berendam di dalam air panas alami ini, Anda tidak perlu membayar alias gratis. Anda hanya perlu meminta izin pada ketua RT atau RW daerah setempat. Pemandian Air Panas Gunung Peyek berada di Jalan Pasar Ciseeng, Bojong Indah, Parung.

Lokasi: Jl. Pasar Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Kab. Bogor.

37. Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung Budaya Sindangbarang
Image Credit: Instagram.com @yuarista

Destinasi wisata di Bogor selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan yakni Kampung Budaya Sindangbarang. Kampung ini hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota, tepatnya di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari. Kampung satu ini dipercaya merupakan kampung usia tertua yang ada di Bogor. Bahkan menurut cerita dari masyarakat setempat, kampung ini sudah ada sejak zaman kerajaan Sunda pada abad ke 7.

Lokasi: Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kec. Tamansari, Kab Bogor.

38. Danau Quarry

Danau Quarry
Image Credit: Cimanggubogor.com

Siapa sangka bahwa objek wisata Danau Quarry dulunya merupakan lokasi penambangan pasir, yang kemudian lama tidak digunakan dan beralih fungsi menjadi tempat wisata. Danau yang berlokasi di kawasan Kampung Nunggaherang, Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg ini menawarkan pemandangan alam yang begitu indah dan mendadak begitu hits di kalangan anak muda Bogor. Di sekeliling danau terdapat tebing tinggi, yang membuatnya makin terlihat menawan.

Lokasi: Kampung Sawah, Kec. Rumpin, Kab. Bogor.

39. Bukit Alesano

Bukit Alesano
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Bukit Alesano merupakan salah satu bukit dimana Anda bisa begitu menikmati keindahannya dalam kedamaian. Di sini Anda juga bisa melakukan camping atau mendirikan perkemahan sembari menikmati pemandangan indah kota Bogor dari puncak bukit. Anda bisa tetap menikmati keramaian serta cahaya yang berkerlap kerlip dari kejauhan, namun tetap merasa tenang dan damai karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang bising.

Lokasi: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kota Bogor.

40. Godong Ijo

Godong Ijo
Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Destinasi wisata yang ada di Bogor ini merupakan tempat bermain sekaligus belajar bagi anak anak. Beraneka macam aktivitas menyenangkan telah disediakan oleh pengelola tempat satu ini. Mulai dari bermain dengan hewan, melihat berbagai macam tanaman, memancing, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu, Godong Ijo menjadi salah satu tempat wisata yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Cinangka Raya No.KM 10, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok.

41. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara
Image Credit: Lovelybogor.com

Sesuai dengan namanya, objek wisata ini merupakan sebuah taman bunga dengan berbagai macam jenis bunga yang indah serta menawan di dalamnya. Anda bisa menikmati indahnya padang bunga, ditambah dengan fasilitas wahana bermain yang cocok untuk anak anak. Sangat cocok dijadikan sebagai pilihan destinasi liburan keluarga. Suasananya yang begitu menyenangkan dijamin bisa membuat Anda betah berlama lama di Taman Bunga Nusantara.

Lokasi: Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur.

42. Kampoeng Air Katulampa

Kampoeng Air Katulampa
Image Credit: Instagram.com @kampoengairkatulampa

Kampoeng Air Katulampa merupakan objek wisata yang cocok bagi Anda yang menginginkan kegiatan outbond saat berlibur. Di sini Anda bisa melakukan banyak sekali kegiatan menyenangkan seperti camping, arung jeram, memancing, dan masih banyak lainnya. Kampung Air Katulampa juga masih sangat kental akan keasrian areanya, sehingga suasana alam di sekitar masih terasa sangat segar dan sejuk.

Lokasi: Jl. Katulampa Raya No.45, RT.04/RW.19, Katulampa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

43. Taman Sakura Cibodas

Taman Sakura Cibodas
Image Credit: Kopisenja.com

Mendengar nama pohon Sakura, tentu yang ada di pikiran Anda pasti adalah negara Jepang. Namun ternyata Kebun Raya Cibodas kini telah berhasil menumbuhkan pohon cantik berwarna pink tersebut. Jadi jika ingin merasakan hanami di bawah pohon sakura, Anda tidak perlu jauh jauh ke Jepang karena di sini Anda sudah bisa merasakannya. Akan tetapi bunga pohon tersebut hanya mekar pada bulan Maret hingga Juni saja.

Lokasi: Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

44. Camp Hulu Cai

Camp Hulu Cai
Image Credit: Twitter.com @basecamphuluca

Terakhir ada Camp Hulu Cai, yang menawarkan wisata liburan pake lengkap. Karena di sini Anda bisa menyusuri taman bunga cantik warna warni di taman lyla, menyegarkan diri di kolam renang dengan ukuran cukup besar, bahkan melakukan berbagai aktivitas outbound pun bisa Anda lakukan. Jika belum puas bermain seharian di sini, Anda juga bisa menginap atau melakukan camping di villa Camp Hulu Cai tersebut.

Lokasi: Jl. Veteran III, Cibedug, Kec. Ciawi, Kota Bogor.

Bogor memang tidak ada matinya, pesona berbagai objek wisatanya selalu sukses membuat para wisatawan takjub. Memiliki dataran yang cukup tinggi, membuat udaranya menjadi sangat sejuk. Tidak heran jika penduduk ibu kota seringkali memilih daerah ini sebagai destinasi wisata, terlebih jaraknya yang tidak jauh dari Jakarta. Jika Anda berada di sekitar Jabodetabek, tidak ada salahnya berkunjung ke Bogor saat akhir pekan.