Apa Saja Destinasi Menarik di Banjar? Periksa List Tempat Wisata Populer di Banjar, Jawa Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian dan Terhits untuk Liburan yang Berkesan.

Jawa Barat dikenal dengan masyarakatnya yang lemah lembut dan dikaruniai keindahan alam yang luar biasa. Salah satunya dimiliki oleh kota kecil Banjar, yang sebelumnya termasuk dalam wilayah geografis Kabupaten Ciamis. Kota yang dikenal dengan nama Banjar Patroman ini juga memiliki sederet wisata yang tak kalah menarik nan eksotis membuat liburan Anda lebih berkesan dan tak akan terlupakan. Berikut daftar tempat wisata terbaik di Banjar yang bisa Anda pilih.

1. Situ Mustika

Situ Mustika
Image Credit: Google Maps (Zally June)

Destinasi wisata yang telah dikelola dengan baik di kota Banjar ini tergolong terbatas, salah satunya Situ Mustika. Waduk satu ini telah dikelola oleh pemerintah dan masyarakat di sekitarnya, sehingga terdapat berbagai fasilitas untuk para pengunjung. Meskipun, lokasinya di kaki gunung Pemancar tetap diincar dan dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Daya tarik yang disuguhkan untuk para pengunjung, yaitu lingkungan sekitar yang sangat terjaga. Tak hanya itu, udara sejuk khas kaki gunung yang membuat siapa saja betah untuk menghabiskan waktu lama di tempat ini. Di samping itu Anda juga akan disuguhi panorama hutan jati yang sangat rimbun dan rapat, sehingga menambah kesan asri lokasi ini.

Tak hanya berkunjung ke Situ Mustika, Anda sebaiknya untuk melancong ke pulau yang hanya dibatasi jembatan. Jembatan gantung ini telah tersohor karena biasa dipakai sebagai lokasi foto prewedding dengan biaya menyebrang yang terjangkau. Berkunjung ke pulau kecil ini rasanya tak lengkap bila tidak menyewa perahu gowes untuk berkeliling sekitar lokasi situ.

Lokasi: Karangpanimbal, Kec. Purwaharja, Kota Banjar.

2. Rest Area Banjar Atas

Rest Area Banjar Atas
Image Credit: Instagram.com @wanawisatabanjarutara

Kota Banjar berpotensi untuk mengembangkan sektor wisatanya karena area ini dilintasi oleh berbagai orang. Pasalnya, kota kecil ini menjadi gerbang utama untuk memasuki Jawa Barat dan Banten. Tak hanya itu, masyarakat dari dan ke Jawa Tengah serta Jawa Timur tentu akan melintasi kota ini sehingga banyak hal yang bisa dieksplor dari Banjar Patroman.

Saat Anda melintasi suatu daerah biasanya disediakan rest area yang bisa dipakai sebagai tempat istirahat. Akan tetapi, Banjar menyediakan area istirahat ini juga sebagai destinasi wisata. Di hari biasa, para kawula muda akan nongkrong di tempat ini sembari menikmati kuliner khas Banjar yang tak boleh dilewatkan dengan suasana sejuk yang melengkapi liburan Anda.

Lokasi: Karangpanimbal, Kec. Purwaharja, Kota Banjar.

3. Kolam Keren Tak Bernama

Kolam Keren Tak Bernama
Image Credit: Facebook.com (Pariwisata Kota Banjar)

Bagi para pecinta destinasi alam, tampaknya kolam alami ini tak boleh luput dari destinasi wisata yang akan dikunjungi di Banjar. Pasalnya, keindahan alam dari kolam alami ini sangat menarik siapapun yang melihatnya. Anda akan disuguhi tebing batu yang kokoh di tepi kolam dan tentunya air kolam yang sangat jernih serta berwarna biru.

Tak hanya dari segi keindahan kolam alami, Anda juga akan melihat pemandangan alam yang luar biasa di sekitarnya. Lokasinya terasa asri karena berada di pedesaan dengan pepohonan yang masih sangat rimbun. Sayangnya, hingga saat ini belum ada yang memberi kolam alami ini sebuah nama sehingga disebut kolam tak bernama di desa Mandalare.

Lokasi: Desa Mandalare, Kec. Pataruman, Kab Banjar.

4. Taman Kota Lapang Bakti

Taman Kota Lapang Bakti
Image Credit: Youtube.Com (Mang izzi)

Tak hanya menyediakan wisata alam yang luar biasa, kota kecil ini juga memiliki ruang publik untuk masyarakat umum. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di tempat ini tanpa harus mengeluarkan biaya. Mulai dari olahraga, berjalan jalan, nongkrong, bermain, atau hanya sekadar duduk menikmati suasana sembari bergurau bersama teman.

Fasilitas yang tersedia untuk masyarakat Banjar cukup variatif, salah satunya jogging track bagi para pecinta lari pagi atau sore. Selain itu, tersedia pula panjat dinding cocok untuk Anda yang suka menantang adrenalin. Masih ada pula arena bermain anak untuk melatih ketangkasan, serta beberapa arena lain yang menarik untuk dieksplor lebih jauh.

Setelah lelah berolahraga atau bermain, tentu Anda akan merasa lapar. Di sekitar ruang public ini tersedia beberapa penjual dengan harga yang terjangkau dan dipastikan sangat lezat. Beberapa di antaranya merupakan makanan khas Banjar yang wajib Anda nikmati. Tempat ini bisa jadi ide liburan menarik yang terjangkau untuk masyarakat Banjar.

Lokasi: Banjar, Kec. Banjar, Kota Banjar.

5. Dinding Hits Sumanding

Dinding Hits Sumanding
Image Credit: Wisatakotabanjar.com

Pernahkah Anda melihat tembok hijau yang tengah digandrungi masyarakat untuk berfoto di depannya? Destinasi serupa bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke kota kecil ini. Tampak dinding hijau dengan tanaman hijau sebagai latar belakangnya yang memberi kesan asri. Lokasi ini jadi salah satu spot foto yang menarik dan populer di kalangan pecinta fotografi.

Lokasi: Sumanding, Mekarsari, Kec. Banjar, Kota Banjar.

6. Sungai Citanduy

Sungai Citanduy
Image Credit: Instagram.com @brendanatasya

Lokasi wisata satu ini tidak termasuk ke dalam destinasi yang dikomersialkan, sehingga tak banyak orang yang tahu. Sungai yang membelah Kota Banjar ini memiliki daya tarik yang sangat unik. Pasalnya terdapat beberapa spot cantik dengan dibangunnya taman di tepian sungainya. Oleh sebab itu, di sore hari banyak kawula muda yang menikmati senja di sekitarnya.

Selain menikmati taman taman cantik di tepi sungai, Anda juga akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Wisatawan dapat menikmatinya saat air sungai tengah surut, yaitu tank peninggalan zaman Kolonial Belanda. Dapat ditarik kesimpulan bahwa lokasi ini jadi salah satu saksi sejarah perjuangan masyarakat Jawa Barat di masa silam.

Lokasi: Cikadu, Kec. Purwaharja, Kota Banjar.

7. Banjar Waterpark

Banjar Waterpark
Image Credit: Instagram.com @banjar_waterpark_real

Delapan tahun sejak berdiri sebagai kota otonom, akhirnya Banjar memiliki wisata rekreasi air. Banjar Waterpark dilabeli untuk destinasi wisata tersebut, sehingga bisa dikunjungi oleh para wisatawan untuk menikmati permainan air. Berbagai wahana air tersedia untuk para pengunjung, termasuk yang dapat memacu adrenalin Anda.

Anda bisa menikmati Boomerang dengan ketinggian 12 meter yang hanya bisa diakses oleh orang dewasa atau yang memiliki tinggi lebih dari 125 cm. Tersedia pula wahana Superbowl cocok untuk Anda yang menyukai seluncuran berliku tajam. Bagi yang tidak suka dengan arus deras atau seluncuran berliku, Anda bisa menikmati Lazy River yang sangat tenang.

Lokasi: Jl. Mayjen Didi Kartasasmita No.09, Banjar, Kec. Banjar, Kota Banjar.

8. Situ Leutik

Situ Leutik
Image Credit: Google Maps (Aceng Kustiawan)

Mengisi daftar destinasi wisata alam berkonsep waduk kedua di Kota Banjar, Situ Leutik tak boleh Anda lewatkan. Lokasi ini mulai dikembangkan sebagai wisata komersial, sehingga mulai disediakan fasilitas yang menunjang liburan Anda. Hal ini akan membuat pengunjung semakin betah untuk menghabiskan waktu lebih lama di tempat ini.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan, salah satunya duduk di tepi waduh sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Bagi para pecinta mancing mania, Anda bisa memancing di lokasi yang telah disediakan dengan menyewa alat pancing di pengelola waduk. Yang harus diperhatikan, para wisatawan harus selalu menjaga tingkah laku di sini karena dikenal sebagai kawasan angker.

Lokasi: Cibeureum, Kec. Banjar, Kota Banjar.

9. Cagar Budaya Pulo Majeti

Cagar Budaya Pulo Majeti
Image Credit: Google Maps (Anwar Solihin)

Sudah bukan rahasia, bila destinasi satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata sejarah dan ziarah. Di kawasan Cagar Budaya Pulo Majeti ini terdapat dua wisata menarik, yaitu Situs Pulo Majeti dan Rawa Onom. Banyak orang yang datang ke tempat ini untuk berziarah, tetapi dengan tujuan yang kurang tepat yaitu mengejar duniawi.

Padahal tempat ini lebih dari sekadar untuk mencari kekayaan duniawi, melainkan lebih dalam dari itu. Anda bisa belajar seputar sejarah dan cikal bakal daerah tersebut dari situs ini. Para pengunjung dapat belajar mengenai Kerajaan Ratu Gakuh yang sangat kental kaitannya dengan Situs Pulo Majeti ini.

Lokasi: Jl. Pulo Majeti, Kec. Purwaharja, Kota Banjar.

10. Lembah Pajamben

Lembah Pajamben
Image Credit: Google Maps (Dian Kurniawan)

Bagi para pecinta fotografi tentu tak boleh melewatkan destinasi satu ini, karena Anda akan dibawa ke spot menarik nan cantik. Lokasinya tak jauh dari pusat kota Banjar, yaitu sekitar 4 sampai 5 kilometer. Anda akan disuguhi panorama yang sangat cantik dengan pemandangan dari atas bukit yang menampilkan lanskap kota penuh kerlap kerlip lampu di malam hari.

Lokasi: Jl. Langkaplancar – Lakbok, Binangun, Kec. Pataruman, Kota Banjar.

11. Puncak Pagerbatu

Puncak Pagerbatu
Image Credit: Facebook.com (Pariwisata Kota Banjar)

Kembali menyuguhkan destinasi wisata yang mengusung konsep asri dan dekat dengan alam. Anda akan disuguhi pemandangan luar biasa dari ketinggian Puncak Pagerbatu. Para pengunjung bisa menikmati kota Banjar dari atas dengan spot yang sangat menarik. Tak heran lokasi ini cukup digandrungi untuk berfoto.

Anda bisa mengabadikan momen spesial dengan berfoto di spot “I Love U” atau lambang hati. Di kedua spot tersebut, wisatawan dapat mengambil gambar dengan orang terkasih baik kekasih maupun teman dekat. Masih ada pula ayunan yang membuat Anda seperti terbang karena berada di puncak yang tinggi, tetapi tak perlu khawatir karena dilengkapi pengaman yang kuat.

Lokasi: Batulawang, Kec. Pataruman, Kota Banjar.

12. Curug Cibonte

Curug Cibonte
Image Credit: Instagram.com @supriatna_

Daya tarik yang disuguhkan di destinasi wisata alam satu ini, yaitu air terjun setinggi 30 meter. Ketinggian air ini memberikan debit air yang sangat melimpah, sehingga terasa segar dan suasana sangat sejuk. Anda bisa menenangkan pikiran serta melepas penat di lokasi wisata ini, termasuk bagi yang ingin menyepi dari hiruk pikuk perkotaan yang membuat jenuh.

Lokasi Curug Cibonte ini masih belum dilengkapi dengan akses yang memadai, sehingga para wisatawan akan disuguhi tantangan yang menarik. Pastikan Anda membawa kendaraan dengan kondisi yang baik agar perjalanan lebih lancar. Selain itu, siapkan kondisi tubuh yang prima agar liburan tak terlupakan ini membuat Anda menikmati setiap perjalanannya.

Lokasi: Desa Cibeureum, Kec. Banjar, Kota Banjar.

13. Curug Panganten

Curug Panganten
Image Credit: Instagram.com @hildapuspitayunianingsih

Kembali mengisi daftar destinasi wisata dengan pemandangan alam yang masih asri dan terjaga. Curug Panganten tak boleh Anda lewatkan bagi yang menyukai tantangan dan kontur yang memacu adrenalin. Daya tarik wisata ini terletak pada konturnya yang sangat menantang serta susananya yang membuat para wisatawan lebih rileks serta fresh.

Lokasi: Sukamukti, Kec. Pataruman, Kota Banjar.

14. Taman Langensari

Taman Langensari
Image Credit: Youtube.com (Munaji.com)

Setelah menikmati kota kecil di Jawa Barat ini di siang hari, Anda wajib mencicipi destinasi wisatanya di malam hari. Taman Langensari hadir untuk Anda yang ingin menjajal suasana malam hari dengan duduk santai di sekitarnya. Anda bisa menikmati ragam kuliner yang mampu menggoyang lidah, tetapi tak membuat kantong kering di sekitar taman.

Lokasi: Melati, Muktisari, Kec. Langensari, Kota Banjar.

15. Taman Cinta

Taman Cinta
Image Credit: Harapanrakyat.com

Salah satu ruang publik lainnya di Kota Banjar yang memberikan Anda pengalaman berbeda. Pasalnya, lokasi ini diberi nama Taman Cinta karena di tempat ini kerap dijadikan lokasi kawula muda memadu kasih. Tempat rekreasi ini menjadi rekomendasi lokasi dengan harga terjangkau, bagi yang ingin menikmati waktu bersama orang terkasih secara intim.

Lokasi: Kec. Banjar, Kota Banjar.

Salah satu kota di Jawa Barat, Banjar Patroman dikenal sebagai kota kecil dengan objek wisata yang dikunjungi banyak orang. Itulah sebabnya, kota ini sangat berpotensi untuk mengembangkan sektor pariwisatanya. Terdapat beragam jenis rekomendasi destinasi yang menarik untuk Anda kunjungi, mulai dari yang alam hingga buatan. Manakah yang ingin Anda kunjungi lebih dulu?