Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Populer di Bandung Timur, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan.

Bandung menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang sangat eksotis dan cantik dengan beragam objek wisata yang terkenal. Akan tetapi, Bandung bagian timur kurang dieskplor sehingga tak banyak yang tahu mengenai tempat-tempat yang menarik dikunjungi. Padahal, Bumi Pasundan dikarunai beragam destinasi wisata yang masih alami dan tersembunyi. Tak jarang Anda perlu menempuh medan yang menantang, tetapi panoramanya dijamin tak mengecewakan.

Jika berada di daerah ini, berikut daftar rekomendasi tempat wisata di Bandung Timur yang populer dan menarik untuk dikunjungi ketika musim liburan tiba.

1. Curug Cinulang

Curug Cinulang
Image Credit: Nativeindonesia.com

Lokasinya yang berada di antara dua kabupaten, yaitu Garut dan Bandung membuatnya cukup menarik perhatian. Meskipun belum diketahui banyak orang, Curug Cinulang ini jadi salah satu destinasi yang boleh Anda lewatkan. Bagi yang ingin berkunjung ke tempat ini, Anda harus menyiapkan tenaga ekstra dan kondisi tubuh yang prima. Pasalnya, curug ini berada di dalam hutan lindung yang memerlukan jarak tempuh cukup jauh.

Destinasi ini berada di lokasi yang sangat tersembunyi, tetapi dapat dipastikan segala lelah yang Anda alami akan terbayarkan. Para pengunjung akan disuguhi dua air terjun yang jatuh secara berdampingan. Tak hanya itu, airnya yang jernih serta suasana sejuk membuat semua penat segera hilang dan mengisi energi lebih untuk rutinitas selanjutnya. Wisata ini juga memiliki spot foto menarik, yaitu foto di atas jembatan kayu dengan latar dua air terjun yang sangat apik.

Lokasi: Desa Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kota Bandung.

2. Curug Batu Templek

Curug Batu Templek
Image Credit: Instagram.com @curugbatutemplek

Bila sebelumnya Anda harus menempuh jalan yang tersembunyi, maka lain halnya dengan curug satu ini. Lokasinya sangat mudah dijangkau, sehingga bisa memakai kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua. Untuk mencarinya, para wisatawan tidak akan kesulitan karena sangat dekat dengan Lapas Sukamiskin. Patokan ini memudahkan Anda untuk menuju destinasi wisata yang sangat cantik dengan aliran air yang cukup deras.

Tak hanya mudah dijangkau, Curug Batu Templek juga telah dikelola dengan baik. Terbukti dengan adanya banyak fasilitas, seperti tempat parkir yang memadai, restoran dan kafe untuk para pengunjung, dan penginapan. Tak heran jika banyak wisatawan dari luar kota Bandung jauh jauh datang ke tempat ini. Anda bisa melepas lelah dan penat dari kesibukan yang cukup menyita perhatian, lalu menginap sejenak agar liburan di curug yang eksotis ini lebih puas.

Lokasi: Jl. Cisanggarung, Cikadut, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

3. Situ Cisanti

Situ Cisanti
Image Credit: Nativeindonesia.com

Tempat satu ini menjadi salah satu tempat yang istimewa bagi masyarakat Bandung. Hal itu dikarenakan letak dari hulu Sungai Citarum dan menjadi situs sejarah di masa silam. Lokasi ini berkaitan erat dengan pelarian Dipati Ukur yang menorehkan catatan penting di area tersebut. Akan tetapi, pada awal tahun 2000an lokasi ini sempat rusak karena perambahan hutan yang kemudian harus dilakukan pembangun kembali dengan tujuan sebagai tempat wisata.

Kerusakan situ ini pun jadi awal tumbuhnya kesadaran masyarakat setempat tentang hulu Citarum yang memegang peran penting untuk tata air di Bandung Selatan. Dengan begitu, seluruh masyarakat harus memiliki peran dalam upaya menjaga kelestarian sungai ini. Meskipun Situ Cisanti telah dibangun kembali, para pengunjung tetap harus melewati jalan yang jelek saat berkunjung ke tempat ini. Namun, dipastikan Anda tidak akan menyesal dengan panoramanya.

Lokasi: Desa Tarumajaya, Kec. Kertasari, Kota Bandung.

4. Kampung Bamboo

Kampung Bamboo
Image Credit: Piknikasyik.com

Tampaknya, Bandung Timur ingin mengusung konsep back to nature untuk pembangunan destinasi wisata satu ini. Pengelola tempat wisata ini memakai bambu di berbagai elemen bangunan serta setiap spot di kampung ini. Tak heran, penamaannya memakai Kampung Bamboo karena seluruh elemennya menyuguhkan hal serupa. Anda tidak hanya disuguhi wisata bertema bambu, tetapi juga konservasi bambu yang dilakukan dengan sangat baik di sini.

Para wisatawan yang datang akan melihat secara langsung beragam bangunan yang disusun dari bilah bilah bambu. Lalu tersedia pula beragam wahana serta fasilitas yang dibuat dari bahan bambu. Efek yang ditimbulkan, yaitu suasana yang sejuk dan dingin ditambah dengan udara kota Bandung terasa sangat pas. Bagi pecinta aktivitas outdoor, di tempat ini juga tersedia area outbond dan camping lengkap dengan peralatannya yang bisa disewa dengan harga terjangkau.

Lokasi: Jl. Padasuka Atas KM.4, Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

5. Manglayang Jungle Place

Manglayang Jungle Place
Image Credit: Satulensa.com

Berlibur ke Bandung Timur bersama keluarga dan anak anak tak lagi bingung memiliki objek wisata. Pasalnya, telah hadir Manglayang Jungle Place yang menyediakan beragam aktivitas untuk berbagai rentang usia. Mulai dari anak anak hingga dewasa bisa bermain dengan aman dan nyaman. Tak hanya bermain, Anda juga bisa mengadakan gathering untuk keluarga besar lengkap dengan fasilitas bermain serta hidangannya yang menggugah selera.

Fasilitas yang tersedia untuk para wisatawan, yaitu waterboom, outbond, camping area, wisata kuliner, edukasi, dan budaya. Menjadi salah satu pilihan lengkap bagi Anda yang ingin berlibur di akhir pekan. Anak anak pun dapat mengasah ketangkasan di tempat ini karena area outbond bisa dipakai oleh berbagai rentang usia. Menariknya biaya tiket masuk untuk ke area tersebut sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar 10 ribu rupiah per orang.

Lokasi: Jl. Cilengkrang 1 Kp. Cigupakan RW.03, Cilengkrang, Kec. Cilengkrang, Kota Bandung.

6. Bukit Teletubbies Cicalengka

Bukit Teletubbies Cicalengka
Image Credit: Busbluestar.co.id

Mengingat salah satu serial anak anak yang sangat menghibur di masa silam, tentu Anda sangat ingin menjajal liburan ke tempat serupa. Saat ini, Bandung Timur memiliki bukit Teletubbies dengan lanskap yang hampir mirip. Lokasinya berada di kawasan hutan lindung Gunung Masigit Kareumbi yang berarti satu kawasan dengan Curug Cinulang. Liburan cerdas kali ini bisa Anda manfaatkan untuk mengunjungi dua destinasi sekaligus.

Disebut sebagai bukit Teletubbies karena konturnya hampir mirip dengan serial anak anak tahun 90an. Pemandangan yang disuguhkan kepada para pengunjung membuat mata Anda termanjakan. Tak hanya itu, udara yang sejuk dan suasana yang asri ini membuat siapa saja yang datang betah berlama lama di sana. Bukit satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berkemah, sekadar bersantai atau mencari angin segar, bahkan berswafoto dengan latar yang sangat cantik.

Lokasi: Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kota Bandung.

7. Taman Oray Tapa

Taman Oray Tapa
Image Credit: Alampriangan.com

Bumi Pasundan bagian timur ini didominasi dengan wisata alam dengan keindahan yang sangat luar biasa. Oleh sebab itu, Anda bisa mengisi liburan dengan berkunjung ke tempat wisata yang sangat asri satu ini. Taman Oray Tapa jadi salah satu destinasi wisata alam yang sangat cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas camping. Tersedia area terbuka yang bisa dipakai oleh beberapa pecinta aktivitas outdoor untuk menikmati suasana di malam hari di sini.

Daya tarik utama dari taman ini, yaitu suasana sejuk yang melekat erat dengan Bandung. Hal tersebut didukung dengan lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 700 mdpl. Destinasi ini juga masih dalam kawasan Gunung Manglayang, sehingga kondisi alamnya pun masih sangat alami. Yang tidak kalah menarik, yaitu cerita mistis yang berkembang di masyarakat. Dipercaya, taman ini memiliki mata air yang tak pernah kering dan muncul secara misterius.

Lokasi: Mekarmanik, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

8. The Valley Resort Hotel

The Valley Resort Hotel
Image Credit: Google Maps (The Valley Resort Hotel)

Beberapa destinasi yang wajib Anda kunjungi sebelumnya bertemakan alam, sehingga bisa lebih dekat dengan alam sekitar. Hal ini juga sangat baik karena Anda dapat beraktivitas di luar rumah dan lebih aktif. Akan tetapi, Bandung Timur juga memiliki penginapan dengan mengusung konsep alam yang diberi nama The Valley Resort Hotel. Tempat liburan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan anak anak.

Anak anak dapat bermain secara leluasa, karena telah tersedia arena permainan yang unik dan seru. Dengan begitu, mereka bisa melatih ketangkasan di arena tersebut bersama para tamu hotel lainnya. Tak hanya itu, Anda juga bisa menjajal kolam renang outdoor yang bisa diakses oleh seluruh pengujung. Fasilitas lain yang tersedia, yaitu bar di tepi kolam, pusat kebugaran agar tetap olahraga di sela liburan, serta masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Lembah Pakar Timur No.28, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

9. Villa Kancil

Villa Kancil
Image Credit: Youtube.com (Dian Rahayu)

Ingin berlibur ke Bumi Pasundan bagian timur tapi bingung tempat menginap? Tak perlu khawatir karena saat ini telah hadir Villa Kancil yang cocok untuk tempat menginap keluarga anda. Fasilitas yang tersedia cukup banyak, antara lain permainan yang seru, outbond yang menantang adrenalin, serta aneka kuliner khas Bandung yang mampu menggoyang lidah. Yang terbaru, villa ini juga telah mengusung konsep floating market yang digemari banyak orang.

Lokasi: Jl. Majalaya, Padamukti, Kec. Solokan Jeruk, Kota Bandung.

10. Villa Alam Santosa

Villa Alam Santosa
Image Credit: Analisapilkada.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin merefresh pikiran dan mengisi energi kembali, sangat tepat bila memilih villa Alam Santosa sebagai tempat menginap keluarga. Pasalnya, kawasan ini telah diklaim sebagai ekowisata dengan konsep pedesaan. Anda seakan akan dibawa ke kampung Sunda di masa silam yang menonjolkan unsur alam di berbagai elemnnya. Dengan begitu, liburan singkat pun akan terasa sangat berkesan karena pemilihan lokasi yang tepat.

Lokasi: Desa Cikadut, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

Bandung memiliki berbagai tempat wisata yang sangat menarik untuk Anda kunjungi, terutama kawasan di bagian timur. Kawasan ini menyuguhkan berbagai destinasi alam yang masih sangat asri, sehingga cocok untuk Anda yang ingin merefresh pikiran. Anda bisa memilih beragam destinasi, mulai dari yang menantang adrenalin hingga yang cocok untuk liburan keluarga. Liburan ini harus dilengkapi dengan tubuh yang prima agar tidak terjadi cidera fatal.