Bandung memang dikenal beragam tempat wisata yang memukau. Objek wisata alam terbaru, populer dan terhits di Kota Kembang yang layak Anda kunjungi saat liburan.

Kota Bandung memang selalu memberikan atraksi wisata yang membuat siapapun ingin kembali mengunjunginya. Udaranya yang sejuk ditambahkan dengan pemandangan yang mengagumkan pasti akan membuat banyak mata terpesona. Tak hanya cocok untuk anak muda yang gemar berburu spot instagramable, Bandung juga akan hadirkan wisata yang cocok untuk keluarga.

Apa saja tempat menarik di Kota Kembang? Berikut deretan tempat wisata populer di Bandung yang wajib Anda kunjungi saat berlibur bersama orang terdekat.

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Image Credit: Kikibandungtransport.com

Kawah Putih Ciwidey merupakan tempat wisata yang sudah lama ada namun hingga kini masih tetap eksis. Untuk Anda yang belum sempat mampir, maka wajib untuk mengunjunginya. Di Kawah Putih yang kondang ini, Anda akan disuguhkan hamparan kawah putih yang begitu cantik. Kepulan asap terkadang menyelimutinya, berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey Anda harus banyak mengambil foto. Mengingat tempat satu ini begitu instagramable.

Lokasi: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

2. Green Hill Park, Ciwidey

Green Hill Park
Image Credit: Deliscakrawala.blogspot.com

Masih berada di Ciwidey, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Green Hill Park. Destinai satu ini merupakan wisata alam yang begitu asri dan masih alami. Di tempat satu ini, Anda bisa merasakan sejuknya udara lengkap dengan flora fauna yang beragam. Tak hanya itu, Green Hill Park juga menawarkan sumber air panas maupun dingin. Jika Anda ingin berlama lama, Anda juga bisa menginap di penginapan yang tersedia atau melakukan camping.

Lokasi: Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

3. Rancaupas, Ciwidey

Rancaupas
Image Credit: Hargatiket.net

Rancaupas Ciwidey juga menjadi destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan. Tempat yang menawarkan wisata hutan ini memang tidak asing bagi pecinta alam. Selain bisa camping, Anda juga bisa bertemu rusa dan berinteraksi dari dekat. Mengunjungi Rancaupas, Anda juga bisa melakukan beragam kegiatan menarik. Karena fasilitas hingga wahana yang dihadirkan akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM.11, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

4. DRiam Riverside, Ciwidey

DRiam Riverside
Image Credit: Bobocantik.com

Lokasi wisata yang akan membuat galeri Anda penuh yakni Driam Riverside. Masih berada di Ciwidey, sehingga Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan. Menggabungkan wisata alam dan modern dengan banyak spot foto menjadikan tempat wisata ini mulai dikenal banyak wisatawan. Beberapa spot hits seperti Driam Swing, Bamboo Bridge, Hover Tend hingga Tarzan Swing. Tempat wisata ini juga menawarkan resort yang begitu nyaman.

Lokasi: Jl. Raya Soreang-Ciwidey No.KM.25, Cukanggenteng, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

5. Kebun Teh Rancabali, Ciwidey

Kebun Teh Rancabali
Image Credit: Wikipedia.org

Tak hanya menawarkan kawah, Anda juga bisa menemukan kebun teh hijau di daerah Ciwidey. Kebun teh ini akan menyajikan pesona yang tak bisa Anda tolak. Hamparan kebun teh hijau akan menyapa penglihatan Anda. Ditambah dengan sejuknya udara akan membuat Anda betah berlama lama. Tak jarang akan ada kabut tipis yang membuatnya semakin eksotis. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi pabrik pengolahan teh dan tahu prosesnya.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

6. Kebun Strawberry, Ciwidey

Kebun Strawberry
Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Apakah Anda pecinta buah strawberry? Jika iya maka Anda bisa melajukan kendaraan Anda ke Kebun Strawberry. Sebenarnya, sepanjang jalan Raya Ciwidey ada banyak kebun buah berwarna merah ini. Mengunjungi wisata satu ini, Anda bisa berkesempatan untuk memetik sendiri buah yang begitu menggoda ini. Anda bisa menikmati strawberry secara langsung atau menjadikannya sebagai oleh oleh.

Lokasi: Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

7. Barusen Hills, Ciwidey

Barusen Hills
Image Credit: Wisatakaka.com

Berada di Kampung Barusen, Anda akan disuguhkan dengan wisata cantik yang dikenal dengan Barusen Hills. Dari tempat satu ini, Anda bisa puas menyaksikan keindahan pemandangan hijau yang bisa menghempas penat Anda. Selain itu juga ada taman dengan bunga yang cocok jadi spot foto. Berbagai fasilitas dan wahana menarik juga turut disematkan, dan sangat cocok untuk liburan keluarga.

Lokasi: Gambung Ciwidey, Cisondari, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

8. Bukit Jamur, Ciwidey

Bukit Jamur
Image Credit: Dakatour.com

Keunikan dan eksotisme yang dimiliki menjadikan tempat satu ini begitu hits. Sehingga jika Anda sedang di Ciwidey tak boleh untuk melewatkannya. Bukit Jamur bukanlah bukit yang dipenuhi dengan jamur, melainkan kawasan yang dipenuhi tanaman mirip jamur. Tempat satu ini sangat cocok untuk mengambil foto instagramable dan diunggah ke media sosial.Tak heran jika tempat satu begitu kondang di kalangan muda mudi.

Lokasi: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

9. Pinisi Resto dan Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey

Pinisi Resto
Image Credit: Instagram.com @wisatalambandung

Masih di sekitaran Bandung Selatan, tepatnya di Ciwidey Anda juga bisa menikmati indahnya panorama yang menyejukkan mata. Destinasi satu ini termasuk lengkap, mulai dari pemandangan yang mempesona, arena bermain anak, tempat kuliner hingga arena Glamping. Berbagai spot unik juga turut dihadirkan untuk membuat wisatawan semakin betah di tempat satu ini.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Karawang Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

10. Danau Situ Patenggang, Ciwidey

Danau Situ Patenggang
Image Credit: Pegipegi.com

Setelah menghabiskan liburan di beberapa taman yang cantik, kini saatnya Anda mengunjungi pesona lain Ciwidey berupa danau Situ Patenggang. Danau satu ini menghadirkan panorama yang tak bisa Anda tolak pesonanya. Bagaimana tidak, air danau yang tenang bersanding dengan kebun teh hijau yang asri dan mempesona. Anda bisa mengelilingi danau dengan menggunakan perahu.

Lokasi: Situ Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

11. Palalangon Park, Ciwidey

Palalangon Park
Image Credit: Wisatainfo.com

Palalangon Park merupakan destinasi wisata baru yang berada di Ciwidey dan bisa dijadikan sebagai alternatif. Mengunjungi taman ini, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik. Mengingat tempat satu ini sudah dilengkapi dengan fasilitas unggulan yang lengkap. Mulai dari kolam renang, wahana permainan anak, taman bunga hingga fasilitas pendukung lainnya. Liburan keluarga bersama si kecil tentunya akan sangat menyenangkan.

Lokasi: Leuwiliang, Cibodas, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

12. Curug Cinulang, Bandung Timur

Curug Cinulang
Image Credit: Nativeindonesia.com

Tak hanya Ciwidey yang berada di Bandung Selatan, Anda juga bisa merasakan pesona kota Kembang di Daerah Timur. Yang pertama perlu Anda kunjungi adalah Curug Cinulang yang begitu mempesona. Lokasinya memang cukup tersembunyi, namun justru disanalah letak kemolekkannya. Karena daerahnya yang masih asri dan alami. Tak hanya itu curug cinulang juga menghadirkan dua curug berdampingan yang begitu megah.

Lokasi: Desa Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kota Bandung.

13. Curug Batu Templek, Bandung Timur

Curug Batu Templek
Image Credit: Instagram.com @curugbatutemplek

Jika Anda belum puas wisata curug di bandung Timur, maka Anda bisa mengunjungi Curug Batu Templek. Tempat satu ini tidak kalah cantik dengan curug Cinulang. Untuk menjangkau curug satu ini juga mudah dan dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung. Begitu datang Anda akan disuguhkan air terjun yang turun di tebing tebing eksotis. Tempat satu ini sangat cocok untuk melepas penat di tengah padatnya aktivitas.

Lokasi: Jl. Cisanggarung, Cikadut, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

14. Kampung Bamboo, Bandung Timur

Kampung Bamboo
Image Credit: Piknikasyik.com

Wisata bersama keluarga juga akan semakin menyenangkan jika mengunjungi destinasi satu ini. Seperti namanya, Kampung Bambo menggunakan bambu sebagai konsepnya. Anda bisa menemukan fasilitas hingga wahana yang menggunakan bahan bambu. Selain bisa menghempas penat, Anda juga bisa bercamping ataupun melakukan outbond. Bahkan Anda juga bisa mengintip proses pembuatan alat musik Karinding.

Lokasi: Jl. Padasuka Atas KM.4, Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

15. Manglayang Jungle Place, Bandung Timur

Manglayang Jungle Place
Image Credit: Satulensa.com

Melanjutkan perjalanan dari Kampung Bamboo Anda juga bisa mengunjungi Manglayang Jungle Place. Wisata terpadu satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di tempat satu ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru, mulai dari camping, waterboom, bermain outbond, wisata kuliner hingga wisata budaya serta edukasi.

Lokasi: Jl. Cilengkrang 1 Kp. Cigupakan RW.03, Cilengkrang, Kec. Cilengkrang, Kota Bandung.

16. Taman Oray Tapa, Bandung Timur

Taman Oray Tapa
Image Credit: Alampriangan.com

Untuk Anda yang ingin berdekatan dengan alam dengan cara camping, maka Anda harus mengunjungi Taman Oray ini. Di tempat ini Anda bisa bersantai sembari mendirikan tenda untuk melepas penat. Suasananya yang asri dan terbilang tenang akan menjadi obat mujarab untuk Anda yang ingin melipir dari padatnya aktivitas. Berada di ketinggian 700mdpl, Anda akan melihat pemandangan yang mengagumkan.

Lokasi: Mekarmanik, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

17. Bukit Teletubbies Cicalengka, Bandung Timur

Bukit Teletubbies Cicalengka
Image Credit: Busbluestar.co.id

Jika mengintip namanya, Anda tentu tahu jika tempat satu ini merupakan area perbukitan yang mirip di serial anak anak Teletubbies. Hijaunya bukit yang melekuk ini begitu tampak mempesona dan sangat sayang untuk dilewatkan. Bukit ini dekat dengan curug Cinulang sehingga Anda bisa langsung mengunjunginya. Ditempat ini selain hunting dan berburu foto cantik, Anda juga bisa berburu foto foto cantik untuk diunggah di media sosial Anda.

Lokasi: Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kota Bandung.

18. Situ Cisanti, Bandung Timur

Situ Cisanti
Image Credit: Nativeindonesia.com

Citu Cisanti merupakan alternatif wisata jika Anda berada di Bandung Timur. Di tempat ini selain cantik juga menyimpan situs sejarah yang berkaitan erat dengan pelarian Dipati Ukur. Untuk bisa mengintip kecantikannya, Anda memang akan menempuh perjalanan yang tidak dekat. Namun semuanya akan terbayar lunas dengan pesona yang ditawarkan. Anda juga bisa mengambil banyak foto cantik di danau yang menawan satu ini.

Lokasi: Desa Tarumajaya, Kec. Kertasari, Kota Bandung.

19. Sungai Cikahuripan, Bandung Barat

Sungai Cikahuripan
Image Credit: Sofyanhotel.com

Bandung Barat juga tak kalah cantik pesonanya dengan daerah Bandung lainnya. Anda bisa mengunjungi Sungai Cikahuripan yang diberikan labeli sebagai Grand Canyonnya Bandung. Begitu Anda menginjakkan kaki di sungai ini, deretan tebing tebing yang terbentuk secara alami akan menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi airnya yang kebiruan, menambah keindahan dari Sungai Cikahuripan ini semakin mempesona dan tak bisa dielakkan.

Lokasi: Kec. Saguling, Kab. Bandung Barat.

20. Puncak Eurad Pingping, Bandung Barat

Puncak Eurad Pingping
Image Credit: Youtube.com (NetsGo Project)

Anda bisa menikmati keindahan dari ketinggian begitu Anda mengunjungi Puncak Eurad Pingping ini. Menawarkan pemandangan hijau yang menyejukkan mata, bukit ini juga memiliki udara yang begitu sejuk. Perjalanan menuju bukit ini, Anda harus melewati kebun teh dan juga hutan pinus. Keindahan selama perjalanan akan sanggup membius Anda. Puncak Eurad juga merupakan tempat yang begitu romantis dan banyak spot menarik.

Lokasi: Cibodas-Ciater, Wangunharja, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

21. Sanghyang Heuleut, Bandung Barat

Sanghyang Heuleut
Image Credit: Tourbandung.id

Sanghyang Heuleut bisa dijadikan destinasi selanjutnya yang juga tak kalah indah dan mempesona. Danau ini konon merupakan tempat mandi para bidadari. Danau kecil yang dikelilingi dengan batu raksasa ini memang begitu unik dan menarik. Airnya yang berwarna kebiruan sangat mempesona jika bersatu dengan kokohnya tebing. Anda bisa bermain air sepuasnya, namun pastikan untuk tetap menjaga keselamatan selama mengunjungi danau menawan ini.

Lokasi: Kp, Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.

22. Curug Ngebul, Bandung Barat

Curug Ngebul
Image Credit: Instagram.com @gamma_sundaya

Masih dalam rangka bermain air yang puas, Anda juga bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Ngebul. Anda perlu tahu jika Curug Ngebul ini bukan yang ada di Cianjur melainkan di Kampung Cisitu. Tempat satu ini masih belum banyak dikunjungi, sehingga pesonanya masih sangat alami. Untuk mencapai curug ini, Anda membutuhkan perjuangan yang cukup panjang. Air terjun dengan ketinggian 20 meter dan bertingkat ini akan membayar lunas lelah Anda.

BACA JUGA:  10 Air Terjun (Curug) Terindah di Sentul yang Paling Hits

Lokasi: Cisitu, Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat.

23. Curug Malela, Bandung Barat

Curug Malela
Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Kota Bandung memang memiliki banyak curug yang menawan. Anda bisa mengunjungi Curug Malela di Bandung Barat yang juga tak kalah cantik dan mempesona. Curug ini terbilang paling besar dan disebut sebagai Niagaranya Bandung. Dengan lebar 50 meter dan juga ketinggian 70 meter, Anda bisa menikmati keindahan yang dimiliki oleh Curug Malela. Sayangnya, Anda hanya bisa menggunakan sepeda motor dan jalan kaki, namun pemandangannya sangat menawan.

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat.

24. Stone Garden, Padalarang

Stone Garden
Image Credit: Hargatiket.net

Tak hanya menawarkan pesona curug yang menawan, Bandung Barat tepatnya di Padalarang juga memiliki taman batu yang menarik. Taman batu ini bisa Anda nikmati setelah Anda melakukan hiking terlebih dahulu. Jangan salah meskipun berupa taman batu, namun tetap artistik dan instgramable. Dengan latar pemandangan yang memukau menjadikan bukit ini populer. Terutama ketika masa matahari berpulang atau baru terbit.

Lokasi: Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.

25. Puncak Rindu Gunung Bendera, Padalarang

Puncak Rindu Gunung Bendera
Image Credit: Instagram.com @panjihadiyasa

Jika Anda belum puas dengan panorama dari ketinggian, Anda bisa mengunjungi Puncak Rindu Gunung Bendera. Mendaki di bukit dan gunung ini juga tidak memiliki medan yang terjal serta tak butuh waktu lama. Anda hanya butuh sekitar 1 jam saja untuk sampai puncaknya. Dipenuhi dengan rumput hijau, dijamin akan membuat siapapun betah. Anda bisa mendirikan tenda agar bisa menikmati pesona kota Bandung dari ketinggian lebih lama.

Lokasi: Kampung Pojok Desa, Jayamekar, Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat.

26. Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang
Image Credit: Kumparan.com

Berdiri di atas bukit dengan hamparan awan di depan mata tentunya akan membuat siapapun rela untuk mendakinya. Gunung Putri sendiri berada di ketinggian 1587 mdpl yang sangat cocok untuk pemula. Menuju puncak gunung ini juga hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Anda bisa berjalan santai saja sembari menikmati keindahan alamnya. Begitu tiba di puncak Anda akan disuguhkan panorama yang akan membuat lelah Anda menghilang.

Lokasi: Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

27. Batu Coklat dan Gua Purba, Bandung Barat

Batu Coklat dan Gua Purba
Image Credit: Rjsyahrulloh.blogspot.com

Di Bandung Barat Anda bisa mengunjungi destinasi tersembunyi yang begitu menawan. Lokasinya berada dekat PLTA Saguling, dan Sanghyang Kenit sendiri merupakan aliran sungai dengan batu cadas berwarna coklat. Airnya yang jernih dan tenang ini layaknya kolam alami yang bisa Anda jadikan tempat berenang. Anda juga bisa menemukan gua purba yang juga menarik untuk dijelajahi. Di tempat eksotis ini, Anda bisa berfoto keren dan melepas penat Anda.

Lokasi: Kp. Cibukur, Gunungmasigit, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.

28. Kebun Teh Sukawana, Bandung Barat

Kebun Teh Sukawana
Image Credit: Indonesiatour.co.id

Selepas mengunjungi tempat tempat yang terbilang tersembunyi, Anda bisa melanjutkan perjalanan mengunjungi Kebun Teh Sukawana. Kebun Teh satu ini begitu kondang dan jadi favorit para wisatawan. Karena selain bir menikmati segarnya udara lengkap dengan panorama hijau yang menyejukkan, Anda juga bisa berburu foto foto keren. Yang jelas kebun teh Sukawana ini tempat tepat untuk melepas segala penat.

Lokasi: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

29. De Ranch, Lembang

De Ranch
Image Credit: Satulensa.com

Jika berbicara tentang wisata Bandung, rasanya memang tak lengkap jika tak mengunjungi wisata satu ini. De Ranch merupakan tempat wisata keluarga yang menawarkan banyak atraksi menarik. Berbagai aktivitas mulai dari panahan, berkuda, bermain trampolin sampai flying fox bisa Anda jajal. Wisata terpadu satu ini memang menawarkan wisata sembari belajar dengan begitu menyenangkan.

Lokasi: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

30. Farm House, Lembang

Farm House
Image Credit: Urbandung.com

Farm House bisa dijadikan destinasi selanjutnya untuk Anda yang berada di Lembang. Tempat wisata satu ini tak pernah sepi pengunjung terutama di musim liburan. Wisata yang menonjolkan nuansa khas Eropa ini memang menyajikan banyak atraksi yang seru. Terdapat juga rumah hobbit yang sering dijadikan sebagai tempat berswafoto. Tak hanya itu, si kecil juga bisa berinteraksi dengan burung ataupun kelinci lebih dekat.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

31. Orchid Forest Cikole, Lembang

Orchid Forest Cikole
Image Credit: Pegipegi.com

Lembang juga menawarkan kebun anggrek yang begitu terkenal dan hits. Selain bisa menemukan banyak jenis tanaman anggrek, tempat satu ini juga menawarkan lokasi swafoto yang melimpah. Tempat indah ini sangat cocok untuk wisata bersama keluarga. Udaranya yang sejuk dengan pepohonan yang rindang akan membuat Anda betah berlama lama.

Lokasi: Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

32. The Lodge Maribaya, Lembang

The Lodge Maribaya
Image Credit: Satulensa.com

Satu lagi surga berburu foto yang tak boleh dilewatkan adalah The Lodge Maribaya. Di tempat ini menyuguhkan banyak spot foto yang begitu sering muncul di media sosial. Seperti misalnya ayunan dan juga balon udara yang menjadi favorit. Mengambil potret di atas spot ini, lengkap dengan background hutan pinus tentunya akan sangat keren. Fasilitas pendukung di The Lodge Maribaya juga begitu lengkap dan memadai.

Lokasi: Jl. Maribaya No.149/252 RT.03/RW.15 Babakan, Gentong, Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

33. Observatorium Bosscha, Bandung Barat

Observatorium Bosscha
Image Credit: Pergidulu.com

Tempat terbaik di kota Kembang yang juga tak boleh dilewatkan adalah Observatorium Bosscha. Karena dengan mengunjungi pusat observasi ini, Anda bisa menyaksikan pesona dari alam semesta. Dari arsitektur bangunannya saja sudah begitu menarik perhatian pengunjung. Di dalamnya terdapat beberapa teleskop untuk bisa menyaksikan benda benda di langit.

Lokasi: Jl. Peneropongan Bintang No.45, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

34. Curug Tilu Leuwi Opat, Bandung Barat

Curug Tilu Leuwi Opat
Image Credit: Nativeindonesia.com

Keindahan curug satu ini juga tidak luput dari perhatian para wisatawan yang ingin menikmati air terjun. Untuk bisa sampai titik air terjun, Anda memang harus menakhlukkan medan yang cukup curam. Begitu tiba, Anda bisa menyaksikan air yang turun dari ketinggian dengan debit cukup besar. Sekelilingnya dipenuhi oleh batuan cadas dan tebing berlumut yang semakin membuatnya eksotis. Anda diijinkan berenang, namun pada arena tertentu saja.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Sumedang Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

35. Trans Studio Bandung, Bandung Barat

Trans Studio Bandung
Image Credit: Hargatiket.net

Wisata yang penuh hiburan dan wahana permainan yang tak boleh dilewatkan adalah Trans Studio Bandung. Dengan hadirnya taman hiburan ini, Anda dan keluarga bisa berpetualang dan merasakan beragam atraksi menarik. Mulai dari wahana Giant Swing, Sky Pirates, Vertigo hingga beragam roller coaster. Berada di dalam ruangan, Anda bisa mengunjunginya tanpa memperdulikan cuaca. Entah sedang hujan atau tidak Anda tetap bisa bermain.

Lokasi: Jl. Jendral Gatot Subroto No.289 A, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung.

36. Gunung Tangkuban Perahu, Bandung Utara

Gunung Tangkuban Perahu
Image Credit: Ksmtour.com

Siapa yang tak kenal wisata satu ini? Kepopuleran Gunung Tangkuban Perahu bahkan sudah sampai di telinga wisatawan mancanegara. Gunung yang menyajikan kawah begitu menawan ini memang selalu diserbu pengunjung. Memiliki 9 kawah yang memiliki ciri khas masing masing akan membuat siapa saja terpesona. Pastikan untuk mengabadikan semua keindahan dan momen Anda ketika mengunjungi gunung yang berkaitan dengan legenda Sangkuriang ini.

Lokasi: Cikahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

37. Braga

Braga
Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Braga merupakan ikon kota Kembang yang begitu tersohor dan juga tak boleh dilewatkan. Di Jalan utama satu ini, Anda bisa menemukan banyak hal mulai dari restoran, bar hingga coffe shop kekinian. Bangunan bangunan yang memiliki seni tinggi ini juga sangat cocok menjadi objek bidikan kamera Anda. Braga tak pernah sepi dan akan membawa memori yang tak akan pernah Anda lupakan. Penjual lukisan berderet yang juga bisa Anda jadikan sebagai buah tangan.

Lokasi: Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

38. Tebing Keraton, Bandung Utara

Tebing Keraton
Image Credit: Himago.com

Bandung Utara juga tak kalah menawan dan hadirkan pesona yang tak kalah dengan bagian lainnya. Tebing Keraton termasuk dalam jajaran wisata alam yang sedang hits belakangan. Di tempat yang indah ini, Anda bisa berburu sunrise yang begitu menyejukkan mata. Setelah itu, Anda juga bisa mengabadikan banyak pose karena sangat cocok untuk swafoto. Bahkan Tebing Keraton sempat viral di media sosial seperti Instagram.

Lokasi: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat.

39. Dago Pakar, Bandung Utara

Dago Pakar
Image Credit: Tourbandung.id

Dago Pakar menjadi tempat wisata di Bandung Utara yang menyediakan banyak spot menarik. Daerah ini Anda memang tidak hanya bisa menemukan satu tempat wisata. Berada di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda, Anda bisa menemukan curug hingga Gua. Jajaran curug seperti Curug Dago, Curug Lalay hingga Curug Omas akan menghempas semua penat Anda. Wisata sejarah seperti Gua Jepang dan Gua Belanda juga tidak bisa diabaikan begitu saja.

Lokasi: Jl. Raya Golf Dago No.12, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

40. Kebun Binatang Bandung, Bandung Utara

Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Kompas.com

Tempat liburan terpadu yang juga tak kalah menarik dikunjungi adalah Kebun Binatang Bandung. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki buah hati. Terdapat lebih dari 300 satwa yang bisa Anda temui di dalamnya. Dengan begitu anak anak akan bisa mengenal binatang lebih dekat. Tak hanya satwa, anak anak juga bisa menikmati berbagai wahana. Wahana seperti taman bermain, wisata air, outbond hingga flying fox akan membuat liburan makin seru.

Lokasi: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

41. Puncak Bintang, Bandung Utara

Puncak Bintang
Image Credit: Instagram.com @14torry

Di Bandung ketika malam datang, Anda tak hanya bisa nongkrong dan kulineran. Mengunjungi puncak bintang juga bisa dijadikan pilihan. Destinasi satu ini menjadi favorit bagi muda mudi yang mampu hadirkan nuansa romantis yang kental. Anda bisa datang ketika matahari tenggelam untuk dapatkan panorama yang mengesankan. Ketika malam menyapa, kerlap kerlip lampu kota membuatnya makin cantik.

Lokasi: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

42. Wisata Bandros

Wisata Bandros
Image Credit: Eljohnnews.com

Berniat untuk keliling kota Bandung? Jika iya maka Anda bisa memanfaatkan Bandros atau Bandung Tour on Bus. Bus yang lucu dan warna warni ini akan mengajak Anda untuk berkeliling kota Bandung dengan nuansa yang berbeda. Pengalaman satu ini memang sangat menarik dan berhasil membuat banyak wisatawan memburunya. Untuk menaikinya, Anda harus menuju halte Bus Bandros yang berada di Taman Cibeunying Park terlebih dahulu.

Lokasi: Jl. Dalem Kaum, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung.

43. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung
Image Credit: Wikipedia.org

Perjalanan Anda menjelajah kotanya juga bisa dilanjutkan dengan mengunjungi Masjid Raya Bandung. Masjid satu ini bisa menjadi wisata religi dan menjadi masjid kebanggaan warga Bandung. Berada di Jalan Asia Afrika, Anda juga bisa menikmati taman di depan masjid yang tak pernah sepi pengunjung. Bahkan Anda juga bisa menaiki menara masjid dengan membayar biaya tiket tertentu.

Lokasi: Jl. Dalem Kaum No.14, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung.

44. Upside Down World

Upside Down World Bandung
Image Credit: Nakita.grid.id

Upside Down World merupakan tempat wisata yang juga bisa Anda kunjungi ketika di kota Kembang. Wisata satu ini merupakan wisata yang sangat cocok untuk pecinta fotografi. Pasalnya, nanti Anda akan dihadirkan 10 ruangan yang semua isinya terbalik. Desain secara terbalik ini berhasil menarik perhatian dari berbagai pengunjung. Pastikan Anda menyiapkan kamera terbaik jika ingin mengunjunginya. Berada di pusat kota Anda juga akan mudah menjangkaunya.

Lokasi: Jl. H. Wasid No.31, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung.

45. Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Bandung
Image Credit: Kompas.com

Ikon wisata kota Bandung satu ini akan menutup perjalanan menjelajah kota Bandung. Gedung yang ikonik ini begitu menarik ketika dikunjungi malam hari. Pada bagian depan terdapat air mancur yang begitu memukau dan cocok untuk mengambil swafoto. Tak hanya itu, gedung sate Bandung juga menawarkan cerita mistis dan horor yang banyak beredar. Terlepas dari desas desus itu, di malam hari juga banyak penjual kuliner di sekitar gedung ini.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

Mengunjungi kota Kembang untuk menghabiskan liburan memang bukanlah ide yang buruk. Kota Bandung menawarkan banyak destinasi wisata yang beragam. Mulai dari wisata alam hingga wisata terpadu untuk keluarga. Selepas menjelajah, Anda bisa melanjutkan dengan wisata belanja atau berburu kuliner yang juga begitu terkenal. Anda bisa mendapatkan liburan terbaik di kota Kembang satu ini.