Periksa Daftar Tempat Wisata Anak Populer di Bandung, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam dan Edukasi Terbaru dan Terhits yang Cocok untuk Anda Kunjungi untuk Liburan Bersama Si Kecil.

Mengajak anggota keluarga berlibur tentunya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Salah satu kota yang menyediakan beragam destinasi wisata liburan untuk anak yaitu Bandung. Di Kota Kembang ini si kecil akan dimanjakan dengan beragam jenis aktivitas seru dan menyenangkan.

Bukan hanya menyuguhkan tempat rekreasi untuk bermain semata, tetapi terdapat juga sarana edukasi yang memang layak dipertimbangkan. Berikut rekomendasi tempat wisata anak terbaik di Bandung yang bisa Anda pilih.

1. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha
Image Credit: Pergidulu.com

Jika si kecil bercita cita ingin menjadi seorang astronot atau astronom, maka dengan mengajaknya ke Observatorium Bosscha merupakan pilihan yang tepat. Destinasi wisata edukasi yang berada di Lembang, Bandung ini adalah tempat penelitian fenomena astronomi terbesar di Indonesia. Ketika berada di sini si kecil bisa belajar mengenai sejarah Bosscha, rasi bintang, dan masih banyak lainnya.

Dengan begitu, belajar mengenali sains dan astronomi bisa menjadi lebih mudah dan seru tentunya bagi si kecil. Bahkan mereka juga pastinya akan senang bisa belajar dan menyaksikan keindahan beragam benda luar angkasa, serta fenomena alamnya secara langsung. Menariknya, pada malam hari ada wisata khusus yang mengajak anak untuk melihat tata surya dengan lebih dekat menggunakan teleskop.

Lokasi: Jl. Peneropongan Bintang No.45, Kec. Lembang, Kota Bandung.

2. Taman Kelinci Ciwidey (Happy Farm Ciwidey)

Taman Kelinci Ciwidey (Happy Farm Ciwidey)
Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Sesuai dengan namanya, pengunjung yang datang kesini akan menjumpai beragam jenis kelinci dalam jumlah yang banyak sehingga sangat cocok digunakan destinasi wisata untuk anak. Dengan menyaksikan tingkah menggemaskan dari kelinci, tentunya akan membuat si kecil merasa senang. Bahkan si kecil pun bisa berinteraksi secara langsung dengan hewan imut berkuping panjang ini.

Disini buah hati Anda bisa memberikan makan dan bermain bersama kelinci di sekeliling taman. Di destinasi wisata ini pula terdapat petting zoo yang bisa dikunjungi setiap saat selama taman masih dibuka. Selain dipenuhi dengan kelinci, pengunjung pun bisa mengelilingi taman sembari menaiki kuda. Terdapat pula Candy House atau rumah permen yang sering dijadikan spot foto menarik.

Lokasi: Cikembang, Panundaan, Kec. Ciwidey, Kota Bandung.

3. De Ranch Lembang

De Ranch Lembang
Image Credit: Satulensa.com

De Ranch Lembang merupakan salah satu destinasi wisata anak di Bandung yang mengusung konsep koboi. Meskipun begitu bukan berarti objek wisata ini terdapat unsur kekerasan, melainkan disini pengunjung akan ditawarkan dengan beragam kegiatan asyik. Misalnya saja menunggang kuda, berfoto dengan mengenakan kostum ala koboi, belanja, dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata Alam di Bandung yang Populer Buat Liburan

Beragam kegiatan tersebut tentunya akan membuat si kecil senang, ditambah lagi dengan pemandangan berupa hamparan rerumputan hijau yang segar dipandang pastinya akan membuat mereka nyaman dan betah berlama lama disini. Uniknya, disini terdapat beragam wahana yang dibedakan untuk anak anak dan orang dewasa.

Lokasi: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Kec. Lembang, Kota Bandung.

4. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung
Image Credit: Hargatiket.net

Si kecil ingin bertemu dengan tokoh karakter anak yang sering muncul di layar kaca ? Maka Trans Studio Bandung bisa digunakan sebagai pilihan yang tepat. Meski baru dibuka beberapa tahun yang lalu, namun kawasan wisata terpadu ini menyuguhkan taman hiburan indoor terbesar se Asia Tenggara. Selain bisa menemukan beragam karakter anak, si kecil pula bisa menikmati wahana yang disediakan.

Lokasi: Jl. Jendral Gatot Subroto No.289 A, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung.

5. Jendela Alam

Jendela Alam
Image Credit: Google Maps (T.A. Athifah)

Destinasi wisata anak di Bandung selanjutnya yang bisa memberikan hiburan sekaligus pengetahuan baru yaitu Jendela Alam. Dengan mengusung konsep alam terbuka, tempat wisata ini sangat cocok untuk mengajak si kecil melakukan beragam aktivitas bermain sambil belajar yang seru dan menyenangkan. Diantaranya yaitu jendela seni, jendela petualangan, jendela permainan, dan jendela edukasi.

Di jendela edukasi, buah hati Anda bisa melakukan serangkaian aktivitas cocok tanam, memberi pakan kepada hewan ternak, hingga belajar membuat yoghurt. Tapi jika anak Anda lebih suka bermain, Anda bisa mengajaknya beraktivitas di trampolin, playground, berenang hingga beragam mainan tradisional di jendela bermain. Dapat dipastikan, si kecil akan puas bermain dan belajar disini.

Lokasi: Jl. Sersan Bajuri No.KM, RW.5, Cihideung, Kec. Parongpong, Kota Bandung.

6. Ekowisata Kampung Batu Malakasari

Ekowisata Kampung Batu Malakasari
Image Credit: Google Maps (rocky baraya)

Ekowisata Kampung Batu Malakasari adalah destinasi wisata anak yang menyuguhkan area bermain air menyenangkan. Dulu kawasan wisata ini merupakan tambang batu alam yang dieksploitasi secara tradisional oleh warga sekitar sejak satu abad silam. Namun bekas penambangan tersebut menyisakan lanskap geologis yang kemudian dialihfungsikan menjadi sebuah taman wisata.

Ketika bertandang ke destinasi wisata ini, Anda akan ditawarkan dengan beragam fasilitas dan wahana bermain yang lengkap. Tak hanya terdapat area bermain air saja, di kawasan Ekosistem Kampung Batu Malakasari pula terdapat danau buatan, bukit batu, peternakan, penangkaran rusa, persawahan, area kegiatan outdoor, dan lain sebagainya yang bisa dinikmati pengunjung sepuasnya.

Lokasi: Jl. Raya Banjaran Rencong, Malakasari, Kec. Baleendah, Kota Bandung.

7. Rumah Batik Komar

Rumah Batik Komar
Image Credit: Google Maps (Rumah Batik Komar)

Bosan dengan destinasi wisata yang menyuguhkan area bermain saja ? Cobalah untuk mengunjungi Rumah Batik Komar yang berada di Bandung ini. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini memang menyuguhkan aktivitas menarik yaitu pembuatan batik. Bukankah aktivitas tersebut hanya untuk orang dewasa saja ?

Anda tak perlu khawatir mengenai hal tersebut, karena disini tak hanya diperuntukkan orang dewasa saja melainkan terdapat pula pelatihan membatik untuk anak anak. Si kecil tak harus mengikuti perintah untuk membuat batik pada umumnya, karena mereka juga bisa menyalurkan kreativitas dengan gambar apapun melalui media canting dan kain yang telah disediakan.

BACA JUGA:  20 Air Terjun (Curug) di Bogor yang Paling Indah & Hits

Lokasi: Jl. Sumbawa No.22, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

8. Farm House Lembang

Farm House Lembang
Image Credit: Urbandung.com

Objek wisata anak di Bandung yang bernama Farmhouse Lembang ini mengusung tema yaitu pedesaan di wilayah Eropa. Hal tersebut tercermin dengan adanya beragam jenis bangunan khas Eropa yang berdiri di destinasi wisata ini. Tak heran jika tempat wisata di Bandung ini merupakan ladang emas bagi siapa saja yang hobi berfoto foto.

Terlebih lagi, pihak pengelola destinasi wisata ini menyediakan tempat penyewaan kostum khas Eropa yang bisa Anda gunakan. Memakai kostum ala orang Eropa sambil mengelilingi destinasi wisata ini tentunya akan sangat menyenangkan. Farmhouse Lembang juga merupakan kawasan wisata terintegrasi dengan beragam fasilitas seru yang diperuntukkan untuk seluruh anggota keluarga.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kota Bandung.

9. Ciwidey Valley Waterpark Resort

Ciwidey Valley Waterpark Resort
Image Credit: Ciwideyvalley.com

Bila Anda dan keluarga gemar berwisata air, maka Ciwidey Valley Waterpark Resort bisa menjadi destinasi wisata terbaik. Daya tarik utama yang ditampilkan pada destinasi wisata ini yaitu taman air yang dilengkapi dengan sumber air panasnya. Menariknya di dalam taman air tersebut, ditemukan replika gunung berapi yang berada di sudut kolam air panas.

Perpaduan antara udara dingin Bandung Selatan dengan kolam air panas di resort ini tentu saja membuat si kecil betah dan nyaman berada disini. Namun ternyata tak hanya ada kolam air saja, terdapat pula area bermain yang memang disediakan untuk anak anak. Hal yang menarik perhatian ketika memasuki wisata ini yaitu adanya kandang burung raksasa yang dekat dengan area bermain.

Lokasi: Jl. Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

10. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang
Image Credit: Pergidulu.com

Menjadi salah satu kawasan wisata terintegrasi, Floating Market Lembang menyediakan beragam pilihan liburan untuk keluarga. Destinasi wisata ini menyuguhkan sensasi liburan yang berbeda, dimana pengunjung bisa menikmati keindahan bangunan unik yang dibangun mengelilingi area wisata sambil mengendarai kendaraan bermotor berukuran kecil.

Adanya beragam bangunan unik tersebut tentunya sering dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk spot foto instagramable. Bahkan Anda pun bisa menyewa kostum ala Jepang dan Korea untuk menciptakan hasil foto yang lebih menarik lagi. Daya tarik utama yang disuguhkan oleh Floating Market Lembang ini yakni pasar apung, dimana pengunjung bisa berwisata kuliner layaknya di Thailand.

Lokasi: Jl. Grand Hotel No.33E, Kec. Lembang, Kota Bandung.

11. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo
Image Credit: Wisataidn.com

Berada di Kecamatan Cibeunying Kidul, destinasi wisata bernama Saung Angklung Udjo ini memiliki misi untuk mewujudkan harmoni antara manusia, musik, dan alam. Destinasi wisata edukasi satu ini sangatlah cocok dijadikan sebagai tempat berlibur bagi anak anak, sebab si kecil bisa belajar dan mengenal tentang keberagaman budaya dan kesenian asli Sunda.

Tempat wisata ini selalu riuh dengan berbagai nada indah yang tercipta dari benturan bambu yang dibentuk oleh tangan terampil menjadi sebuah alat musik bernama angklung. Meskipun terdengar sebagai wisata yang membosankan, namun Anda bisa mengajak si kecil bersenang senang disini dengan mengikuti berbagai aktivitas seperti membuat angklung, memainkannya, atau sekedar menikmati pertunjukan.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

12. Bandung Science Center

Bandung Science Center
Image Credit: Google Maps (arief yanto rukmana)

Wisata edukasi selanjutnya di Bandung yang bisa dikunjungi yaitu Bandung Science Center atau (BSC). Konon katanya gedung yang kini dipakai BSC ini merupakan tempat favorit Presiden Soekarno untuk belajar berdansa. Namun kini telah disulap menjadi sebuah destinasi wisata yang menunjukkan kekuatan magis ilmu pengetahuan kepada anak anak.

Ketika bertandang kesini, si kecil akan ditawarkan dengan beragam jenis wahana mengasyikkan yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Selain pengunjung belia bisa mencoba melakukan berbagai eksperimen sains yang menarik, terdapat pula patung karakter superhero bernama Iron Man, ruang bumi, ruang audio visual, ruang robotic, dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi: Jl. Sirnagalih No.15, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

13. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Kompas.com

Siapa yang tidak menyukai kebun binatang ? Destinasi wisata ini merupakan tempat berlibur favorit sebagian besar anggota keluarga, demi menyaksikan secara langsung keberadaan beragam hewan menggemaskan. Kebun Binatang Bandung ini menempati area seluas 14 hektar dengan dilengkapi dengan beragam jenis hewan yang mencapai jumlah hingga 800 ekor.

Jika Anda bertandang ke destinasi wisata ini, jangan lupa untuk mencoba sensasi memegang burung secara langsung sambil berfoto ria. Tak hanya itu saja, pengunjung pula bisa menyewa skuter atau perahu untuk mengelilingi kebun binatang sambil menyaksikan koleksi hewan disini. Si kecil pun bisa bermain sepuasnya di Taman Bermain Anak yang telah disediakan.

Lokasi: Jl. Kebun Binatang No.6, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

14. Lactasari Mini Farm

Lactasari Mini Farm
Image Credit: Google Maps (Bram Y. Setiadi)f

Berbeda dengan destinasi wisata pada umumnya, Lactasari Mini Farm menyuguhkan nuansa berlibur yang sangat menarik. Destinasi wisata satu ini berada di atap mall yang bernama Paris van Java Mall. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang kesini untuk berbelanja di mall. Di Lactasari Mini Farm, Anda bisa mengajak buah hati untuk memberi makan berbagai jenis hewan seperti sapi, kambing, dan kelinci.

Lokasi: Jl. Sukajadi No.131-139, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

15. Komunitas Hong

Komunitas Hong
Image Credit: Google Maps (Corn_C TV)

Destinasi wisata anak satu ini didirikan oleh sebuah komunitas yang menyadari akan adanya pergeseran budaya anak anak yang terlalu asyik bermain dengan gadget. Komunitas Hong hadir dengan tekad melestarikan beragam jenis permainan tradisional anak Indonesia. Si kecil akan belajar sambil bermain beragam jenis permainan tradisional dari pulau Jawa dan Sumatera.

Lokasi: Jl. Bukit Pakar Utara No.26, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

Tak disangka jika Kota Bandung menyimpan beragam destinasi wisata anak yang sangat layak untuk dikunjungi ketika musim libur tiba. Untuk mengunjungi segala wisata yang disebutkan diatas, Anda bisa mengajak anggota keluarga dan si kecil demi merasakan pengalaman berkesan dan tentunya menyenangkan. Yuk, segera atur jadwal untuk menikmati nuansa berlibur di Bandung sekarang juga!