Berkunjung ke Purwakarta, wisatawan tidak hanya disuguhkan wisata alam yang memukau, tapi juga harus mencicipi kudapan lezat. Inilah deretan restoran dan tempat makan enak di Purwakarta yang menawarkan beragam menu yang mampu memanjakan lidah Anda.

Purwakarta yang tepatnya berada di Provinsi Jawa Barat ini memiliki beragam makanan khas yang dapat Anda cicipi. Mengajak orang-orang terdekat berwisata kuliner di kota ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Berikut daftar restoran dan tempat makan yang terkenal di Purwakarta dengan hidangan nikmat dan harga yang ramah di kantong.

1. Sate Maranggi Hj. Yetty

Sate Maranggi Hj. Yetty
Image Credit: Google Maps (NUR HIDAYAT)

Sate Maranggi adalah salah satu kuliner wisata asli Purwakarta yang cukup terkenal. Bahkan nama tempat makan ini sudah menjadi salah satu jajanan kaki lima terfavorit. Yang mana telah dikeluarkan oleh World Street Food Congress di tahun 2016 lalu. Dengan begitu, Anda tidak perlu ragu lagi mengunjungi tempat makan satu ini.

Menunya pun dibagi menjadi tiga jenis daging, yaitu daging sapi, daging ayam serta daging kambing. Selain sate maranggi, warung ini juga menyediakan menu lain. Seperti adanya menu ikan gurame bakar, ayam bakar, sop sapi atau sop kambing, pepes, gado-gado, dan menu lainnya.

Lokasi: Jl. Cibungur, Kec. Bungursari, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

2. Rumah Makan Ibu Haji Ciganea (IHC)

Rumah Maakan Ibu Haji Ciganea IHC
Image Credit: Google Maps (Ipung)

Jika Anda senang dengan masakan khas Sunda, rumah makan Ibu Haji Ciganea pastinya bisa Anda jadikan rekomendasi kuliner wisata di Purwakarta. Karena faktanya, rumah makan ini menyajikan berbagai menu istimewa yang menggugah selera dan mampu menarik orang untuk datang berkunjung.

Selain cita rasa yang menggoda, keramahan para pegawai juga menjadi keunggulan di rumah makan khas Pasundan ini. Terlebih harga yang diberikan juga pastinya terjangkau. Tidak heran bila rumah makan yang berada di Purwakarta ini menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta.

Lokasi: Jl. Veteran No.138, Ciseureuh, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

3. Istora Resto

Istora Resto
Image Credit: Google Maps (Doneom)

Restoran selanjutnya adalah Istora Resto. Restoran ini berlokasi di area wisata Jatiluhur Purwakarta. Selain menu yang dihidangkan beragam dan bervariasi, pemandangan yang disuguhkan juga indah. Anda bisa menikmati indahnya waduk Jatiluhur dan Gunung Parang serta Bangkok.

BACA JUGA:  15 Cafe & Tempat Nongkrong di Purwakarta yang Unik & Instagramable

Istora Resto memiliki pemandangan dengan sunset yang cantik dan pastinya dapat memanjakan mata Anda. Tidak hanya itu saja, tidak ketinggalan pula penataan taman di sekeliling danau yang semakin mempercantik pemandangan restoran ini. Makan sambil ditemani pemandangan indah, akan membuat Anda ketagihan berada di Istora Resto.

Lokasi: Jl. Jatimekar, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

4. Sambel Hejo Sambel Dadak (SHSD)

Sambel Hejo Sambel Dadak (SHSD)
Image Credit: Google Maps (SHSD Sambel Hejo Sambel Dadak)

Tidak jauh berbeda dengan beberapa restoran di Jawa Barat lainnya, Sambel Hejo Sambel Dadak juga menyediakan makanan khas Sunda yang menggugah selera. Suasana tradisional Sunda yang menarik akan disuguhkan untuk Anda para pengunjung yang datang. Terdapat pula beberapa bangku serta meja kokoh yang terbuat dari kayu jati, dan hiasan dinding antik.

Restoran tradisional Sunda ini mengemas restoran dengan konsep a la carte dan siap saji. Pengunjung yang datang tidak perlu repot memesan makanan, karena pelayan akan menghidangkan semua makanan diatas meja Anda. Sama halnya seperti Anda jika berada di Rumah Pandang.

Lokasi: Jl. Pemuda No.32, RT.20/RW.6, Mekargalih, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

5. Resto Batu Apung Alam Hijau

Resto Batu Apung Alam Hijau
Image Credit: Google Maps (Pratiwi Susilawati)

Bagi Anda yang berkunjung ke Batu Alam Hijau, dipastikan Anda juga dapat menikmati berbagai macam sajian yang ada di restoran ini. Hidangan masakan Sunda yang ditawarkan juga beragam dan kekinian. Seperti nasi timbel, nasi pecel, sate maranggi, pempek, batagor, dan banyak makanan lainnya yang pasti menggugah selera.

Setelah Anda sudah puas bermain air bersama keluarga serta mengunjungi berbagai wahana yang ada, tentunya Anda juga dapat mengisi perut dengan kudapan lezat yang disediakan. Tidak perlu khawatir dengan harga, pasalnya resto Batu Apung Alam Hijau menyediakan sajian dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Raya No.KM 23, Wanasari, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

6. Rumah Makan Kampung Empang

Rumah Makan Kampung Empang
Image Credit: Google Maps (Kampung Empamg Resto & Cafe)

Rumah makan Kampung Empang ini berdiri diatas tanah seluas 1 hektar dengan memiliki latar belakang area persawahan. Tempat ini juga menjadi salah satu rumah makan yang sering menjadi tempat wisata kuliner yang dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta.

Nuansa hijau ala perkampungan menjadi salah satu keunggulan rumah makan ini. Disini Anda bisa menyegarkan dan memanjakan mata Anda sembari menyantap hidangan lezat. Tidak ketinggalan Anda juga bisa menikmati sejuknya suasana khas pedesaan yang ditawarkan oleh rumah makan Kampung Empang.

Lokasi: Jl. Pramuka No.19, Bunder, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

7. Nasi Liwet Bu Dhini

Nasi Liwet Bu Dhini
Image Credit: Google Maps (Nurhasana)

Sesuai dengan namanya yang terkenal, warung ini menyediakan nasi liwet yang sudah menjadi menu andalan. Dengan rasanya yang gurih, Anda juga bisa menikmati nasi liwet dengan lauk pelengkap seperti ayam dan sambal bledag. Ada pula menu makanan lain yang tidak kalah lezat, seperti tutog oncom dan juga nasi kabeleum.

BACA JUGA:  16 Oleh-Oleh Khas Purwakarta yang Paling Terkenal

Citarasa yang ditawarkan dari makanan tradisional ini cukup lezat dengan proses memasaknya yang juga unik. Nasi liwet yang dihidangkan, sebelumnya dibakar secara tradisional dengan menggunakan bahan bakar arang. Yang pastinya memiliki aroma dan juga citarasa yang sangat sedap.

Lokasi: Jl. Kapten Halim No.99, Salam Mulya, Kec. Pd. Salam, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

8. Soto Sadang Asli

Soto Sadang Asli
Image Credit: Google Maps (Ramsyah Faizal)

Rumah makan ini menawarkan aneka menu makanan yang bisa mengisi perut Anda yang kosong akibat perjalanan jauh yang melelahkan. Menu unggulan yang ditawarkan yaitu soto dengan kuah bening ataupun kuah dengan rasa santan. Soto ini cocok bagi Anda yang senang dengan kudapan soto berbahan santan yang gurih.

Soto bening yang diracik menggunakan kuah kaldu yang berasal dari daging rebus. Untuk proses pematangannya menggunakan api kecil dalam waktu yang cukup lama. Pada soto santan yang dihidangkan, ada beberapa irisan lauk yang tentunya menggugah selera Anda. Tempat makan ini bisa semakin ramai pengunjung karena jam operasionalnya buka hingga 24 jam.

Lokasi: Jl. Mulyamekar, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

9. Rumah Makan Sajolna

Rumah Makan Sajolna
Image Credit: Google Maps (Annie Nov)

Berkunjung ke warung makan, pasti Anda sudah sering menemui ayam goreng yang berada di buku menu yang ditawarkan. Namun lain halnya dengan rumah makan Sajolna yang menawarkan sajikan ayam goreng kampung dengan citarasa lezat dan tentunya mengenyangkan. Ayam ini diracik dengan sambal dadakan ciri khas Sunda yang menggiurkan.

Tempat makan yang berlokasi di Sindangkasih, Purwakarta ini memberikan karakteristik ayam goreng kampung yang selalu teringat oleh para pengunjungnya. Pasalnya, makanan ini dibuat dengan rasa rempah-rempah yang sungguh memikat. Yaitu adanya gula merah, kunyit, serai, serta daun jeruk yang digoreng setengah kering.

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat No.54, Sindangkasih, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

10. Rumah Makan Haji Ibu Anni

Rumah Makan Haji Ibu Anni
Image Credit: Google Maps (Deden Heriyusman)

Buat Anda pecinta makanan dengan sajian ikan, rumah makan ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Pasalnya, warung makan Haji Ibu Anni yang berlokasi di Jatiluhur, Purwakarta ini menyediakan berbagai macam sajian pepes ikan. Sudah tidak diragukan lagi, untuk rasa pepes ikan yang sungguh lezat dan menggoyang lidah.

Rumah makan ini awalnya berdiri sekitar tahun 1985. Sejak itu, rasa pepes yang ditawarkan sudah langsung banyak disukai oleh para pengunjung yang datang. Maka tidak heran apabila rumah makan ini selalu ramai pengunjung pada jam-jam tertentu. Menu pepes yang ditawarkan pun beragam dengan kisaran total ada 49 pepes.

BACA JUGA:  7 Air Terjun (Curug) di Purwakarta yang Paling Indah & Hits

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda, Cilegong, Kec. Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

11. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong
Image Credit: Google Maps (Andrianna Photo)

Makanan gepuk adalah salah satu olahan daging sapi yang tidak kalah lezatnya. Tempat makan ini selalu ramai pengunjung yang penasaran dengan rasa gepuk lezat yang merupakan warisan turun temurun. Bentuknya pun agak unik, yaitu daging yang ditipiskan kemudian digeprek serta dirangkai dengan lidi agar tidak hancur pada saat proses memasaknya.

Ada berbagai macam varian rasa Gepuk Nyonya Ong yang ditawarkan. Diantara lain seperti beef original, beef salty, dan beef sugar less. Tenang saja, untuk Anda para penikmat pedas, Anda juga bisa merasakan nikmatnya daging olahan sapi yang sangat lezat ini. Yaitu varian beef ekstra pedas yang rasanya tidak kalah lezat dan menggiurkan.

Lokasi: Jl. Dr. Djunjunan No.155E, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat.

12. Surabi Kedai Koka

Surabi Kedai Koka
Image Credit: Google Maps (Myra Wardati Sari)

Tempat makan di Purwakarta selanjutnya yaitu Surabi Kedai Koka. Surabi ini mungkin sama dengan tempat makan lain dengan rasa surabi yang gurih serta manis. Namun di Kedai Koka Anda bisa menikmati berbagai varian surabi dengan rasa-rasa yang beragam. Seperti surabi manis dan surabi asin.

Untuk surabi varian manis, Anda bisa menikmati rasa surabi cokelat, susu, keju, serta varian surabi keju dengan paduan susu yang pastinya menggugah selera. Begitu pula dengan Anda yang senang dengan varian surabi dengan citarasa asin. Ada berbagai varian yang ditawarkan juga seperti pilihan ayam keju, telur keju dan sosis.

Lokasi: Jl. Taman Pahlawan No.2, Purwamekar, Kec. Purwakarta, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

13. Mie 3 Warna

Mie 3 Warna
Image Credit: Google Maps (Mul Yadi)

Anda bisa menemui mie unik ini di dekat Situ Cikumpay Kecamatan Campaka, Purwakarta. Meskipun warnanya yang bermacam-macam, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya mie ini menggunakan pewarna alami seperti wortel, sosis, akar bit, serta buah naga. Jadi, akan sangat aman dikonsumsi oleh banyak orang dengan berbagai kalangan hingga usia.

Untuk rasanya, rasa mie sehat 3 warna ini sedikit padat dan kenyal, tapi memiliki tekstur yang lembut. Bumbunya pun diracik dengan cukup sempurna sehingga Anda bisa menikmati mie sehat 3 warna ini tanpa bumbu pelengkap. Seperti saos sambal, saos tomat, atau kecap manis dan kecap asin.

Lokasi: Jl. Cikumpay, Kec. Campaka, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Demikian beragam restoran yang menyajikan citarasa yang menggiurkan. Tentu saja Anda bisa mendapati tempat makan legendaris ini di Purwakarta, Jawa Barat. Mulai dari sajian lokal hingga internasional, restoran ini bisa Anda jadikan daftar list wisata kuliner saat Anda berkunjung ke Purwakarta.