Menyantap makanan khas menjadi rutinitas wajib ketika sedang bertandang ke Lembang Bandung. Inilah deretan restoran dan tempat makan populer di Lembang untuk menikmati hidangan lezat.

Terkenal dengan udaranya yang sejuk, Lembang memang merupakan destinasi favorit para pelancong guna menghabiskan masa liburannya. Tatkala berlibur di kota dingin ini, tidak lengkap rasanya jika belum bertandang ke salah satu tempat makan populer yang sajikan beragam makanan khasnya.

Ingin tahu apa saja restoran terbaik disana? Berikut daftar rekomendasi tempat makan di Lembang Bandung yang terkenal dengan sajian lezat untuk wisata kulineran Anda.

1. Saung Pengkolan

Saung Pengkolan
Image Credit: Google Maps (tia ayya)

Tempat makan pertama yang patut dikunjungi ketika berada di Lembang yaitu Saung Pengkolan. Menawarkan pemandangan yang sangat indah, Saung Pengkolan ini memang sengaja didesain berada di dataran tinggi guna memberikan kesan menarik bagi para pengunjungnya. Selain itu, lokasi dari Saung Pengkolan pun sangat strategis sehingga Anda bisa menemukannya dengan mudah.

Bila berkunjung kesini, pastikan bahwa perut Anda sedang kosong. Pasalnya, rumah makan satu ini menyuguhkan deretan makanan khas yang sangat lezat. Misalnya saja gurame bakar, gurame goreng, sambal dadak, sambal leunca, dan masih banyak lagi lainnya yang mampu menggugah selera. Tak perlu khawatir mengenai biayanya, karena semua makanan dibanderol harga yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Raya Lembang, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

2. Rumah Makan Mandarin Lembang

Rumah Makan Mandarin Lembang
Image Credit: Google Maps (lina Kho)

Terletak di pusat kota, Rumah Makan Mandarin Lembang merupakan destinasi wisata kuliner selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Perlu Anda ketahui, bahwa tempat makan satu ini telah tersohor ke seluruh masyarakat Lembang karena telah lama berdiri. Tak hanya itu saja, Rumah Makan Mandarin Lembang juga menyediakan makanan dan minuman yang super enak.

Bahkan deretan makanan yang disuguhkan ini diolah menggunakan bahan yang berkualitas dan tentunya segar segar. Tak heran jika olahannya mampu memanjakan lidah para pengunjungnya. Tatkala bertandang ke restoran ini, pastikan Anda membawa ponsel pintar. Pasalnya, Rumah Makan Mandarin Lembang berada di lokasi dengan pemandangan yang sangat indah dan sangat cocok untuk dipotret.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.249, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

3. Rumah Makan Ampera Lembang

Rumah Makan Ampera Lembang
Image Credit: Google Maps (Nasrul Apandy)

Kebingungan mencari tempat makan yang enak di Lembang? Tak perlu khawatir, karena Rumah Makan Ampera Lembang siap melayani Anda untuk suguhkan deretan makanan yang super lezat. Berlokasi dekat dengan pusat kota, rumah makan ini tidak pernah sepi akan pengunjung. Bahkan disaat waktu makan siang, Rumah Makan Ampera selalu dipadati oleh para food hunter.

Hal ini tentu saja dikarenakan makanan yang disajikan sangatlah menggugah selera. Meski namanya tidak mencerminkan adat Lembang, namun makanan dan minuman yang ditawarkan merupakan sajian kuliner khas Sunda. Ketika berkunjung kesini, pastikan Anda mencicipi semua olahannya karena sudah tidak diragukan lagi kelezatannya.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.255, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

4. Rumah Makan Brebes Lembang

Rumah Makan Brebes Lembang
Image Credit: Google Maps (Ika Mahardikawati)

Bersebelahan dengan Rumah Makan Ampera Lembang, wisata kuliner bernama Rumah Makan Brebes Lembang ini juga menyajikan makanan khas Sunda yang tidak kalah lezatnya. Jika Anda ingin bertandang ke rumah makan satu ini, pastikan Anda telah memilih waktu yang tepat. Pasalnya, para pelayan akan disibukkan dengan pengunjung yang silih berganti ketika waktu makan siang.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.272, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

5. Rumah Makan Ayam Betutu

Rumah Makan Ayam Betutu
Image Credit: Google Maps (Yuuka Tan)

Anda tipe orang yang menyukai beragam olahan ayam? Tidak ada salahnya untuk datang ke Rumah Makan Ayam Betutu yang terletak di Kota Lembang ini. Meski tidak menjajakan makanan khas Sunda, namun wisata kuliner satu ini tetap jadi favorit masyarakat sekitar karena olahannya yang sangat menggugah selera dan mampu memanjakan perut yang keroncongan.

Lokasi: Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung.

6. Burgundy Dine

Burgundy Dine
Image Credit: Google Maps (Burgundy Dine & Wine)

Bosan dengan makanan khas yang itu itu saja? Tenang, Anda masih bisa menikmati sajian western di tempat makan bernama Burgundy Dine. Mengusung konsep barat, restoran ini memang sangat cocok digunakan untuk makan bersama orang tersayang. Bahkan tidak jarang, rumah makan ini seringkali dimanfaatkan untuk beragam acara formal maupun non formal.

Menu makanan yang ditawarkan oleh rumah makan satu ini diantaranya grilled Norwegian salmon, sirloin steak, chicken quedillas, apple struddle, dan masih banyak lagi lainnya. Meski biasanya western food dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, tak perlu khawatir karena disini Anda bisa menyantap semua makanan dengan harga yang sangat terjangkau dan tidak menguras kantong.

Lokasi: Langensari, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

7. d’SDL atau d’Seuhah Da Lada

d’SDL atau d’Seuhah Da Lada
Image Credit: Google Maps (Steven Kester Yuwono)

Masih berkutat di pusat kota Lembang, rumah makan selanjutnya yang patut untuk dikunjungi yaitu d’SDL atau d’Seuhah Da Lada. Kala Anda akan mengunjungi tempat makan ini, pastikan bahwa Anda menyukai makanan pedas. Pasalnya, d’Seuhah Da Lada menyediakan makanan khas dengan cita rasanya yang rata rata pedas dan menggugah selera.

Meskipun begitu, bagi yang tidak bisa makan pedas tidak perlu khawatir. Karena pihak pengelola rumah makan telah menyiapkan makanan khusus yang tentunya tidak kalah lezatnya. Menu andalan yang dimiliki oleh restoran tersohor satu ini diantaranya sate goreng d’SDL, gurame terbang, ayam ngumpet, dan ayam goreng d’SDL.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.121, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

8. Sindang Reret

Sindang Reret
Image Credit: Google Maps (Taufik Jatmiko)

Berbeda dengan tempat makan sebelumnya, Sindang Reret memiliki konsep yang sangat unik dan layak untuk dikunjungi. Setiap meja makan di restoran ini disediakan di dalam perahu yang berbahan kayu. Tak sekedar perahu semata, Anda juga bisa merasakan pengalaman makan di atas air secara langsung. Uniknya lagi, perahu yang disediakan di Sindang Reret ini berukuran besar.

Dengan begitu, Anda bisa menikmati sajian makanan bersama dengan orang orang tersayang. Selain itu, Sindang Reret juga mengusung konsep saung yang sangat khas. Dimana saung tersebut hanya bisa menampung hingga 10 orang saja. Deretan makanan yang ditawarkan oleh restoran ini termasuk ke dalam sajian kuliner khas Sunda yang mampu menggugah selera.

Lokasi: Jl. Cibedug No.KM 22, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

9. Dapur Lembang

Dapur Lembang
Image Credit: Google Maps (KinsyAnne 11)

Sesuai dengan namanya, tempat makan satu ini memang menyediakan sajian kuliner khas Sunda yang sangat beragam. Tak hanya tawarkan makanan yang sangat lezat, Dapur Lembang juga menyuguhkan pemandangan yang sangat sejuk. Tidak lain pemandangan tersebut merupakan pegunungan yang membentang luas nan hijau.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan keindahan dari perkebunan strawberry yang menyejukkan mata. Uniknya lagi, strawberry tersebut bisa dipetik secara langsung dan disantap bersamaan dengan sajian kuliner khas lainnya yang disajikan oleh restoran satu ini. Bahkan seluruh bahan yang diolah Dapur Lembang berasal dari perkebunan sendiri yang masih segar.

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.175 B, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

10. The Peak

The Peak
Image Credit: Google Maps (Wei Kyu)

Tempat makan selanjutnya yang bisa digunakan sebagai referensi tatkala berkunjung ke Lembang yaitu The Peak. Bisa dibilang rumah makan satu ini merupakan salah satu tempat nongkrong yang paling direkomendasikan sembari mencicipi kulinernya yang sangat lezat. Berada di ketinggian, The Peak menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Bahkan tempat makan bernama The Peak ini menampilkan pemandangan Lembang hingga 360 derajat. Tentunya hal ini akan menjadikan pengalaman makan Anda bersama orang tersayang menjadi lebih berkesan. Apalagi didukung dengan dekorasi restoran yang simple nan romantis, sehingga membuat suasana semakin hangat dan intim.

Lokasi: Karyawangi, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

11. Natural Resto and Strawberry Land

Natural Resto and Strawberry Land
Image Credit: Google Maps (myth shoes)

Berada dekat dengan Tangkuban Perahu, wisata kuliner bernama Natural Resto and Strawberry Land ini sangat cocok digunakan sebagai tempat makan bersama anggota keluarga. Pasalnya, selain bisa menikmati makanannya yang lezat, Anda bersama dengan keluarga juga bisa mencoba memetik buah strawberry secara langsung dari kebunnya.

Bila berkunjung kesini, jangan sampai lewatkan untuk tidak mencicipi beragam sajian kulinernya yang khas. Salah satu menu andalan yang wajib untuk dicoba yaitu ikan gurame. Tak hanya sajikan menu khas Sunda, Anda pun bisa mencoba kuliner lainnya seperti nasi tutug oncom, gurame goreng kremesan, nasi liwet komplit, nasi liwet biasa, dan masih banyak lainnya.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu No.109, Cibogo, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

12. Ikan Balap Resto

Ikan Balap Resto
Image Credit: Twitter.com @Ikan_Balap

Mengusung konsep tradisional, tempat makan bernama Ikan Balap Resto ini menjadi wisata kuliner favorit para pelancong. Tak hanya itu saja, Ikan Balap Resto juga menyediakan beragam sajian kuliner khas Sunda yang menggoyahkan nafsu. Nama balap yang digunakan oleh restoran ini berasal dari singkatan “Sambal Lalap”, yang merupakan ciri khas dari beragam olahan makanan Sunda.

Sebelum bertandang ke Ikan Balap Resto, pastikan bahwa Anda telah siap menyantap segala olahannya yang sangat lezat tersebut. Pasalnya, semua bahan yang digunakan disini masih segar terutama ikannya. Apalagi disini terdapat makanan andalan yaitu ikan gurame yang dimasak di dalam bumbu lalu dipanggang di atas api. Pastinya Anda sudah tidak sabar lagi berkunjung kesini, bukan?

Lokasi: Jl. Raya Lembang No.305, Kayuambon, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

13. Imah Seniman

Imah Seniman
Image Credit: Google Maps (Dionysia Dewa)

Dikenal dengan tagline “makan di hutan”, Imah Seniman memang menghadirkan sensasi makan di dalam hutan. Hal ini dikarenakan Imah Seniman berada di lokasi yang cukup asri dan dipenuhi dengan pepohonan yang besar. Uniknya lagi, tempat makan ini juga menyediakan penginapan yang terkenal dengan tagline berupa “tidur di danau”.

Terlepas dari penginapannya tersebut, restoran bernama Imah Seniman ini menyuguhkan sajian kuliner yang sangat beragam dan menggugah selera. Ketika menyantap makanan disini, Anda akan merasakan makan di tengah tengah pedesaan yang masih sangat kental. Karena selain mengusung konsep hutan, Imah Seniman juga dilengkapi dengan rumah pedesaan jaman dahulu.

Lokasi: Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

14. Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking
Image Credit: Google Maps (Hafidz Rido)

Tak kalah menariknya dengan Imah Seniman, restoran bernama Gubug Makan Mang Engking ini juga menawarkan suasana asri ala pedesaan. Sesuai dengan namanya, tempat makan ini memang dikonsepkan layaknya gubug. Konsep tersebut berhasil memikat hati para pelancong untuk mengunjungi tempat makan populer satu ini, ditambah lagi dengan sajian kulinernya yang super lezat.

Bukan hanya itu saja, Anda pun akan merasakan pengalaman berbeda dan jauh lebih menarik dikala menyantap makanan di Gubug Makan Mang Engking. Uniknya lagi, setiap gubug yang berada di dalam tempat makan ini diletakkan di atas permukaan air. Sehingga dikala malam hari, pemandangan dan suasana yang diciptakan dari tempat makan ini sangatlah epik.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Perahu KM.1 No.68, Cibogo, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

15. Sapulidi Cafe

Sapulidi Cafe
Image Credit: Instagram.com @_herman_salim

Memiliki nama yang sangat unik, tempat makan satu ini memang telah tersohor hingga penjuru Lembang. Di Sapulidi Cafe ini, Anda akan ditawarkan dengan pemandangan pedesaan yang sangat kental dengan sajian makanan khasnya yang menggugah selera. Tak heran jika banyak pengunjung yang rela jauh jauh datang kesini, untuk menyantap makanannya yang super lezat tersebut.

Tak hanya itu saja, suasana pedesaan tersebut juga ampuh membuat siapa saja yang berkunjung nyaman dan betah berlama lama disini. Karena telah didirikan kurang lebih 10 tahun silam, olahan makanan yang disajikan oleh Sapulidi Cafe memang tidak bisa diragukan lagi. Deretan makanan andalannya yaitu ayam bakar warisan, ayam kahaseupan, dan lainnya.

Lokasi: Jl. Sersan Bajuri, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

Tidak dapat dipungkiri lagi, memang momen paling menyenangkan yaitu ketika menghabiskan liburan bersama dengan orang tersayang ke Lembang. Namun hal ini menjadi hambar rasanya, bila Anda tidak mencoba untuk bertandang ke salah satu restoran dan tempat makan favorit di Lembang Bandung yang telah disebutkan diatas. Penasaran untuk mencobanya, bukan?