Garut yang memiliki udara sejuk di Jawa Barat terkenal dengan pesona wisata alam dan kulinernya yang menggugah selera. Inilah rekomendasi restoran dan tempat makan di Garut yang menyajikan makanan Sunda dan juga hidangan kekinian.

Selain wisata alam dan wahana, wisata kuliner di Garut kerap kali dijadikan kegiatan yang menyenangkan oleh berbagai kalangan, utamanya pemburu kuliner lezat. Mengeksplorasi beragam menu makanan enak di berbagai macam tempat memang seru. Banyak sekali destinasi kulineran yang akan ditemukan di kota dengan julukan Swiss van Java. Berikut rekomendasi restoran dan tempat makan enak di Garut yang unik dan patut Anda kunjungi.

1. Jemanii Resto

Jemanii Resto
Image Credit: google Maps (Eddy Ruhaedy)

Rekomendasi pertama kali ini bernuansa Asia, cocok untuk kamu yang menyukai makanan gurih dan kaya akan rempah-rempah. Jemanii Resto menyuguhkan berbagai macam makanan khas Asia, tentu menu yang disediakan sesuai dengan selera Indonesia. Suasana nyaman dan asri dapat Anda rasakan saat berkunjung kesini, lokasinya di Tarogong Kaler.

Disini Anda akan menikmati pemandangan yang indah dengan melewati jalan berupa jembatan-jembatan kecil. Jembatan jembatan ini melintasi kolam yang menuju ke tempat makan Anda. Restoran ini terkesan mewah dengan nuansa yang modern, namun harganya yang terjangkau tentu membuatnya jadi primadona diantara restoran di Garut lainnya.

Lokasi: Jl. Raya Cipanas No.88, Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat.

2. Rumah Makan Matuh

Rumah Makan Matuh
Image Credit: google Maps (Danu Adrianto)

Di sepanjang jalan seluruh Indonesia, makanan sate seringkali dijajakan karena keunikan rasanya yang menjadi kesukaan banyak sekali orang. Makanan berbahan dasar daging ini selalu menjadi makanan yang pas untuk disantap pada malam hari. Belum lagi bumbu kacang dan kecapnya yang menggugah selera, tentu ditambah bawang menjadi sangat gurih.

Rumah Makan Matuh menyediakan sate yang sangat nikmat. Varian sate ayam atau kambing dapat Anda pilih sesuai selera. Jangan mencoba sate kambing bagi Anda mempunyai riwayat penyakit hipertensi jika tidak ingin hal buruk terjadi. Anda dapat mengunjungi Rumah Makan Matuh di Paminggir, Garut Kota untuk menikmati satenya yang lezat.

Lokasi: Jl. Cimanuk No.229, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kab. Garut, Jawa Barat.

3. Eatboss

Eatboss
Image Credit: google Maps (EATBOSS GARUT)

Jika Anda senang berkumpul bersama teman-teman untuk menghabiskan akhir pekan, coba kunjungi Eatboss sebagai salah satu destinasi anda, Eatboss berada di Tarogong Kidul. Café kekinian ini memiliki spot foto yang bagus untuk Anda mengabadikan momen bersama orang orang kesayangan. Anda juga dapat menikmati lampu-lampu menarik yang kekinian saat makan.

BACA JUGA:  15 Cafe & Tempat Nongkrong di Garut yang Unik & Instagramable

Menu yang disediakan adalah makanan western dan juga lokal yang menarik dan patut dicoba bersama kerabat. Berbagai makanan kekinian disuguhkan untuk Anda yang menyukai selera western food, harganya yang terjangkau tidak akan membuat kantong Anda jebol. Ada juga berbagai makanan lokal yang pasti cocok di lidah Anda dan juga teman-teman Anda.

Lokasi: Jl. Cimanuk No.338, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut, Jawa Barat.

4. Rumah Makan Hangat

Rumah Makan Hangat
Image Credit: Goggle Maps (Ahmad Choudori)

Dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan kehangatan makanannya yang akan menenangkan perut. Rumah makan ini memiliki banyak sekali varian menu yang akan cocok di lidah Anda. Menu yang tak boleh Anda lewatkan adalah sop buntut yang tekstur dagingnya super lembut dan kuahnya yang sangat gurih dan kaya akan rempah-rempah alami.

Rumah makan ini juga memiliki sambal yang khas akan kepedasannya. Selain tempatnya yang nyaman, pelayanannya juga ramah dan cepat sehingga cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Jangan lupa singgah ke Rumah Makan Hangat saat berkunjung ke Garut, Anda dapat mengunjunginya di Kecamatan Leles untuk sekedar beristirahat sambil menikmati makanannya.

Lokasi: Jl. Raya Kadungora, Kec. Leles, Kab. Garut, Jawa Barat.

5. D’Anclom Bistro

D’Anclom Bistro
Image Credit: Goggle Maps (Chakita Bangun)

Setelah berkutik dengan rutinitas harian yang membosankan dan melelahkan, relaksasi sembari menikmati kenikmatan makanan khas Nusantara sungguh akan menjadi kegiatan liburan yang menyenangkan. Coba kunjungi café kekinian D’Anclom Bistro di daerah Tarogong Kidul, Garut untuk menikmati pemandangan Garut yang asri dan menenangkan.

Anda juga dapat mencicipi berbagai menu makanan asal nusantara yang pasti cocok di lidah Anda. Nasinya yang pulen dan menu rumahan yang disajikan akan membuat Anda terkesima dengan pelayanannya yang optimal. Anda juga dapat memesan berbagai menu minuman yang segar untuk melepaskan dahaga, dijamin Anda tidak akan kecewa dengan café kekinian ini.

Lokasi: Jl. Cimanuk No. 38C, Tarogong Kidul, Jayawaras, Kec. Garut Kota, Kab. Garut, Jawa Barat.

6. Ramen Gorilla

Ramen Gorilla
Image Credit: Goggle Maps (Nurul hamida)

Beralih ke makanan asal Jepang yang sangat marak diperbincangkan saat ini. Garut juga memiliki restoran Jepang yang menjadi favorit berbagai kalangan, yaitu Ramen Gorilla. Restoran ini memiliki menu andalan berupa mie Ramen pedas dengan kuahnya yang kental dan memanjakan lidah. Untuk mencobanya silakan mengunjungi resto di Tarogong Kidul.

Lokasi: Jl. Terusan Pembangunan, Pataruman, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut, Jawa Barat.

7. Rumah Makan Kenanga

Rumah Makan Kenanga
Image Credit: Goggle Maps (siswana Purwadi)

Saat liburan bersama keluarga, Anda wajib mendatangi Rumah Makan Kenanga. Rumah makan ini buka selama 24 jam per harinya sehingga cocok untuk beristirahat saat liburan bersama keluarga. Menu yang disediakan yaitu beragam macam masakan rumahan seperti ayam, ikan, bebek, tahu, tempe, hati dan lain-lain. Rumah makan ini berada di daerah Nagreg.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Garut yang Terkenal Lezat

Lokasi: Jl. Raya Bandung – Garut No.4, Ciherang, Kec. Nagreg, Bandung, Jawa Barat.

8. Roti dan Kopi Gudang Rasa

Roti dan Kopi Gudang Rasa
Image Credit: Goggle Maps (Abeng Batubara)

Bagi para pecinta klasik yang ingin berwisata kuliner di daerah Paminggir Garut, kedai ini tak boleh Anda lewatkan. Sesuai namanya, kedai Roti dan Kopi Gudang Rasa menyuguhkan berbagai menu roti dan kopi dengan varian rasa yang segudang. Kedai ini bertema kuno sehingga cocok sekali bagi Anda yang ingin menikmati suasana jaman dulu yang menarik.

Lokasi: Jl. Bank No.09, Paminggir, Kec. Garut Kota, Kab. Garut, Jawa Barat.

9. Rumah Makan M. Iki

Rumah Makan M. Iki
Image Credit: Goggle Maps (Nurwan parid)

Ayam adalah makanan favorit segala umat di seluruh dunia ini. Tapi jika Anda bosan dengan menu ayam yang sudah biasa, coba kunjungi Rumah Makan M. Iki yang berlokasi di Ciwalen Garut Kota. Suasananya yang kekinian semakin membuat Anda nyaman sembari menikmati ayam yang lezat. Pelayanan di rumah makan ini juga terkenal ramah dan penyajiannya cepat.

Lokasi: Jl. Pasar Baru No.84, Ciwalen, Kec. Garut Kota, Kab. Garut, Jawa Barat.

10. Racik Desa

Racik Desa
Image Credit: Google Maps (Afri Yunianto)

Berkunjung ke Jawa Barat belum lengkap rasanya jika belum mencicipi masakan khas Sunda. Rumah Makan Racik Desa menyediakan berbagai menu masakan khas Sunda yang wajib Anda coba. Rumah Makan ini memiliki tema ruangan berupa pedesaan sehingga sangat asri dan cocok untuk Anda kunjungi bersama anak-anak. Lokasinya berada di Tarogong Kaler, Garut.

Lokasi: Jl. Cipanas Baru No.1, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat.

11. Pujasega Family Restaurant

Pujasega Family Restaurant
Image Credit: Goggle Maps (PUJASEHGA Family Restaurant)

Masakan rumahan khas Garut memang tak pernah menjadikan kita bosan untuk menyantapnya. Jika ingin mencicipi masakan khas Sunda pada level yang berbeda dengan banyak varian, silakan kunjungi Pujasega Family Restaurant di Cimanganten, Tarogong Kaler. Restoran ini memiliki tempat yang luas dengan konsep restoran keluarga kekinian.

Menu yang ditawarkan juga variatif sekali, Anda bisa memesan menu khas nusantara seperti ayam goreng, tahu dan tempe goreng, sayur asem dan lalapan yang tak boleh dilewatkan. Yang tidak pernah terlupakan juga sambel khas Sunda yang pedasnya menakjubkan. Anda dijamin ketagihan dan tidak akan kecewa dengan pelayanan restoran keluarga kekinian ini.

Lokasi: Jl. Pananjung, Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat.

12. Woodrock Pizza & Grill

Woodrock Pizza & Grill
Image Credit: Instagram.com @#woodrockpizza

Bagi Anda yang mencintai ornamen kayu serta dekorasi unik sembari menikmati makanan yang lezat, Anda wajib mengunjungi café ini. Disini Anda akan dimanjakan dengan kenikmatan makanan khas Italia yang membuat ketagihan hanya dengan biaya yang terjangkau. Jangan lupa untuk menjadikannya destinasi saat berkunjung ke Sukagalih.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Garut yang Paling Terkenal

Lokasi: Jl. Patriot No.30, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut, Jawa Barat.

13. Our Home

Our Home
Image Credit: Google Maos (Syarif Hidayat)

Upacara kekinian yang seru seperti bridal shower atau birthday party sangat marak dilakukan oleh kaum muda jaman sekarang. Jika ingin mengadakannya juga bersama teman-teman anda, Our Home sangat direkomendasikan untuk menjadi pilihan Anda. Dekorasi ruangan yang mewah dengan dominan warna putih semakin menjadikan acara Anda tampak indah.

Selain tempatnya yang nyaman dan santai, café ini juga menyediakan makanan kekinian yang sangat patut untuk dicoba. Harganya yang terjangkau tidak akan membuat Anda kecewa dengan kelezatan makanannya yang terkenal. Anda bisa memesan tempat untuk acara bersama kerabat dan keluarga anda, lokasinya berada di Jayaraga, Tarogong Kidul.

Lokasi: Jl. Subyadinata No.442, Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut, Jawa Barat.

14. Rumah Makan Megawati

Rumah Makan Megawati
Image Credit: Google Maos (Sahla Arizi)

Siapa yang tak suka ayam kampung? Ayam kampung sudah menjadi makanan kesukaan berbagai kalangan. Jika Anda pecinta ayam kampung, Anda harus mencoba menu yang special di Rumah Makan Megawati. Banyak sekali varian yang tersedia seperti ayam kampung goreng, ayam kampung goreng pepes, dan ayam kampung pepes yang lezat.

Anda juga dapat memesan berbagai aneka gorengan dan tumis-tumisan sangat cocok untuk disantap bersama keluarga. Selain itu terdapat juga berbagai jenis sayur yang menjadikan momen makan Anda terasa segar. Tidak ketinggalan sambal yang khas dan pedas juga patut Anda coba. Rumah Makan Megawati ini dapat Anda kunjungi di daerah Mekarsari, Cilawu.

Lokasi: Jl. Mekarsari, Kec. Cilawu, Kab. Garut, Jawa Barat.

15. Rumah Makan Cibiuk

Rumah Makan Cibiuk
Image Credit: Google Maos (Siswana Puwadi)

Bagi Anda pecinta makanan pedas dengan cita rasa nusantara, Rumah Makan Cibiuk di Pananjung, Tarogong Keler akan menjadi salah satu destinasi favorit Anda. rumah makan ini terkenal akan kepedasan sambelnya yang menggugah selera makan. Disediakan pula berbagai menu khas Sunda seperti Sayur Asem, Urap, Sup Ikan Gurame, Ayam Goreng dan lainnya.

Mengetahui nama menunya saja sudah membuat perut Anda keroncongan, bukan? Apalagi jika Anda datang kesini bersama keluarga, maka Anda akan makan di saung panggung di tengah kolam yang sejuk. konsep ini dibuat untuk menunjang nuansa Sunda yang asri dan indah. Rumah Makan ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Garut karena kelezatan makanannya.

Lokasi: Jl. Raya Nagreg-Limbangan, Cijolang, Kec. Balubur Limbangan, Kab. Garut, Jawa Barat.

Demikian beberapa tempat makan dan restoran yang menarik Anda kunjungi di daerah Garut. Ajak juga pasangan, kawan-kawan dan keluarga Anda untuk menyantap makanan enak di Garut. Pilihlah tempat makan yang membuat Anda nyaman sambil menikmati makanan yang disajikan. Selamat menikmati keindahan alam dan makanan khas Garut yang nikmat.