Depok memang dikenal telah menjadi daerah metropolitan di Jabodetabek, seiring dengan perkembangan usahan kuliner di kota ini. Inilah rekomendasi tempat makan dan restoran di Depok untuk menikmati hidangan lezat.

Melakukan jelajah wisata kuliner bisa menjadi pilihan yang seru dan asyik di akhir pekan. Anda bisa berjalan-jalan sekaligus menikmati rasa berbagai masakan lezat, yang mampu membuat lidah bergoyang dan perut kenyang. Di Depok, terdapat cukup banyak daftar tempat kulineran yang menawarkan berbagai hidangan lezat menggugah selera.

Penasaran? Berikut daftar tempat makan dan restoran di Depok yang terkenal dengan sajian lezat yang bisa Anda pilih saat berkunjung.

1. Nasi Timbel Si Teteh

Nasi Timbel Si Teteh
Image Credit: Google Maps (Hanifidiani)

Nasi Timbel Si Teteh merupakan tempat makan khas Sunda yang sudah sangat populer di daerah Depok. Warung makan yang berlokasi di daerah Tole Iskandar tersebut, memang mengkhususkan menjual nasi timbel. Nasi timbel sendiri merupakan kuliner khas yang berupa nasi hangat dengan lauk pauk, dan dibungkus dengan daun pisang.

Di tempat makan Nasi Timbel Si Teteh ini Anda bisa menemukan beragam lauk pauk, seperti ayam goreng, empal daging, ikan asin, tahu, tempe, dan sambal terasi. Satu porsi nasi timbel dibanderol dengan sangat terjangkau, sehingga tidak akan membuat kantong jebol. Meski begitu porsi yang disuguhkan kepada pengunjung sangat pas, dan bisa membuat Anda kenyang.

Lokasi: Jl. Tole Iskandar No.48, Sukmajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok.

2. Mang Engking

Mang Engking
Image Credit: Google Maps (Siska Novita)

Tempat makan selanjutnya yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Depok yaitu Mang Engking. Mang Engking ini berada di dalam kampus UI, dan menjadi salah satu rumah makan yang cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Sebab suasana di Mang Engking ini sangat menenangkan dan sejuk, dengan udara yang sangat asri dari pepohonan di samping kiri dan kanannya.

Anda dan keluarga juga akan menikmati santap hidangan dengan cara lesehan di atas saung dari bambu, yang berada di kolam ikan berukuran sedang. Untuk menu yang ditawarkan sendiri cukup beragam, mulai dari udang saos tiram, udang asam manis, udang bakar, udang goreng mentega, udang rebus, kepiting, ikan gurame, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Danau Salam, Kampus UI, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

3. Mang Kabayan

Mang Kabayan
Image Credit: Google Maps (Mega Ratnasari)

Bagi Anda pecinta kuliner ikan, maka wajib untuk berkunjung ke Mang Kabayan yang berada di daerah Margonda Raya. Tempat makan ini memiliki menu andalan yaitu ikan gurame, yang sangat lezat dan mampu menggoyah lidah. Selain ikan gurame, Mang Kabayan juga menawarkan aneka olahan kuliner ikan lainnya yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Uniknya, di sini Anda bisa memilih sendiri ikan yang akan diolah sebagai masakan. Sehingga dijamin ikan yang Anda konsumsi dalam keadaan segar. Selain olahan ikan, Mang Kabayan juga memiliki daftar menu lainnya yang berisikan aneka masakan khas Sunda. Harga yang ditawarkan pun rata rata masih ramah di kantong, dengan porsi yang cukup mengenyangkan.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Bekasi yang Terkenal Lezat

Lokasi: Jl. Margonda Raya No.488, Pondok Cina, Kec. Beji, Kota Depok.

4. Waroeng SS Spesial Sambal

Waroeng SS Spesial Sambal
Image Credit: Google Maps (Mohammad Alfian Syah Siregar)

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan rumah makan Waroeng SS Spesial Sambal. Pasalnya restoran satu ini sudah memiliki cukup banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, terlebih di Pulau Jawa. Di Depok juga terdapat Waroeng SS Spesial Sambal yang berlokasi di kawasan Margonda Raya, dan menjadi salah satu tempat makan populer di daerah setempat.

Sesuai namanya, di sini Anda bisa menemukan sambal sebagai daya tariknya. Bahkan terdapat setidaknya 27 jenis sambal yang tersedia di rumah makan tersebut, mulai dari yang sangat pedas menggigit hingga pedas manis. Untuk menu makanannya sendiri juga cukup banyak, di antaranya ayam kremes, ayam goreng, jamur crispy, cah kangkung, dan lain sebagainya.

Lokasi: Jl. Margonda Raya No.280, Kemiri Muka, Kec. Beji, Kota Depok.

5. Pecel Lele Lela

Pecel Lele Lela
Image Credit: Google Maps (Jamez Bone)

Selanjutnya ada Pecel Lele Lela yang menyediakan aneka olahan ikan lele, mulai dari pecel lele original, lele goreng tepung, maupun lele fillet saus padang. Dan rasanya jangan ditanya, karena daging ikan lele yang begitu lembut ditambah dengan bumbu yang begitu kaya membuatnya langsung lumer di mulut. Dijamin membuat Anda ingin tambah lagi dan lagi.

Selain lele, Pecel Lele Lela juga menyediakan menu lain seperti ayam bakar madu, ayam saus padang, cah kangkung tauco, dan berbagai minuman yang menyegarkan. Disamping makanannya begitu lezat, suasana rumah makan ini sangat nyaman dengan tempat yang sederhana namun bersih. Dindingnya dicat dengan warna kuning hijau yang senada dengan meja dan kursinya.

Lokasi: Jl. Margonda Raya No.434, Pondok Cina, Kec. Beji, Kota Depok.

6. Saung Talaga

Saung Talaga
Image Credit: Google Maps (Haris Budiman)

Apabila Anda ingin menyantap hidangan tradisional dengan suasana khas pedesaan yang kental, maka Saung Talaga bisa menjadi pilihan yang tepat. Restoran satu ini memang mengusung konsep pedesaan, bahkan menu yang ditawarkan yaitu kuliner tradisional Sunda seperti sayur asem, karedok, ikan goreng atau bakar, serta berbagai jenis sambal.

Saung Talaga berada di kawasan Pancoran, dan Anda tidak perlu khawatir bila berkunjung kemari bersama dengan rombongan. Sebab restoran ini mampu menampung sekitar 400 orang pengunjung, dengan area parkir yang cukup luas untuk kendaraan Anda. Setelah puas menikmati hidangan khas Sunda, Anda juga bisa membeli barang barang unik sebagai oleh oleh yang tersedia.

Lokasi: Jl. Raya Sawangan No.1, Rangkapan Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok.

7. Pondok Laras

Pondok Laras
Image Credit: Google Maps (Harry 70)

Masih menyajikan makanan tradisional, Pondok Laras yang berada di kawasan Tugu ini juga menawarkan aneka kuliner khas Sunda yang sangat lezat. Salah satu menu andalan dari tempat makan ini yaitu olahan ikan guramenya, yang bisa Anda coba dalam bentuk digoreng, dibakar, atau penyet. Dimana tingkat kepedasan untuk sambal pendampingnya, bisa Anda sesuaikan sendiri.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Banjar yang Enak dan Diburu Wisatawan

Selain itu kelezatan makanannya, pelayanan yang memuaskan serta suasana nyaman yang ditawarkan menjadi salah satu daya tarik dari Pondok Laras. Sebab di sini Anda bisa menikmati kuliner tradisional di atas saung dengan beralaskan tikar, serta meja kayu yang dingin. Terbayang kan bagaimana nyamannya suasana tersebut ?

Lokasi: Jl. Akses UI No.2, Tugu, Kec. Cimanggis, Kota Depok.

8. Takarajima

Takarajima
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Beralih dari menu tradisional, tempat makan di Depok selanjutnya ini memiliki sedikit nuansa dari negeri sakura Jepang. Jadi bagi Anda yang menyukai segala hal berbau Jepang, wajib mencoba datang ke Takarajima yang berada di kawasan Margonda Raya tersebut. Menu yang ditawarkan sendiri yaitu berbagai olahan sushi dengan banyak varian rasa.

Anda bisa memilih beberapa menu spesial seperti sushi volcano, kani salmon mentai, salmon kremes, atau nigiri tuna. Yang semuanya sangat lezat dan mampu membuat lidah bergoyang. Meski terdengar sangat mewah, namun berbagai menu tersebut ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau serta cukup ramah di kantong.

Lokasi: Jl. Margonda Raya No.521, Pondok Cina, Kec. Beji, Kota Depok.

9. Warung Pasta

Warung Pasta
Image Credit: Google Maps (indah perdew)

Tempat makan di Depok selanjutnya yaitu Warung Pasta, yang menyajikan aneka kuliner Italia. Sesuai dengan namanya, rumah makan satu ini memiliki menu andalan yaitu pasta. Beberapa menu yang bisa Anda pilih lainnya yaitu sweety pizza, soup pasta, pie, calzone, pancake, spicy flavour, frozen margaritas, pudding, mojitos, bubble drink, dan lain sebagainya.

Tempat makan yang berada di kawasan Margonda Raya ini menempati bangunan berlantai dua, dengan dekorasi simpel yang memadukan unsur kaca dan kayu. Sehingga menciptakan suasana sejuk dan cozy, yang bisa membuat Anda betah duduk berlama lama di sini. Terlebih pada bagian lantai dua telah disiapkan sofa empuk yang membuat suasana semakin nyaman.

Lokasi: Jl. Margonda Raya No.518, Pondok Cina, Kec. Beji, Kota Depok.

10. Zoe Cafe and Library

Zoe Cafe and Library
Image Credit: Google Maps (Rista Sanjaya)

Apabila Anda ingin merasakan wisata kuliner yang berbeda, maka cobalah berkunjung ke Zoe Cafe and Library. Tidak hanya sekadar nongkrong cantik, di sini Anda juga bisa menambah pengetahuan melalui berbagai macam buku bacaan yang disediakan. Sesuai dengan namanya, cafe ini memang mengusung perpaduan antara konsep kuliner dan perpustakaan.

Layaknya perpustakaan pada umumnya, di tempat makan ini Anda bisa menemukan deretan rak dengan ratusan buku bacaan yang tersedia untuk dibaca gratis selama Anda berkunjung. Untuk menu makanannya sendiri sangat bervariasi, namun salah satu menu andalannya yaitu fried fish dory. Semua makanan di sini juga dibanderol dengan harga terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Lokasi: Jl. Margonda Raya No.27, Pondok Cina, Kec. Beji, Kota Depok.

11. Daebak Fan Cafe

Daebak Fan Cafe Depok
Image Credit: Google Maps (Eny Yudia)

Bagi Anda pecinta drama Korea maupun Kpop, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah daebak. Daebak merupakan istilah dalam bahasa Korea yang berarti ungkapan rasa kagum. Tempat makan yang ada di Depok satu ini mengangkat nama tersebut, karena menu yang disajikan yaitu berisi makanan dan minuman yang khas dengan negeri ginseng.

BACA JUGA:  20 Restoran & Tempat Makan di Bogor yang Terkenal Enak

Beberapa menu makanan yang bisa Anda temukan di cafe yang terletak di kawasan Margonda Raya tersebut di antaranya yaitu bibimbap, jajangmyeon, sundubu jjigae, ramyeon, rappoki, japchae, kimbab, bulgogi, kimchi jjigae, dan masih banyak lainnya. Selain makanannya lezat, cafe satu ini sangat estetik dan dilengkapi dengan warna warni poster artis korea.

Lokasi: Jl. Margonda Raya No.239, Kemiri Muka, Kec. Beji, Kota Depok.

12. Flamingo Cafe

Flamingo Cafe
Image Credit: Pergikuliner.com

Selain Daebak Fan Cafe, di Depok ada juga cafe yang tidak kalah estetik dan lucu yaitu Flamingo Cafe. Cafe ini berada di kawasan Sentosa Raya, dan memiliki dekorasi dengan paduan warna warna lembut seperti pink, putih, dan biru. Kemudian ada ornamen burung flamingo serta bunga bunga cantik yang menempel di dindingnya, sehingga menciptakan suasana yang romantis.

Selain tempatnya yang sangat instagramable, menu makanan dan minuman yang disuguhkan oleh Flamingo Cafe cukup beragam dan rasanya juga lezat. Untuk harganya sendiri, Anda bisa mendapatkan beberapa porsi makanan hanya dengan harga yang cukup terjangkau. Sehingga berkunjung kemari bisa membuat Anda kenyang, tanpa harus merogoh kocek yang dalam.

Lokasi: Jl. Serimpi III No.309, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok.

13. Imperial Kitchen & Dimsum

Imperial Kitchen & Dimsum
Image Credit: Google Maps (Sirait Donna)

Restoran di Depok lainnya yang tidak kalah lezat yaitu Imperial Kitchen & Dimsum yang menempati salah satu ruang di dalam Margo City Mall. Jadi ketika Anda sudah lelah mengelilingi mall, jangan lupa untuk berkunjung ke tempat makan ini. Menu yang ditawarkan sendiri yaitu noodle, rice, seafood, congee & soup, special dishes, dan berbagai dessert serta appetizer.

Lokasi: Jl. Margonda Raya No.358, Kemiri Muka, Kec. Beji, Kota Depok.

14. Steak Moen Moen

Steak Moen Moen
Image Credit: Google Maps (Sigit Agus Raharjo)

Bagi Anda yang ingin merasakan steak dengan rasa mewah namun harga terjangkau, maka silahkan kunjungi Steak Moen Moen. Tempat makan ini menyajikan olahan steak yang dibanderol cukup terjangkau, dengan rasa yang begitu menggugah selera. Ada juga menu steak wagyu yang ditawarkan dengan harga lebih mahal, namun kualitasnya tidak perlu dipertanyakan.

Lokasi: Jl. Kemakmuran No.8, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok.

15. Soerabi Enhaii

Soerabi Enhaii
Image Credit: Google Maps (Aini)

Terakhir ada tempat makan yang menyediakan aneka camilan ringan, yang enak dan sangat menarik untuk dicicipi yaitu Soerabi Enhaii. Warung ini menjadi salah satu tempat makan sekaligus tempat nongkrong yang sangat populer di kalangan anak muda Depok. Menu andalannya sendiri yakni kue serabi , yang ditawarkan dalam berbagai rasa.

Lokasi: Jl. Margonda Raya No.477, Pondok Cina, Kec. Beji, Kota Depok.

Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, Depok memiliki cukup banyak restoran dan tempat makan yang tersebar di seluruh wilayahnya. Mulai dari tempat makan yang menjajakan kuliner tradisional dengan suasana khas pedesaan, hingga cafe-cafe kekinian yang banyak digemari oleh anak muda sebagai tempat nongkrong yang bikin betah.