Dago Bandung memang dikenal memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang sejuk nan asri. Setelah puas menjelajahi pesona alamnya, jangan lewatkan mengunjungi beberapa restoran dan tempat makan terbaik di Dago untuk menikmati kuliner lezat.

Dago Bandung termasuk daerah yang ramai dikunjungi menjelang hari libur tiba, mengingat banyaknya destinasi wisata menarik dan menakjubkan yang dimilikinya. Siapa sangka jika Dago tidak hanya menyimpan segudang wisata alam asri semata, karena Bandung juga cocok dijadikan sebagai lahan berburu kuliner lezat.

Jika berada di Kawasan Dago Bandung, berikut beberapa rekomendasi rumah makan yang wajib dikunjungi untuk menikmati sajian menggugah selera.

1. Kopi Angkringan Dago

Kopi Angkringan Dago
Image Credit: Google Maps (Kopi Angkringan Dago)

Bertolak ke daerah Dago Bandung, tentu tidak akan lengkap sebelum mengunjungi Kopi Angkringan Dago. Di tempat makan tersebut, Anda bisa memesan aneka masakan lezat tanpa perlu khawatir isi dompet akan jebol. Sesuai dengan namanya, menu yang disajikan khas angkringan dan tentunya sangat lezat disantap bersama dengan teman teman terdekat.

Beberapa menu andalan Kopi Angkringan Dago yaitu olahan iga, olahan mie, nasi goreng, serta steak. Meski namanya mengandung unsur kata kopi, ternyata para tamu bisa memesan aneka menu minuman lain sebagai pendamping makanan berat. Mulai dari bandrek atau wedang, siap memanjakan tenggorokan sekaligus masuk angin akibat perjalanan jauh.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.53, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

2. One Eighty Coffe Music

One Eighty Coffe Music
Image Credit: Google Maps (Ika Andriani)

One Eighty Coffe Music adalah tempat makan di daerah Dago yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya menu masakannya yang berlimpah dan lezat semata, namun keunikannya berada pada konsep yang diusungnya. Sebab pengunjung bisa menyantap makanan yang dipesan, tepat di tengah kolam air yang cantik dan didesain sedemikian rupa.

Kolam air tersebut tidak terlalu dalam dan tidak ditemukan ikan berenang, sehingga sangat aman dilewati tanpa perlu tenggelam. Setidaknya air kolamnya sekitar mata kaki orang dewasa, yang membuat siapapun ingin bermain air sambil menyantap menu yang dipesan. Selain itu, tempat makan satu ini juga cocok dijadikan sebagai objek fotografi berkat desainnya yang unik.

Lokasi: Jl. Ganesa No.3, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

3. Cafe Halaman

Cafe Halaman Dago
Image Credit: Google Maps (Asni Juniar)

Siapa yang tidak mengenal si Cafe Halaman ? Cafe berukuran mini yang bisa ditemukan di daerah Dago ini berhasil memikat hati siapapun yang melewatinya. Tempat makan ini cocok dijadikan tempat nongkrong santai bersama dengan teman teman, dimana Anda bisa menikmati secangkir kopi yang ditemani dengan kudapan lezat.

Menu kopi yang disediakan tidak akan ditemukan di tempat lainnya, karena sang pemilik menyediakan kopi lokal serta racikan kopi modern sebagai daya tariknya. Soal rasa tidak perlu diragukan, sehingga banyak wisatawan dari berbagai daerah berbondong bondong mengunjunginya. Hanya dengan duduk santai disana, pikiran penat akan sirna seketika itu juga.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak dan Diburu Wisatawan

Lokasi: Jl. Tamansari No.92, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

4. Warung Sitinggil

Warung Sitinggil
Image Credit: Google Maps (luqmanul hakim)

Warung Sitinggil menawarkan konsep sederhana berupa open space yang justru menjadi daya tarik utamanya. Berkat konsep yang diusungnya, pengunjung bisa menikmati hamparan hijau khas perbukitan di depan mata. Duduk lesehan sembari menikmati aneka kuliner lezat, membuat siapapun merasa berada di rumah yang berada di pedesaan.

Lokasi: Jl. Dago Giri No.90, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

5. Cafe D’Pakar

Cafe D’Pakar
Image Credit: Instagram.com @fifi_culinary

Cafe D’Pakar adalah tempat terbaik bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner lezat sembari menikmati alam asri tampak membentang di depan mata. Selain menyuguhkan pemandangan alam sekitar sebagai daya tarik utamanya, pihak pengelola juga menyediakan dua area yaitu indoor dan outdoor dengan suguhan nuansa yang berbeda pula.

Jika Anda ingin menikmati nuansa alam lebih dekat, maka memilih area outdoor bisa menjadi alternatif terbaik. Sebab Anda bisa menikmati sajian menu yang dipesan sambil menyaksikan rimbunnya pepohonan pinus di depan mata. Hanya dengan melihatnya saja, rasa lelah selama di perjalanan seakan terbayar lunas saat itu juga.

Menu yang disediakan terdiri dari berbagai varian dan bisa disesuaikan dengan selera. Dimana ayam geprek dan nasi goreng adalah menu best seller yang wajib dicoba. Sedangkan tamu yang hanya ingin mencicipi makanan ringan, dapat memesan seblak atau martabak sebagai teman nongkrong terbaik. Bahkan aneka menu dessertnya tidak kalah menarik untuk dicoba.

Lokasi: Jl. Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

6. Lisung

Lisung
Image Credit: Google Maps (Callmechi Uwu’)

Lisung tampaknya harus masuk dalam daftar kunjungan berikutnya, karena Anda akan disuguhkan dengan aneka masakan yang siap memanjakan perut kelaparan. Sebelum mencicipi kulinernya, bahkan para tamu dibuat betah berada disana berkat penggunaan ornamen kayu pada beberapa perabotannya.

Aksen kayu yang sederhana namun elegan ini, membuat nuansa di sekitarnya bak berada di rumah sendiri. Inilah salah satu alasan mengapa banyak pengunjung yang merasa betah berada disana, bahkan ketika menu yang telah dipesan sudah habis dilahapnya. Anda bisa mengetahui mengapa wisatawan merasa betah jika sudah berkunjung kesana secara langsung.

Lokasi: Jl. Bukit Pakar Timur No.111, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

7. Vitamin Sea

Vitamin Sea
Image Credit: Google Maps (Carolina Johan)

Bosan dengan konsep rumah makan biasa ? Sepertinya Anda perlu berkunjung ke Vitamin Sea yang secara kebetulan berada di wilayah Dago Bandung. Hadirkan konsep menarik, dimana para tamu bisa menikmati sajian menu yang telah dipesan dengan duduk di rooftop. Karena berada di atas ketinggian. Anda bisa menyaksikan pesona keindahan alam sekitarnya dengan jelas.

Waktu terbaik untuk mengunjunginya yaitu sore hari menjelang malam, karena pada saat itulah langit berubah warna menjadi jingga yang berhasil memunculkan kesan romantis. Mega mentari masuk ke celah celah atap kaca, seakan Anda berada di dalam sebuah film percintan remaja yang berhasil membuat hati berbunga bunga.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Cimahi yang Unik & Instagramable

Tempat makan ini juga bisa menjadi markas terbaik bagi para pecinta olahan seafood. Mulai dari kerang bambu, ikan panggang, kepiting, udang, hingga olahan yang terbuat dari cumi cumi bisa ditemukan disini. Anda juga bisa memesan kopi, es teh, cokelat, atau mojito sebagai pelengkap menu utamanya. Sekali berkunjung kesana, Anda akan dibuat nyaman dan tertarik berkunjung kembali.

Lokasi: Jl. Raya Golf Dago No.1, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

8. The Valley Cafe

The Valley Cafe
Image Credit: Google Maps (Rizad Sutinjo)

Tempat makan yang menarik dikunjungi selanjutnya adalah The Valley Cafe. Tempat makan yang berada di The Valley Resort Hotel ini tidak hanya menyajikan aneka menu kuliner lezat untuk dicicipi semata, namun daya tarik lainnya terletak pada sajian pemandangan indah yang bisa disaksikan secara langsung dari kaca restorannya.

Jumlah pengunjung kian meningkat menjelang waktu makan malam tiba, karena tamu bisa menyaksikan gemerlap lampu warna warni berhasil memunculkan kesan romantis. Sehingga tidak mengherankan jika banyak pengunjung yang tertarik membawa pasangannya menuju tempat makan satu ini. Menikmati sajian kuliner lezat ditemani orang tersayang, tentu menjadi pengalaman tak terlupa.

Lokasi: Jl. Lembah Pakar Timur No. 28 Dago, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

9. Sierra Café

Sierra Café
Image Credit: Google Maps (Zulhendri Syauki)

Sierra Cafe termasuk rumah makan menyuguhkan konsep menarik dibandingkan cafe lainnya. Sebab para pengunjung bisa merasakan keseruan berada sejajar dengan langit biru, karena lokasinya yang berada di atas ketinggian tertentu. Dari cafe tersebut, perkotaan tampak lebih kecil dan dihiasi dengan awan tipis.

Selain menyuguhkan pemandangan indah yang sedikit berbeda dengan cafe pada umumnya, disini para tamu bisa memesan aneka kuliner lezat untuk mengembalikan energi sebelum melanjutkan perjalanan. Mulai dari menu salad, ikan dori, spicy chicken wings, hingga aneka stik siap memanjakan perut yang keroncongan.

Lokasi: Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung.

10. Warung Laos

Warung Laos
Image Credit: Google Maps (Nugroho Budiastomo)

Di wilayah Dago Bandung, wisatawan dapat menemukan sebuah tempat makan legendaris yang sudah terkenal akan kelezatan masakannya. Tempat makan tersebut bernama warung Laos, dimana pengunjung bisa memesan pizza yang terkenal sebagai menu andalannya. Tidak hanya menyuguhkan aneka menu lezat semata, sebab tempat ini juga menyuguhkan pemandangan indah.

Lokasi: Jl. Raya Golf Dago No.90, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

11. Congo Cafe

Congo Cafe Dago
Image Credit: Google Maps (Mercky Sangga)

Rindu dengan nuansa menenangkan khas hutan sambil memuaskan perut yang kelaparan, maka berkunjung ke Congo Cafe bisa menjadi altenatifnya. Cafe yang mengusung konsep artistik ini siap memanjakan para pengunjungnya, dengan aneka macam menu masakan lezat serta suguhan pemandangan alam sekitarnya yang masih asri terjaga.

Lokasi: Jl. Ranca Kendal Luhur No.8 Dago, Ciburial, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

12. Warung Salse

Warung Salse
Image Credit: Google Maps (Rizki Noordian)

Selama menginjakkan kaki di daerah Dago Bandung, jangan lupa mampir sebentar ke Warung Salse. Para tamu yang berkunjung kesana, akan dimanjakan dengan aneka kuliner lezat yang siap memanjakan perut yang kelaparan. Beberapa menu yang sayang dilewatkan seperti tahu gejrot, bubur kampung, tutug oncom, spaghetti tek tek, dan masih banyak lagi lainnya.

BACA JUGA:  20 Cafe Tempat Nongkrong di Bogor yang Unik & Instagramable

Sebagai pelengkap menu utama, Anda bisa memesan menu dessert seperti es buah atau mamamia yang sudah terkenal akan kelezatannya. Menu minuman yang disajikan tidak kalah melimpah, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai selera. Semua sajian kuliner lezat tersebut dapat dinikmati dengan leluasa, tanpa perlu takut isi dompet akan terkuras seketika.

Lokasi: Jl. Dago Giri No.101, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

13. Warung Lela

Warung Lela
Image Credit: Google Maps (Rio Yudhyanto)

Bagi pecinta olahan mie dan bakso, sepertinya tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Warung Lela. Seperti yang bisa diduga, warung makan satu ini menyediakan varian bakso serta mie ayam dengan kelezatan tiada bandingannya. Warung makan legendaris ini pun tetap konsisten dengan rasa dan kualitas makanannya, sehingga tidak perlu ragu mencicipinya.

Sedangkan bakso sendiri, merupakan menu terbaik yang cocok disantap saat cuaca sedang dingin seperti halnya di Dago. Bakso yang disiram kuah hangat, berhasil membuat siapapun ketagihan dan ingin mengkonsumsinya lagi dan lagi. Wajar rasanya jika tempat makan ini kerap dikunjungi bersama dengan keluarga tercinta.

Lokasi: Jl. Kupa No.6, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

14. Stone Cafe

Stone Cafe
Image Credit: Google Maps (The Stone Cafe)

Sote Cafe bisa menjadi tempat makan terbaik di Dago karena beberapa alasan. Pertama, para tamu akan dimanjakan dengan aneka menu masakan lezat yang siap menggoyang lidah. Beberapa menu andalannya yaitu chicken cordon bleu, nasi goreng, salmon teriyaki, udang telur asin, serta grilled tenderloin yang dipatok dengan harga murah meriah.

Alasan yang kedua, yaitu para tamu bisa menikmati semua menu yang dipesan sembari menikmati kesejukan udara di sekitarnya. Benar, kawasan di sekitar cafe masih cukup asri dan dihiasi dengan pepohonan di setiap mata memandang. Nuansa di sekitarnya begitu tenang, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat beristirahat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Lokasi: Jl. Rancakendal Luhur No.5, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

15. Cocorico Cafe & Resto

Cocorico Cafe & Resto
Image Credit: Google Maps (Herti Agustian)

Cocorico Cafe & Resto adalah salah satu tempat makan hits lainnya di Dago Bandung yang wajib Anda kunjungi. Sejak pertama kali memasuki restorannya, para tamu akan disambut dengan pemandangan berupa gunung yang menjulang tinggi dan berpadu dengan kepadatan perkotaan. Pemandangan indah tersebut, membuat siapapun merasa betah berada disana.

Menu makanan yang disediakan pun cukup melimpah dan dapat disesuaikan dengan selera. Beberapa menu andalannya yaitu iga bakar, pizza, mie goreng, serta aneka dessert yang siap memanjakan perut keroncongan. Anda juga tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan dari aneka menu dessertnya. Anda akan dibuat jatuh cinta sejak pertama kali mencucinya.

Lokasi: Jl. Bukit Pakar Timur No.19, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

Berkunjung ke Dago Bandung, akan terasa kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner lezatnya. Terdapat sejumlah tempat makan yang bisa dikunjungi untuk memuaskan perut yang keroncongan, sekaligus memanjakan mata sekaligus. Soal kelezatan tidak perlu diragukan, bahkan Anda sudah bisa mencicipinya tanpa takut isi dompet akan ludes seketika.