Cirebon terkenal memiliki beragam kuliner khas yang patut untuk dicoba. Anda bisa berkunjung ke retoran dan tempat makan favorit di Kota Cirebon untuk menikmati sajian khas yang lezat.

Mengunjungi rumah makan khas di sebuah kota menjadi hal wajib yang bisa Anda lakukan ketika berlibur. Ketika bertandang ke kota Udang Cirebon, pastikan Anda untuk mencoba mencicipi hidangan khas yang tersedia di restoran terkenal. Pasalnya, terdapat menu makanan yang enak dan juga tempat dengan ambience yang nyaman untuk bersantap. Penasaran apa saja? Berikut rekomendasi tempat makan dan restoran populer di Cirebon yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Kampoeng Daun

Kampoeng Daun
Image Credit: Google Maps (Solam Adi Dharma)

Restoran pertama yang bisa Anda kunjungi saat berada di Cirebon adalah Kampoeng Daun. Terdapat salah satu menu utama yang tak bisa Anda lewatkan ketika berada disini, yakni ayam ungkepnya yang menggugah selera. Pasalnya, ayam ungkep di restoran satu ini terbuat dari beraneka macam jenis rempah dan bumbu yang khas.

Selain itu, ayam ungkep di Kampoeng Daun pun memiliki tekstur yang lembut dan sangat enak ketika Anda cicipi. Dengan memiliki lokasi di samping sawah, akan membuat Anda lebih syahdu di dalam menyantap hidangan satu ini. Konsepnya sendiri terdiri dari lesehan dan meja makan yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera.

Lokasi: Jl. R.Dewi Sartika, Kenanga, Kec. Sumber, Kota Cirebon.

2. Tomodachi Steak & Seafood

Tomodachi Steak & Seafood
Image Credit: Google Maps (AHMAD SYAUQI)

Tempat makan lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan ketika berada di Cirebon adalah Tomodachi Steak & Seafood. Pasalnya, ketika Anda bersantap di restoran satu ini akan memiliki pengalaman berbeda dan tersendiri untuk Anda coba. Dengan konsep makan malam romantis di kapal ini, Anda juga akan disuguhkan dengan beragam menu lezat.

Sebut saja seperti aneka hidangan yakni seafood dan juga steak yang akan membuat perut Anda menjadi kenyang. Untuk menu utama yang tersedia di restoran ii adalah Australian Rib Eye Steak. Lengkap dengan sauted veggie, sauted potato dan juga onion ring, akan membuat Anda serasa bahagia saat makan malam di restoran satu ini.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

3. Salt Sunda & Seafood

Salt Sunda & Seafood
Image Credit: Instagram.com @aisyah.ncm

Pemandangan indah menjadi daya tarik utama yang dihadirkan oleh Salt Sunda & Seafood. Bahkan udaranya yang sejuk dan juga cantiknya lampu malam yang kerlap kerlip akan menambah suasana makan Anda menjadi sangat menyenangkan. Untuk menu makanannya pun sangat beragam.

Anda akan menemukan udang ayam manis hingga tumis brokoli ayam yang sangat menggugah selera. Untuk harga yang dipatok pada restoran satu ini pun masih ramah di kantong. Sebab, dengan harga yang masih terjangkau Anda akan bisa mendapatkan makanan yang lezat dan juga panorama yang memukau saat bersantap.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak dan Diburu Wisatawan

Lokasi: Jl. Raya Gronggong Blok Warung Duwet, RT.16/RW.004, Ciperna, Kec. Talun, Kota Cirebon.

4. Klapa Manis

Klapa Manis
Image Credit: Google Maps (Michosan Center)

Untuk Anda yang sedang mencari tempat makan dengan menyajikan suasana malam kota Cirebon, maka tempat satu ini menjadi lokasi yang pas. Klapa Manis merupakan salah satu restoran yang terletak di ketinggian. Pasalnya, ketika Anda bersantap disini maka Anda akan disuguhkan dengan cahaya lampu kota yang gemerlap.

Tak hanya itu saja, makanan yang tersaji di rumah makan satu ini juga sangat menggoda. Dengan memiliki konsep rumah kayu, maka Anda akan bisa menikmati menu khas Sunda yang lezat. sebut saja seperti sambal mercon toge, karedok dan juga sambel pencok. Makanan olahan iga juga tersedia untuk melengkapi makan malam Anda di restoran ini.

Lokasi: Jl. Raya Gronggong, Patapan, Kec. Beber, Kota Cirebon.

5. Golden View House Crab

Golden View House Crab
Image Credit: Google Maps (moura midaz)

Pecinta kepiting, pastikan untuk datang Golden View House Crab untuk bersantap. Sebab, restoran satu ini menyediakan menu olahan kepiting yang sangat lezat. Anda bisa menemukan menu yakni kepiting sanglah khas Bali dan juga kepiting pecel yang akan membuat Anda ketagihan.

Selain kedua menu unggulan tersebut, Anda juga akan bisa menikmati olahan menu kepiting ala western yang lain. Sebut saja seperti kepiting saus blackpaper, kepiting saus bangkok dan juga lainnya. Konsep panorama indah yang dihadirkan oleh restoran Golden View House Crab akan membuat Anda ingin kembali ke tempat makan dengan harga yang terjangkau ini.

Lokasi: Jl. Raya, Gronggong, Kec. Talun, Kota Cirebon.

6. Raja Dimsum

Raja Dimsum
Image Credit: Liputan6.com

Ketika berada di Cirebon dan ingin mencicipi berbagai macam jenis dimsum, maka Raja Dimsum adalah lokasi yang tepat. Sebab, Anda akan mendapatkan dimsum dengan rasa yang lezat. Tak hanya itu saja, proses pembuatannya yang sehat dan juga higienis serta tanpa MSG ini akan sangat aman untuk dikonsumsi.

Untuk menunya sendiri cukup beragam. Anda bisa mendapatkan menu andalan seperti spring roll, udang raja, siomay seafood, money bag, starship, hingga mini pao dan lain sebagainya. Menu yang ada di Raja Dimsum ini memang kebanyakan terdiri dari daging ayam yang dicampur dengan daging udang. Namun, Anda pun juga bisa memesan siomay daging tunggal saat disini.

Lokasi: Jl. Tuparev No.10, Sukapura, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

7. Arirang Korean Restaurant

Arirang Korean Restaurant
Image Credit: Google Maps (Aditya  Tribuana Gondomihardjo)

Annyeong haseyo, kata sapaan Korea tersebut pastinya akan sering kali Anda dengar ketika menyaksikan drama. Di drama sendiri, akan banyak sekali menampilkan makanan yang menggugah selera. Nah, ketika berkunjung ke Cirebon Anda juga bisa untuk mencicipi berbagai masakan khas Korea yang sangat lezat di Arirang Korean Restaurant.

Ada berbagai macam menu khas negara ginseng yang akan menggoyang lidah Anda. Mulai dari Jong Gui yang merupakan menu belut bakar dengan rasa yang nendang. Selain itu, Anda pun juga bisa untuk mencoba menu makanan lain seperti Seng Gelbi hingga Bibim Bab saat berada di sini. Dengan harga yang ramah di kantong, menjadi alasan banyak mahasiswa datang ke tempat ini.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Banjar yang Enak dan Diburu Wisatawan

Lokasi: Jl. Siliwangi No.69, Kesenden, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

8. Al Muntaz Restaurant

Al Muntaz Restaurant
Image Credit: Google Maps (Sandhy Putra)

Setelah menikmati sajian ala Korea, maka Anda bisa melanjutkan wisata kuliner dengan mengunjungi Al Muntaz Restaurant. Restoran ala Timur Tengah ini menjadi salah satu andalan bagi warga Cirebon untuk menikmati makanan khas bagian Timur Tengah. Untuk desain interiornya sendiri pun tidak terdapat banyak ornamen dan juga hiasan.

Namun jangan salah menu makanan yang disajikan akan membuat Anda ketagihan. Di restoran ini, Anda bisa untuk memasak nasi kebuli yang merupakan hidangan khas Negara Timur Tengah. Selain itu, ada pula menu lain seperti paha kambing bakar madu, nasi kapsah hingga kopi Arab wajib untuk Anda coba di rumah makan ini.

Lokasi: Jl. Bahagia, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

9. Seafood and Chinese Food H Moel

Seafood and Chinese Food H Moel
Image Credit: Instagram.com @inaculiner

Untuk Anda yang menyukai seafood, maka berkunjung ke Cirebon akan menjadi surga tersendiri. Hal ini dikarenakan Anda akan bisa menemukan banyak sekali restoran dan rumah makan yang menyajikan menu berupa makanan laut dengan rasa yang enak. Salah satunya adalah Seafood and Chinese Food H Moel.

Namun, di restoran satu ini Anda tak hanya akan menemukan makanan berupa seafood saja. Melainkan, Anda juga bisa untuk memesan Chinese Food. Sehingga, ketika Anda bersantap bersama keluarga besar dan ada yang tidak doyan seafood, maka tak perlu khawatir. Sebab, Anda juga bisa untuk memesan menu Chinese Food seperti capcay hingga kwetiau.

Lokasi: Jl. Kalibaru Selatan No.31, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

10. Empal Gentong H Apud

Empal Gentong H Apud
Image Credit: Google Maps (Empal Gentong H Apud Pusat)

Ketika Anda bosan makan seafood saat berada di Cirebon, maka Empal Gentong H Apud dapat menjadi alternatif yang bisa untuk Anda coba. Hal ini dikarenakan rumah makan legendaris ini wajib menjadi daftar tempat kuliner yang wajib Anda kunjungi saat berada di Cirebon. Rasanya kurang lengkap apabila Anda berkunjung ke Cirebon namun belum mampir kesini.

Pasalnya, Empal Gentong H Apud merupakan salah satu kuliner yang memiliki menu empal gentong terenak di daerah Cirebon. Bahkan Anda pun bisa merasakan daging yang tidak alot sama sekali saat bersantap di tempat ini. Tak hanya empal gentong saja, Anda juga bisa mencicipi empal asem ketika berada di restoran ini.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Kota Cirebon.

11. Bubur Toha

Bubur Toha
Image Credit: Google Maps (Andi Ardiansyah)

Apabila Anda kelaparan di tengah malam, maka Bubur Toha akan menjadi salah satu tempat jujukan ketika berada di Cirebon. Hal ini dikarenakan rumah makan satu ini akan buka dan melayani Anda selama 24 jam penuh. Untuk menunya sendiri pastinya bubur ayam yang dilengkapi dengan topping menggugah selera.

BACA JUGA:  15 Wisata Kuliner di Sukabumi yang Enak & Diburu Wisatawan

Namun, tak hanya menyajikan bubur ayam saja. ketika berkunjung ke rumah makan satu ini, Anda juga bisa memesan menu lain. Seperti bubur ketan hitam dan juga bubur kacang hijau yang tak kalah lezat. Ketika Anda datang di malam hari, maka Anda pun harus siap siap untuk mengantri. Sebab, rumah makan satu ini akan sangat ramai dipadati oleh pengunjung.

Lokasi: Jl. Moh. Toha, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

12. Restoran Marina

Restoran Marina
Image Credit: Google Maps (Marcerio)

Bagi Anda yang ingin mengunjungi restoran mewah saat berada di kota udang ini, maka restoran Marina bisa menjadi salah satu alternatif untuk Anda. Untuk menu yang tersedia umumnya terdiri dari seafood, olahan daging bebek dan ayam hingga beragam jenis sayuran. Selain itu, restoran ini kerap kali juga digunakan untuk mengadakan acara resepsi dengan kapasitas 700 tamu.

Lokasi: Jl. Parujakan No.2A, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon.

13. Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang Jalan Cangkring
Image Credit: Google Maps (alfin daely)

Nasi jamblang? Mungkin sebagian besar dari Anda yang bukan warga asli Cirebon masih asing dengan menu satu ini. Ternyata nasi jamblang merupakan menu nasi yang bawahnya diberikan alas berupa daun jati. Sehingga, ketika Anda menyantapnya akan tercium aroma yang sangat wangi.

Tak heran makanan khas satu ini menjadi kuliner yang wajib Anda coba saat sedang berada di Cirebon. Untuk melengkapi kelezatan nasi jamblang tersebut, di restoran satu ini juga tersedia beragam lauk. Anda bisa memilih cumi saus hitam, perkedel kentang, otak sapi goreng, pepes telur asin dan juga sate kentang yang menjadi favorit.

Lokasi: Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

14. Mimi Choice

Mimi Choice Cirebon
Image Credit: Mimichoice.wordpress.com

Bagi Anda yang ingin bersantap dengan konsep lesehan, maka Mimi Choice menjadi salah satu restoran yang bisa Anda coba. Untuk menunya sendiri akan tersedia gurame cobek, udang tepung saus tiram, gurame asam manis hingga cah kangkung bisa Anda pilih disini. Semua menu masakan disini tentu saja tidak akan diragukan lagi kelezatannya.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.24 A, Sukapura, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

15. Restoran Seafood Jumbo

Restoran Seafood Jumbo
Image Credit: Google Maps (Aleza official gassania)

Restoran terakhir yang bisa Anda kunjungi saat berada di Cirebon adalah Seafood Jumbo. Dinamakan demikian, karena Anda akan bisa menyantap berbagai olahan seafood dengan ukuran yang sangat besar. Dengan begitu, pengunjung akan lebih puas untuk menikmatinya. Selain itu, bagi Anda yang ingin memesan hidangan dengan porsi normal, tentu saja juga akan tersedia.

Lokasi: Jl. Siliwangi No.191, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

Beberapa restoran dan tempat makan yang ada di Cirebon memiliki menu hidangan berupa seafood yang segar dan lezat. Namun, Anda juga bisa untuk menikmati menu makanan khas negara lain saat berada di Cirebon. Untuk itu, ketika Anda berkunjung ke kota satu ini tak perlu bingung untuk mencari tempat makan yang enak. Sebab, berbagai restoran dengan cita rasa khas akan mudah untuk Anda jumpai.