Ketika Anda berada ke Bogor, menjadi lebih berkesan jika menikmati kuliner yang menggugah selera. Anda dapat mencicipi makanan khas, kuliner nusantara, hingga mancanegara di beberapa restoran dan tempat makan di Bogor.

Mengunjungi suatu daerah kurang afdol rasanya jika tidak mencicipi kulinernya. Begitu pun saat bertandang ke Bogor, Anda dapat menikmati berbagai macam kuliner yang menggugah selera. Namun, pastikan Anda memilih tempat makan yang pas agar menjadi petualangan yang tidak terlupakan. Untuk lebih detailnya, berikut rekomendasi restoran favorit di Bogor yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati sajian lezat.

1. Resto Cimory

Resto Cimory
Image Credit: Google Maps (Luqman Hakim)

Jika Anda menuju puncak Bogor kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu restoran yang menarik satu ini. Anda bisa mampir ke Resto Cimory yang akan membuat perjalanan liburan lebih seru. Resto yang satu ini menawarkan hidangan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja karena Anda bisa makan hidangan lezat dengan pemandangan menawan.

Suasana tenang serta desain restoran yang unik akan terasa begitu Anda menginjakkan kaki di tempat makan yang satu ini. Makanan nusantara hingga mancanegara tersedia di tempat yang menyuguhkan keindahan pemandangan puncak dan mengagumkan. Sehingga, Anda akan puas untuk menyantap makanan yang tentunya lezat.

Menu yang bisa dipilih mulai dari makanan pembuka, snack, olahan menu kontinental dan lain sebagainya. Jika Anda ingin menikmati hidangan khas Indonesia maka menu rekomendasinya adalah Dori Asam Manis, Soto, dan Nasi Goreng Kecombrang Ikan Asin. Sedangkan menu andalan Western yaitu Beef Burger, Spaghetti, dan Chicken Cordon Bleu.

Lokasi: Jl. Raya Puncak, Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

2. Pizza Kayu Bakar Kedai Kita

Pizza Kayu Bakar Kedai Kita
Image Credit: Google Maps (attha masalena)

Apabila Anda sedang dilanda kelaparan di malam hari, maka tempat makan ini sangat cocok untuk memanjakan perut Anda. Menikmati pizza kayu bakar akan membuat semakin hangat. Selain membuat perut kenyang, pizza di sini dibuat dengan cara yang unik. Untuk mengolahnya, pizza dibakar dengan menggunakan kayu bakar sehingga aroma khas ada di porsinya.

Selain menyediakan pizza dengan pilihan aneka topping, Anda juga dapat menikmati menu lain yang tak kalah lezatnya. Menu nusantara seperti nasi goreng, dan mie goreng juga disajikan di tempat makan yang satu ini. Untuk menikmati kelezatannya tidak perlu khawatir. Pasalnya, harga yang ditawarkan relatif terjangkau dengan porsi yang cukup besar.

Lokasi: Jl. Pangrango No.21, Babakan, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

3. Ceker Ranjau

Ceker Ranjau
Image Credit: Goole Maps (Angga Nugraha)

Bagi Anda pecinta makan pedas, Ceker Ranjau merupakan tempat makan di Bogor yang harus Anda kunjungi. Ada berbagai macam menu ceker yang bisa dipilih untuk menikmati rasa pedasnya. Tetapi menu andalan yang paling disukai penikmat kuliner pedas adalah Ceker Ranjau. Menu ini menjadi signatur dari warung yang sudah berdiri beberapa tahun yang lalu.

Jika Anda kurang sudah dengan kuliner pedas, ada juga bisa memilih menu lainnya. Misalnya, ceker goreng, ceker crispy, tempe dan tahu goreng hingga ati ampela. Kelezatan hidangan yang satu ini dapat dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari 3 ribuan saja dan Anda sudah mendapatkan satu porsi makanan pedas.

Lokasi: Cirimekar, Kec. Cibinong, Kota Bogor.

4. Boogie Dessert House

Boogie Dessert House
Image Credit: Google Maps (Boogie Dessert House)

Meskipun nama restoran satu ini ada label Dessert, tetapi tempat makan yang satu ini tidak hanya menyediakan hidangan penutup saja. Pasalnya, Anda bisa menikmati menu makanan seperti bakso bumbu rujak yang menjadi andalan menunya. Menariknya lagi menu yang ada di sini dijual dengan harga relatif terjangkau.

BACA JUGA:  10 Tempat Kuliner Malam di Bogor yang Paling Hits

Lokasi: Jl. Pajajaran Indah No.78k, Baranangsiang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

5. Soto Bogor Pak Salam

Soto Bogor Pak Salam
Image Credit: Google Maps (riva destira)

Bagi Anda penikmat soto, jangan sampai melewatkan tempat makan bernama Soto Bogor Pak Salam. Soto di sini disajikan dengan kuah santan kuning dengan berbagai rempah pilihan. Dalam satu mangkuk ini terdapat beberapa bahan yang bisa dipesan, yaitu daging sapi, paru, otak, lidah, usus, babat, kikil, dan limpa.

Penyajiannya semakin lengkap jika ditemani dengan nasi hangat dan topping bawang goreng. Meski tempat makan ini berupa tenda kaki lima, namun kelezatannya sudah tersohor di kalangan masyarakat Bogor sekitarnya hingga wisatawan luar daerah. Bahkan banyak pembeli yang rela untuk mengantre lama untuk menikmati kelezatan semangkuk soto ini.

Lokasi: Jl. Siliwangi, Sukasari, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

6. Bapatong

Bapatong
Image Credit: Facebook.com @JajananOnline

Ada kuliner unik khas yang bisa Anda coba ketika di Bogor yaitu Bapatong. Bapatong sendiri merupakan singkatan dari Bakso Kupat Gentong yang hanya bisa Anda temui di daerah ini. Makanan dengan nama unik ini menjadi salah satu kuliner khas yang paling diburu oleh wisatawan luar daerah karena rasanya yang memanjakan lidah.

Yang membedakan Bakso Kupat Gentong dengan bakso pada umumnya adalah potongan dadu ketupat dan potongan iga sapi di setiap mangkuknya. Kelezatannya semakin lengkap dengan kaldu kuah sapi, mie kuning, bakso, dan bihun. Apalagi jika disantap dengan cabai rawit, maka rasanya semakin menggoda dan menggiurkan.

Selain bakso, tempat yang satu ini menyediakan menu lainnya seperti Es Dower yang akan sangat pas menemani santap kuliner. Setelah menikmati rasa bakso yang gurih dan pedas, Anda dapat menyegarkan dahaga dengan menu minuman tersebut. Untuk menikmati makanan di sini sangat terjangkau, sebab harga menunya berkisar 15 hingga 20 ribuan saja.

Lokasi: Babakan, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

7. Laksa Kampung Cincau

Laksa Kampung Cincau
Image Credit: Google Maps (nadia sanjaya)

Ketika mengunjungi Bogor, maka Anda harus mencoba kuliner khasnya. Salah satu makanan yang bisa Anda cicipi adalah Laksa. Makanan ini terdiri dari bihun putih dengan campuran tauge, telur rebus, dan tahu kuning. Kemudian, sebagai pelengkapnya akan di siram dengan menggunakan kuah santan berwarna kuning dan serundeng kelapa atau oncom.

Lokasi: Jl. Rangga Gading, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

8. Mie Janda

Mie Janda
Image Credit: Google Maps (Si Syiro)

Nama dari tempat makan yang satu ini memang sangat unik karena menggunakan kata janda. Diberi nama tersebut bukan berarti menyatakan status sang pemilik bisnis ini, melainkan penamaan didasarkan dengan akronim. Janda ini merupakan singkatan dari kata Jawa Sunda, sebab perpaduan rasa yang diolah di kedai ini merupakan campuran cita rasa dari dua daerah.

Menu yang paling digemari penikmat kuliner mie adalah Mie Ayam Jamur. Selain lezat dan nikmat, harga dari kuliner tersebut sangat terjangkau sekitar 10 ribuan hingga 25 ribuan per porsinya. Sementara untuk minuman yang dijual di tempat ini juga bisa didapat dengan harga mulai dari 5 ribuan hingga 15 ribuan saja per gelasnya.

Lokasi: Cirimekar, Kec. Cibinong, Kota Bogor.

9. Cibogy

Cibogy
Image Credit: Google Maps (Aminem 06)

Tempat yang satu ini sedang populer di kalangan pecinta kuliner. Sebab, tempat makan ini menyajikan menu yang kekinian dengan konsep, eat, play, dan shop. Makanan yang paling digandrungi penikmat kuliner adalah Spicy Katsu yaitu olahan ayam yang diberi tepung dan bumbu khusus, lalu digoreng di atas minyak panas. Menu yang ada di sini akan sangat cocok bagi pecinta makanan crispy dan pedas.

Lokasi: Cipayung Datar, Kec. Megamendung, Kota Bogor.

10. Waroenk Tallubi

Waroenk Tallubi
Image Credit: Google Maps (NASI BOX DAN TUMPENG MINI WARUNK TALLUBI)

Tempat makan di kota hujan yang satu ini mengusung tema resep masakan rumahan. Dimana Anda akan disuguhkan dengan pilihan menu makanan tradisional ala rumahan sehingga bisa merasakan nostalgia masakan rumah. Anda bisa memilih menu mulai dari ayam bakar lengkap dengan nasi uduknya sampai pecel yang menggoda.

BACA JUGA:  20 Cafe Tempat Nongkrong di Bekasi yang Unik & Instagramable

Lokasi: Suryakencana, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor.

11. Sate Sumsum dan Ginjal Pak OO

Sate Sumsum Pak OO
Image Credit: Google Maps (Sate Sapi Pak OO)

Sate yang terbuat dari daging sapi, ayam atau kambing mungkin sudah biasa. Namun, jika yang ditawarkan adalah sate sumsum tentunya akan membuat Anda terkejut. Hal inilah yang disuguhkan di warung Sate Sapi Pak Oo. Tempat makanan ini menyajikan sate berbahan dasar daging sapi beserta sumsum, ginjal, dan atinya.

Yang paling menjadi andalan penikmat kuliner adalah Sate Sumsum. Untuk membuatnya, sumsum kenyal dipotong kecil kecil kemudian ditusuk menggunakan bambu dan dibakar layaknya sate pada umumnya. Selain itu, untuk menambah kelezatan hidangan ini, saat penyajiannya akan disiram dengan bumbu kacang yang legit.

Untuk menikmati satu porsi hidangan ini tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Sebab satu porsi sate sumsum dijual berkisar harga 22 ribuan. Maka dari itu, jika Anda sedang berkunjung ke Bogor, jangan sampai melewatkan tempat makan yang unik satu ini. Rasa sate sumsum yang lumer dengan rasa bumbu kacang yang sedap dijamin membuat Anda ketagihan.

Lokasi: Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

12. Nasi Goreng Mafia

Nasi Goreng Mafia
Image Credit: Facebook.com @NasGorMafia

Apakah Anda ingin mencoba menu nasi goreng di Bogor? Coba datang saja ke Nasi Goreng Mafia yang menyajikan hidangan khas nusantara dengan unik. Pasalnya, nasi goreng ini dibuat dengan bumbu rempah yang terdiri dari kapulaga, cabai, dan merica. Selain itu, untuk topping nasi gorengnya bisa dipilih sesuai selera mulai dari telur mata sapi hingga kikil.

Dinamakan mafia karena rasa pedasnya diibaratkan seganas para mafia. Tetapi ada alasan lainnya kenapa diberi nama Nasi Goreng Mafia. Sebab, nama Mafia merupakan akronim dari Makanan Favorit Orang Indonesia yang mengacu pada nasi goreng serta rempah asli Indonesia dalam setiap porsinya.

Meskipun menyajikan makanan tradisional, restoran yang satu ini berwajah kekinian. Bahkan juga sangat eksis di dunia maya seperti sosial media. Yang menjadi menu favorit pelanggan adalah nasi goreng kluwek. Dengan racikan rempah asli Indonesia keluak, sensasi rasa gurih hadir dalam setiap suapan. Sehingga tak heran jika menu tersebut menjadi primadona.

Lokasi: Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor.

13. Bubur Ayam Kabita

Bubur Ayam Kabita
Image Credit: Google Maps (Andi Prabowo)

Bubur Ayam Kabita ini merupakan kuliner legendaris yang ada di Bogor. Sebab, sudah dibuka sejak tahun 1970 oleh pemilik pertamanya yaitu Alm. H. Loekman. Tekstur bubur yang pada dan kuahnya yang khas sungguh nikmat jika disajikan selagi masih hangat. Apalagi ditambahkan dengan kecap asin dan topping kerupuk seketika menambah kelezatannya.

Selain menu bubur, tempat makan ini menyuguhkan berbagai jenis sate sebagai pelengkap menu utama. Anda bisa memilih sate tusuk, seperti sate usus ayam, sate telur puyuh hingga sate ati ayam. Tidak berhenti sampai di situ saja, warung Kabita juga menjual telur asin, rujak cireng, nasi putih dan soto ayam yang bisa dipilih.

Lokasi: Gunungbatu, Kec. Bogor Barat, Kota. Bogor.

14. Grand Garden Resto & Cafe

Grand Garden Resto & Cafe
Image Credit: Google Maps (suliyani tjang)

Menikmati keindahan Kebun Raya Bogor akan semakin lengkap jika ditemani dengan sajian lezat. Anda bisa mendapatkan kuliner yang menggoyang lidah di Grand Garden Resto & Cafe. Tempat ini menyajikan menu makanan seperti steak, zuppa soup, hingga hidangan nusantara. Makanan tersebut dihidangkan dan ditata dengan tampilan yang menggugah selera.

Lokasi: Paledang, Kec. Bogor Tengah, kota Bogor.

15. Mahoni Garden Resto

Mahoni Garden Resto
Image Credit: Zomato.com

Tempat makan lainnya yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Bogor yaitu di Puncak Pass Resort, Mahoni Garden Resto. Tempat dari resto ini menyajikan makanan yang lezat dengan suasana yang nyaman. Ketika malam hari, suasana di sana akan cukup dingin sehingga Anda bisa memesan menu utama, menu pendamping, dan berbagai minuman hangat.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Sukabumi yang Terkenal Lezat

Lokasi: Cisarua, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

16. Waroeng Gumati Gadog

Waroeng Gumati Gadog
Image Credit: Google Maps (rani amelia)

Menemukan tempat makan khas Sunda di daerah Bogor memang bukan perkara yang sulit. Tetapi mencari restoran dengan sajian lezat dan suasana yang alami hanya bisa didapatkan di Waroeng Gumati Gadog. Konsep yang diusung di restoran satu ini bernuansa Sunda modern dengan hidangan khas Jawa Barat.

Jika Anda mengunjungi Waroeng Gumati Gadog, ada baiknya mencoba menu utamanya seperti Sup Ikan Bambu Bakar. Sajian makanan ini merupakan olahan ikan Gurame yang dihidangkan dengan berbagai pilihan bumbu. Hal tersebut akan semakin lengkap jika ditemani dengan minuman andalannya yaitu Teh Poci atau Es Jagung Kelapa.

Lokasi: Pandansari, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

17. Sky Garden Resto Royal Safari Garden

Sky Garden Resto Royal Safari Garden
Image Credit: Google Maps (Astrid Harahap)

Sky Garden Resto Royal Safari Garden ini berada di kawasan puncak Bogor, sehingga menyuguhkan pemandangan yang indah selama menyantap hidangan di sini. Menu makanan yang dijual di restoran satu ini meliputi hidangan nusantara seperti nasi goreng, menu Western seperti steak, hingga makanan oriental tersedia.

Lokasi: Jl. Raya Puncak, Cisarua, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

18. Soto Kuning Pak Yusup

Soto Kuning Pak Yusup
Image Credit: Google Maps (Dwi Lie)

Satu lagi tempat makan yang menyajikan hidangan unik khas Bogor yaitu Soto Kuning Pak Yusup. Makanan ini merupakan hidangan yang wajib Anda coba karena kelezatannya yang begitu menggoyang lidah. Pasalnya, soto kuning ini menggunakan santan sebagai bahan kuahnya, sehingga menciptakan rasa yang lebih gurih jika disantap.

Selain itu, terdapat tambahan daging sapi supaya menghasilkan kuah yang lebih berkaldu. Hal menarik lainnya yang didapatkan dari kuliner ini adalah Anda bisa memilih sendiri isian dagingnya. Anda dapat menentukan sesuai selera isi di setiap porsi sotonya dengan memilih isian, seperti daging, hati, usus, limpa, paru, otak, lidah, dan kikil.

Lokasi: Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

19. Doclang Pak Odik

Doclang Pak Odik
Image Credit: Google Maps (Riyadi Prakoso)

Jika Anda ingin menikmati sajian khas Kota Bogor, ada baiknya untuk mengunjungi tempat makan Doclang Pak Odik. Makanan yang satu ini merupakan hidangan yang terdiri dari lontong khas Bogor yang dibungkus dengan daun patat, ditemani dengan kentang rebus, telur rebus, tahu goreng dan disiram dengan bumbu kacang.

Sebagai pelengkap rasa kuliner ini, di atasnya diberi topping bawang goreng dan kerupuk. Namun yang menjadi keunggulan dari Doclang Pak Odik ini yaitu rasa legit bumbu dengan butiran kacang yang tidak digerus halus. Sehingga Anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika menyantap kuliner khas Bogor di tempat ini

Lokasi: Jl. Pasir Kuda, Pasir Jaya, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor.

20. Toge Goreng Mang Gebro

Toge Goreng Mang Gebro
Image Credit: Google Maps (Kurnia Mulyatama)

Toge Goreng merupakan hidangan khas Bogor yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Maka dari itu, ketika bertandang ke kota yang satu ini, Anda harus datang ke tempat makan Toge Goreng Mang Gebro. Warung yang satu ini sudah menjadi wisata kuliner legendaris karena sudah ada sejak bertahun tahun silam, lebih tepatnya mulai dari tahun 1967.

Cita rasanya yang belum berubah semenjak pertama kali dijual hingga sekarang. Sebab pemiliknya masih menggunakan peralatan tradisional untuk mengolah hidangan khas kota Bogor ini. Selain itu, Anda dapat menikmati Toge Goreng Mang Gebro hanya dengan merogoh kocek sekitar 10 ribuan. Tak heran tempat ini selalu dipadati penikmat kuliner lokal maupun luar daerah.

Lokasi: Jl. Dewi Sartika, Cibogor, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

Itulah beberapa tempat makan dan restoran terbaik di Bogor yang patut Anda cicipi kelezatan sajiannya. Anda bisa menikmati sajian yang menggoyang lidah mulai dari kuliner khas kota Bogor, hidangan nusantara, western, kontinental, hingga kuliner oriental. Semua sajian tersebut dapat Anda temukan di kota Hujan ini dengan rasa dan kelezatan yang tidak ada duanya.