Saat berkunjung ke Paris van Java, semakin lengkap dengan mencoba kuliner khas daerahnya. Kota Bandung memiliki banyak restoran dan tempat makan yang populer untuk menikmati makanan khas hingga masakanmancanegara.

Kota Bandung tak hanya terkenal dengan keindahan pemandangan alamnya yang mengagumkan dan memanjakan mata. Daerah satu ini juga sangat terkenal sebagai surga kuliner bagi Anda yang senang mencicipi beragam masakan. Banyak sekali makanan atau sajian yang ditawarkan mampu menggoyangkan lidah dan mengenyangkan perut.

Tak heran jika kini sudah banyak restoran yang hadir di setiap sudut kotanya. Dengan konsep yang unik, akan membuat Anda merasa tak sabar untuk mengunjunginya. Ketika berkunjung ke kota ini, kurang puas rasanya bila tak mencicipi kuliner khasnya. Lantas jangan sampai Anda salah memiliki tempatnya. Berikut rekomendasi restoran dan tempat makan terbaik di Bandung yang bisa Anda pilih untuk menikmati hidangan lezat.

1. 150 Coffee Garden

150 Coffee Garden
Image Credit: Google Maps (Arga Yudhistira)

Saat berada di Kota Bandung, Anda juga akan turut merasakan kepadatan kotanya meskipun memiliki pemandangan dan nuansa yang sejuk. Bila ingin mencari nuansa yang berbeda, maka 150 Coffee Garden mampu menghadirkan nuansa layaknya sedang berada di oase. Dengan pemandangan kolam dan taman teratai dapat memberikan kesan yang indah.

Di sini Anda dapat memilih untuk duduk di ruangan indoor ataupun outdoor. Suasananya yang sangat nyaman dan wifi super cepat, sangat cocok dijadikan sebagai tempat nugas atau meeting. Menu masakan yang disajikan juga sangat beragam. Namun, sesuai dengan namanya restoran ini banyak menyuguhkan varian menu kopi yang sangat nikmat.

Lokasi: Jl. Sulaksana No.50, Cicaheum, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung.

2. Aspasia Coffee

Aspasia Coffee
Image Credit: Facebook.com @aspasiacoffee

Tentunya sudah biasa bukan, menikmati makanan dan mencicipi kopi di sebuah ruangan? Lantas pernahkan Anda terbayang untuk mencobanya di sebuah restoran yang berada di tengah hutan? Cobalah untuk mengunjungi Aspasia Coffee, restoran yang berada di tengah hutan pinus ini memiliki hawa yang sangat sejuk. Bahkan tempat makan ini dekorasi yang sangat unik.

Sesuai dengan namanya, tempat makan ini telah menghadirkan berbagai menu pilihan variasi kopi. Dengan memanfaatkan komoditas utama di Bandung, tempat ini menyajikan beragam biji kopi khas kotanya. Selain, pilihan menu kopinya di sini juga menawarkan masakan-masakan khas nusantara atau bahkan mancanegara.

Lokasi: Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

3. Boda Barn

Boda Barn
Image Credit: Google Maps (Cindy Regina)

Bagi Anda yang sedang mencari tempat makan instagramable, maka wajib untuk mengunjungi Boda Barn. Menawarkan pemandangan yang sangat indah dan desain bangunan yang sangat futuristik. Mengusung konsep bangunan seperti rustic ala farmhouse di Eropa, membuat tempat makan ini memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan tempat lainnya.

Bila berkunjung di siang hari, maka akan menjumpai pemandangan Bandung yang sangat indah dan rindang. Sedangkan berkunjung pada malam hari akan disuguhkan dengan keindahan citylight Bandung. Selain keunggulan tempatnya, di sini juga menyajikan pilihan menu masakan nusantara yang sangat beragam dan tak kalah lezatnya.

Lokasi: Jl. Pagermaneuh No.RT 05/07, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

4. Batu Kincir Resto

Batu Kincir Resto
Image Credit: Google Maps (Just Wu)

Selanjutnya ada Batu Kincir Resto, berada di Bandung Selatan dengan bangunan yang sangat luas serta konsepnya yang berbeda setiap sudutnya membuat pengunjung merasa betah makan di sini. Memiliki banyak tempat duduk yang tersebar di beberapa area, mampu menciptakan kesan yang berbeda dan unik. Bahkan di setiap sudutnya menawarkan pemandangan yang berbeda.

Untuk masalah makanan tidak perlu diragukan lagi, ada berbagai pilihan menu tradisional hingga western. Cita rasanya terkenal sangat enak dan mampu membuat Anda ingin mencobanya kembali. Hal ini sesuai dengan harga yang ditawarkan, namun Anda tidak perlu berkecil hati. Dikarenakan sesuai istilah yakni ada barang ada harga, maka dijamin Anda tak akan merasa rugi.

Lokasi: Langonsari, Kec. Pameungpeuk, Kota Bandung.

5. Cakrawala Sparkling Nature Restaurant

Cakrawala Sparkling Nature Restaurant
Image Credit: Instagram.com @irwid28

Bila ingin mencoba sensasi makan di dalam sebuah galaksi, maka tak ada salahnya untuk mendatangi Cakrawala Sparkling Nature Restaurant. Menawarkan sebuah sensasi yang berbeda yakni adanya ruangan ajaib yang bernama galaxy. Yang mana dapat menciptakan suasana santai, karena Anda dapat merasakan sensasi makan di alam terbuka dengan bertatapan langsung dengan kumpulan bintang.

Tak hanya tempatnya yang sangat asik untuk nongkrong dan makan, tempat ini juga menyediakan berbagai pilihan menu yang sangat lezat. Menu yang disajikan mulai dari olahan nusantara hingga western. Yang mana dapat menemani Anda untuk menemani waktu bersantai bersama rekan atau bahkan keluarga.

Lokasi: Jl. Pagermaneuh No.57, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

6. Cafe D’Pakar

Cafe D’Pakar
Image Credit: Instagram.com @fifi_culinary

Tertarik untuk mencoba sensasi makan dengan pemandangan pegunungan di sebuah dataran tinggi? Maka cobalah mengunjungi Cafe D’Pakar, dengan nuansanya yang sangat sejuk. Restoran ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat menghabiskan waktu bersama keluarga. Dengan memandangi pemandangan gunung dan langitnya yang biru mampu membuat Anda betah.

Tempat ini juga menghadirkan makanan yang tak kalah menariknya. Mulai dari olahan makanan dengan santapan ringan seperti martabak hingga sandwich. Atau bahkan Anda juga dapat merasakan olahan masakan western di sini. Selain itu, juga menghadirkan olahan minuman hangat yang sangat cocok menemani Anda sembari merasakan dinginnya Kota Bandung.

Lokasi: Jl. Dago Pakar Utara, Sekejolang, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

7. Cloud 9

Cloud 9
Image Credit: Facebook.com @jeane.sangian

Ingin melepaskan beban dan menghirup udara segar, maka tak ada salahnya untuk mengunjungi Cloud 9. Tempat makan ini terkenal sebagai salah satu tempat bar terbaik di daerah Bandung. Dikarenakan tempat makan ini menyajikan sebuah pemandangan yang sangat indah. Bahkan ketika berada di sini Anda dapat menyaksikan keindahan Kota Bandung dari ketinggian.

Tak hanya terkenal dengan keindahan pemandangannya, tempat ini juga telah menawarkan berbagai olahan masakan yang tak kalah menariknya. Mulai dari masakan khas nusantara atau bahkan masakan mancanegara. Ada berbagai variasi makanan yang enak dan lezat, yang mana wajib untuk Anda coba ketika mengunjungi tempat ini dan pastikan akan membuat Anda merasa puas.

Lokasi: Jl. Dago Giri No.119, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

8. Dapur Caringin Tilu

Dapur Caringin Tilu
Image Credit: Google Maps (Tommy Wijaya)

Menikmati hidangan makanan dengan pemandangan citylight Bandung tentunya akan sangat menyenangkan bukan? Dapur Caringin Tilu ini menghadirkan konsep yang sangat unik. Tempat makan ini menghadirkan nuansa makan di ruangan outdoor dan langsung dapat menyaksikan keindahan Kota Bandung di malam hari.

Ketika mengunjungi tempat ini, disarankan untuk memilih tempat yang berada di pinggir pegunungan. Dengan begitu Anda dapat menyaksikan keindahan Bandung secara dekat dan dapat membuat malam Anda menjadi lebih romantis. Sedangkan menu yang ditawarkan juga memiliki harga yang terjangkau. Bahkan masakan yang ada merupakan makanan khas Indonesia.

Lokasi: Jl. Padasuka Atas No.41, Kampung Caringin 3, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

9. Dusun Bambu

Dusun Bambu
Image Credit: Google Maps (Kusumo Alimin)

Mencoba menyantap makanan di tepi danau dengan panorama pegunungan yang indah, tentunya akan menambah sensasi dan nuansa yang menyenangkan. Anda dapat mengunjungi Dusun Bambu, dengan keindahan dan beragam fasilitas yang dihadirkan. Selain digunakan untuk tempat makan, di sini juga dapat dijadikan sebagai tempat penginapan bahkan bumi perkemahan.

Bahkan di tempat ini, Anda juga melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda dan beberapa wahana permainan anak. Dan yang paling unik adalah tempat makannya yang berada di dalam dusun kecil. Tak hanya terkenal dengan keindahan dan konsepnya yang unik, restoran ini juga menghadirkan menu makanan yang sangat lezat. Dengan masakan khas nusantara, tentunya sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

10. Goldstar 360 Cafe

Goldstar 360 Cafe
Image Credit: Instagram.com @seniinopiani

Rumah makan ini terletak tepat di lantai ketiga gedung serbaguna Goldstar Sport Resto. Dekorasinya terinspirasi oleh gaya Yunani dan menawarkan beberapa konsep yang berbeda antara indoor, outdoor, dan semi outdoornya. Disini terdapat sebuah area private dengan cahaya biru, Megas Lakkos.

Dinding restoran ini dihiasi dengan gambar-gambar bernuansa purba sehingga terlihat eksotis. Unik dan romantis jadi satu, bukan? Menu makanannya juga tidak akan menguras kantong. Anda bisa menikmati makanan favorit seperti Nasi Goreng, Steak, dan Spaghetti dengan pilihan minuman yang bermacam-macam, tidak terkecuali minuman beralkohol.

Lokasi: Jl. Dangdeur Indah No.2b, Sukagalih, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

11. Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking
Image Credit: Instagram.com @ririkong_

Tempat makan ini cukup terkenal dan mempunyai banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk di Ibukota, tetapi cabang Bandung adalah yang terbaik. Disini terdapat banyak kolam ikan dan tempat bermain anak agar anak-anak tetap terhibur selagi Anda menikmati sajiannya.

Bayangkan betapa asyiknya makan di dalam saung bambu dengan di atas danau. Tempat terbaik untuk mengisi perut setelah lelah berwisata dan berbelanja keliling Bandung. Anda bisa mencoba salah satu menunya yang menjadi favorit yaitu Udang Bakar Madu. Gubug Makan Mang Engking akan memanjakan perut dan lidah anda dengan menu menunya.

Lokasi: Jl. Kopo Bihbul No.45, Sayati, Kec. Margahayu, Kab. Bandung.

12. Kampoeng Sawah

Kampoeng Sawah
Image Credit: Google Maps (Kampoeng Sawah)

Cocok dengan nama tempatnya, restoran yang satu ini menyajikan makanan tradisional khas Indonesia, terlebih khas Sunda. Menyantap sajian di saung tradisional yang sekitarnya dikelilingi oleh danau akan membuat kegiatan Anda lebih asyik dan sejenak melupakan hiruk pikuk kota. Tentunya suasana ini bisa menambah nafsu makan Anda.

Untuk Anda yang masih bingung akan memesan apa, Nasi Timbel Komplit bisa Anda coba. Dijamin tidak akan mengecewakan, karena lauk pauk nya yang lengkap dan porsinya banyak. Tempat ini juga sering dijadikan tempat alternatif wisata, karena terdapat area waterpark yang seru. Yakin tidak ingin mencoba ke tempat ini?

Lokasi: Jl. Gandasari No.152, Kec. Cangkuang, Kota Bandung.

13. Lereng Anteng

Lereng Anteng
Image Credit: Twitter.com @bandungparadise

Anda bisa mendatangi tempat ini jika sedang mencari tempat makan yang friendly dengan pemandangan Bandung yang sejuk, indah, dan menyajikan kopi yang enak. Anda bisa menikmati sejuknya udara pegunungan dengan duduk-duduk di bean bags yang berwarna-warni.

Di Lereng Anteng menawarkan menu yang sangat pas dengan lidah lokal, tersedia dari menu ala barat sampai menu khas Sunda. Di cuaca yang dingin seperti ini lebih nikmat jika ditemani secangkir kopi panas. Selain itu, disediakan area bermain dengan aneka permainan seru untuk Anda sekeluarga.

Lokasi: Kampung Pagermaneuh, RT. 03/07, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

14. Mana

Mana
Image Credit: Google Maps (Dendie701 S)

Nuansa restoran yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi Anda pecinta drama Korea. Dipenuhi nuansa putih dan coklat dan jendela-jendela besar, membuat cafe ini terasa sangat homey. Bagian dalam dan luar cafe ini tentu sangat instagenic, ditambah adanya hamparan ilalang yang mengelilinginya.

Sambil duduk-duduk menikmati hidangan, Anda bisa melihat sebagian Kota Bandung dari tempat ini. Sangat direkomendasikan datang ke sini saat sore hari menjelang matahari terbenam. Cahaya lampu yang berpadu dengan langit senja mengubah suasana tempat ini menjadi lebih romantic.

Lokasi: Jl. Cibengang No.21, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

15. Morning Glory at Rooftop Mitra Hotel

Morning Glory at Rooftop Mitra Hotel
Image Credit: Twitter.com @mitra_hotel_bdg

Restoran satu ini sangat cocok untuk Anda penggemar rooftop, yaitu Morning Glory di Mitra Hotel Bandung. Tempat ini cocok untuk menikmati segelas es kopi yang segar dan pemandangan langit yang indah. Setelah naik lift dan lift terbuka, Anda akan langsung disambut dengan jalur kayu yang instagramable.

Setelah bersantai di sofa yang nyaman, Anda bisa berendam di kolam yang ada. Disini juga menyajikan menu makanan dengan nama-nama yang unik. Salah satunya adalah Crown On A Plate, yaitu tumisan daging dengan nasi. Kurang rasanya jika tidak mencicipi kopi espresso nya seperti Iced Caramel Macchiato.

Lokasi: Jl. Supratman No.98, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

16. Orofi Cafe by The Valley

Orofi Cafe by The Valley
Image Credit: Instagram.com @olgarafiolaa

Tepatnya di Orofi Cafe by The Valley, Bandung, Anda bisa menikmati nuansa santorini yang begitu kental dengan nuansa serba putih yang classy abis. City view di Orofi Cafe ini juga tak kalah luar biasa, terutama di waktu senja. Akan menambah sisi romantis jika Anda menghabiskan petang bersama pasangan di tempat yang cozy ini.

Sambil menikmati petang, Anda bisa memilih menu makanan yang tidak terlalu berat tetapi mengenyangkan. Anda bisa memesan nachos dan spring rolls sebagai permulaan, dilanjutkan dengan pizza atau pasta, setelah itu menikmati dessert hot apple pie yang lumer saat dimakan. Sayang jika dilewatkan!

Lokasi: Jl. Lembah Pakar Timur No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

17. Pinisi Resto

Pinisi Resto
Image Credit: Twitter.com @nawadilia

Di restoran yang satu ini terdapat sebuah kapal yang terdampar di tengah-tengahnya. Di Pinisi Resto ini tempatnya mempunyai konsep kapal tradisional Pinisi yang terletak di kawasan dataran tinggi yang sejuk dikelilingi oleh danau dan hamparan kebun teh. Anak-anak tentunya senang jika diajak ke kapal yang satu ini.

Aneka hidangan lezat disajikan untuk Anda sambil merasakan suasana yang mengesankan. Restoran yang menyajikan BBQ sebagai menu utama ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat. Jika ingin kesini, disarankan Anda melakukan reservasi terlebih dahulu.

Lokasi: Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

18. Sapu Lidi Sawah

Sapu Lidi Sawah
Image Credit: Instagram.com @bandungfoodies

Sesuai dengan namanya, restoran yang satu ini dikelilingi oleh sawah yang subur. Jika menginap di resortnya, Anda bisa merasakan naik sampan di danau yang sekelilingnya terdapat gubuk-gubuk tradisional khas Indonesia. Seru bukan? Restoran yang satu ini terkenal dengan makanan khas Sundanya, yaitu Bebek Kahaseupan dan aneka olahan kambing mudanya.

Lokasi: Kompleks Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri, Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

19. Tafso Barn

Tafso Barn
Image Credit: Google Maps (Ersyad Luthfi)

Di restoran ini Anda bisa mendapatkan view pemandangan yang istimewa dengan sajian santapan yang lezat. Siapa yang tidak ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman di tempat ini? Tempat ini tergolong tempat wisata kuliner baru yang harus dikunjungi di Bandung.

Di restoran ini juga terbagi beberapa bagian dengan konsep yang berbeda. Anda juga dapat menikmati menu lokal ala Indonesia, western, atau ala Jepang. Pastikan Anda datang kesini dengan baterai hp yang terisi penuh, karena spot di sini membuat Anda ingin berfoto-foto. Seperti lapangan golf mini, sangkar burung yang cozy abis, tenda mini dan ayunan vintage.

Lokasi: Jl. Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

20. The Awiligar

The Awiligar
Image Credit: Google Maps (Johan Des Candrawijaya)

Mencari tempat makan yang enak tapi harganya juga murah? The Awiligar yang berada di Bandung ini cocok banget untuk Anda, view pemandangannya juga terbaik, deh! Jika Anda berada di pusat Kota Bandung, hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit. Disini Anda bisa menikmati pemandangan Kota Bandung mulai dari perumahan, perkebunan cengkeh hingga hutan yang rimbun.

Tidak hanya puas dengan pemandangan saja, perut juga harus puas tentunya. Disini, ada banyak pilihan menu dari menu ala western dan juga menu khas Nusantara. Menu yang menjadi andalan adalah nasi goreng sambal yang cocok untuk pecinta pedas. Selain itu, tersedia banyak spot foto yang instagramable dan juga area bermain yang luas.

Lokasi: Jl. Awiligar Raya No.150, Cibeunying, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

Itulah beberapa rekomendasi tempat makan yang wajib untuk Anda kunjungi saat sedang berada di Bandung. Anda akan merasakan betapa nyaman dan indahnya restoran tersebut saat datang langsung ke tempatnya. Untuk makanannya, dijamin juga tidak akan mengecewakan, deh! Sudah tertarik dengan restoran yang mana?