Bogor yang terkenal sebagai kota hujan, menyimpan berbagai tempat tujuan wisata yang sangat indah. Beberapa destinasi terbaik di Bogor bisa digunakan untuk berkemah, ada yang hanya menyediakan camping ground saja namun ada juga yang menyediakan fasilitas super lengkap.

Camping menjadi salah satu pilihan aktivitas yang seru dan menyenangkan saat liburan tiba. Bermalam di dalam tenda ditemani dengan pemandangan alam yang indah, lengkap dengan cahaya temaram bulan tentu akan menjadi pengalaman menyenangkan. Di Bogor, Anda bisa menemukan cukup banyak tempat yang strategis untuk melakukan kegiatan tersebut. Berikut daftar rekomendasi tempat camping favorit di Bogor yang bisa Anda pilih.

1. Camping Ground Sukamantri

Camping Ground Sukamantri
Image Credit: Google Maps (Binx Rudz)

Destinasi pertama di Bogor yang bisa Anda kunjungi untuk melakukan kegiatan camping yakni Camping Ground Sukamantri. Sesuai dengan namanya, wilayah ini memang dijadikan sebagai tempat khusus untuk melakukan aktivitas berkemah. Camping Ground Sukamantri ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Saat berkemah di sini, Anda akan dimanja dengan pemandangan alam sekitar yang begitu mengagumkan. Di sekeliling area terdapat pohon pinus yang berdiri kokoh, memberikan kesan yang rindang dan hawa sejuk. Selain berkemah, di sini ada berbagai aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan mulai dari menyusuri hutan, hingga membasuh diri dengan air pegunungan.

Lokasi: Tamansari, Kec. Tamansari, Kota Bogor.

2. Citra Alam Riverside

Citra Alam Riverside
Image Credit: Google Maps (Citra Alam Riverside)

Citra Alam Riverside berada di kawasan Cilember, sekitar satu jam dari pusat kota Bogor. Objek wisata ini sangat tepat untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga, sahabat, teman, maupun rekan kerja. Sebab tak hanya menawarkan area camping yang cukup luas, Citra Alam Riverside juga menyediakan berbagai perlengkapan untuk outbound yang begitu lengkap.

Di sini Anda bisa menjajal berbagai permainan outbound, mulai dari flying fox, rafting, berkuda, dan masih banyak lainnya. Semua wahana tersebut didampingi oleh petugas, sehingga terbilang aman dan juga sangat nyaman. Selain berbagai keseruan tersebut, pemandangan alam di sekitar akan membuat Anda semakin betah berlama lama di Citra Alam Riverside ini.

Lokasi: Jogjogan, Kec. Cisarua, Kota Bogor.

3. Eagle Hill

Eagle Hill
Image Credit: Google Maps (Haris Kurniawan)

Destinasi lain yang juga populer sebagai tempat camping yaitu Eagle Hill. Tempat wisata ini berada di kawasan Megamendung, dan camping ground nya sendiri terletak di ketinggian kurang lebih 1000 mdpl dengan luas mencapai sekitar 12 hektar. Sehingga bisa menampung banyak pengunjung dalam satu waktu, jadi Anda tidak perlu khawatir bila ingin berkemah bersama rombongan.

Eagle Hill sendiri menawarkan kurang lebih 7 camping ground dengan tingkat privasi yang cukup tinggi pada setiap areanya. Fasilitasnya juga sangat lengkap, ada toilet, aula pertemuan, serta area parkir yang mampu menampung hingga 50 mobil lebih. Selain itu udara di sekitar juga sangat sejuk dan segar karena daerah ini berada pada dataran tinggi.

Lokasi: Jl. Al Barokah, Kec. Megamendung, Kab. Bogor.

4. Gunung Mas

Gunung Mas
Image Credit: Datawisata.com

Tempat lainnya yang sangat cocok sebagai area berkemah yaitu Gunung Mas yang berada di kawasan Tugu Selatan. Wilayah ini berada pada ketinggian kurang lebih 800 hingga 1200 mdpl, sehingga udaranya juga tak kalah sejuk dari Eagle Hill. Berkemah di sini akan memberi Anda dan rombongan pengalaman wisata yang berbeda dan sangat menarik.

Sebab di Gunung Mas Anda akan disajikan pemandangan dari kebun teh yang begitu luas. Tak sampai di situ saja, Anda juga diperkenankan untuk melihat pengolahan teh di pabrik yang ada di Gunung Mas secara langsung. Di samping kegiatannya yang seru, area camping di sini juga sangat bersih dengan fasilitas yang amat lengkap.

Lokasi: Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab. Bogor.

5. Gunung Pancar

Gunung Pancar
Image Credit: Rubrikwisata.com

Gunung Pancar berada di tengah tengah hutan pinus, sehingga bisa memberikan Anda pemandangan cantik nan instagramable. Selain itu keberadaan dari hutan pinus tersebut, memberikan hawa yang dan mampu menyegarkan mata siapapun yang melihatnya. Gunung Pancar ini merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dipilih sebagai tempat camping di Bogor.

Berbagai kegiatan seru bisa Anda lakukan di sini bersama dengan rombongan, mulai dari gathering, outing perusahaan, bersepeda, berkuda, tracking, hiking, dan lain sebagainya. Anda bahkan tidak harus membawa tenda sendiri, karena di Gunung Pancar menawarkan set camping maupun glamping yang bisa Anda sewa.

Lokasi: Kec. Citeureup, Kab. Bogor.

6. Perkemahan Citamiang

Perkemahan Citamiang
Image Credit: Facebook.com @Wonderfulcitamiang

Selanjutnya ada Perkemahan Citamiang yang juga menawarkan pesona alam tak kalah indah dari camping ground lainnya. Destinasi satu ini berada di kawasan Tugu Utara, yang tidak begitu jauh dari pusat kota Bogor. Khas wilayah dataran tinggi, Perkemahan Citamiang memiliki hutan pinus dengan deretan pohon yang lebat dan kokoh.

Keberadaan dari hutan tersebut tentunya membuat camping ground menjadi sangat sejuk dan nyaman. Selain itu ada juga sungai yang memiliki air sangat jernih, dimana Anda bisa bermain air dan membasuh muka di pagi hari. Selain itu fasilitas pendukung lainnya juga sangat lengkap, dijamin pengalaman camping Anda di sini menjadi sangat berkesan.

Lokasi: Jl. Curug Panjang, Megamendung, Kec. Megamendung, Kab. Bogor.

7. Perkemahan Ciputri Tenjolaya

Perkemahan Ciputri Tenjolaya
Image Credit: Google Maps (Obie Savana)

Tempat perkemahan lainnya yang juga sangat populer di Bogor yaitu Perkemahan Ciputri Tenjolaya. Di sini Anda bisa berwisata sekaligus berkemah, sebab daerah tersebut memiliki air terjun cantik sebagai daya tariknya. Air terjun ini mengalir dari ketinggian sekitar 30 meter, dengan aliran air yang begitu jernih dan segar.

Anda bisa mendirikan tenda tepat di samping air terjun, jadi di malam hari Anda dan rombongan bisa membuat api unggun dengan ditemani pemandangan indah dari air terjun tersebut. Tidak ketinggalan pula latar belakang Gunung Pinus di belakang air terjun yang membuatnya semakin tampak indah. Jangan lupa untuk membawa jaket tebal, karena udara di sini cukup dingin.

Lokasi: Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor.

8. Kampoeng Awan

Kampoeng Awan
Image Credit: Google Maps (Betty Elmahmoedy)

Selain Eagle Hill, ada lagi tempat camping di Bogor yang berada di kawasan Megamendung yaitu Kampoeng Awan. Destinasi ini tidak begitu jauh dari pintu tol Jagorawi yang menuju ke arah puncak, jadi Anda bisa dengan mudah menemukannya. Selain dijadikan sebagai tempat berkemah, Kampoeng Awan ini juga dijadikan sebagai cagar alam untuk hutan yang terdapat di sekitar.

Layaknya cagar alam pada umumnya, daerah ini sangat bernuansa alami dengan udara yang begitu sejuk. Tentunya dengan pemandangan hijau di sekeliling camping ground, yang membuat suasana berkemah menjadi lebih seru. Ketika subuh tiba, dari sini Anda bisa melihat sang fajar menyinari Gunung Salak yang menjadikannya pemandangan tak terlupakan.

Lokasi: Sirnagalih, Bogor Tengah, Kec. Megamendung, Kab. Bogor.

9. Suaka Elang

Suaka Elang
Image Credit: Google Maps (Arif Saputra)

Suaka Elang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dan merupakan tempat penangkaran elang di taman tersebut. Jadi di sini selain berkemah Anda juga bisa melihat lihat elang yang ada di Taman Nasional. Tak hanya itu saja, Suaka Elang dipenuhi dengan spot foto instagramable yang bisa Anda jelajahi. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang hobi fotografi.

Untuk pemandangannya, Suaka Elang menawarkan kesan alami yang begitu eksotis. Di sekeliling camping groundnya terdapat puluhan pohon pinus yang menjulang tinggi. Ada juga jalan setapak di antara area tersebut, yang bisa digunakan untuk trekking atau jogging di pagi hari. Dijamin pengalaman berkemah Anda di sini tidak akan pernah membosankan.

Lokasi: Ciburayut, Kec. Cigombong, Kab. Bogor.

10. Gunung Bunder Bogor

Gunung Bunder Bogor
Image Credit: Mahapalajooss.blogspot.com

Gunung Bunder berada di daerah Pamijahan, dan juga menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Sama seperti Suaka Elang, area ini juga sangat sejuk dan menyegarkan lengkap dengan pemandangan indah yang mampu memanjakan setiap pengunjungnya. Di Gunung Bunder ini terdapat cukup banyak titik camping ground yang bisa Anda pilih.

Namun para pengunjung yang pernah berkemah di sini menjadikan Curug Cihurang sebagai lokasi favorit untuk mendirikan tenda. Suasana air terjun yang sangat asri, yang mengalir dari ketinggian memang membuat aktivitas berkemah menjadi lebih seru. Tidak heran area di sekitar curug ini selalu dipenuhi tenda berwarna warni, lengkap dengan api unggun.

Lokasi: Pamijahan, Kec. Sirnajaya, Kab. Bogor.

11. Mandalawangi Cibodas

Mandalawangi Cibodas
Image Credit: Google Maps (Mandalawangi Cibodas Camping Ground)

Destinasi Mandalawangi Cibodas sudah lama populer di kalangan para wisatawan, terlebih bagi mereka yang hobi melakukan aktivitas di luar ruangan. Mandalawangi ini tak hanya menawarkan area camping yang luas, namun di sini juga da jalur pendakian ke Gunung Gede Perangko yang masih berada di satu kawasan yang sama.

Mandalawangi Cibodas sendiri berada di daerah Cimacan, dimana lokasi ini sangat mudah untuk dijangkau. Karena kemudahan aksesnya, destinasi tersebut selalu ramai akan pengunjung. Kondisi alamnya juga masih sangat terjaga dan asri, dengan pemandangan hijau di sekeliling area wisata. Suasana ini akan memanjakan Anda selama berkemah di Mandalawangi Cibodas.

Lokasi: Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

12. DJungle Private Camp

DJungle Private Camp
Image Credit: Google Maps (DJungle Private Camp)

Tempat berkemah lainnya yang memiliki camping ground luas yaitu DJungle Private Camp, dimana areanya mencapai sekitar 10 hektar. Daerah ini cukup jauh dari pemukiman sehingga Anda bisa menikmati aktivitas camping tanpa gangguan. Seperti benar benar berada di alam bebas, jauh dari hiruk pikuk perkotaan, akan memberikan Anda pengalaman camping yang nyata.

Selain berkemah, di sini Anda juga melakukan banyak aktivitas seru. Salah satunya yaitu hiking atau trekking di Curug Kembar. Keindahan air terjun dari Curug Kembar tersebut akan membuat kegiatan trekking Anda menjadi lebih seru. Selain itu D’Jungle Private Camp juga memiliki fasilitas lengkap, ada juga pemandian air hangat yang disediakan bila Anda tertarik.

Lokasi: Batu Layang, Kec. Cisarua, Kab. Bogor.

13. Gunung Eusing

Gunung Eusing
Image Credit: Google Maps (Arti Nih)

Meski Gunung Eusing tidak begitu tinggi, hanya sekitar 360 mdpl, namun wilayah ini juga memiliki udara yang cukup sejuk dengan pemandangan alam yang tidak kalah cantik. Gunung yang ada di kawasan Rumpin ini juga sangat cocok dijadikan tempat camping, sebab beberapa areanya memiliki permukaan yang datar sehingga dapat dengan mudah didirikan tenda.

Lokasi: Gobang, Kec. Rumpin, Kab. Bogor.

14. Griya Sawah Lega

Griya Sawah Lega
Image Credit: Google Maps (Imanuel aruan)

Griya Sawah Lega menawarkan Anda pengalaman berkemah yang berbeda dari lainnya. Di sini Anda akan diajak merasakan camping di sawah, Anda bahkan tidak perlu membawa tenda sendiri karena telah disiapkan di sana. Selain camping, Anda juga dapat menjajal kegiatan outbound yang begitu seru di Griya Sawah Lega ini.

Lokasi: Griya Sawah Lega, Kec. Cisarua, Kab. Bogor.

15. Bukit Alesano

Bukit Alesano
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Terakhir ada Bukit Alesano yang juga populer dijadikan sebagai tempat camping. Bukit ini berada di kawasan Cijeruk, dan terkenal akan pemandangan malam harinya yang amat mempesona. Dari atas bukit ini Anda bisa melihat kerlap kerlip lampu kota Bogor yang indah dan gemerlap, namun tetap ditemani suasana damai dan tenang dari bukit.

Lokasi: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor.

Apabila Anda memiliki waktu lebih saat liburan tiba, maka melakukan aktivitas camping bisa menjadi salah satu pilihan rekreasi keluarga yang tepat. Dengan berkemah Anda bisa lebih dekat dengan keluarga, sekaligus memperoleh pengalaman seru yang berkesan dan tak terlupakan. Jadi liburan selanjutnya, tempat camping hits di Bogor mana yang ingin Anda kunjungi?