Ketika berada di Bandung, camping dapat menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Inilah daftar tempat camping hits di Bandung yang wajib Anda kunjungi. 

Ketika berbicara mengenai tempat wisata seru dan menarik, Kota Kembang ini tak ada habisnya menawarkan sejuta keindahan destinasi wisata di dalamnya. Dengan keindahan dan nuansa kota yang sejuk, Anda dapat melakukan berbagai hal di Kota Bandung ini, mulai dari berkuliner bahkan hingga camping. Apabila Anda tertarik untuk berkemah di sini, simak rekomendasi tempat camping terbaik di Bandung yang bisa Anda pilih.

1. Ciwidey Valley

Ciwidey Valley
Image Credit: Google Maps (Rachman haryanto)

Tempat camping pertama yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Ciwidey Valley. Terkenal menjadi sebuah tempat wisata camping dengan pemandangan yang indah, membuat banyak wisatawan berdatangan. Tempat ini mengusung konsep layaknya seperti sedang berada di bumi perkemahan. Ciwidey Valley sangat terkenal karena tandanya seperti suku Indian.

Ketika berada di tempat ini, ada berbagai aktivitas lain yang dapat Anda lakukan. Selain camping, Anda dapat berjalan-jalan melihat pemandangan yang ada di sekitar seperti Kawah Putih dan Danau Situ. Tentunya sangat menarik bukan? Dapat mengisi waktu luang dengan berjalan menikmati pemandangan sekitar.

Lokasi: Jl. Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

2. Situ Cileunca Pangalengan

Situ Cileunca Pangalengan
Image Credit: Instagram.com @hilmanimanuddin

Bagi Anda yang penasaran, bagaimana rasanya saat bangun tidur langsung disambut dengan pemandangan sebuah danau yang indah. Maka tak ada salahnya untuk meluangkan waktu dan berkunjung di Situ Cileunca Pangalengan. Nyatanya tempat ini merupakan sebuah danau buatan dengan luas sekitar 1400 hektar. Lahannya yang luas membuat Anda dapat melakukan berbagai hal di sana.

Tempat ini mengusung sebuah tema dengan konsep One Stop Adventure, yang mana berarti bahwa satu tempat dengan berbagai tantangan. Terdapat sebuah fasilitas berupa lapangan rumput, yang memiliki beragam jenis permainan seperti outbond. Tak hanya itu, Anda juga dapat merasakan bagaimana serunya bermain arum jeram.

Lokasi: Desa Wanasari, Kec Pangelangan, Kota Bandung.

3. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya
Image Credit: Google Maps (alifah Kurnia)

Tempat camping selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah The Lodge Maribaya. Destinasi wisata satu ini, terkenal dengan keindahan pemandangan yang disuguhkan. Menyajikan sebuah pemandangan pegunungan dan hutan pohon pinus yang rindang dan asri. Tak heran apabila banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi camping ini.

Saat melakukan kegiatan camping di sini, Anda dapat menikmati sebuah fasilitas berupa glamping atau glamour camping. Sesuai dengan nama fasilitas yang diberikan, tempat ini telah menyediakan berbagai kebutuhan lengkap saat berkemah. Mulai dari tenda dengan bentuk yang sangat unik hingga perlengkapan mandi yang sudah disiapkan.

Lokasi: Jl. Maribaya, Babakan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

4. Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas
Image Credit: Hargatiket.net

Selain glamping, di Bandung terdapat sejumlah tempat camping dengan budget minim namun dengan pemandangan yang tidak kalah indah. Salah satunya yaitu Kampung Cai atau Bumi Perkemahan Ranca Upas, yang termasuk ke Taman Wisata Alam Cimanggu. Disini Anda bisa membawa segala jenis peralatan camping sendiri.

Namun, tidak perlu khawatir bagi yang tidak mempunyai persiapan camping atau tidak mempunyai peralatan camping. Karena disini menyediakan sewa alat camping lengkap dengan harga terjangkau. Saat malam hari ditemani suasana dingin khas bumi perkemahan, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti memberi makan rusa. Sangat seru pastinya.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

5. Dusun Bambu

Dusun Bambu
Image Credit: Instagram.com @setiawantjong

Pernah membayangkan dan berkeinginan menjadi burung yang terkurung dalam sangkar? Dusun Bambu ini akan mewujudkan keinginan Anda. Tempat ini terletak di Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Dusun Bambu mempunyai desain tempat yang unik dengan ruangan khas sangkar burung.

Daya tarik dari tempat ini salah satunya adalah adanya camping groundnya yang mempunyai fasilitas camping bersama keluarga. Tidak hanya itu, Dusun Bambu mengusung konsep camping premium dengan nama Camping Ground Sayang Heulang. Yang menjadikan istimewa ketika Anda menghabiskan malam di alam terbuka ini adalah Fasilitas modern yang dimilikinya.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

6. Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole
Image Credit: Anekatrip.com

Rekomendasi tempat camping selanjutnya adalah Terminal Wisata Grafika Cikole yang berada di Bandung Barat, tepatnya di daerah Cikole Lembang. Daya tarik yang ditawarkan di tempat ini adalah lokasinya yang dekat dengan jalan raya sehingga Anda tidak perlu mendaki dan melewati medan berat untuk sampai ke lokasi.

Terminal Wisata Grafika Cikole menawarkan kesan rumah pedesaan dengan interior dan eksterior yang hampir semuanya terbuat dari bahan kayu. Tempat ini dibangun dengan menyelaraskan suasana alam sekitarnya. Hamparan rumput yang berada di sela pepohonan pinus dengan udara sejuk membuat Anda betah untuk camping.

Lokasi: Jl. Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

7. D’Camp Bandung

D’Camp Bandung
Image Credit: Google Maps (Fazrin Nuralam Azhary)

Tempat wisata D’Camp Bandung ini lebih akrab dengan sebutan Cibodas Alam Madani Park, singkatan yang cukup menarik, bukan? Bumi perkemahan ini menyediakan area outbound dan team building yang diperuntukkan untuk pelajar, maupun karyawan. Untuk fasilitasnya juga cukup lengkap, mulai dari toilet, tempat ibadah, kolam renang hingga sarana hiburan.

Lokasi: Cikidang, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

8. Trizara Resorts Glamping

Trizara Resorts Glamping
Image Credit: Google Maps (Trizara Resorts Glamping Lembang)

Tempat camping yang satu ini mengusung konsep resort dengan kesan glamour dan mewah. Di Trizara Resorts Glamping ini menyediakan tenda dengan berbagai ukuran kamar, layaknya di resort. Harga yang ditawarkan tempat ini bisa dibilang cukup terjangkau, melihat dari mewahnya fasilitas yang disuguhkan.

Tidak perlu khawatir dengan bagaimana pemandangan di sana. Tentu pemandangan sekitarnya sangatlah cantik. Bagi penikmat sunrise, di sini Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit di pagi hari serta lampu kota yang gemerlap di malam hari. Berbagai fasilitas outbound yang menarik juga disediakan di area bukit yang mempunyai luas 3 hektar ini.

Lokasi: Jl. Pasir Wangi, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

9. Camping Ground Tebing Keraton

Camping Ground Tebing Keraton
Image Credit: Google Maps (Ali Green)

Tempat yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka berburu pemandangan pohon pinus yang diselimuti kabut pada pagi hari. Lokasi ini satu tempat dengan lokasi campingnya. Jika ingin ketempat ini, hanya perlu masuk di pintu yang sama dan nantinya di sana akan disediakan petunjuk, Anda tinggal mengikutinya.

Area untuk camping bisa dibilang cukup luas, dan dikelilingi oleh pohon-pohon besar yang dapat membuat suasana siang hari menjadi teduh dan sejuk. Anda bisa membawa peralatan camping sendiri ketika ingin bermalam di sini. Namun, jika tidak mempunyai alat camping, pengelola Tebing Keraton menyewakannya. Pastikan untuk tidak telat untuk berburu pemandangan pagi yang indah.

Lokasi: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kota Bandung.

10. Pine Forest Camp

Pine Forest Camp
Image Credit: Google Maps (PINE FOREST CAMP)

Pine Forest Camp adalah tempat camping di Bandung Barat yang wajib Anda kunjungi. Tempat camping ini berada di ketinggian 1.200 mdpl. Sehingga, daya tarik tempat ini terletak pada bumi perkemahan yang berada di atas pegunungan yang sejuk. Tempat ini dijamin cukup nyaman dan aman karena terletak di area tertutup dengan dikelilingi hutan pinus yang masih asri.

Dengan nuansa alamnya yang masih asri, membuat Pine Forest Camp bisa dijadikan lokasi terbaik untuk dikunjungi akhir pekan sambil melepas penat. Di tengah dinginnya udara malam, Anda tidak boleh melewatkan kegiatan api unggun untuk menghangatkan diri. Suasana yang sangat tepat bukan, untuk quality time di malam hari.

Lokasi: Suntenjaya, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

11. Glamping Legok Kondang Lodge

Glamping Legok Kondang Lodge
Image Credit: Inilahkoran.com

Masih di Bandung Selatan, tempat yang satu ini menjadi rekomendasi objek camping istimewa ala hotel berbintang. Sudah bisa dibayangkan betapa nyamannya vibe yang akan disuguhkan di tempat ini. Disini Anda bisa memilih diantara 16 tenda yang disediakan dan menyesuaikannya dengan jumlah orang yang nantinya akan menginap.

Fasilitas di tempat ini bisa dibilang juga sangat lengkap. Mulai dari toilet dengan air hangat, kolam renang outdoor, taman, teras, televisi dengan siaran tv kabel, dan juga sarapan prasmanan. Di tempat ini Anda juga akan disuguhkan pemandangan bukit yang indah sambil menikmati hangatnya api unggun dan langit berbintang saat malam sedang bersahabat.

Lokasi: Jl. Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Kota Bandung.

12. Camping Ground Gunung Putri

Camping Ground Gunung Putri
Image Credit: Google Maps (Rara Aqustiani)

Camping murah meriah tetapi ingin melihat pemandangan sunrise yang keren? Anda bisa berkunjung ke Gunung Putri. Meski nama tempat ini Gunung Putri, namun Anda tidak perlu capek-capek menuju puncaknya. Ini bukan gunung-gunung besar seperti yang Anda bayangkan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk sampai ke tempatnya.

Disini disediakan tempat penyewaan peralatan camping yang mungkin diperlukan saat berkemah. Anda bisa bebas memilih spot yang diinginkan untuk membangun tenda. Saat hari-hari biasa, Anda tidak perlu khawatir memilih dan kehabisan tempat karena memang area tempat ini sangat luas. Tempat ini adalah spot yang tepat untuk melihat indahnya gemerlap lampu malam di Bandung.

Lokasi: Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

13. Ciwangun Indah Camp

Ciwangun Indah Camp
Image Credit: Instagram.com @rivaldifhri

Ciwangun Indah Camp ini adalah objek populer sebagai tempat outbound dan team building yang berada di daerah Bandung Barat. Area camping ini tentu akan memberikan Anda pengalaman dan sensasi berkemah yang sebenarnya. Untuk Anda yang ingin berkemah namun tidak mempunyai peralatan, disini juga menyediakan tenda dan perbekalan lainnya.

Setelah menyewa tenda beserta perlengkapannya, Anda bisa langsung memasang dan mendirikannya bersama dengan teman-teman Anda. Beragam aktivitas menarik pun tersedia di Ciwangun Indah Camp ini seperti outbound, paintball, flying fox, wall climbing, kolam renang, airsoft gun serta danau buatan.

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

14. Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali
Image Credit: Google Maps (Glamping Lakeside Rancabali)

Tempat camping yang berada di Bandung Selatan ini menawarkan sensasi menginap ala Glamping Bandung di pinggir Situ Patenggang. Daya tarik dari tempat ini adalah ditawarkannya glamping dengan view danau dan kebun teh. Objek yang satu ini berada di dekat Perkebunan Teh Bandung.

Tidak harus menginap jika ingin datang kesini, Anda bisa bersantai di alam terbuka yang luas dengan didominasi kebun teh. Terdapat banyak tenda-tenda eksklusif berjajar menghadap ke Situ Patenggang. Bisa dibayangkan betapa asyiknya malam-malam duduk bengong di depan tenda sambil memandangi danau yang indah di tengah udara malam yang membelai.

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.Km. 39, Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung.

15. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung

Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung
Image Credit: Youtube.com (Wahid A Fauzi)

Terakhir, tempat ini sangat wajib Anda kunjungi ketika di Bandung, yaitu Buper Ranca Cangkuang Gambung. Terutama untuk Anda yang suka berpetualang dan tidur di alam terbuka hanya beralaskan matras sambil mendirikan tenda camping. Tempat ini bertempat di dekat kawasan Pusat Penelitian Teh dan Kina, Gambung.

Buper Ranca Cangkuang Gambung ini menawarkan daya tarik tempat camping yang eksotik di tepi sungai dengan suguhan pemandangan Gunung Tilu. Selain diperuntukkan untuk camping, disini juga sering dijadikan tempat family gathering dan outbound. Fasilitas seperti mushola, toilet, dan rumah makan yang sudah memadai akan membuat Anda lebih nyaman berada di sini.

Lokasi: Mekarsari, Kec. Pasirjambu, Kota Bandung.

Saat ini di Bandung, kegiatan berkemah atau camping sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan. Ketika ingin camping, Anda tidak perlu seribet dulu yang harus menyiapkan banyak kebutuhan. Berbeda dengan sekarang ini sudah banyak tempat wisata camping yang menawarkan berbagai kemudahan dengan fasilitas yang dihadirkan. Jadi tempat mana yang akan anda pilih?