Selain berwisata alam, melakukan wisata belanja menjadi hal seru dilakukan di Bandung. Berkunjung ke Kota Kembang, Anda bisa menemukan deretan pusat perbelanjaan yang populer dan harga produk terjangkau.

Ketika berlibur, rasanya seperti ada yang kurang bila tidak melakukan wisata belanja. Baik itu untuk sekadar cuci mata, membeli keperluan selama perjalanan, atau untuk dibawa sebagai oleh oleh ketika kembali ke daerah asal. Di daerah Bandung yang terkenal sebagai kota mode, banyak sekali deretan tempat belanja yang bisa ditemukan untuk memuaskan hati Anda. Berikut beberapa yang populer dikunjungi wisatawan.

1. Gasibu

Gasibu
Image Credit: Pojoksatu.id

Apabila Anda mencari tempat belanja murah meriah dan ramah di kantong, maka Gasibu patut berada di daftar pertama yang harus Anda kunjungi. Tempat satu ini sangat identik dengan pasar rakyat, dan selalu hadir pada hari minggu tepat di depan Gedung Sate. Gedung Sate sendiri merupakan salah satu tempat wisata bangunan bersejarah yang ada di kota Bandung.

Jadi bila Anda berkunjung ke Gedung Sate pada hari minggu, maka Anda juga bisa sekaligus melakukan wisata belanja di Gasibu. Gambaran dari pasar dadakan tersebut khas pasar minggu pada umumnya, yaitu sangat ramai, seru, dan merakyat. Dimana Anda bisa menemukan aneka produk mulai dari pakaian, keperluan rumah tangga, hingga barang barang hiburan.

Lokasi: Lebak Gede, Kec. Coblong, Kota Bandung.

2. Nata Point Kopo

Nata Point Kopo
Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Satu lagi tempat belanja dengan budget friendly yang ada di Bandung, yaitu Nata Point Kopo yang terletak di daerah Kopo Sayati. Jadi jika Anda hendak berwisata ke kawasan Pangalengan dan Ciwidey, maka jangan lupa untuk mampir ke tempat belanja satu ini. Areanya sendiri masuk ke dalam gang, yang tidak terlalu sempit.

Di sepanjang jalan masuk gang tersebut, Anda bisa menemukan deretan rumah yang dijadikan sebagai toko fashion mulai dari pakaian, tas, sepatu, jaket, dan lain sebagainya dijajakan dalam toko tersebut. Tentunya harga yang ditawarkan sangat murah meriah, terutama bila Anda memiliki kemampuan dalam tawar menawar harga produk.

Lokasi: Sayati, Kec. Margahayu, Kota Bandung.

3. Jalan Cibaduyut

Jalan Cibaduyut
Image Credit: Dirgantaracarrental.com

Area sekitar Jalan Cibaduyut bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin merasakan wisata belanja dengan budget pas pasan. Daerah ini juga bisa Anda kunjungi setelah puas berwisata ke Pangalengan dan Ciwidey, yang merupakan tempat wisata populer di Bandung Selatan. Kepopuleran tempat wisata belanja di Jalan Cibaduyut ini bahkan sudah terdengar di kalangan wisatawan.

Salah satu yang membuatnya menjadi terkenal adalah aneka kerajinan kulit home made asli Cibaduyut. Beberapa produk yang ditawarkan seperti sepatu, tas, dompet, atau aksesoris lainnya. Tidak heran jika musim liburan tiba, daerah sekitar tempat tersebut selalu penuh sesak dipadati oleh para wisatawan yang tidak hanya berasal dari dalam negeri namun juga luar negeri.

Lokasi: Jl. Cibaduyut Raya, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung.

4. Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung
Image Credit: Detik.com

Tempat lainnya yang juga sangat populer di kalangan wisatawan sebagai tempat belanja murah, yaitu Pasar Baru Bandung yang berada di kawasan Otto Iskandar Dinata. Karena ketenarannya, saat berkunjung ke sini Anda bisa menjumpai banyak wisatawan dari Brunei, Malaysia, atau asal benua Timur Tengah dan Afrika yang hilir mudik.

Banyak dari wisatawan tersebut yang membeli barang dalam jumlah besar, untuk kemudian diperjual belikan kembali di negara asalnya. Pasar Baru Bandung atau yang dikenal dengan nama Pasar Baru Trade Centre Bandung ini, memang terkenal sebagai pusat grosir terbesar di daerah tersebut. Barang yang dijajakan sendiri didominasi oleh baju, jeans, dan kain dengan harga terjangkau.

Lokasi: Jl. Otto Iskandar Dinata Blok NG13 No.45, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

5. Pasar Lembang

Pasar Lembang
Image Credit: Detik.com

Selanjutnya ada Pasar Lembang yang berada di kawasan Bandung Barat. Apabila berbicara mengenai wisata Lembang, sepertinya hampir semua orang di tanah air setidaknya pernah mendengar namanya. Daerah ini memang sangat terkenal sebagai surga wisata, yang memiliki segudang pesona keindahan alam luar biasa menakjubkan.

Jadi selepas Anda menjelajah di berbagai objek wisata Lembang, maka jangan lupa untuk berkunjung di pasarnya. Di sini Anda bisa berbelanja berbagai kebutuhan untuk diri sendiri selama perjalanan, maupun membeli cinderamata untuk dibawa pulang. Tidak hanya barang saja, di sini juga sangat mudah menemukan aneka kuliner khas Bandung yang patut dicoba.

Lokasi: Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

6. Jalan Cihampelas

Jalan Cihampelas
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Selain Jalan Cibaduyut, Jalan Cihampelas juga tidak kalah populer dikunjungi baik oleh masyarakat setempat maupun para wisatawan domestik dan mancanegara. Tempat ini bahkan menjadi salah satu ikon kota Bandung, yang selalu tidak pernah terlihat sepi. Mengingat ketenarannya, tentu banyak sekali barang yang bisa Anda temukan di sini.

Bagi Anda yang ingin mencari pakaian dengan harga terjangkau serta desain menarik dan lucu, maka di sini Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Di sepanjang Jalan Cihampelas tersebut, Anda bisa menemukan banyak toko berderet dengan bentuk seperti ruko yang menjajakan aneka pakaian. Selain itu ada juga aneka oleh oleh khas Bandung yang juga bisa Anda jumpai.

Lokasi: Jl. Cihampelas Nomor 160, Cipaganti, Kec. Coblong, Kota Bandung.

7. Gang Tamim

Gang Tamim
Image Credit: Destinasibandung.co.id

Apabila Anda berkunjung ke Pasar Baru Bandung, jangan buru buru untuk melanjutkan perjalanan. Sebab di belakang area pasar tersebut ada Gang Tamim yang cukup legendaris di kalangan warga setempat. Pasalnya Gang Tamim ini disebutkan sudah ada sejak tahun 1960, dan dulunya adalah pusat penjualan barang kelontong.

Namun sekitar tahun 1980, salah satu pemilik toko yang ada di Gang Tamim tersebut beralih menjajakan pakaian. Dan ternyata disukai oleh para pembeli, sehingga sampai saat ini Anda bisa menemukan berbagai jenis kain atau denim yang dijual secara grosir. Tentunya harga yang ditawarkan tergolong sangat murah meriah, sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Lokasi: Jl. Tamim, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

8. Pasar Sentra Rajut

Pasar Sentra Rajut
Image Credit: Myedisi.com

Berikutnya ada Pasar Sentra Rajut yang ada di daerah Binong Jati, dimana sesuai dengan namanya di sini Anda bisa menemukan banyak sekali baju rajutan. Kualitas dari baju rajutan yang diperjualbelikan di pasar ini tidak kalah dengan baju baju bermerek yang dijual dengan harga tinggi. Namun di sini Anda bisa mendapatkan kualitas apik dengan harga cukup terjangkau.

Bahkan berbagai produk rajutan mulai dari cardigan, jaket, baju hangat, serta syal yang diproduksi oleh pasar tersebut sudah berhasil diekspor ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Dalam produksinya sendiri, Sentra Rajut tersebut mempekerjakan masyarakat sekitar sehingga bisa memajukan perekonomian rakyat setempat.

Lokasi: Binong, Kec. Batununggal, Kota Bandung.

9. Renaritti

Renaritti
Image Credit: Kotakami.com

Bagi Anda yang ingin mencari atau berbelanja produk fashion lengkap untuk keluarga, maka Renaritti adalah jawaban atas permintaan tersebut. Pusat belanja yang ada di daerah R.E Martadinata tersebut memang menjajakan banyak sekali produk fashion, mulai dari pria, wanita, hingga anak anak yang tersedia dalam berbagai bentuk dan model.

Item item fashion menarik bisa Anda temukan, lengkap dari ujung kepala hingga ujung kaki seperti kaos, kemeja, celana, rok, sepatu, tas, dan aneka aksesoris lainnya. Menariknya lagi, semua produk yang ditawarkan di Renaritti tersebut harganya tergolong tidak begitu mahal dan ramah di kantong. Namun soal kualitas tidak perlu diragukan, dan bisa Anda adu dengan produk yang lain.

Lokasi: R.E. Martadinata Riau, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

10. Rumah Mode

Rumah Mode
Image Credit: Tempatwisatadibandung.info

Rumah mode layak disebut sebagai area one stop shopping, sebab pada pusat belanja ini Anda bisa memenuhi aneka kebutuhan dalam satu tempat. Di dalam bangunannya yang sangat menarik dan terlihat ramah keluarga, Rumah Mode menyediakan berbagai kebutuhan fashion mulai dari pakaian, sepatu, tas, dan macam macam aksesoris.

Bahkan di Rumah Mode, Anda bisa menemukan beberapa barang dari merek ternama namun dengan harga yang jauh lebih murah. Tidak sampai di situ, di sini Anda juga dapat menikmati berbagai hal lainnya seperti kolam ikan, air mancur, pertunjukan musik, hingga area kuliner yang menawarkan banyak makalan lezat penggugah selera.

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.41, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

11. The Secret

The Secret
Image Credit: Bandungtourexpert.com

The Secret merupakan Factory Outlet yang menyajikan cukup banyak produk fashion dari merek ternama. Jadi apabila Anda ingin mencari barang barang yang bermerek dengan harga yang cukup terjangkau di Bandung, maka pusat belanja yang terletak di daerah R.E Martadinata tersebut adalah solusi yang tepat.

Sebab berbagai item fashion lengkap dari atas ke bawah bisa Anda temukan, dimana produk produk ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau. Menariknya lagi, bangunan dari The Secret memiliki arsitektur yang cukup mencolok dengan dominasi warna merah dan hitam serta didesain nyaman pengunjung. Sehingga Anda akan betah mencari produk fashion di sana.

Lokasi: R.E. Martadinata Riau No.47, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

12. The Outfit Store

The Outfit Store
Image Credit: Google Maps (citruz grandis)

The Outfit Store dulunya bernama The Summit dan sudah didirikan sejak tahun 2011. Dengan slogan The Highest Level of Lifestyle, pusat perbelanjaan satu ini menjual produk produk dari brand terkenal. Sehingga kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai kualitasnya. Meski begitu The Outfit Store membanderol harga produk dengan cukup terjangkau.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa dompet akan menjerit ketika berbelanja di factory outlet satu ini. Produk yang ditawarkan sendiri sangat banyak, mulai dari atasan, kemeja, celana, rok, serta berbagai aksesoris pelengkap penampilan lainnya.

Lokasi: R.E. Martadinata No.61, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

13. Heritage

Heritage
Image Credit: Twitter.com @foheritage

Masih ada di sekitaran Jalan Riau, Anda juga tidak boleh ketinggalan berkunjung ke store Heritage. Nama dari FO ini sendiri berasal dari bangunannya, yang termasuk dalam kategori heritage atau warisan peninggalan sejarah. Dimana gedung bangunan tersebut sudah berdiri sejak tahun 1895, dan dari luar bahkan terlihat seperti museum dengan pilar pilar besar berwarna putih.

Meski tampak seperti museum, namun produk fashion yang ditawarkan di dalamnya adalah produk modern dari berbagai brand terkenal. Tak ayal, pusat perbelanjaan satu ini menjadi salah satu tujuan wisata belanja yang begitu populer. Di hari libur atau akhir pekan, Heritage tidak pernah terlihat sepi akan pengunjung.

Lokasi: R.E. Martadinata, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

14. Istana Plaza

Istana Plaza
Image Credit: Google Maps (Istana Plaza)

Mencari pusat perbelanjaan yang lebih besar ? Maka Istana Plaza yang terletak di daerah Jalan Pasirkaliki bisa menjadi pilihan. Terdapat banyak grai terkenal yang bisa memuaskan hasrat belanja anda, seperti Gramedia, department store, Giordano, serta berbagai gerai kuliner yang menyajikan banyak makanan lezat.

Lokasi: Jl. Pasir Kaliki No.121-123, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

15. MD Plaza

MD Plaza
Image Credit: Jtii.co.id

Sebelum berjualan di MD Plaza, para pedagang di sini merupakan orang orang yang menjajakan produk pakaian murah di King Shopping Center. Namun setelah terjadi peristiwa kebakaran, banyak pedagang yang berbondong bondong pindah ke MD Plaza. Dan kini tempat ini menyediakan macam macam kebutuhan, mulai dari pakaian hingga gerai makanan.

Lokasi: Jl. Otto Iskandar Dinata, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung.

Bandung yang dijuluki sebagai paris van java memang tidak hanya karena keindahan alamnya saja, atau karena objek wisatanya yang melimpah. Namun layaknya kota Paris yang disebut sebut sebagai kota mode, Bandung juga mempunyai banyak factory outlet yang menarik. Bahkan ada juga pusat perbelanjaan yang menawarkan lebih dari sekadar produk fashion.