Telaga Nilam, Pemandian Alami Eksotis yang Super Jernih di Kuningan

Telaga Nilam, Pemandian Alami Eksotis yang Super Jernih di Kuningan
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Sudah banyak yang menyadari bahwasanya Kabupaten Kuningan mempunyai pesona wisata tak terelakkan. Daerah ini bisa menjadi salah satu alternatif utama ketika Anda sedang mencari destinasi liburan di akhir pekan.

Terutama melalui keberadaan Telaga Nilam, kabupaten di Jawa Barat itu mampu memanjakan wisatawan dengan air jernih sebening kristal. Di sini, Anda akan menyaksikan lanskap sebuah danau yang menawan di mana bisa mengantarkan pada petualangan alam paling mengesankan.

Udara di sekitar telaga cantik ini amat sejuk, jauh dari polusi udara kota, sehingga suasananya pun begitu menenangkan. Menariknya lagi, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam agar dapat menikmati satu kali kunjungan ke sini, dengan harga kurang dari Rp 20.000, siapa pun dapat mampir dan merasakan pesonanya secara langsung.

Daya Tarik Wisata Telaga Nilam

Wisata Telaga Nilam Yang Memukau Dan Menarik Di Kuningan
Photo by Google Maps Agung Nugraha

1. Visual Telaga yang Menawan

Mengunjungi Telaga Nilam artinya siap untuk merasakan sensasi masuk ke dalam kawasan perairan jernih dan bening. Alih-alih hanya sibuk berfoto semata, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan menikmati air segar berbalut udara dingin Kabupaten Kuningan.

Di lihat dari permukaan, Anda akan menemukan sebaran warna hijau kebiruan, sebelum akhirnya mendapati banyak bebatuan setelah mendekat kawasan perairan. Bongkahan batu besar menjadi daya tarik tersendiri dan tentunya berpotensi memudahkan aktivitas wisatawan ketika berada di dalam air.

Apalagi, di sela-sela batu juga tumbuh tanaman air sehingga menambah nilai estetikanya. Kabar baiknya, air danau tidak akan mengeruh begitu saja meski Anda bermain di dalamnya. Dengan hadirnya pepohonan rindang dan nuansa serba hijau di sekitar sini, pengunjung akan dipuaskan dari segi visual.

Terutama ketika matahari merangkak naik di atas kepala, circa pukul 12 siang, sinarnya akan memantul di permukaan air telaga. Pantulan ini akan membuat danau tampak berkilauan.

2. Kesempatan Memberi Makan Ikan

Seperti telah disinggung sebelumnya, pihak pengelola menambahkan ikan ke dalam kolam alami agar pemandangannya semakin cantik. Tidak hanya memuaskan dari segi visual, Anda pun punya kesempatan untuk memberi makan kawanan ikan tersebut.

Daya tarik semacam ini memang bukan hal baru dalam dunia pariwisata, tetapi yang membuat Telaga Nilam berbeda adalah kondisi di sekitarnya. Jika biasanya ikan ditempatkan di wadah terpisah, di sini Anda akan menemukan suasana tak yang biasa.

Pengunjung dimungkinkan bermain di kolam yang jernih di mana bagian dalamnya dihuni oleh kawanan ikan dan tanaman air. Bukankah menyenangkan jika dapat menyaksikan hewan-hewan kecil saling berebut makanan? Pengunjung dapat mencobanya secara langsung tanpa mengkhawatirkan suatu apa pun!

Namun demikian, pastikan menyiapkan makanan sejak dari rumah karena secara khusus pihak pengelola belum menyediakan wahana tersebut. Sejauh ini, inisiatif memberi pakan ikan datang dari inisiatif para wisatawan.

Wisata Telaga Nilam Yang Sejuk Dan Menawan Di KUningan
Photo by Google Maps Rangga Pramana

3. Lanskap Gunung Ceremai

Kesejukan dan kesegaran di Telaga Nilam berasal dari hawa yang tercipta akibat lokasinya berada tepat di bawah Gunung Ceremai. Tidak heran, suasananya begitu menenangkan hati di mana belum terkontaminasi oleh polusi udara dari kawasan industri di perkotaan.

Selain memberikan kesempatan bagi diri sendiri untuk mengisi cadangan oksigen sehat sebanyak-banyaknya, wisatawan juga dimungkinkan menyaksikan lanskap memukau dari gunung berapi berbentuk kerucut di bilangan Jawa Barat itu.

Kombinasi antara telaga, pegunungan, dan pepohonan adalah pemandangan sempurna bagi yang ingin beristirahat sejenak dari rutinitas menjemukan setiap harinya.

4. Aneka Spot Foto

Mulai dari air danau yang bening, pepohonan subur di sekitarnya, hingga dermaga kecil sekaligus titian, semuanya bisa dijadikan tempat berfoto estetis. Apalagi, di wisata alam dekat Gunung Ceremai ini terdapat berbagai macam tumbuhan langkah yang sulit ditemukan di tempat lainnya.

Hanya saja, sudah jelas hasil akhir dari perburuan foto Anda akan relatif terhadap kualitas kamera dan keterampilan mengambil gambar. Maka dari itu, ada baiknya mengajak partner yang pandai dalam hal fotografi sebelum ke sini, di samping menyediakan kamera mumpuni.

Bahkan jika memungkinkan, wisatawan juga bisa membuat video dokumenter. Tidak jarang, pasangan yang hendak menikah dalam waktu dekat melakukan foto prewedding di danau indah ini. Barangkali Anda ingin melaksanakan hal serupa atau sekadar mencari spot artistik demi kepentingan mengabadikan momen bersama pasangan.

5. Dekat dengan Telaga Remis

Telaga Remis merupakan danau yang tak kalah cantik di dekat Telaga Nilam. Jaraknya hanya terpaut sekitar 500 meter di mana pengunjung bisa sekaligus membeli tiket masuk kedua destinasi alam tersebut dan menjelajahinya pada waktu bersamaan.

Suasananya memang tidak akan terlalu jauh berbeda, mengingat kondisi geografisnya serupa. Namun demikian, tidak ada ruginya menyempatkan diri ke Telaga Remis pada penghujung hari dan menantikan senja terbenam di ufuk barat.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Telaga Nilam Kuningan
Photo by Google Maps Deny Satria

Berlokasi di Kecamatan Pesawahan, Desa Kadeula, Telaga Nilam mempunyai lokasi yang lumayan strategis karena mengisi perbatasan tiga kabupaten sekaligus, yakni Cirebon, Kuningan, dan Majalengka. Namun, secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Kuningan, persisnya di titik km 35 sebelah utara, atau terpaut sejauh 24 km dari Cirebon.

Posisi tersebut serta-merta membuat telaga menawan ini mudah diakses di mana pengunjung tidak akan terlalu sulit menemukannya. Anda dapat memanfaatkan peta online atau petunjuk arah yang memang disediakan oleh warga sekitar.

Selain itu, alternatif kendaraan pun cukup variatif karena sudah ada jalur angkutan umum yang bisa ditumpangi dari terminal kota menuju desa setempat. Namun, setelahnya Anda harus menyewa ojek untuk tiba di lokasi spesifik wisata alam ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket Masuk Di Wisata Telaga Nilam Kuningan
Photo by Google Maps novi gayatri

Jika datang menggunakan kendaraan bermotor, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 untuk lahan parkir. Sementara tiket masuk di Telaga Nilam sendiri masih terbilang terjangkau yakni senilai Rp 15.000.

Tarif retribusi tersebut sangat sepadan dengan pengalaman mengasyikkan yang nantinya akan Anda rasakan selagi berlibur di sini. Selain dari aspek suasana, fasilitasnya pun siap mendukung aktivitas wisatawan. Untuk jam operasionalnya sendiri, dimulai sejak pukul 08.00 sampai 17.00 WIB, jadi pastikan datang sesuai jadwal.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Telaga Nilam Kuningan
Photo by Google Maps Nur hasanah

1. Berenang dan Menyelam

Dengan visual Telaga Nilam yang mengesankan, sekaligus udara sejuk menyegarkan, menyelam dan berenang layak dipertimbangkan sebagai kegiatan prioritas sewaktu Anda berkunjung ke sini. Kenyataannya memang lebih banyak wisatawan memilih menghabiskan waktu dengan menjelajahi mata air ini. Menariknya, meski demikian tidak menjadikan airnya mendadak keruh.

Secara umum, telaga indah ini dikelompokkan menjadi dua bagian, yakni dangkal dan dalam. Untuk danau yang dangkal, kedalamannya sekitar 1,2 meter saja, sementara sisanya mencapai 4 meter. Anda Namun, yang mana pun itu semuanya bisa diisi oleh orang dewasa, jadi Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan keterampilan berenang.

Kemudian, jika hendak menyelam, pengunjung tidak perlu merasa khawatir akan mengalami perih pada mata karena hal tersebut jarang terjadi. Bahkan meski ketika membuka mata di dalam air, Anda akan tetap baik-baik saja. Terlebih, sejumlah ikan hias juga sengaja dimasukkan ke dalam kolam untuk mempercantik pemandangan bawah airnya.

2. Sekadar Bersantai

Meski dengan penawaran kesenangan khusus di kawasan perairan, tetapi nyatanya sebagian wisatawan tetap memilih berada di daratan, entah karena tidak bisa berenang atau merasa malas saja. Untungnya, Anda tidak perlu risau karena mencelupkan kaki ke dalam air bisa jadi opsi yang lain.

Anda bisa duduk di antara titian yang membentang di atas danau, kemudian bersantai menikmati pemandangan sekitar, serta dinginnya air tatkala menyentuh jari-jari kaki. Melihat aktivitas pengunjung lain barangkali bisa sedikit menghibur dan menularkan keceriaan. Lagi pula, Anda tetap dapat melihat hingga ke dasar Telaga Nilam meski tidak menyelam di dalamnya.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Telaga Nilam Kuningan
Photo by Google Maps Ferisust FX

3. Meditasi

Suara percikan air danau atau gesekan dedaunan barangkali bisa menjadi healing tersendiri bagi pengunjung yang lelah akan padatnya aktivitas di perkotaan. Anda bisa mencari spot yang agak jauh dari pusat telaga di mana suasananya lumayan sepi.

Nikmati waktu-waktu sendiri sambil mendengarkan musik klasik atau apa pun, tinggal menyesuaikan selera saja. Sambil menyantap kudapan atau jajanan khas desa setempat, setiap orang berpotensi memperoleh ketenangan hingga sebelum mereka kembali ke rutinitas harian.

4. Mencari Kuliner

Sejumlah warung didirikan di kawasan Telaga Nilam untuk memfasilitasi pengunjung saat mencari makanan atau minuman. Jajanan khas Kabupaten Kuningan dapat ditemukan dengan mudah, dan tentunya, rasanya pun tidak akan mengecewakan.

Wisatawan dimungkinkan membeli jajanan, lalu menyantapnya di tepi danau. Sambil mencelupkan kaki ke dalam air, sensasinya pasti akan terasa lebih lengkap. Namun demikian, ingatlah selalu untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan. Hindari membuang sampah sebarangan karena itu berpotensi mencemari telaga cantik ini.

5. Piknik

Jangan lupakan kegiatan piknik saat berkunjung ke mari. Bagaimanapun juga, suasananya benar-benar mendukung, bisa dipastikan Anda tidak akan kecewa. Jadikan momen tersebut untuk menambah kedekatan dengan teman karib, pasangan tersayang, atau keluarga.

Sebelum berangkat, bisa dimulai dari persiapan alas duduk dan perbekalan. Tidak perlu membawa menu yang ribet, tetapi jagung manis agaknya cukup menggoda untuk dicoba. Agar semakin sempurna, buatlah perencanaan sejak jauh-jauh hari, hindari bepergian secara mendadak karena tidak menutup kemungkinan hasilnya kurang memuaskan.

Fasilitas di Kawasan Telaga Nilam

Fasilitas Di Kawasan Wisata Telaga Nilam
Photo by Google Maps Mochamad Fauzi

Pihak pengelola Telaga Nilam lumayan perhatian terhadap fasilitas yang ada di destinasi memesona ini. Sehabis berenang di danau misalnya, pengunjung dapat segera membilas diri di toilet. Jika lelah setelah berkeliling, tersedia pula gazebo di antara pepohonan rindang.

Di sisi lain, saat hendak mengoleksi suvenir khas destinasi alam ini, ada toko khusus yang siap memfasilitasi. Tidak hanya itu, saat merasa lapar dan haus, Anda dapat berburu kuliner di lingkungan sekitar danau. Secara menyeluruh, kondisi fasilitas umum yang disediakan lumayan terawat.

Selanjutnya, ada pula area parkir luas sehingga tidak perlu berebutan lahan ketika Anda membawa kendaraan milik pribadi. Baik motor maupun mobil, semuanya dapat ditampung dengan baik. Lalu untuk tempat ibadah, telah disiapkan musala secara terpisah.

Telaga Nilam menawarkan liburan bernuansa alami dengan kesegaran, kesejukan, dan keindahan yang dipadukan dalam satu wilayah. Mulai dari bersantai, meditasi, bermain air, hingga sekadar berfoto ria, semua itu mungkin dilakukan. Oleh karenanya, luangkan waktu Anda untuk menikmati liburan bersama keluarga, teman, dan pasangan di telaga estetis ini.