Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Lengkong Kulon, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat.

Saat mengunjungi Majalengka di Jawa Barat, jangan lupa untuk menyempatkan diri berlibur ke Telaga Herang. Anda akan disuguhkan pesona estetis dari perairan yang berwarna hijau kebiruan. Bahkan, itu dapat membantu melunturkan rasa lelah setelah beraktivitas seharian.

Mengingat telaga cantik ini begitu memesona, sayang jika setelah berkunjung Anda tidak sempat bermain air. Maka dari itu, pastikan untuk membawa peralatan memadai seperti baju ganti agar pengalaman liburan semakin menyenangkan. Pasalnya, permandian adalah ikon utama dari pemandian tersebut.

Udaranya yang dingin, air jernih, dan lingkungan bernuansa hijau merupakan kombinasi sempurna untuk melepas penat. Dari bebatuan yang ditumbuhi pohon liar di sekitar telaga hingga kedalaman air yang masih terjangkau, semuanya akan memanjakan Anda. Lebih dari sekadar destinasi alam biasa, Telaga Herang mampu memberikan kepuasan bagi pelancong.

Daya Tarik Wisata Telaga Herang

Wisata Telaga Herang Yang Mempesona Dan Menarik Di Majalengka
Photo by Google Maps Widia Wati

1. Telaga Jernih

Sesuai namanya, daya tarik utama tentu berasal dari kawasan perairan. Telaga estetis ini mampu memikat Anda hingga rasanya ingin terus berlama-lama di dalam air. Ikan-ikan kecil yang hidup di dalamnya semakin mempercantik suasana. Apalagi, warnanya beragam dan terlihat mencolok.

Telaga Herang memang bukan satu-satunya destinasi natural yang menjadikan air tawar sebagai ikon penarik minat wisatawan. Namun di sini, Anda akan mendapati paket lengkap. Kesempatan menyelam, berenang, bermain dengan teman atau pasangan, siapa yang tidak ingin?

Bahkan, jika enggan bermain air karena mungkin tidak bisa berenang, Anda bisa tetap duduk di tepi telaga sambil mencelupkan kaki ke dalamnya. Mengingat kondisi airnya bersih, terawat, dan jernih, itu juga dapat menjadi hiburan lain, seperti mengamati apa yang ada di dasar kolam.

Wisata Telaga Herang Yang Seru Dan Lagi Hits Di Majalengka
Photo by Google Maps Jim Bronk

2. Wahana

Selain daya tarik alami, pihak pengelola juga menyediakan sejumlah wahana untuk menyenangkan pengunjung. Misalnya, Anda bisa bermain flying fox, terbang di atas ketinggian sekian meter dari atas tanah. Melintasi kawasan destinasi sambil melihat apa yang sedang terjadi di bawah sana.

Di sisi lain, ada pula wahana menarik lainnya seperti balon air. Anda bisa masuk ke sini, mengapung di atas permukaan telaga, lalu ciptakan gelombang agar balon tersebut dapat berguling. Biasanya, permainan ini dilakukan bersama orang lain sehingga jauh lebih seru.

3. Suasana Segar

Di bagian daratan, kesegaran tetap akan menjadi milik pengunjung. Terletak di kaki Gunung Ceremai, hawa dingin yang menyelimuti Telaga Herang tidak dapat dielakkan. Bahkan, jika Anda punya alergi dengan udara dingin atau tidak tahan dengannya, disarankan untuk mengenakan jaket tebal agar merasa aman selama berwisata.

Apalagi, ada banyak pepohonan yang tumbuh subur di sekitar sini. Beberapa batu tebing juga tampak melingkupinya. Namun uniknya, meski terlihat berada di tengah hutan, lokasi telaga eksotis ini tidaklah tersembunyi seperti kesannya.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Telaga Herang Di Majalengka
Photo by Google Maps budi able

Telaga Herang berada di Kabupaten Majalengka, Kecamatan Sindangwangi. Jika hendak ke sini, Anda dapat memanfaatkan kendaraan roda empat ataupun roda dua. Sepanjang perjalanan kondisinya cukup baik sehingga tidak akan begitu menyulitkan pelancong. Apalagi, tersedia plang penunjuk arah yang bisa menjadi panduan.

Butuh waktu setidaknya kurang lebih 45 menit untuk melintasi perjalanan sejauh 22 km dari pusat Kabupaten Majalengka. Jika kesulitan mencari alamat, tidak perlu bingung karena bisa langsung menggunakan aplikasi peta online. Lagi pula, destinasi alam di Lengkung Kulon ini bukanlah hiburan terpencil yang sulit diakses.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk Di Wisata Telaga Herang Majalengka
Photo by Google Maps Upi Puspitasari

Berlokasi di kaki Gunung Ceremai, tarif retribusi yang harus Anda bayarkan untuk menikmati segala pesona Telaga Herang akan sepadan. Bahkan, bisa dibilang justru terbilang murah mengingat fasilitas di sini juga menjanjikan kenyamanan.

Setiap pengunjung pasalnya hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. Jika Anda membawa kendaraan roda dua, maka akan dikenakan biaya Rp 2.000, sementara roda empat Rp 5.000. Jadwal operasionalnya mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB setiap hari. Dari air jernih hingga lanskap hijau natural, semuanya mampu menghibur hati Anda.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Telaga Herang Majalengka
Photo by Google Maps Abdul Soleh

1. Bermain Air

Apa yang tidak boleh dilewatkan sewaktu Anda berkunjung ke pemandian? Jelas, jawabannya adalah bermain air. Dari mandi, menyelam, berenang, hingga sekadar masuk ke dalam Telaga Herang, semuanya dapat dicoba dalam sekali waktu.

Jika datang bersama keluarga, kawan, atau pasangan, pastikan mereka juga mau turun ke dalam air. Nikmati hawa sejuk di kaki Gunung Ceremai sambil melihat-lihat pohon liar yang berjajar di sekitarnya. Meski bermain air bukan hal baru di sektor pariwisata, tentu telaga indah ini akan memberikan pengalaman seru yang tidak diperoleh saat berada di tempat lain.

2. Duduk Santai

Terkesan aneh jika ke Anda mengunjungi tempat wisata jika hanya duduk diam seharian. Namun, bagaimana bila pemandangan yang disaksikan begitu memikat dan suasananya mendukung untuk bermalas-malasan?

Pastinya, tidak harus sehari penuh dari pertama kali menginjakkan kaki hingga menjelang pulang, tetapi memang, duduk santai di sini sangat layak untuk dicoba. Pihak pengelola telah menyiapkan sejumlah kursi yang bisa dipakai untuk memfasilitasi kegiatan tersebut. Cukup duduk diam dan amati bagaimana keseruan aktivitas di Telaga Herang.

Misalnya Anda datang pukul 07.00 WIB, ini kemungkinan besar belum terlalu banyak wisatawan lain yang berkunjung. Maka dari itu, boleh saja memanfaatkan waktu-waktu lengang untuk duduk menikmati udara pagi di kaki Gunung Ceremai. Alternatif lain, jika datang bersama orang lain, bisa sambil mengobrol terlebih dahulu.

3. Berburu Foto

Apa yang lebih menyenangkan dibanding berburu foto di era digital seperti sekarang? Aktivitas yang rasanya tidak boleh ditinggalkan ketika mengunjungi sebuah destinasi, terutama jika memiliki pemandangan alam luar biasa. Oleh karena itu, Anda pun bisa memanfaatkan momen kunjungan ke sini sebagai ajang untuk mengabadikan hal-hal cantik.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Telaga Herang Majalengka
Photo by Google Maps The Ramdani’s Channel

Selanjutnya, bisa pula memamerkan hasil berburu foto di Telaga Herang pada kanal sosial media. Harapannya, hal itu bisa menginspirasi dan menarik minat orang lain, sehingga akan semakin banyak pelancong yang mampir ke sini. Tentu semakin ramai arus pengunjung, maka pihak pengelola pada akhirnya akan menambah kelengkapan fasilitas.

Hanya saja, hal tersebut di sisi lain juga memberikan imbas negatif yang mungkin muncul. Melihat pengelolaan sampah yang terjadi di banyak tempat wisata belum optimal, hal serupa punya potensi terjadi juga di telaga jernih ini.

Oleh karena itu, sejalan dengan popularitas, memang semestinya kesadaran para wisatawan dan tata kelola pihak manajemen semakin meningkat pula. Sangat disayangkan bila telaga yang pada awalnya begitu memesona dari segi keindahan dan suasana lingkungan, berakhir buruk diakibatkan kelalaian manusia.

Itu berarti, untuk mencegah rusaknya wisata alam, maka perlu kerja sama dari berbagai pihak, termasuk Anda selaku individu pengunjung. Jangan biarkan sampah bertebaran hingga mengganggu siapa pun yang ingin menikmati kecantikan alami telaga di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini.

4. Piknik

Sebagaimana namanya piknik, berarti kegiatan tersebut dilakukan bersama lebih dari satu orang. Piknik sebenarnya cocok dicoba oleh keluarga, entah dengan jumlah anggota banyak atau sedikit. Barangkali pernah ada hari di mana terjadi selisih paham, atau jarang saling menegur karena disibukkan oleh berbagai macam kegiatan di luar rumah.

Mengambil jeda sejenak di akhir pekan atau agenda libur nasional, tampaknya cukup bagus untuk mengembalikan kedekatan antar anggota keluarga. Sejak membuat persiapan di rumah seperti perlengkapan baju ganti dan makanan, Anda bisa berinisiatif membangun keakraban yang mungkin telah luntur.

Selanjutnya, setelah tiba di destinasi menawan ini, bisa saling berbagi cerita atau sekadar duduk menikmati suasana. Jika cukup kreatif, tidak ada salahnya bermain game atau apa pun yang berpotensi menambah keseruan. Hindari sibuk bermain dengan ponsel sendiri sebab itu akan menghilangkan tujuan utama untuk menjadi saling akrab lagi.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Telaga Herang

Fasilitas Di Wisata Telaga Herang Majalengka
Photo by Google Maps Bois Sadega

Hadirnya berbagai macam fasilitas pendukung di Telaga Herang tentunya akan semakin membuat suasana liburan Anda bermakna. Terlebih, bagi para pelancong yang datang dari jauh, itu semestinya bisa jadi sarana untuk beristirahat dengan tenang. Untungnya, telaga indah ini sudah cukup populer sehingga fasilitasnya pun terbilang menjanjikan.

Anda datang menggunakan kendaraan pribadi? Ada area parkir yang memiliki ukuran cukup luas dan memang diperuntukkan khusus wisatawan. Ingin membilas badan sehabis mandi di telaga atau sekadar buang air? Tersedia toilet dan kamar mandi secara terpisah sehingga pemanfaatannya pun bisa dilakukan dengan nyaman.

Setelah lelah beraktivitas di rumah tiba-tiba merasa lapar dan ingin santap siang? Ada warung makan yang memberdayakan penduduk lokal. Kesempatan ini sekaligus bisa dipakai untuk mencicipi makanan khas yang umumnya dijual di Jawa Barat. Sehabis makan ingin berfoto ria? Selain pesona alamnya, pengelola sudah menyediakan spot khusus berfoto.

Telaga Herang akan memikat Anda hingga rasanya enggan pulang. Dengan tarif retribusi yang cenderung bersahabat di dompet, wisatawan bisa kembali lagi ke sini jika memang ingin melakukannya. Rasakan segarnya area perairan dan sejuknya udara di sekitar ditemani nuansa hijau dari pepohonan dalam satu waktu!