Situ Cicerem salah satu objek wisata alam yang eksotis di Kuningan, Jawa Barat menarik untuk dieksplor pesonanya. Telaga Biru yang hits menawarkan suasana alam yang indah dan menyegarkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Situ Cicerem sebagai objek wisata telaga biru dari Kuningan merupakan sebuah tempat yang sangat asyik untuk dikunjungi dan dijelajahi pesonanya. Keindahan alam yang memukau dan susana menenangkan membuat siapa saja betah berada di telaga yang menawan ini. Anda penasaran? Yuk simak beberapa ulasan berikut.

Sejarah Situ Cicerem, Telaga Biru yang Menawan

Sejarah Situ Cicerem
Image Credit: Google Maps (Agung Praja Hudaya)

Asal mula keberadaan Telaga Biru Kuningan diduga berasal dari keberadaan salah satu wali songo yang hendak menyebarkan agama Islam di sekitar tempat ini. Cerita ini telah banyak beredar di berbagai kalangan masyarakat. Konon, air danau ini keluar ketika salah seorang wali memukulkan tongkat sakti pada area tanah.

Kesaktian ilmu karomah yang dimiliki oleh salah seorang wali akhirnya memunculkan mata air kecil yang keluar dari tanah dengan izin Tuhan. Tempat tersebut sering dimanfaatkan sebagai tempat bersuci atau wudhu dalam menyebarkan agama islam. Pertemuan agama yang sering dilakukan menyebabkan situ cantik ini diperluas hingga membentuk danau.

Tak hanya untuk bersuci, Situ Cicerem sebagai danau yang luas akhirnya banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Masyarakat luas sekitar dusun ini juga sering datang untuk memenuhi kebutuhan air. Menariknya, air yang terdapat pada telaga ini tidak pernah surut meskipun sedang musim kering.

Tempat ini memiliki kayu catang yang telah berusia ratusan tahun. Meski demikian, kayu tersebut masih kokoh berdiri hingga saat ini. Begitu pula, Anda dapat melihat 4 kursi dan 1 meja yang terbuat dari batu di tempat ini. Keberadaan kursi dan meja tersebut diduga sebagai tempat berkumpulnya para wali pada masa itu.

Mengulik Keindahan Situ Cicerem di Kuningan

Keindahan Situ Cicerem
Image Credit: Google Maps (Abdul Rosid)

Lokasi Jawa Barat yang didominasi oleh perpaduan dataran tinggi maupun dataran rendah menghadirkan wisata ciamik yang memanjakan mata. Telaga Biru Kuningan yang terkenal dengan keberadaan Situ Cicerem terletak di Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Tempat ini termasuk salah satu spot wisata apik yang sangat populer dan digandrungi sebagian besar masyarakat. Tempat ini banyak dikunjungi oleh sekelompok orang untuk sekedar menghabiskan waktu luang, bersantai, bermain hingga berburu foto ciamik. Situ ini termasuk danau alami dengan air yang jernih dan berhiaskan bebatuan dan ikan warna-warni.

BACA JUGA:  30 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru & Terhits Buat Liburan

Salah satu ketertarikan banyak orang untuk mengunjungi tempat ini adalah pesona alami yang ditunjukkan. Begitu pula, tempat ini nyatanya menyimpan sejarah unik yang mempengaruhi pembentukan danau ini. Meski demikian, nuansa alam yang menyenangkan adalah alasan utama banyak orang datang ke tempat ini.

Sebagaimana namanya, Situ Cicerem sebagai Telaga Biru kuningan dibekali dengan mata air alami berwarna biru. Kejernihan air yang menutupi telaga dengan kedalaman sekitar 5 m ini menampakkan berbagai kehidupan di dalamnya. Terdapat tumbuhan air berwarna hijau, kontur danau berbatu dan aneka macam ikan penghuni danau ini.

Uniknya, Telaga Biru ini menghadirkan aroma menyegarkan karena kondisi alam yang masih asri di tempat ini. Anda tidak akan menemukan bau amis maupun air yang keruh meskipun banyak ikan yang tinggal di tempat ini. Tak ayal jika banyak orang berdatangan sejak tempat ini booming sekitar tahun 2010 lalu.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Telaga Biru

Alamat Masuk Telaga Biru
Image Credit: Google Maps (REZKI SANJAYA)

Meskipun Telaga Biru Kuningan berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Anda tidak membutuhkan perjalanan yang sulit untuk sampai di tempat ini. Beberapa jenis kendaraan seperti sepeda motor maupun mobil dapat digunakan dengan mudah untuk menjangkau tempat ini. Menariknya, Anda akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan apik selama perjalanan.

Lazimnya, jarak tempuh yang dibutuhkan untuk sampai di tempat ini hanya membutuhkan perjalanan sekitar 2,4 km dari pusat Kota Kuningan. Anda akan menapaki medan yang menanjak dengan pemandangan hamparan sawah luas dengan Gunung Ciremai yang sangat gagah. Tak ayal jika perjalanan menuju tempat ini terasa cepat dan menyenangkan.

Perjalanan yang ditempuh dari Kuningan dapat dilakukan menuju Bundaran Ciracas. Kemudian, laluilah Jl. Mandirancan secara perlahan hingga menemui tugu macan mandirancan. Setelah itu, pilihlah arah yang menuju Jl. Cirea Pasawahan dan berlanjut sampai Anda menemukan pertigaan menuju Paniis.

Nuansa menyenangkan yang dihadirkan tempat ini nyatanya menyimpan berbagai wisata alam lain yang bisa Anda kunjungi secara bersamaan. Meski demikian, Anda perlu melanjutkan perjalanan hingga menemukan Masjid Pesawahan untuk mengunjungi Telaga Biru.

Perjalanan tidak membutuhkan rute yang rumit untuk dilalui. Lanjutan perjalanan setelah menemui Masjid Pesawahan dilakukan hingga menemui Polsek Pesawahan. Setelah itu, Anda perlu mengamati petunjuk arah dengan teliti agar dapat melihat rambu petunjuk arah yang tepat menuju Situ Cicerem.

Meski demikian, keberadaan telaga yang berada di dalam terkadang membuat siapa saja bingung ketika hendak menuju tempat ini. Untuk itu, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar karena sangat paham dengan lokasi Telaga Biru. Anda bahkan bisa menggunakan maps untuk sampai di telaga ini dengan mudah dan praktis.

BACA JUGA:  10 Air Terjun (Curug) di Kuningan yang Paling Indah & Hits

Mengunjungi telaga memesona ini dijamin puas dan tidak merasa rugi. Pasalnya, tempat ini hanya dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan uang mulai dari 10rb sebagai uang masuk. Meski demikian, harga murah yang dihadirkan menyediakan berbagai fasilitas menarik yang bisa Anda nikmati.

Wisata Telaga Biru Kuningan umumnya buka setiap hari. Anda bisa mengunjungi tempat ini mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Menariknya, jam tutup tempat ini biasanya ditandai dengan suara hewan seperti jangkrik sebagai pertanda hari mulai malam. Tentu saja, mengunjungi tempat ini pada pagi hari sangat direkomendasikan agar bisa berlama-lama di tempat ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Situ Cicerem

Aktivitas di Situ Cicerem
Image Credit: Twitter.com @SyokNyaTravel

1. Bermain Air

Kondisi air yang sangat jernih membuat siapa saja tertarik untuk masuk ke dalamnya. Terlebih lagi tempat ini terletak di bawah persis kaki Gunung Ciremai. Nuansa alam yang segar dan air yang sejuk membuat siapa saja ingin bermain di tempat ini. Pasalnya, Anda bisa bermain-main air dengan keluarga di pinggir danau.

Tak hanya di pinggir danau, Anda juga diizinkan untuk berenang bebas di tempat ini. Keberadaan kawanan ikan yang sangat akrab dengan pengunjung bisa membuat Anda merasa puas karena dapat berenang di alam bebas. Situ Cicerem bahkan dilengkapi dengan wahana permainan air yang bisa Anda gunakan bersama keluarga.

2. Memberi Makan Ikan

Selanjutnya, Telaga Biru Kuningan juga menyediakan warung yang menjual pakan ikan. Anda bisa mengajak anak-anak untuk mengenal hewan dengan memberinya makan. Menariknya, kawanan ikan warna-warni yang terdapat di danau ini akan patuh dan mendekat jika Anda ingin memberinya makanan.

3. Naik Perahu

Anda juga bisa menyusuri telag yang sangat luas ini menggunakan perahu karet. Lazimnya, telaga ini memiliki luasan tempat sampai dengan 3 ha. Dengan menyusuri telaga ini, Anda bisa mengamati berbagai hal yang ada di danau dan kondisi alam sekitarnya. Kegiatan ini bahkan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Jangan khawatir, petugas yang menjaga tempat ini selalu berusaha menjaga keselamatan pengunjung. Anda bisa mengenakan pelampung dengan aman jika ingin mencoba pengalaman ini. Begitu pula, petugas penyelamat selalu siap sedia jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Tentunya, Anda bisa mendapatkan pengalaman yang tak mudah terlupakan.

Image Credit: Twitter.com @berduasmkm

4. Berburu Foto

Keindahan wisata alam memang selalu menawarkan panorama apik bagi seluruh kalangan. Begitu pula wisata alam Telaga Biru Kuningan. Perpaduan keberadaan danau alami dengan rindangnya pepohonan pembuat sudut tempat ini semakin terlihat mempesona. Terlebih lagi tempat ini sengaja dibekali dengan spot apik untuk mengabadikan momen bersama.

BACA JUGA:  15 Hotel Murah di Kuningan yang Populer & Memiliki Fasilitas Terbaik

Salah satu spot yang banyak diminati untuk diabadikan adalah keberadaan ayunan di tepi danau, spot foto berbentuk love dan perahu karet yang bisa Anda gunakan. Dengan memadukan berbagai komponen tersebut, Anda bisa mendapatkan momen membahagiakan dengan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Telaga Biru dapat dimanfaatkan sebagai latar belakang momen membahagiakan. Para muda-mudi bisa memanfaatkan tempat ini sebagai spot foto pre-wedding yang sangat mempesona. Begitu pula, tempat ini bisa menjadi latar belakang foto ciamik untuk dibagikan ke media sosial.

Meski demikian, alangkah baiknya jika hunting foto di tempat ini dilakukan ketika cuaca sedang cerah. Pencahayaan yang tepat membuat Anda tidak kesulitan dalam mengatur kamera ketika mengambil gambar. Cuaca cerah yang dihadirkan dapat membuat tempat ini terlihat semakin menawan. Untuk itu, Anda sebaiknya mengatur perjalanan yang tepat untuk tiba di Situ Cicerem.

5. Wisata Kuliner

Mengunjungi tempat wisata memang kurang lengkap jika tidak menyantap makanan. Lazimnya, makanan dapat memberikan tambahan tenaga untuk mengeksplorasi Telaga Biru Kuningan ketika siang hari. Anda bahkan tidak perlu khawatir jika tidak membawa makanan karena tempat ini menyediakan hidangan lezat yang bisa Anda cicipi.

Tempat penjualan makanan di tempat ini memang sengaja dihadirkan dengan berbagai macam varian. Anda bisa memilih berbagai jenis makanan untuk hidangan pembuka, makanan berat maupun hidangan penutup. Berbagai jenis minuman dapat dipilih untuk disesuaikan dengan kondisi alam di Situ Cicerem.

Berbagai sajian makanan khas Jawa Barat bisa Anda temukan di tempat ini. Menariknya, Anda bisa mencicipi makanan dengan berada di berbagai sudut tempat atau gazebo yang telah disediakan. Tak perlu khawatir, berbagai menu makanan lezat di tempat ini dapat dipastikan memiliki bandrol harga yang bersahabat.

6. Piknik

Jika Anda merencanakan kegiatan liburan dengan budget minim, membawa makanan sendiri juga dapat dilakukan ketika mengunjungi tempat ini. Anda bisa menggunakan karpet di dekat danau sembari bercengkrama bersama keluarga. Lokasi rindang dan menyejukkan menjadi spot terbaik untuk berpiknik.

Susana alam yang indah mampu mengubah bekal dari rumah terasa makin nikmat. Ketenangan dan kenyamanan yang dihadirkan mampu menghapus rasa penat yang Anda rasakan. Selain itu, tempat ini juga dibekali dengan berbagai fasilitas umum untuk memenuhi kebutuhan, seperti kamar mandi, tempat parkir, mushola dan lainnya.

Itulah beberapa hal mengenai Situ Cicerem yang menjadi Telaga Biru terindah di Kuningan yang wajib Anda ketahui. Perpaduan panorama alam yang dihadirkan dari keindahan danau dan pepohonan membuat tempat ini sangat nyaman untuk dinikmati bersama keluarga. Tak ayal jika tempat ini banyak dikunjungi untuk sekedar melakukan piknik maupun menikmati air telaga dan berbagai fasilitasnya.