Tebing Keraton menjadi salah satu wisata alam unggulan di Bandung. Pengunjung bisa melihat keindahan Bandung dari ketinggian dan juga melakukan beragam aktivitas menarik, termasuk melihat panorama sunrise dan sunset.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Wisata alam Tebing Keraton memang sedang naik daun belakangan ini. Hal tersebut lantaran banyak orang yang mempostingnya di sosial media. Namun, ketika Anda berada di objek wisata ini, Anda tentunya akan merasa betah karena banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Selain itu, pemandangan alamnya yang sangat indah tentunya akan memanjakan mata Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Tebing Keraton Bandung

Daya Tarik Tebing Keraton Bandung
Image Credit: Google Maps (Cep Budhi Darma)

Tebing Keraton adalah satu satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berada di Dago, Bandung. Dengan berada di ketinggian yakni sekitar 1200 mdpl, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan sangat memukau. Berada di lokasi ini, Anda akan bisa melihat indahnya jejeran hutan pinus yang sangat mempesona.

Tak hanya itu saja, ketika berada di tebing ini maka Anda juga akan bisa menikmati indahnya kota Bandung dari ketinggian. Tentunya suasana kota Bandung yang syahdu tersebut akan terlihat lebih cantik jika Anda melihatnya dari tebing satu ini. Pantas saja, destinasi satu ini sangat populer bagi wisatawan yang menyukai wisata alam.

Ketika Anda menghabiskan akhir pekan di tempat satu ini, maka Anda pun akan bisa melihat indahnya bentang alam dan juga lereng perbukitan. Selain itu, banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di lokasi satu ini. Anda bisa bersantai ataupun melakukan aktivitas yang memicu adrenalin saat berada di lokasi ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Tebing Keraton

Kegiatan di Tebing Keraton
Image Credit: Google Maps (Run Sport)

Tebing Keraton merupakan salah satu wisata yang memiliki lokasi berdekatan dengan Taman Hutan Raya Juanda. Destinasi wisata ini pun termasuk di dalam area Hutan raya Juanda. Sehingga bagi Anda yang ingin mengunjunginya untuk berlibur tidak perlu jauh jauh atau membutuhkan akses yang susah.

Hal tersebut dikarenakan jalan atau jalur untuk menuju ke lokasi satu ini sangatlah mudah. Anda bisa dengan mudah untuk menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Meskipun memiliki lokasi yang cukup terpencil, namun Anda bisa menjangkaunya dengan mudah.

Untuk Anda yang berangkat dari kota Bandung, maka Anda bisa mengendarai kendaraan menuju ke arah Dago. Lebih tepatnya yakni menuju ke arah Taman Hutan Raya Juanda. Kemudian, ketika Anda menemui pertigaan yakni berada sekitar 50 meter setelah Anda melewati parkiran dari Taman Hutan Raya Juanda.

BACA JUGA:  22 Villa Murah di Lembang Bandung Dengan Fasilitas Terbaik

Saat sampai di pertigaan tersebut, maka Anda pun bisa untuk belok ke arah kanan dan mengikuti jalan tersebut. Menuju ke area satu ini, Anda pun akan menemukan banyak sekali penunjuk jalan. Sehingga, Anda akan lebih mudah untuk menemukannya dan tidak akan nyasar ketika menuju ke destinasi satu ini.

Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga menemukan Warung Bandrek. Tempat satu ini memang sudah cukup terkenal bagi penggemar sepeda Bandung. Selanjutnya, Anda pun bisa menemukan pertigaan dan mengambil lajur ke kiri. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan dengan memiliki jalan terjal ke arah kiri.

Kemudian, Anda pun bisa mengikuti arah jalanan yang terjal tersebut dan Anda akan bisa sampai di lokasi. Selain itu, Tebing Keraton Bandung ini juga bisa dengan mudah untuk Anda temukan di Google Maps ataupun peta digital lainnya. Sehingga, bagi Anda yang masih bingung maka bisa dengan mudah untuk menemukannya.

Selanjutnya, apabila Anda ingin menggunakan transportasi umum untuk bisa sampai ke lokasui satu ini, maka Anda bisa menempuh perjalanan melalui rute Terminal Leuwipanjang. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Bis Damri dari jurusan Leuwi Panjang menuju ke Dago.

Kemudian, nantinya Anda pun bisa turun di simpang Dago dan dilanjutkan perjalanan menggunakan angkot Ciburial. Nantinya Anda juga bisa untuk menggunakan ojek pangkalan, apabila Anda tidak menemukan angkot. Namun, lebih baik jika Anda menggunakan kendaraan pribadi ketika ingin berkunjung ke destinasi satu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Tebing Keraton

Kegiatan Menarik di Tebing Keraton
Image Credit: Google Maps (Harris Irwan)

1. Bersepeda

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika berada di lokasi satu ini adalah bersepeda. Sebab, untuk bisa sampai ke Tebing Keraton Anda tak hanya dapat melakukannya dengan trekking saja. Melainkan Anda juga bisa dengan bersepeda. Pasalnya, pada kawasan satu ini memang telah tersedia lintasan bersepeda yang mampu dilewati oleh pengunjung yang membawa sepeda.

Akan tetapi, ketika Anda melewati jalur yang naik dan juga turun maka Anda juga perlu untuk menggotong sepeda tersebut. Karena jalur yang Anda lalui tidak semulus jalur sepeda pada umumnya dan cenderung berbatu. Bagi Anda yang suka melakukan aktivitas menuruni gunung dengan menggunakan sepeda atau downhill maka destinasi satu ini wajib untuk Anda kunjungi.

2. Dapat Mengajak Si Kecil Belajar Alam

Saat menghabiskan waktu bersama si kecil mengunjungi destinasi satu ini, Anda tak hanya berfoto ataupun berjalan jalan saja. Sebab, Tebing Keraton juga bisa menjadi salah satu tempat untuk belajar dan sarana edukasi bagi anak Anda. Disini, Anda akan mendapatkan informasi yakni mengenai Sesar Lembang.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Lembang Bandung yang Unik & Instagramable

Bagi Anda yang belum tahu, Sesar Lembang menurut Pusat Studi Gempa Bumi mempunyai panjang yakni sekitar 29 kilometer. Dimana untuk pergerakannya sendiri yakni sekitar 3 hingga 5,5 mm per tahunnya. Oleh karena itu, dengan adanya lambang Sesar Lembang yang berada di tebing ini dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk tetap waspada.

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin tahu lebih banyak tentang sesar ini, maka di depan rambu tersebut telah diberikan QR code. Hal yang perlu untuk Anda lakukan hanyalah men scan barcode tersebut untuk bisa mendapatkan lebih banyak informasi. Sehingga, pengetahuan Anda pun bisa bertambah ketika mengunjungi destinasi satu ini.

3. Melakukan Trekking Menuju ke Bukit

Trekking menjadi salah satu aktivitas wajib yang bisa Anda lakukan ketika berada di Tebing Keraton. Hal ini dikarenakan bagi Anda yang ingin jalan jalan ke tempat satu ini, Anda tak bisa langsung sampai di tempat tebing. Melainkan, Anda harus menempuhnya dengan jalan kaki terlebih dahulu agar bisa sampai ke atas bukit.

Oleh karena itu, biasanya kendaraan yang Anda bawa akan diparkirkan lebih dulu pada area parkir sebelum Anda naik ke atas tebing. Perjalanan yang harus Anda tempuh untuk bisa sampai ke atas tebing dengan berjalan kaki membutuhkan waktu kurang lebih yakni sekitar 15 hingga 30 menit saja.

Untuk bisa sampai ke atas tebing hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki, maka Anda pun perlu menyiapkan fisik dan outfit yang tepat. Gunakan alas kaki yang nyaman, sebab Anda akan berjalan kurang lebih setengah jam. Sehingga, Anda bisa memakai sepatu sneakers maupun sandal gunung agar perjalan menjadi lebih nyaman.

Sepanjang perjalanan menuju bukit, maka Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan memanjakan mata. Hijaunya hutan menjadi salah satu panorama alam yang bisa Anda dapatkan ketika berada di lokasi satu ini. Dengan pemandangan yang cantik tersebut akan membuat Anda merasa tidak lelah meskipun harus melakukan trekking.

Kegiatan di Tebing Keraton
Image Credit: Google Maps (Nurul Fajar)

4. Menikmati Indahnya Sunset dan Sunrise

Berada di ketinggian, tentu saja menjadi salah satu lokasi yang pas untuk bisa melihat indahnya matahari terbenam maupun matahari terbit. Hal ini pula yang bisa Anda dapatkan ketika berada di lokasi satu ini. Untuk itu, apabila Anda datang ke Tebing keraton di pagi hari maka Anda pun berkesempatan melihat indahnya sunrise.

Semburat warna kuning yang menghiasi gelapnya langit akan menjadi pemandangan yang bisa Anda dapatkan saat berada di lokasi satu ini. Kemudian, apabila Anda datang di sore hari maka Anda jangan terburu buru untuk pergi ketika senja tiba. Hal ini dikarenakan momen matahari terbenam yang ada di lokasi ini akan sayang sekali untuk dilewatkan.

BACA JUGA:  15 Taman Keren di Bandung untuk Tempat Bersantai

Untuk Anda yang ingin menyaksikan indahnya matahari terbit, lebih baik Anda datang ketika pukul 5 hingga 7 pagi. Di waktu tersebut, Anda akan bisa mendapatkan pemandangan yang sangat bagus. Selain itu, agar Anda bisa mendapatkan foto yang lebih bagus, disarankan untuk datang saat hari biasa saja. Pasalnya, ketika Anda datang saat akhir pekan banyak sekali pengunjung yang memadati lokasi ini.

5. Berkemah

Selain itu, bagi Anda yang ingin menginap dan bermalam di kawasan ini tentu saja juga bisa. Hal tersebut dikarenakan pada kawasan hari ini terdapat area camping ground. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin menginap, maka Anda bisa meminta ijin terlebih dahulu dengan petugas yang ada di tempat wisata satu ini.

Sebab, ketika Anda menginap atau berkemah di tempat satu ini Anda pun akan bisa menikmati indahnya suasana kota Bandung dari atas tebing ketika malam hari. Panorama lampu kota yang berkelap kelip seakan menjadi salah satu hal mengagumkan yang bisa Anda dapatkan di lokasi satu ini.

6. Berfoto Dengan Latar Belakang Mengagumkan

Hal selanjutnya yang bisa Anda dapatkan ketika berwisata di tempat satu ini adalah banyaknya spot foto menarik yang bisa Anda kunjungi. Hal ini dikarenakan Tebing Keraton memiliki panorama alam yang sangat indah. Dengan dikelilingi hutan yang hijau, akan membuat siapa saja yang berkunjung tak bisa menahan diri untuk tidak berfoto.

Ada beberapa tempat yang menjadi lokasi favorit bagi pengunjung. Diantaranya adalah spot bebatuan yang ada di pinggir tebing. Ketika berada di lokasi satu ini, Anda pun bisa berfoto dengan mendapatkan latar belakang berupa pegunungan yang sangat cantik. Tentunya hasil foto yang Anda dapatkan akan sangat memuaskan.

Selain itu, apabila Anda datang di pagi hari untuk melihat sunrise maka pemandangan alam tersebut akan sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Ditambah lagi dengan suasana yang masih berkabut akan membuat foto Anda akan sangat bagus dalam bidikan kamera. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa untuk berfoto di tempat lain saat berada di lokasi satu ini.

Favorit wisatawan lainnya adalah jalur pendakian, yang mana Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang sangat indah. Spot lain yang bisa Anda gunakan untuk berfoto adalah gardu pandang. Pastinya hasil foto yang Anda miliki akan sangat instagramable dan kekinian.

Berkunjung ke Tebing Keraton yang ada di Bandung menjadi salah satu cara untuk melepas penat akan aktivitas harian yang Anda jalankan. Pasalnya, destinasi satu ini menghadirkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Udara yang sejuk dan segar tentu saja akan menyegarkan pikiran Anda.