Taman Wisata Matahari termasuk tempat rekreasi keluarga dan wisata edukasi hits di Kawasan Puncak, Bogor. Taman yang penuh warna dengan beragam tawaran wahana permainan yang menyenangkan.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Leuwimalang, Kec. Cisarua, Kota Bogor, Jawa Brat.

Taman Wisata Matahari (TWM Park) adalah sebuah destinasi wisata yang mengangkat konsep Recreation and Education Park. Dimana ada banyak wahana yang dibangun untuk memberikan hiburan kepada para pengunjungnya. TWM Park ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat berlibur saja, melainkan juga sebagai wisata edukasi berwawasan lingkungan. Simak selengkapnya ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Wisata Matahari

Daya Tarik Taman Wisata Matahari
Image Credit: Google Maps (Roost Lee)

Taman rekreasi ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama dengan teman-teman. Ada banyak zona permainan yang seru dan tentunya akan membuat para pengunjung merasa bahagia. Tidak hanya berorientasi pada kepuasan dan kebahagiaan pengunjung, Taman Wisata Matahari ini juga berorientasi terhadap edukasi anak-anak.

Memiliki berbagai wahana menarik dari wisata air, permainan, petualangan hingga edukasi merupakan daya tarik paling ampuh dari TWM Park. Wahana-wahana tersebut didesain untuk para pengunjung anak-anak hingga dewasa. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan pilihan berlibur beramai-ramai bersama keluarga di saat waktu liburan telah tiba.

Didukung dengan kawasan puncak Bogor yang ditumbuhi banyak pepohonan rindang dan pesona bernuansa pegunungan membuat udara terasa sangat sejuk dan segar. Suasana tersebut tentu membuat orang-orang yang berkunjung ke Taman Wisata Matahari bisa merasakan suasana alam yang sejuk dan menenangkan pikiran. Sehingga bisa melupakan sejenak hiruk pikuk kota.

Lokasi dari taman rekreasi ini relative dekat dari Jakarta, sehingga banyak orang Jakarta yang memilih pergi ke destinasi ini untuk merasakan pesona alam yang tidak bisa di temukan di Jakarta. Pemandangan alamnya yang asri membuat banyak pengunjung merasa betah berlama-lama di TWM Park. Terlebih fasilitas dan wahana yang diberikan cukup lengkap.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata TWM Park

Alamat Wisata TWM Park
Image Credit: Penginapan.net

Lokasi dari tempat wisata hits di Bogor ini berada di tepi Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor. Akses jalannya yang cukup baik bisa membuat kendaraan umum hingga kendaraan pribadi bisa dengan mudah mencapai tempat ini. Saat Anda berkunjung disaat masa liburan sekolah atau nasional, tempat ini biasanya akan mengalami kemacetan karena banyaknya pengunjung.

BACA JUGA:  20 Makanan Khas Bogor yang Terkenal Lezat

Untuk rute yang bisa Anda lewati, akan lebih baik menempuh jalur menuju Ciawi melalui tol Jagorawi. Dimana nanti akan keluar di gerbang tol Gadog yang cenderung akan lebih lengang disaat pagi hari. Sehingga ada baiknya Anda berangkat dini hari untuk menghindari kemacetan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke TWM Park.

Kendaraan umum yang bisa mengantarkan Anda ke Taman Wisata Matahari adalah dengan menumpang KRL Commuter Line. Saat berada di stasiun Bogor, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan aplikasi transportasi online. Namun Anda juga bisa menggunakan angkot jurusan terminal Baranangsiang yang ada di Jalan Kapten Muslihat.

Anda bisa turun di tepi jalan seberang terminal, kemudian melanjutkan dengan angkot jurusan Cisarua dan berhenti di gerbang utama TWM Park. Angkot dengan jurusan Bubulak-Sukasari juga bisa menjadi referensi kendaraan umum yang menuju ke taman rekreasi. Saat turun di Sukasari bisa dilanjut dengan angkot jurusan Ciawi-Cisarua menuju ke gerbang utama TWM Park.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional TWM Park

Harga Tiket TWM Park
Image Credit: Google Maps (Taman Matahari)

Mengenai harga tiket masuk untuk setiap pengunjung Taman Wisata Matahari Bogor sangatlah terjangkau. Tiket masuk perorangan akan dikenakan biaya sekitar 25 ribu saja, dimana TWM Park juga menyediakan tiket terusan dengan harga berkisar 60 ribu saja. Tiket terusan tersebut lebih direkomendasikan agar Anda bisa langsung tinggal menikmati wahana di dalam TWM Park tanpa membayar lagi.

Sedangkan untuk jam buka sendiri, tempat wisata ini dibuka setiap hari dari senin hingga minggu. Hanya saja untuk jam buka akan dibedakan, pada jam buka hari biasa dari Senin sampai Jumat akan beroperasi mulai dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Sedangkan pada hari libur seperti hari sabtu dan minggu serta tanggal merah liburan nasional, TWM Park akan buka pada jam 9 pagi hingga 5 sore.

Wahana dan Fasilitas Taman Wisata Matahari

Wahana Taman Wisata Matahari
Image Credit: Google Maps (Nur Yakub)

Memiliki konsep Recreation and Education Park, wilayah dengan luas sekitar 40 hektar ini mempunyai sekitar 40 wahana permainan untuk menghibur para pengunjungnya. Anda bisa merasa betah dan bahagia selama bermain di tempat wisata ini. Wahana di taman ini terbagi menjadi 4 kategori, yaitu Wahana Wisata Air, Permainan, Petualangan dan Edukasi.

Wahana air di TWM Park ada banyak zona, dari Paddle Boat, Sepeda Air, Bumper Boat dan Perahu Naga. Ada jua Waterplay, Perahu Kayak, Mini Boat, Refleksi Terapi Ikan, Children Rowing Boat dan Bomber Boat Laser. Sehingga sangat cocok untuk semua kalangan umur, dari anak-anak hingga dewasa dapat menikmati menghibur diri dengan wahana permainan airnya.

BACA JUGA:  10 Cafe & Tempat Nongkrong di Puncak Bogor yang Unik & Instagramable

Untuk wahana permainan air ini biasanya tiket masuk berkisar antara 10 ribu hingga 25 ribu perorangan. Hampir seluruh wahana air disini cukup populer dan semua pengunjung wajib untuk mencoba suasana bermain air di Taman Wisata Matahari. Sedangkan untuk wahana permainan, ada banyak pilihan diantaranya adalah Fantasyland, Dino Park, Citraland dan wahana Trampolin Park.

Harga tiket untuk setiap wahana permainan di sini juga terjangkau. Terlebih wahana permainan disini terjamin dapat menghibur para wisatawan. Untuk wahana permainan yang paling populer adalah Fantasy, dimana para pengunjung akan menaiki sebuah sepeda di jalur khusus dan dapat menikmati pemandangan alam di sekitar TWM Park, Bogor.

Wahana selanjutnya adalah petualangan, dimana wahana ini terdiri dari Flying Fox, Paintball, Motor ATV, Gokart dan masih banyak lagi. Berbagai wahana tersebut tersedia di area indoor dan outdoor. Segala jenis wahana permainan tersebut pastinya selalu dilakukan pengawasan untuk menjaga keselamatan dari para pengunjung. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika bermain di wahana ini.

Tidak hanya sejenis kegiatan yang memacu adrenalin, Taman Wisata Matahari juga memiliki area Rumah Hantu yang siap membuat Anda berdebar saat memasukinya. Anda juga bisa merasakan wahana wira wiri dimana mobil bentuk dinosaurus yang siap mengantar para wisatawan berkeliling. Disisi lain ada juga kereta berbentuk karakter Thomas and Friends yang siap memanjakan anak-anak.

Wahana yang terakhir adalah Wahana Edukasi, wahana edukasi disini terdiri dari Agro Sawah, Agro Sayur, Wisata Pesawat Terbang, Outbound for Kids dan masih banyak lagi. Tentu saja selain merasakan bahagia, Anda dan anak-anak juga bisa menambah wawasan pengetahuan di taman cantik ini. Fasilitas yang melengkapi juga membuat para pengunjung merasa nyaman disini.

Fasilitas yang tersedia terbagi menjadi 2 golongan, yang berbayar dan fasilitas umum atau gratis. Dimana fasilitas umum yang disediakan berupa ATM, mushola dan toilet. Para pengunjung dapat mengaksesnya kapan saja saat membutuhkan. Fasilitas tersebut berada di beberapa titik dan terus dijaga kebersihannya. Oleh sebab itu, sebagai pengunjung Anda juga berkewajiban menjaga kebersihan.

Sedangkan fasilitas yang berbayar terdiri dari lapangan untuk panggung pertunjukan acara, aula hingga penginapan. Lapangan di Taman Wisata Matahari ini terdiri dari 3 buah, Lapangan Ciliwung, Lapangan Durian dan Lapangan Manggis. Bisanya keperluan lapangan ini digunakan untuk kepentingan perusahaan yang ingin mengadakan acara atau event besar.

Harga untuk persewaan lapangan tersebut berkisar 2,5 juta hingga 3 juta. Untuk fasilitas lainnya adalah Saung, dimana saung disini juga dibagi menjadi tiga wilayah. Saung tersebut terdiri dari Saung Agro, Saung Cilember dan Saung Jogjogan. Anda bisa menyewa saung dengan harga kisaran 350 ribu hingga 750 ribu. Jenis tersebut dibedakan berdasarkan kapasitas orangnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bogor yang Populer

Fasilitas berbayar yang terakhir adalah Aula. Jenis aula TWM Park dibedakan menjadi 3 golongan berdasarkan kapasitas dan harganya. Aula tersebut terdiri dari Aula Padang, Aula Ciliwung dan Aula Pendopo. Dengan kapasitas yang bisa ditampung sebesar 80 hingga 150 orang dan harga yang berkisar dari 1,5 juta hingga 2 juta rupiah untuk setiap persewaan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Wisata Matahari

Aktivitas di Taman Wisata Matahari
Image Credit: Google Maps (TWM Park)

1. Bermain Dengan Wahana

Beragam jenis wahana yang dimiliki oleh Taman Wisata Matahari ini membuat pengunjung bisa menikmati kebahagiaan dengan bermain. Wahana yang disediakan disini terdiri dari wahana air, petualangan dan masih banyak lagi. Khususnya pada permainan, wahana disini menawarkan kegiatan ringan hingga yang menguji adrenalin. Anda hanya perlu membayar tiket yang terjangkau untuk bisa menikmatinya.

2. Kegiatan Edukasi

Hal kedua yang menarik dilakukan adalah wisata edukasi. Dengan konsepnya Recreation and Education Park, TWM Park menawarkan banyak area atau wilayah yang menghibur dengan diselingi edukasi untuk menambah wawasan pengunjung anak-anak hingga dewasa. Area edukasi ini sangat terkenal dan bisa memberikan banyak pengetahuan baru.

Seperti pada Agro Sawah, pengunjung dapat menanam berbagai jenis sayur dan kegiatan di lapangan. Ada beberapa kegiatan membajak sawah juga, menanam padi dan mempelajari berbagai jenis nama tumbuhan dan cara menanamnya. Tak hanya itu, Taman Satwa juga bisa menambah wawasan anak terhadap beragam jenis hewan-hewan. Nama latin hingga asalnya bisa diketahui.

3. Meeting atau Family Gathering

Menyediakan banyak fasilitas seperti Saung dan Aula, Taman Wisata Matahari bisa digunakan untuk acara meeting perusahaan atau family Gathering. Anda bisa melihat beragam fasilitas yang disediakan dan menyesuaikan dengan kapasitas yang dibutuhkan. Harga yang diberikan juga beragam, sehingga tergolong terjangkau untuk berbagai kalangan.

4. Menginap di Taman Wisata Matahari

Kegiatan terakhir yang dapat dilakukan di TWM Park adalah menginap. Ada beberapa akomodasi penginapan yang disediakan di tempat wisata ini. Dari villa dan hotel bisa Anda temui. Mengenai harga dan ketersediaan tergantung pada hari pemesanan, sehingga pastikan bahwa Anda sudah bertanya-tanya atau mempersiapkan jauh-jauh hari.

Itulah beberapa hal mengenai Taman Wisata Matahari di Puncak, Bogor. Destinasi wisata ini memang tidak pernah sepi dari pengunjung, terlebih di saat-saat liburan sekolah telah tiba. Banyak yang memilih tempat wisata ini karena wahana dan fasilitas yang disediakan cukup lengkap, terlebih dengan pemandangan alam sekitar Bogor yang sangat sejuk dan asri.