Taman Lansia, Pesona Taman Wisata Hits dengan Suasana Alami Nan Asri di Bandung

Taman Lansia, Pesona Taman Wisata Hits dengan Suasana Alami Nan Asri di Bandung
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cisangkuy, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

Taman Lansia Bandung merupakan salah satu objek wisata keluarga yang paling banyak diminati warga sekitarnya. Selain murah meriah dan bahkan hampir tidak mengeluarkan biaya apapun, tempat ini begitu cantik dan terkesan asri. Ini dikarenakan banyaknya pohon perdu yang mengelilingi lokasi, sebagaimana konsep taman pada umumnya.

Seperti yang kita ketahui, Lansia artinya adalah Lanjut Usia. Meskipun nama tersebut digunakan, namun bukan berarti taman kota ini dikhususkan bagi para lansia. Nama tersebut digunakan karena taman yang dijadikan objek wisata santai ini termasuk paling tua di Kota Bandung dan sudah ada sejak tahun 1885.

Pengunjung yang datang bukan hanya dari kalangan keluarga yang ingin piknik santai. Pemuda dan pemudi berpasangan pun terlihat berjalan santai sambil menikmati obrolan ringan. Ada juga mereka yang datang dengan tujuan olahraga, seperti joging atau bersepeda mengelilingi area sekitar taman.

Daya Tarik Wisata Taman Lansia Bandung

Daya Tarik Taman Lansia Bandung
Photo by Google Maps Pandi Haryono

Taman Lansia Bandung hanya satu diantara taman kota yang dijadikan objek wisata alternatif. Bandung memang dikenal sebagai kabupaten yang unik dengan tawaran konsep wisatanya. Masing-masing memiliki daya tarik bagaikan magnet yang menarik wisatawan datang berkunjung.

1. Suasana Asri dan Sejuk

Setiap titik lokasi taman kota cantik ini dihiasi dengan pepohonan rindang berwarna hijau. Sebagian pohon memiliki usia puluhan tahun dan tetap berdiri kokoh melindungi kawasan sekitarnya dari polusi udara. Tanaman hias yang dibentuk sedemikian rupa memberikan kesan lebih cantik, terkadang bunganya jatuh di tanah.

Desain Taman Lansia Bandung tidak jauh berbeda dengan taman pada umumnya. Di sekitar pepohonan yang merupakan payung alami terdapat jalan setapak terbuat dari paving block. Wisatawan yang datang menggunakannya sebagai akses utama ketika ingin menikmati suasana asri dan damai. Sesekali mereka duduk santai di bangku yang telah disediakan.

Untuk menjaganya tetap asri dan nyaman dikunjungi, pemerintah setempat menyediakan tempat sampah di beberapa titik. Selain itu, beberapa tanaman hias dilindungi dan dipisahkan dari akses jalan. Harapannya supaya wisatawan tidak merusaknya dan tetap menjaga kelestarian alam yang banyak menguntungkan manusia.

2. Dua Danau Cantik

Bukan hanya suasananya yang asri, Taman Lansia Bandung memiliki dua danau yang terlihat cantik dan mempesona. Kedua danau ini memiliki ukuran dan kedalaman yang berbeda. Namun untuk konsep atau bentuknya tidak jauh berbeda. Danau yang pertama berukuran sekitar 1.300 meter persegi dengan kedalaman mencapai 4 meter.

Daya Tarik di Taman Lansia Bandung
Photo by Google Maps cep budhi darma

Sedangkan danau yang kedua ukurannya lebih kecil, sekitar 700 meter persegi dengan kedalaman lebih dari 3 meter. Kedua danau ini dihubungkan oleh jembatan sehingga pengunjung dapat berpindah dari satu danau ke danau lainnya dengan mudah. Dilengkapi semacam gardu pandang, danau ini kerap dijadikan spot foto atau rekaman video.

3. Sebagai Objek Wisata Alternatif

Adanya Taman Lansia Bandung memberikan alternatif liburan yang lengkap. Meskipun bukan pemandangan alam seperti air terjun, pantai, atau gua, keindahan dari taman secara keseluruhan masih dapat memanjakan mata. Pohon yang berjejer rapi seolah sengaja memperlihatkan kekompakan nya membuat teduh bagian bawahnya.

Taman di Bandung ini juga memiliki wahana playground sehingga cocok dikunjungi keluarga yang membawa serta anaknya. Memang terkesan sederhana, namun ayunan dan perosotan dapat menambah keceriaan anak selama liburan. Salah satu sudutnya dilengkapi dengan patung dinosaurus raksasa, wisatawan biasa menggunakannya sebagai objek foto.

4. Pasar Kaget Akhir Pekan

Mengunjungi Taman Lansia Bandung lebih tepat ketika akhir pekan. Pasalnya, saat itu banyak pedagang yang menjual berbagai macam barang dagangannya. Warga sekitar menamakan nya dengan pasar kaget karena tidak setiap hari diadakan. Barang yang dijual di sini bervariasi, mulai dari pakaian, aksesoris, sandal dan masih banyak lagi.

Selain barang, tidak sedikit pedagang yang menjual makanan. Sambil berwisata bersama keluarga, anda pun dapat berwisata kuliner di sini. Jenis makanan yang dijual diantaranya adalah makanan berat, makanan ringan, dan berbagai jenis minuman. Khusus untuk barang fashion, di momen ini pembeli berkesempatan mendapatkan diskon hingga 50%.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Taman Lansia Bandung
Photo by Google Maps Yanardian Agrianto

Pastinya anda tahu bahwa Taman Lansia Bandung lokasinya cukup strategis karena berada di pusat kota. Jarak dari pusat Bandung hanya 2 kilometer, itu pun dapat ditempuh hanya dengan waktu 5 menit saja. Bagi warga luar kota Bandung, patokan utamanya adalah Gedung Sate yang fenomenal karena letaknya berdekatan.

Untuk alamatnya sendiri berada di Cisangkuy St, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat. Selain Gedung Sate, anda dapat menuju ke Museum Geologi Bandung sebagai patokan alternatif. Jika masih belum yakin, sebaiknya gunakan aplikasi Google Maps. Cukup ketik alamat yang diberikan sebelumnya, rute menuju taman akan tersedia.

Harga Tiket Masuk Taman Lansia Bandung

Tiket Masuk di Taman Lansia Bandung
Photo by Google Maps Muhammad Chandra

Dikarenakan termasuk fasilitas publik, Taman Lansia Bandung tidak membebankan biaya masuk bagi wisatawan yang berkunjung. Tidak ada gerbang yang mengelilingi area taman atau loket penjualan tiket. Semua wisatawan bisa langsung masuk ke taman sesuai dengan jalan masuk yang telah disediakan.

Biaya yang dibutuhkan hanya untuk parkir kendaraan bermotor yang relatif murah. Anggap saja gratis, karena retribusi parkir sepeda motor hanya 2.000 rupiah, sedangkan mobil cuma 5.000 rupiah. Silahkan datang kapan saja, karena taman cantik di Bandung ini dibuka selama 24 jam seperti taman kota pada umumnya.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Photo by Google Maps Ramdani Dani

Aktivitas yang menarik di Taman Lansia Bandung disesuaikan dengan kapan wisatawan datang berkunjung. Semua kegiatan dipastikan menarik, seperti olahraga di pagi hari, belanja di akhir pekan, atau bersantai sambil menikmati suasana asri dan sejuk.

1. Piknik Santai dengan Keluarga

Bagi yang datang bersama rombongan keluarga, aktivitas yang menarik adalah piknik santai. Tidak perlu membawa tikar di sini, karena sudah tersedia fasilitas santai berupa bangku taman. Hampir setiap sudut lokasi dilengkapi dengan bangku berbagai ukuran. Sambil melihat keceriaan anak-anak bermain, anda dapat bersantai menghirup udara segar.

Berbekal makanan ringan dan minuman yang dibawa dari rumah, aktivitas seperti ini semakin menyenangkan. Terlebih, anda dapat berhemat karena tidak harus membeli perbekalan di Taman Lansia Bandung. Tetapi jangan lupa membuang sampah di tempatnya. Tidak sulit menjangkau tempat sampah karena tersebar merata di setiap sudut taman.

2. Olahraga Ringan

Di pagi hari, banyak wisatawan yang didominasi warga sekitar melakukan olahraga ringan. Joging dan senam biasanya menjadi pilihan utama untuk jenis olahraga yang dimaksud. Ada pula beberapa yang sedang melatih pernafasan dengan udara segar yang mengelilingi. Pilihan olahraga ringan lainnya adalah bersepeda menyusuri setiap sudut taman.

3. Jalan-jalan Mengeliingi Taman Lansia Bandung

Taman Lansia Bandung dibangun diatas lahan yang sangat luas, perlu banyak waktu untuk berjalan santai mengelilinginya. Kegiatan ini biasanya dilakukan pasangan pemuda yang menghabiskan waktu liburan bersama. Sambil berjalan, mereka pun saling bertukar kisah dari kehidupannya sehari-hari.

Aktivitas Menarik Di Wisata Taman Lansia Bandung
Photo by Google Maps gina nurhasanah

4. Wisata Kuliner

Bukan hanya di akhir pekan, sebenarnya untuk aktivitas wisata kuliner dapat dilakukan setiap hari. Ini dikarenakan banyak penjual yang ada di sekitar taman. Beberapa menu pun tersedia, yang paling banyak ditemui adalah makanan khas Bandung. Ada pula jenis makanan modern yang sudah banyak dikenal, seperti hamburger atau pizza.

5. Belanja Aksesoris dan Pakaian

Selain penjual makanan, setiap hari selalu ada yang menjual pakaian atau jenis fashion lain di Taman Lansia Bandung. Namun untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah, sebaiknya datang di akhir pekan jika tujuan utamanya belanja. Bagi ibu-ibu, mendapatkan harga yang murah perlu diperjuangkan, apalagi pilihan belanjanya cukup lengkap.

6. Tunggang Kuda

Aktivitas yang tidak kalah menarik berikutnya adalah tunggang kuda. Ada dua pilihan untuk kegiatan ini, pertama adalah kuda tunggal yang hanya boleh dinaiki satu anak. Sedangkan yang kedua adalah delman, dimana anda dapat menaikinya bersama rombongan keluarga. Untuk tarifnya sendiri tentu lebih mahal naik delman, namun tetap ramah kantong.

7. Berburu Spot Foto

Mengunjungi Taman Lansia Bandung belum lengkap jika tidak melakukan kegiatan yang berhubungan dengan fotografi. Apalagi ada banyak spot yang cocok dijadikan latar belakang foto yang nantinya dapat diunggah di media sosial. Salah satunya adalah dinosaurus berjenis T-Rex. Di depannya terdapat sepeda ontel yang dipasang permanen.

Pengunjung bisa menjadikan sepeda tersebut sebagai spot utama foto. Dengan arah kamera di depan, hasil foto pun seolah sedang dikejar dinosaurus. Spot lain yang cocok yakni dua danau yang menghiasi taman cantik ini. Selain gardu pandang, anda pun dapat berdiri di atas jembatan dan mengambil danau sebagai latar belakangnya.

Fasilitas Penunjang di Taman Lansia Bandung

Fasilitas di Taman Lansia Bandung
Photo by Google Maps cep budhi darma

 

Disebut sebagai Taman Lansia Bandung karena usianya yang mencapai ratusan tahun. Namun bukan berarti terbengkalai tanpa fasilitas, justru fasilitas di sini cukup lengkap. Diantaranya adalah bangku sebagai tempat duduk, area parkir, warung, dan juga toilet. Fasilitas yang cukup berguna dan belum tentu didapatkan di tempat lain adalah Wifi.

Mengisi waktu liburan tidak harus mahal, masih banyak objek wisata gratis yang ada di sekitar kita. Sayangnya, sebagian besar masyarakat mengabaikan dan menganggap bahwa tempat seperti Taman Lansia Bandung bukanlah sebuah objek wisata. Padahal dalam hal aktivitas dan daya tariknya tidak jauh berbeda dengan wisata alam pada umumnya.