Taman Kota Kuningan, Taman Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga

Taman Kota Kuningan, Taman Rekreasi Favorit untuk Liburan Keluarga
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Veteran No.36, Kuningan, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Ada beragam tempat wisata yang terpampang jelas di daerah Jawa Barat, salah satunya adalah Taman Kota Kuningan. Taman yang terletak di kota Kuningan ini sudah lama mendapatkan reputasi tinggi dari masyarakat, tidak hanya dari warga Jawa Barat.

Sebab, taman ini menawarkan pemandangan yang sangat menarik dan indah untuk ukuran taman. Apabila taman kota lainnya tampak kumuh dan tidak terawat, maka berbeda dengan taman keren yang satu ini.

Untuk itu, tidak mengherankan apabila pengunjung yang berada di Kuningan selalu menyempatkan diri untuk menyinggahi taman yang seru ini bersama dengan keluarga dan teman. Berikut ini adalah informasi mengenai Taman Kota Kuningan yang bisa Anda perhatikan.

Daya Tarik Wisata Taman Kota Kuningan

Wisata Taman Kota Yang Menarik Dan Lagi Hits di Kuningan
Photo by Google Maps Negla Sari

Taman Kota ini adalah tempat wisata yang seringkali disebut sebagai Alun-Alun Kuningan. Karena sangat terkenal diantara masyarakat, hal itu menjadikan alun-alun yang selalu ramai oleh kunjungan pengunjung ini disebut sebagai landmark kabupaten Kuningan. Ada beberapa daya tarik yang dijamin akan membuat siapapun tertarik untuk mengunjunginya, seperti uraian berikut ini.

1. Terletak di Posisi yang Strategis

Lokasi yang strategis dan gampang ditemukan apabila memakai aplikasi online menjadi salah satu daya tarik utama yang dimiliki oleh Taman Kota Kuningan. Sebab, taman yang baru saja diresmikan oleh pemerintah ini memang terletak di tempat yang dekat dengan pusat kota.

Bahkan, posisi dari taman ini berada di tengah-tengah jalan yang membentuk belokan cukup tikung. Karena itulah, ketika Anda memiliki rencana untuk mengunjunginya, Anda tidak perlu merasa kesulitan untuk menemukannya pada Google Maps sebab posisinya memang mencolok dan tidak susah untuk diakses.

2. Memiliki Asal-Usul yang Unik

Ada salah satu hal unik yang menjadi latar belakang dari pembentukan taman cantik ini. Kabarnya, taman yang semakin populer ini dulunya merupakan sebuah bangunan plaza yang digunakan untuk menonton film. Akan tetapi, bioskop itu tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan terlebih karena pemuda justru menggunakan bioskop itu sebagai tempat nongkrong.

Karena suasana yang sepi itu, maka mereka memanfaatkan bioskop itu untuk melakukan hal-hal yang mengganggu dan memberi dampak negatif terhadap diri mereka sendiri. Untuk menghindari hal tersebut terjadi dengan berlebihan, pemerintah daerah setempat pun memutuskan untuk menyulap bioskop tersebut menjadi taman agar pemandangan buruk itu tidak semakin melebar.

Mulailah proyek pembangunan taman sejak tahun 2008 oleh bupati yang sedang menjabat pada tahun itu. Proyek ini bertujuan untuk menciptakan suasana kota Kuningan yang lebih asri dan membuat kota tersebut menjadi lebih sejuk karena dipenuhi oleh bangunan kokoh yang membuat pernapasan menjadi sesak.

3. Terdapat Patung Kuda yang Menarik

Agar membuat taman kota yang masih berusia muda ini menjadi lebih unik dan khas dibandingkan dengan taman lainnya, pemerintah setempat berusaha untuk membentuk sebuah ikon yang mampu menunjukkan ciri khas taman ini. Dengan tujuan itu, maka terbentuklah patung kuda yang ditaruh di sekitar kolam kecil pada taman.

Wisata Taman Kota Kuningan Yang Menawan
Photo by Google Maps Ernita Sulistiani

Patung kuda tersebut dibentuk dengan ukuran yang cukup besar dan terlihat mencolok apabila disaksikan dari radius tertentu. Patung yang berjumlah 3 itu diletakkan dengan berdampingan, seolah-olah menjadi ikon yang menjaga taman kota dari masalah atau bahaya yang mengintai pengunjung taman.

4. Selalu Ramai pada Malam Hari

Meskipun pada awalnya bangunan ini dibangun dengan tujuan untuk menghindari kerumunan anak muda yang selalu datang pada malam hari, nyatanya taman ini tetap digunakan untuk melakukan hal tersebut. Akan tetapi, hal yang membuatnya berbeda dari bangunan awalnya adalah taman kota yang beken ini selalu ramai dengan pertunjukan kecil yang dilakukan oleh seniman atau pengamen sekitar.

Mereka menyajikan pertunjukan kecil yang mampu menghibur setiap pengunjung yang berada di taman, meskipun terkadang mereka harus menyanyi dan menunjukkan bakat mereka selama berjam-jam. Hal itu membuat pengunjung merasa senang sebab taman kota itu memiliki suasana ramai dan tidak sepi.

5. Banyak Ruko di Sekitar Taman

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh Taman Kota Kuningan yaitu ada begitu banyak ruko yang terbangun di sekitar taman. Meskipun hal ini lumrah terjadi karena lokasinya yang berada di tengah jalan, namun ruko yang ada di sekitar taman terlihat sangat unik dan selalu ramai oleh kunjungan wisatawan.

Wisatawan terkadang akan mengunjungi ruko tersebut untuk membeli beberapa barang yang mereka inginkan ketika tidak menemukannya di sekitar taman. Karena itulah, pemilik ruko tersebut tentunya akan merasa sangat bahagia karena toko mereka selalu ramai dan tidak pernah sepi oleh kunjungan pembeli.

6. Jembatan Layang Pelangi

Daya terakhir taman kota yang ada di kabupaten Kuningan yaitu adanya jembatan layang pelangi yang sangat indah terlebih apabila Anda melihatnya pada malam hari. Sesuai dengan namanya, jembatan ini memang dicat dengan warna-warna yang bervariasi dan tampak sangat cerah, sehingga tidak mengherankan apabila disebut sebagai jembatan pelangi.

Pada malam hari, jembatan ini akan tampak mengkilap karena sudah disertai oleh lampu-lampu terang yang membuat warnanya tampak begitu mencolok. Karena keindahannya, banyak warga Kuningan yang berbondong-bondong untuk berfoto di jembatan yang sangat menakjubkan ini.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Taman Kota Kuningan
Photo by Google Maps RUHEND UHEN

Taman Kota ini berada di Jawa Barat, lebih tepatnya di kabupaten Kuningan. Taman yang terkenal karena patung kudanya ini terlihat sangat unik dan indah apabila dikunjungi pada malam hari, sehingga pastikan Anda menyaksikan keindahan jembatan layang pelangi di taman kota yang baru-baru saja diresmikan ini.

Rute yang perlu ditempuh untuk sampai pada lokasi pun sebenarnya tidak terlalu rumit, sebab hanya perlu beberapa menit saja dari pusat kota. Anda bisa memilih untuk menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi untuk sampai di tujuan. Kemudian, berkendaralah hingga sampai di Jalan Veteran, lalu ikuti petunjuk yang ada di jalan agar Anda tidak merasa kebingungan.

Ketika ingin memasuki daerah taman, Anda tidak perlu khawatir karena taman kota yang mengagumkan ini tidak memungut biaya yang terlalu mahal. Bahkan, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 5 ribu rupiah untuk parkir, sebab Anda bisa memasuki tempat yang ngehits ini dengan cuma-cuma.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Taman Kota Kuningan
Photo by Google Maps Mf gaming

1. Menyantap Kuliner Lezat di Sekitar Taman Kota

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Taman Kota Kuningan, salah satunya adalah menyantap kuliner lezat yang ada di sekitar taman. Sebab, sudah tersedia beragam tempat makan yang berjajar-jajar di sekitar jalan taman. Anda bisa memilih tempat mana yang bisa Anda gunakan untuk memuaskan perut Anda.

Akan tetapi, beberapa tempat makan tersebut ada yang berada di seberang jalan, sehingga Anda harus berhati-hati ketika ingin mengunjungi tempat makan itu. Kelezatan kuliner yang ada di taman ini dijamin akan membuat Anda merasa senang dan tidak merasa lapar lagi dalam waktu yang lama.

2. Berjalan-Jalan Mengitari Taman

Layaknya taman kota pada umumnya, Anda bisa berjalan-jalan mengitari taman sepuas Anda. Karena luas taman yang cukup panjang, Anda bisa mencoba untuk menggerakkan tubuh dan kaki Anda dengan berolahraga ringan di sekitar taman.

Hal itu akan membantu Anda untuk menyaksikan pemandangan indah yang tersedia dengan lebih jelas. Terlebih, pada malam hari Anda bisa melihat betapa menakjubkannya pemandangan pada taman yang dipenuhi oleh lampu-lampu jalanan ini.

3. Mengambil Foto di Sekitar Kolam Kecil

Ketika berada di Taman Kota Kuningan, tidak afdol rasanya apabila Anda tidak mengabadikan momen yang Anda saksikan dan rasakan di taman. Karena itulah, pastikan membawa serta kamera untuk memotret seluruh pemandangan yang ada di taman dan juga berpose bersama dengan rombongan Anda.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Taman Kota Kuningan
Photo by Google Maps Ahmad Tohar

Ada beberapa spot foto yang bisa Anda pilih sebagai background foto yang tepat. Salah satunya adalah sekitar kolam kecil yang berdekatan dengan patung kuda di dekat ujung taman. Pada spot itu, Anda bisa menghasilkan foto yang unik dan menarik untuk diunggah di media sosial.

4. Beristirahat di Gazebo

Pengunjung yang berada di taman tidak perlu merasa khawatir ketika sedang merasa leah, sebab sudah ada gazebo yang bisa dipakai untuk duduk secara sementara, Anda tidak akan merasa kebingungan saat ingin beristirahat dan menikmati suasana taman.

Gazebo tersebut bisa digunakan secara gratis dan terletak di bawah pohon yang cukup besar. Karena itulah apabila beristirahat di gazebo ini Anda tidak perlu merasa khawatir dengan sengatan matahari yang cukup mengganggu. Anda dapat beristirahat sambil mengkonsumsi es atau makanan ringan yang biasa dijajakan di sekitar tempat parkir.

5. Berolahraga di Pagi Hari

Pada pagi hari, Anda bisa memanfaatkan suasana sepi pada taman kota yang selalu ramai ini untuk tempat berolahraga. Karena tempatnya yang luas, Anda bisa menggunakannya sebagai tempat untuk melakukan jogging atau bersepeda agar tubuh menjadi lebih sehat.

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa suasana sepi itu hanya akan bertahan selama beberapa jam saja. Karena itu apabila Anda bukan masyarakat asli kabupaten Kuningan, maka alangkah lebih baik apabila Anda segera berangkat dari rumah pada waktu yang lebih awal sehingga Anda bisa berolahraga dengan aman.

Fasilitas di Kawasan Taman Kota Kuningan

Fasilitas Di Kawasan Wisata Taman Kota Kuningan
Photo by Google Maps ManZ Roekman

Hampir sama seperti taman lainnya, taman kota ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Di seberang jalan, terdapat sebuah masjid agung bernama Masjid Agung Syiarul Islam.

Pengunjung yang memang berkeinginan untuk beribadah pun dapat mengunjungi taman itu dengan menyeberang jalan. Tidak hanya itu saja, namun ada pula fasilitas lain yang sangat memuaskan pengunjung seperti kamar mandi umum yang bisa diakses kapan saja.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, sudah tersedia tempat parkir yang bisa dipakai untuk mengamankan kendaraan. Dengan begitu, kendaraan itu tidak akan memakan jalan ketika ingin diparkirkan.

Demikian informasi mengenai Taman Kota Kuningan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika ingin mengunjungi tempat ini. Karena baru saja diresmikan, lebih baik Anda turut serta menjaga kebersihan yang ada pada taman yang indah ini.