Bogor memang terkenal memiliki destinasi wisata yang menarik dan unik. Tak hanya wisata alam saja, di Kota Hujan Bogor juga terdapat berbagai taman kota yang cantik dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai atau tujuan rekreasi.

Menjadi salah satu daerah yang ada di Jawa Barat, Bogor secara administratif terdiri dari dua wilayah yaitu Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Meski dibagi menjadi dua wilayah administratif, keduanya menyimpan sejuta pesona yang sungguh menakjubkan. Selain terkenal dengan Kawasan Puncaknya, di Bogor pula terdapat beragam destinasi wisata lainnya yang berkonsep taman.

Jika berada di Kota Bogor, berikut deretan taman cantik dan keren yang bisa Anda pilih sebagai tempat nongkrong atau bersantai untuk menghilangkan penat.

1. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara
Image Credit: Lovelybogor.com

Taman Bunga Nusantara menjadi salah satu destinasi wisata romantis yang ada di Bogor. Di objek wisata ini para pengunjung bisa menemukan aneka macam bunga yang berwarna warni. Beragam jenis bunga warna warni tersebut mampu menciptakan keindahan pada taman ini. Apalagi dilengkapi dengan adanya suara percikan air mancur yang terdapat di destinasi wisata ini, tentunya membuat suasana lebih syahdu dan damai.

Di setiap bagian dari Taman Bunga Nusantara memiliki tema uniknya masing masing yang terinspirasi dari berbagai tempat di seluruh dunia seperti Perancis, Mediterranean, Jepang, dan Bali. Beragam taman cantik di destinasi wisata ini dilengkapi pula dengan danau buatan berukuran kecil. Suasana yang diciptakan oleh destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menenangkan dirinya dari segala hiruk pikuk perkotaan.

Lokasi: Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur.

2. Taman Sakura

Taman Sakura
Image Credit: Kopisenja.com

Bagi Anda yang ingin melihat keindahan dari bunga sakura, kini tak perlu jauh jauh pergi ke Jepang. Karena di Bogor pula terdapat taman yang menyuguhkan keindahan bunga sakura. Taman Sakura ini masih termasuk ke dalam Kebun Raya Cibodas, Bogor. Di dalam destinasi wisata ini para pengunjung bisa menemukan pohon bunga sakura dengan jumlah sekitar 435 pohon. Banyak pula pengunjung yang memanfaatkan keindahan dari bunga sakura tersebut sebagai spot foto instagenik.

Namun sayangnya bunga sakura tersebut hanya mekar dua kali dalam setahun, yaitu sekitar bulan Januari hingga Februari dan Juli hingga Agustus. Meski begitu Anda masih bisa menikmati keindahan lainnya yang disuguhkan oleh Kebun Raya Cibodas seperti padang rumput yang luas, pepohonan raksasa berusia tua, berbagai koleksi tanaman langka, taman lumut yang unik, dan masih banyak lagi lainnya.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata Alam di Bogor yang Populer Buat Liburan

Lokasi: Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

4. Taman Meksiko

Taman Meksiko
Image Credit: Google Maps (I Arifianto)

Destinasi wisata berikutnya ini masih berada dalam Kawasan Wisata Kebun Raya Bogor. Taman Meksiko ini menyuguhkan pemandangan berupa berbagai macam spesies tumbuhan yang unik. Adanya beragam tumbuhan yang unik tersebut, menyebabkan banyak pengunjung yang ingin mengabadikannya sebagai spot foto terbaik. Pada Taman Meksiko ini pula terdapat berbagai koleksi tanaman kering yang ditata sedemikian rupa, sehingga menciptakan pemandangan yang eksotis.

Taman Meksiko ini memiliki konsep terbuka dengan adanya bebatuan serta kerikil layaknya di sebuah gurun. Kaktus ataupun tanaman gurun lainnya menjadikan taman di Bogor ini sangat cocok digunakan sebagai spot foto yang instagenik. Para pengunjung yang memasuki taman ini akan disambut dengan patung kaktus layaknya orang sedang bermain musik. Selain terdapat kaktus dan sukulen, di taman ini pula terdapat beragam tanaman obat serta flora lainnya.

Lokasi: Jl. Otto Iskandardinata No.13, RT.04/RW.02, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

5. Taman Ekspresi

Taman Ekspresi
Image Credit: Google Maps (Ade Anggara 212)

Taman Ekspresi merupakan salah satu taman kota pertama yang ada di Kota Bogor. Banyak para pengunjung yang datang hanya untuk melepaskan penat. Taman yang berada di kawasan Lapangan Sempur ini menyediakan teater terbuka yang biasanya digunakan untuk melakukan pertunjukan seni dan budaya. Disediakan pula tempat duduk untuk para pengunjung, dengan ukuran yang cukup luas mengelilingi panggung terbuka tersebut.

Tak hanya itu saja, Taman Ekspresi pula dipenuhi dengan pepohonan rindang sehingga memunculkan suasana sejuk dan asri. Terdapat pula beragam fasilitas umum lainnya yang disediakan oleh pengelola di Taman Ekspresi, seperti toilet dan mushola. Para wisatawan juga bisa menikmati keindahan taman sambil berwisata kuliner. Destinasi wisata ini menyediakan beragam kuliner khas yang dijajakan oleh penjual di sekitar taman.

Lokasi: Jl. Raya Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

6. Taman Kencana

Taman Kencana
Image Credit: Google Maps (Ibnu Adi)

Objek wisata taman lainnya di Bogor yang selalu ramai akan pengunjung yaitu Taman Kencana. Dipenuhi dengan pepohonan yang rindang dan udaranya yang sangat sejuk, sehingga tidak mengherankan jika taman ini menjadi salah satu favorit para wisatawan yang datang ke kota dingin ini. Dengan pesonanya tersebut mampu menenangkan para pengunjung dari segala hiruk pikuk perkotaan.

Disediakan pula tempat duduk yang tertata rapi, sehingga membuat Taman Kencana tampak teratur. Para pengunjung yang datang pula bisa berwisata kuliner disini, karena di sekitar taman kota ini terdapat banyak pusat perbelanjaan serta oleh oleh khas Kota Bogor. Ketika memasuki akhir pekan, wisatawan yang berkunjung tidak hanya berasal dari warga Bogor saja melainkan banyak yang berasal dari luar kota.

BACA JUGA:  30 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Babakan, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

7. Taman Corat Coret

Taman Corat Coret
Image Credit: Google Maps (Eka Febriani)

Diresmikan pada tahun 2006, destinasi wisata ini memang ditujukan kepada para pengunjung yang gemar corat coret. Kehadiran Taman Corat Coret sebenarnya menjadi sebuah langkah untuk mengurangi adanya vandalisme yang begitu mewabah di Bogor. Karena dipenuhi dengan beragam mural dan coretan dinding yang beragam, banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai spot foto yang instagenik.

Adanya grafiti serta mural yang begitu cantik di taman ini merupakan hasil karya dari seniman di Kota Bogor. Namun tak hanya seniman saja, para pengunjung juga bebas menuangkan segala kreativitasnya berupa lukisan di Taman Corat Coret. Meski tidak memiliki pepohonan yang rindang dalam jumlah banyak, tetapi beragam lukisan yang terdapat di taman ini tetap harus diperhitungkan. Disediakan pula tempat duduk untuk para pengunjung yang ingin melepas penas sambil menikmati lukisan.

Lokasi: Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor.

8. Taman Koleksi

Taman Koleksi
Image Credit: Google Maps (Vee Novietri)

Taman Koleksi menjadi salah satu taman kota yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk refreshing dan melepas penat. Adanya pepohonan besar dan rindang mampu membuat suasana taman menjadi lebih asri. Apalagi ditambah dengan udara Kota Bogor yang begitu segar dan sejuk, sehingga mampu membuat siapa saja yang datang berkunjung ke Taman Koleksi ini menjadi lebih nyaman dan betah berlama lama disini.

Pengelola taman menyediakan beberapa tempat duduk untuk para pengunjung sembari menikmati kesejukkan taman ini. Salah satu spot favorit para pengunjung yaitu meja bulat di dekat pohon yang sering digunakan sebagai tempat diskusi serta mengerjakan tugas. Tak hanya itu, terdapat pula pohon randu yang berada di tengah taman sebagai daya tarik tersendiri. Apabila pohon randu tersebut tengah berbunga, maka bunganya yang berwarna putih tersebut akan berhamburan.

Lokasi: Jl. Raya Pajajaran No.1, RT.02/RW.05, Tegallega, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

9. Taman Peranginan

Taman Peranginan
Image Credit: Google Maps (Muhammad Wildan)

Destinasi wisata taman selanjutnya ini bernama Taman Peranginan. Dilengkapi dengan pepohonan rindang dan besarnya tersebut mampu membuat suasana taman menjadi lebih asri. Tak hanya itu saja, terdapat pula dua pepohonan yang berukuran besar dibanding pepohonan lainnya yang dilengkapi dengan tempat duduk serta ayunan. Meski ukurannya tidak begitu luas, namun bagi para pengunjung yang datang bisa menyaksikan keindahan panorama Kota Bogor dari ketinggian.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Ciamis Terbaru & Terhits Buat Liburan

Taman Peranginan pula sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk menenangkan diri dari segala hiruk pikuk perkotaan. Dengan panoramanya yang sangat indah, banyak para pengunjung yang memanfaatkannya sebagai spot foto terbaik. Tak hanya itu saja, Taman Peranginan pun sering digunakan sebagai tempat piknik atau sekedar berbincang bersama orang orang tersayang.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, RT.01/RW.04, Sempur, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

10. Taman Perlintasan Bogor

Taman Perlintasan Bogor
Image Credit: Ihategreenjello.com

Objek wisata taman satu ini awalnya digunakan sebagai penanda memasuki kawasan Kota Bogor. Namun seiring berjalannya waktu, Taman Perlintasan Bogor ini menjadi fasilitas publik yang menarik perhatian wisatawan. Untuk para pengunjung yang memiliki gemar swafoto bisa menjadikan tempat satu ini sebagai lokasi untuk berburu foto. Apalagi terdapat tulisan Bogor yang begitu besar, dapat menjadi salah satu spot favorit para wisatawan.

Berlokasi yang sangat strategis, Taman Perlintasan Bogor sering digunakan sebagai tempat untuk menghilangkan rasa penat. Meski tak memiliki banyak fasilitas publik, namun taman di Bogor ini tetap menjadi salah satu destinasi populer di berbagai kalangan. Destinasi taman ini pula tidak memiliki ukuran yang cukup luas serta tidak dipenuhi dengan tanaman, sehingga pengunjung yang datang hanya untuk mengambil beberapa gambar saja.

Lokasi: Jl. Heulang, Tanah Sareal, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor.

11. Taman Astrid

Taman Astrid
Image Credit: Google Maps (awal Adi)

Menjadi salah satu taman yang berada di kawasan Kebun Raya Bogor, Taman Astrid ini memiliki pemandangan yang sangat memukau. Bagi para pengunjung yang datang ke taman ini akan disuguhkan dengan pemandangan rerumputan hijau yang begitu luas dan memanjakan mata. Terdapat pula danau buatan berukuran kecil yang dihiasi dengan daun teratai yang menyebar di setiap sudutnya, membuat penampilan taman menjadi lebih apik dan menawan.

Taman Astrid berada di dalam kawasan Kebun Raya Bogor, sehingga pengunjung harus membayar tiket masuk lebih tinggi. Namun harga tersebut terbilang terjangkau apabila dibandingkan dengan pemandangan yang ditawarkan oleh taman cantik ini. Bahkan banyak pengunjung luar kota yang rela datang jauh jauh untuk menikmati keindahan yang disuguhkan oleh Taman Astrid ini.

Lokasi: Kp. Parung Jambu, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

Beragam destinasi taman keren yang ada di Bogor di atas, bisa digunakan sebagai salah satu referensi saat musim liburan tiba atau sekedar berlibur di akhir pekan. Namun apakah Anda tahu bahwa di kota dingin ini masih terdapat objek wisata alam yang begitu melimpah. Berbagai macam objek wisata alam tersebut menawarkan pemandangannya yang sangat menakjubkan, dan tentunya mampu menghipnotis siapa saja yang datang.