Bandung masuk dalam jajaran kota favorit untuk liburan memang menawarkan banyak atraksi. Salah satunya dengan hadirnya beberapa taman di Bandung yang keren untuk tempat bersantai.

Membicarakan Kota Kembang memang tidak ada habisnya. Kota ini selalu punya tempat sendiri di kalangan traveller, karena setiap sudutnya mampu membuat orang terpana. Selain bisa mengunjungi tempat wisata andalannya, Anda juga bisa mengunjungi taman-taman kotanya.

Tawarkan fasilitas yang memadai, Anda juga bisa mengais udara segar sebanyak mungkin saat berada di taman. Memiliki banyak konsep menarik, berikut daftar taman keren di Bandung yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Taman Jomblo

Taman Jomblo
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ridho Fazri)

Taman Jomblo atau yang juga dikenal dengan Taman Pasupati ini begitu unik. Letaknya yang berada di bawah Jembatan Pasupati membuat taman ini terlihat berbeda. Ruang publik satu ini memiliki kursi kursi kecil yang bisa diduduki satu orang saja. Hadir nya kursi berbentuk balok dengan warna mencolok ini memang yang paling mencuri perhatian banyak orang.

Sebelum disulap menjadi taman, dahulunya daerah ini merupakan tempat kumuh yang begitu gelap dan rawan. Dan saat ini Taman Jomblo sudah berubah wajah dan menjadi tempat kawula muda nongkrong. Selain dudukan yang lucu, taman ini juga dilengkapi dengan lapangan skateboard yang sudah bertaraf internasional dan juga fasilitas lainnya.

Lokasi: Jl. Tamansari No.66, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

2. Taman Musik Centrum

Taman Musik Centrum
Image Credit: Google Maps (muftie fauzan zulfikar djojoadikusumo)

Tidak hanya memiliki panorama yang indah, di kota Bandung juga banyak sekali seniman seniman muda. Salah satunya yang tumbuh subur adalah seniman pecinta musik. Bagi Anda yang ingin melepas penat sembari menikmati suara musik bisa mengunjungi Taman Musik Centrum. Taman ini kerap kali dijadikan tempat para muda mudi untuk bermain musik.

Di kelilingi pepohonan rindang dan fasilitas yang memadai membuat taman satu ini sayang untuk dilewatkan. Fasilitas umum mulai dari wifi gratis, listrik untuk charger HP, hingga adanya panggung kecil di tengah taman. Mengunjungi taman satu ini pasti akan membuat Anda betah untuk berlama lama. Terutama ketika ada pertunjukkan atapun acara yang makin membuat taman ini semarak.

Lokasi: Jl. Sumbawa No.32, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

3. Taman Pustaka Bunga

Taman Pustaka Bunga
Image Credit: Google Maps (I Made Serinteg)

Taman Indah di Kota Bandung yang juga bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Pustaka Bunga. Taman yang berada di Jl. Cilaki ini dahulu memiliki nama Taman Cilaki. Selain namanya yang berubah, wajah dari taman ini juga berubah. Saat ini Pustaka Bunga hadir lebih cantik layaknya namanya yang memang ditanami berbagai jenis bunga cantik.

Sebelum Anda melihat keindahan tamannya, Anda akan diminta untuk lebih dahulu mengisi buka tamu. Terdapat juga kotak untuk donasi sukarela guna menjaga keindahan tamannya. Melangkahkan kaki semakin dalam, Anda akan merasakan udaranya yang begitu sejuk. Di setiap sudut taman terdapat banyak bunga cantik lengkap dengan pepohonannya yang rindang.

BACA JUGA:  22 Makanan Khas Bandung yang Terkenal Lezat

Lokasi: Jl. Citarum No.23 A, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

4. Alun-Alun Bandung

Alun-Alun Bandung
Image Credit: Google Maps (Faiq Haidar)

Taman satu ini merupakan ikon kota Bandung yang tidak boleh Anda lewatkan. Melalui berkali kali perubahan, Wajah dari Alun Alun Kota Bandung ini semakin mempesona. Berada satu area dengan Masjid Agung, hamparan hijau rumput sintetis ini, mengundang siapapun untuk sekedar duduk di atasnya. Ditambah lagi dengan beberapa tanaman yang turut menghiasinya.

Bukan hanya biasa digunakan untuk bersantai, taman di Kota Bandung ini juga menawarkan banyak fasilitas. Anda yang liburan bersama keluarga terutama dengan anak anak, bisa menikmati fasilitas seperti jungkat jungkit atau ayunan. Hal menarik lainnya, terdapat tulisan Alun Alun Bandung yang dipasang beberapa ayunan di dekat halte kendaraan umum.

Lokasi: Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung.

5. Taman Vanda

Taman Vanda
Image Credit: Instagram.com @explorejourneyhn

Taman selanjutnya yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Taman Vanda. Taman satu ini sangat mudah untuk Anda temukan karena letaknya di pusat keramaian, tepatnya di Jalan Merdeka. Sebelum berubah nama menjadi taman Vanda, taman satu ini memiliki nama Taman Dollar. Taman Vanda menjadi taman yang menjadi favorit masyarakat untuk habiskan waktu.

Memang ketika malam hari, taman satu ini tampak biasa saja. Begitu malam atau sore hari, wajah Taman Vanda akan menjadi lebih indah. Hal ini dikarenakan taman satu ini telah dilengkapi oleh banyak pencahayaan dari lubang khusus. Baik dari dalam lubang di lantai, hingga di air. Bahkan lampu lampu ini bisa bergantian terutama yang di air sehingga semakin mempesona.

Lokasi: Jl. Merdeka No.9, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

6. Taman Fotografi

Taman Fotografi
Image Credit: Google Maps (Muhamad Nova)

Bandung menjadi salah satu kota yang memiliki banyak komunitas di dalamnya. Tidak ketinggalan komunitas Fotografi di Kota Bandung. Hal ini semakin terlihat jelas dengan hadirnya Taman Fotografi yang berada di Jalan cempaka. Taman satu ini memang sengaja dijadikan sebagai wadah komunitas fotografi dalam menyalurkan bakat mereka.

Tentu saja taman ini mendapatkan banyak respon positif dari para komunitas yang ada. Tidak hanya menjadi tempat berkumpul, alam terbuka ini juga bisa menjadi tempat bersantai yang pas. Anda bisa mengambil beberapa foto atau bahkan turut mengunjungi pameran foto yang sedang diadakan. Fasilitas tambahan seperti WIFI gratis, spot galeri, hingga permainan anak anak juga memadai.

Lokasi: Jl. Kemuning No.4, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

7. Taman Lansia

Taman Lansia
Image Credit: Google Maps (CafeIn Bandung)

Meskipun memiliki nama Taman Lansia, tapi bukan berarti yang boleh mengunjungi hanyalah orang lansia saja. Lokasi taman satu ini sangat mudah dijangkau yakni bersebelahan dengan Gedung Sate. Taman Lansia menjadi salah satu taman di kota Kembang yang sangat cocok untuk berkumpul dengan keluarga atau teman.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Lembang Bandung yang Unik & Instagramable

Areanya yang luas dilengkapi dengan pepohonan rindang yang membuat suasananya menjadi lebih sejuk dan asri. Hal menarik yang bisa Anda temui adalah adanya danau buatan yang fungsinya untuk antisipasi banjir. Selain itu, taman ini juga memiliki fasilitas tambahan berupa wifi gratis, toilet yang bersih hingga tempat duduk berupa meja dan kursi dari kayu.

Lokasi: Cisangkuy St, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kab. Bandung.

8. Taman Super Hero

Taman Super Hero
Image Credit: Google Maps (Rinando Aidil Fitrio)

Masih belum puas mengunjungi taman di Bandung, Anda bisa melangkahkan kaki ke Taman Super Hero. Di taman satu ini beberapa tokoh Superhero yang biasa Anda nikmati di layar kaca dihadirkan di taman ini. Mulai dari Karakter Gundala, Gatot Kaca hingga Superman, Batman dan tidak ketinggalan Spiderman.

Meskipun tidak memiliki area yang besar, tetapi pepohonan yang rindang menjadikan banyak masyarakat yang mengunjungi taman ini. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menikmati bermain voli pantai di taman ini. Untuk meningkatkan minat baca, di taman ini juga memiliki sebuah perpustakaan yang bisa dikunjungi.

Lokasi: Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kab. Bandung.

9. Taman Persib

Taman Persib
Image Credit: Google Maps (iwan wiguna)

Bandung memiliki klub bola andalan yang dikenal dengan nama Persib. Dari sinilah kemudian dibuatlah taman Persib. Di taman ini Anda bisa menemukan lapangan sepakbola dan juga museum terbuka. Di dalam museum dengan tema klub Persib ini Anda bisa menemukan banyak hal menarik. Sekalipun masih baru, taman ini begitu menarik perhatian banyak orang.

Lokasi: Jl. Supratman No.24, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

10. Taman Veteran

Taman Veteran
Image Credit: Instagram.com @ameliaprima

Taman satu ini memang tidaklah besar, namun tetap bisa dijadikan pilihan untuk Anda melihat kota Bandung dari sudut yang berbeda. Terutama bagi Anda yang menyukai pemandangan malam hari. Taman Veteran adalah tempat yang cocok untuk menikmati gemerlapnya kota Kembang di malam hari.

Tiang tiang besar dengan gambar gambar lucu ini memang diberikan lampu di dalamnya. Ketika malam hari, lampu hias ini akan memberikan nuansa yang berbeda. Banyak masyarakat yang datang ke taman ini untuk bersantai atau berselfie ria. Lokasinya yang berada di daerah strategis juga akan membuat Anda mudah menjangkau taman satu ini.

Lokasi: Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

11. Taman Film

Taman Film
Image Credit: Google Maps (Faisal sidiq)

Sebelumnya pernahkah Anda membayangkan untuk menyaksikan film fi layar besar di bawah jembatan layang? Jika belum, maka Anda harus mengunjungi taman indah di Bandung ini. Dengan begitu Anda bisa merasakan sensasi nobar di ruangan terbuka yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

Layar besar yang dibangun dari benton ini juga ditambahkan dengan dudukan yang berupa undakan. Rumput sintetis yang menyelimuti areanya juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat lesahan. Tak hanya untuk nonton film, taman ini juga sering dijadikan lokasi nobar pertandingan Persib.

Taman di Bandung satu ini memang begitu nyaman lengkap dengan berbagai fasilitas unggulan yang disematkan. Ketika sore hari, pengunjung banyak yang datang untuk sekedar bersantai atau menikmati film yang diputar. Para pecinta film juga sering mengadakan berbagai acara di taman satu ini.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Dago Bandung yang Terkenal Enak

Lokasi: Jl. Layang Pasupati, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

12. Taman Labirin

Taman Labirin
Image Credit: Google Maps (Prasetyo Budi Widagdo)

Udaranya yang sejuk dan tempatnya yang nyaman menjadikan taman Labirin sebagai jujugan masyarakat lokal maupun pelancong. Seperti namanya, taman satu ini memang mengusung konsep layaknya labirin. Anda bisa mengelilingi taman ini dengan melalui dua jenis trembesi yang telah berusia ratusan tahun. Tempat satu ini sangat cocok sebagai tempat untuk melepas penat.

Lokasi: Jl. Wastukencana, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

13. Pet Park

Pet Park
Image Credit: Google Maps (Kawi Boedisetio)

Taman tematik yang bisa Anda kunjungi ketika berada di kota Bandung adalah Pet Park. Taman satu ini seringkali dijadikan tempat berkumpul para pecinta hewan seperti namanya. Pemilik binatang juga banyak yang menghabiskan waktu di taman ini. Ketika sore hari atau di akhir pekan, tempat satu ini selalu ramai pengunjung terutama yang memiliki hewan peliharaan.

Tidak hanya menjadi taman yang ramah hewan, tempat satu ini juga memiliki fasilitas lainnya yang memadai. Fasilitas tersebut mulai dari jogging track, fasilitas ketangkasan hewan, meja kursi untuk bersantai hingga toilet khusus untuk hewan. Kebersihan dari taman ini juga sangat terjaga, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat bersantai.

Lokasi: Jl. Ciliwung No.14, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

14. Taman Sejarah

Taman Sejarah
Image Credit: Instagram.com @arfin.zeinpahad

Bagi Anda yang menyukai sejarah, tak ada salahnya untuk mengunjungi Taman Sejarah yang ada di Bandung. Taman satu ini terbilang dekat dengan beberapa tempat wisata dan pusat keramaian yang lainnya. Membuat taman yang diresmikan tahun 2017 ini mudah untuk Anda jangkau. Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas menarik, termasuk saat bersama si kecil.

Bisa dikatakan jika taman ini merupakan taman yang edukatif, karena Anda bisa mengetahui siapa saja yang pernah menjabat sebagai walikota Bandung. Bukan hanya itu, taman Sejarah juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Mulai dari kolam renang khusus anak, ruang bilas, tempat bermain hingga toilet.

Lokasi: Jl. Aceh No.53, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

15. Taman Cikapayang Dago

Taman Cikapayang Dago
Image Credit: Google Maps (Gantenks Sikit)

Bandung masih memiliki taman lain yang juga tak kalah menarik untuk disambangi. Taman yang dikenal dengan nama Cikapayang Dago ini mengusung konsep taman terbuka. Dilengkapi dengan air mancur joget hingga spot spot untuk berfoto. Taman satu ini tak pernah sepi pengunjung, terutama ketika malam hari yang membuat panoramanya makin memukau.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.79, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

Kota Bandung memang menyimpan banyak pesona, yang juga bisa Anda temukan melalui taman-tamannya yang unik. Mengunjungi taman tematik tersebut tidak hanya bisa melepas penat, namun juga sebagai tempat wisata yang murah meriah. Tidak ada biaya yang harus Anda bayarkan untuk menikmati semua taman yang telah disebutkan.