Taman Kelinci Ciwidey, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Bandung

Taman Kelinci Ciwidey, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Bandung
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Cikembang, Panundaan, Kec. Ciwidey, Kab. Bandung, Jawa Barat

Siapa yang suka dengan hewan kelinci, sepertinya wajib mengunjungi Taman Kelinci Ciwidey. Objek wisata ini cocok dikunjungi semua kalangan, meskipun sebenarnya tujuannya untuk anak-anak. Tetapi sudah pasti tidak mungkin bahwa anak-anak akan berkunjung sendirian di sini. Itulah sebabnya objek wisata ini cocok juga dikunjungi kalangan keluarga.

Meski sebagian besar mereka yang datang berkelompok bersama keluarga, tidak sedikit pemuda dan pemudi yang datang ke sini. Biasanya mereka termasuk tipe penyayang binatang, khususnya kelinci. Apalagi kelinci memang dikenal binatang yang ramah dan tidak berbahaya, bulunya yang lembut membuat siapa pun ingin menyentuhnya.

Adanya Taman Kelinci di Bandung semakin melengkapi kategori wisata yang dimiliki Kota Kembang. Selain objek wisatanya yang sangat banyak melimpah, Bandung juga dikenal sebagai pusat fashion dan bahkan wisata kuliner. Tidak heran jika banyak warga dari luar kota Bandung yang betah berlama-lama jika Berkunjung.

Daya Tarik Wisata Taman Kelinci Ciwidey

Daya Tarik Taman Kelinci Ciwidey
Photo by Google Maps shincinin Samurai

Membahas mengenai Bandung memang selalu menyenangkan dan tidak terlalu membosankan. Dalam hal objek wisatanya, masing-masing memiliki daya tarik yang berbeda. Bahkan untuk kategori wisata yang sejenis pun tetap berbeda. Kali ini kita akan membahas daya tarik Taman Kelinci Ciwidey, berikut yang berhasil kami rangkum.

1. Sebagai Wisata Edukasi

Membahagiakan anak itu sederhana, banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengajaknya berwisata. Tentunya objek wisata yang dituju yakni yang ramah anak, seperti di Taman Kelinci. Selain mengajaknya bermain, di taman ini mereka dapat belajar mengenal alam dan sekaligus hewan.

Memberikan pengarahan kepada anak-anak cukup penting dalam hal binatang. Mereka dapat mengetahui karakteristik hewan dan mengenalkan nya secara langsung. Jika sebelumnya mereka mengetahui di televisi atau video online, kali ini kesempatan anda mengenalkan langsung kepada mereka.

Sebagai wisata edukasi, tentunya ada pengarahan yang harus dilakukan orang tua. Jika mengunjungi Taman Kelinci Ciwidey, ada petugas yang siap mengarahkan anak-anak dalam proses pembelajaran nya. Bukan hanya itu, pada umumnya mereka diajak bermain dan langsung berinteraksi dengan kelinci yang lucu dan menggemaskan.

2. Spesies Kelinci Lengkap

Meskipun hanya ada satu hewan yang ada di lokasi wisata ini, yaitu kelinci, namun untuk jenis dan spesies nya cukup lengkap. Bukan hanya kelinci lokal saja yang ditemui, tetapi ada jenis kelinci luar negeri yang tidak kalah lucunya. Misalnya kelinci Lion Head dengan keunikan bagian kepalanya yang mirip singa.

Jenis ini menjadi favorit di Taman Kelinci Ciwidey karena terlihat lucu dan menggemaskan. Memang pada umumnya terlihat malas, namun tetap dapat diajak bermain, apalagi jika diberi makan. Jenis lain yang ditemui adalah kelinci Dutch dengan ciri khas dari bulunya yang berwarna-warni, pada umumnya dua kombinasi warna yang cantik.

Daya Tarik di Taman Kelinci Ciwidey
Photo by Google Maps Oo Suharto

Sedangkan untuk Kelinci Rex terlihat lebih besar, bobotnya bisa mencapai 5 kg untuk usia dewasa. Jika dilihat dari bulunya memang tidak terlalu cantik karena pada umumnya pendek. Ciri khas dari kelinci ini dari telinganya yang lebar dan tegak. Masih banyak jenis lain yang dapat ditemui, termasuk New Zealand White.

3. Suasana Lokasi Sejuk dan Asri

Taman Kelinci Ciwidey terletak diatas ketinggian 1.400 Mdpl, anda bisa membayangkan betapa sejuknya suasana di sini. Pemilihan lokasi di dataran tinggi bukan tanpa alasan, kelinci pada umumnya tidak betah dan sedikit rapuh ketika cuaca panas. Dengan ketinggian ini, suasana sejuk dan asri pun didapatkan.

Terlebih pemandangannya tidak kalah dengan objek wisata alam. Bentangan sawah dan perkebunan warga cukup jelas terlihat hijaunya. Di sekeliling lokasi tidak kurang pohon perdu yang menjadikan suasananya semakin sejuk. Konsep taman yang ada di kawasan wisata ini semakin cantik ketika dihiasi tanaman berbunga di beberapa titiknya.

Terletak di alam terbuka, anak-anak bebas melakukan aktivitas di dalamnya. Pilihan terbaik adalah berinteraksi dengan kelinci karena memang tujuan utama datang ke Taman Kelinci Ciwidey yakni ingin bermain dengan mereka. Namun pastikan bahwa selalu mematuhi peraturan dan tetap menyayangi mereka.

4. Tata Lokasi yang Rapi

Daya tarik berikutnya dari tata lokasinya yang rapi. Berkunjung ke sini tidak membosankan karena banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Terlebih tata kelola nya rapi, setiap jenis kelinci dibedakan di kandang masing-masing. Setiap kandang terletak di alam terbuka dan hanya dibatasi dengan pagar dari kayu.

Memang ada sebagian kandang yang dipagar dan tidak semua pengunjung boleh memasukinya. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak, hanya untuk jenis kelinci tertentu saja. Menariknya, kandang di Taman Kelinci Ciwidey ini dilengkapi dengan rumah mini. Ada pula yang dibuatkan terowongan yang biasanya digunakan kelinci pada saat melahirkan.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Taman Kelinci Ciwidey
Photo by Google Maps Andi Gunadi

Sesuai namanya, objek wisata ini berada di Ciwidey, tepatnya di Desa Cikembang, Panundaan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jarak dari pusa kota tidak terlalu jauh, hanya sekitar 5 kilometer saja. Jika berkendara dengan kecepatan rata-rata, maka akan tiba dalam waktu 20 menit saja.

Namun jika berangkat dari pusat Bandung, butuh perjalanan sekitar 2 jam karena jarak yang harus ditempuh kurang lebih 50 kilometer. Rute Taman Kelinci Ciwidey jika anda datang dari Bandung yakni dengan menuju ke kawasan Cimaung, kemudian meneruskan perjalanan yang mengarah ke daerah Cangkuang.

Dari sini, silahkan ambil jalan raya, tepatnya ke Jalan Ciputih. Perjalanan dilanjutkan dengan melintasi sepanjang Jalan Propinsi. Setelah tiba di Jalan Ciwidey, pelankan kendaraan sambil melihat papan petunjuk. Objek wisata keluarga di Bandung ini tidak jauh dari Masjid Jami Al-Mujahidin, silahkan digunakan sebagai patokan utama.

Harga Tiket Masuk Taman Kelinci Ciwidey

Tiket Masuk di Taman Kelinci Ciwidey
Photo by Google Maps Liemas Handy

Tidak perlu mahal jika ingin melihat kebahagiaan anak-anak, tiket masuk Taman Kelinci Ciwidey hanya di banderol seharga 15.000 rupiah per orang. Tidak ada perbedaan harga tiket, baik dewasa maupun anak-anak tetap sama. Harga murah tersebut nantinya mendapatkan dua buah wortel yang bisa diberikan kepada kelinci.

Jika masih kurang, pengelola menjual paket makanan seharga 5.000 rupiah untuk 3 buah wortel. Selain tiket masuk, bagi yang membawa kendaraan pribadi wajib membayar retribusi parkir sesuai kendaraannya. Objek wisata edukasi ini di buka setiap hari, Senin – Jumat mulai pukul 10.00 – 20.00, sedangkan hari libur pukul 09.00 – 21.00.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Taman Kelinci Ciwidey
Photo by Google Maps William Ariowibowo Kadar

Oleh karena objek wisata Taman Kelinci Ciwidey dibuat dengan konsep alam terbuka, artinya banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Apalagi bagi anak-anak, apapun dapat dijadikan aktivitas yang mereka anggap seru dan menyenangkan.

1. Menikmati Sejuknya Suasana Alam

Bagi anak-anak mungkin tidak dapat merasakan sejuknya suasana di sini. Pada umumnya mereka sibuk dengan aktivitas masing-masing. Tetapi bagi orang tua atau usia dewasa, kesejukan di sini sangat terasa dan mendekati sempurna. Pohon rindang yang tumbuh subur mengelilingi lapangan luas menjadi penyebab kesejukan nya.

Apalagi letak Taman Kelinci Ciwidey memang berada di atas dataran tinggi, yang mana pasti memiliki hawa dingin. Sambil menikmati kesejukan suasana, tidak ada salahnya menikmati pemandangan indah yang ada di sekitarnya. Selain persawahan, mengarahkan pandangan lurus ke depan mendapatkan pemandangan perbukitan yang elok.

2. Bermain dengan Kelinci

Dari aktivitas yang dapat dilakukan orang tua, kita beralih ke aktivitas bagi anak-anak. Dengan wajah lucu dan menggemaskan, biasanya anak-anak tidak tahan untuk bermain dengan kelinci. Mengajaknya berlari sambil membawa makanan sudah biasa dilakukan di sini. Beberapa anak bahkan menggendongnya, namun diharapkan ada pengawasan orang tua.

3. Memberi Makan Kelinci

Aktivitas Menarik Dilakukan di Taman Kelinci Ciwidey
Photo by Google Maps Massaputro Delly TP

Setiap pengunjung Taman Kelinci Ciwidey pasti mendapatkan wortel dari bonus tiket masuk yang dibayarkan di awal. Dua wortel ukuran besar ini tidak diharapkan dibawa pulang, namun diberikan kepada kelinci. Memberi makan kelinci merupakan aktivitas wajib di sini, bahkan banyak pengunjung yang membeli lagi karena merasa kurang memberinya makan.

4. Wisata Kuliner

Aktivitas selanjutnya berhubungan dengan kelinci, tetapi berhubungan dengan makanan. Di sekitar taman terdapat warung dengan konsep terbuka. Banyak makanan yang dijual, sebagian besar dari makanan khas Bandung yang terkenal nikmat. Taman Kelinci Ciwidey tidak menyediakan makanan berbahan kelinci, jadi tidak perlu mencari menunya.

5. Belanja Oleh-oleh

Selain tersedia warung yang digunakan untuk wisata kuliner, di sini juga tersedia toko yang khusus menjual suvenir. Membawa pulang oleh-oleh sepertinya wajib bagi sebagian orang ketika berlibur. Bukan hanya belanja aksesoris atau makanan oleh-oleh, namun ada juga sebagian kelinci yang dijual dengan harga terjangkau.

Fasilitas Penunjang di Taman Kelinci Ciwidey

Fasilitas di Taman Kelinci Ciwidey
Photo by Google Maps puthut pramana

Fasilitas Taman Kelinci Ciwidey cukup lengkap, inilah salah satu alasan kenapa banyak wisatawan yang merasa betah. Selain fasilitas utama seperti area parkir dan toilet, ada juga mushola bagi yang beragama Muslim. Di beberapa titik lokasi disediakan bangku bagi wisatawan yang ingin istirahat sejenak.

Itulah informasi penting yang perlu anda ketahui sebelum mengunjungi salah satu objek wisata hits di Bandung ini. Bagi orang tua, pastikan mendampingi putra dan putri mereka ketika bermain dengan kelinci. Pengelola Taman Kelinci Ciwidey memang mengizinkan interaksi langsung dengan hewan lucu ini, namun harus tetap dalam pengawasan.