Taman Karang Resik, Taman Wisata dengan Panorama Alam Memukau di Tasikmalaya

Taman Karang Resik, Taman Wisata dengan Panorama Alam Memukau di Tasikmalaya
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mohamad Hatta, Sukamanah, Kec. Cipedes, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat

Beragam tempat berlibur yang ada di Tasikmalaya, namun area piknik yang asyik, menarik, seru, dan menantang adalah Taman Wisata Karang Resik. Daerah Tasikmalaya merupakan daerah perbukitan, sehingga memiliki berbagai daya tarik yang dapat memikat hati para wisatawan. Adapun daya pikat tersebut, yaitu taman bunga, farm house, terowongan bambu, dan masih banyak yang lainnya.

Destinasi wisata keluarga ini, juga menyediakan beragam kegiatan yang dapat mengasah kecerdasan motorik anak, seru, dan menantang. Kegiatan menarik yang tersedia di lokasi wisata ini, juga dapat digunakan oleh berbagai usia, mulai dari anak kecil, remaja, bahkan orang dewasa. Beberapa aktivitas keren tersebut, antara lain flying fox, arung jeram, dan wonderland.

Daya Tarik Taman Wisata Karang Resik

Daya Tarik di Taman Wisata Karang Resik
Photo by Google Maps Oebay Tama

Banyak tempat wisata yang menawarkan daya tarik untuk dikunjungi, namun yang memikat hati dan dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga, sangat jarang sekali. Salah satu kawasan wisata keluarga yang memiliki beragam daya pikat adalah Taman Wisata Karang Resik.

1. Taman Bunga Indah Mempesona

Sebagaimana namanya, hal utama yang menjadi daya tarik tempat ini adalah taman bunga indah mempesona. Area taman inilah yang menjadi ikon destinasi wisata keluarga ini, sebab bagi siapa pun yang masih memiliki cinta dalam dirinya, tentu suka akan bunga. Desain taman juga sangat artistik, yaitu dibuat melingkar kecil, sedang, hingga besar.

Selain itu, di dalam setiap lingkaran, ada jalan setapak untuk dilalui wisatawan, hal tersebut bertujuan agar tidak merusak bunga yang ada di taman. Beragam warna bunga menghiasi area ini, seperti warna hijau, kuning, merah maroon dan warna lainnya. Sehingga siapa pun yang berkunjung ke kawasan ini, seolah sedang syuting film india.

2. Farm House

Daya Tarik Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya
Photo by Google Maps iwan hidayat

Selain taman bunga indah mempesona, daya tarik lain yang ada di Taman Wisata Karang Resik adalah farm house. Wahana ini sangat cocok untuk mengasah kecerdasan anak, maupun bagi mereka yang memiliki kecerdasan kinesthetic. Karena di area ini terdapat beragam wahana outbound, seperti terowongan yang terbuat dari drum, panjat tali, rumah kayu dan yang lainnya.

Selain itu, ada juga tanah pertanian dan peternakan hewan yang ramah, seperti sapi perah, kelinci yang imut dan lucu, serta berbagai hewan lainnya. Lokasi ini sangat cocok untuk melatih kepedulian dan kelembutan hati anak, sebab saat berada di tempat ini, para pengunjung diperkenankan untuk member makan hewan tersebut.

3. Terowongan Bambu

Tasikmalaya merupakan penghasil kerajinan bambu, sehingga banyak bambu yang tersedia di kawasan ini. Oleh karena itu, daya tarik lain yang ada di Taman Wisata Karang Resik yaitu terdapat terowongan bambu. Tidak hanya memiliki panjang puluhan atau ratusan meter, namun jarak yang harus ditempuh untuk menyusuri tempat ini adalah 1 kilometer.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Taman Wisata Karang Resik
Photo by Google Maps Cucu Marpu Mutaqien

Taman Wisata Karang Resik berada di Jalan Mohamad Hatta, Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan memulai perjalanan dari Jalan Raya Karangnunggal, jarak yang harus di tempuh sejauh 53 km. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk tiba di lokasi sekitar 1 jam 45 menit.

Adapun rute lokasi yang harus di lalui, jika perjalanan anda dimulai dari alun-alun Kota Tasikmalaya, maka arahkan kendaraan menuju ke Simpang lima. Setelah tiba di simpang lima, ambil arah ke kanan masuk ke Jalan Mohammad Hatta. Setelah itu, lanjutkan perjalanan hingga sampai di pertigaan Jalan Jendral Ahmad Yani. Tetap di jalan tersebut hingga sampai di tujuan dan lokasi berada di sebelah kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Karang Resik

Tiket Masuk di Taman Wisata Karang Resik
Photo by Google Maps mahfud awaludin

Beragam wahana bermain yang ada di Taman Wisata Karang Resik, sehingga untuk menikmati berbagai kegiatan yang ada harus membeli tiket di loket pembayaran. Akan tetapi harga tiket masuk objek wisata ini hanya dikenakan tarif 15.000 saja. Apabila pengunjung sudah merencanakan akan menikmati semua wahana yang ada, maka membeli tiket terusan lebih menghemat biaya, yaitu 85.000 rupiah.

Namun jika hanya beberapa permainan yang di pilih, maka membeli sebagian tiket saja sudah cukup. Selain itu, bagi para pengunjung yang membawa kendaraan bermotor, retribusi parkir sepeda motor Rp. 3.000, sedangkan mobil cuma Rp. 5.000 saja. Harga diatas suatu saat dapat berubah, tergantung kebijakan yang diambil oleh pihak pengelola. Jam operasional destinasi wisata keluarga ini di buka jam 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik di Taman Wisata Karang Resik
Photo by Google Maps Ori Istihari

Ulasan lengkap tentang daya tarik, alamat dan rute ke lokasi, serta harga tiket Taman Wisata Karang Resik sudah disampaikan. Akan tetapi, kurang lengkap jika tanpa mengetahui kegiatan apa saja yang bisa di lakukan saat berada di objek wisata tersebut. Berikut disampaikan berbagai aktivitas menarik selama di lokasi.

1. Meluncur dengan Flying Fox

Kegiatan utama yang seru dan menantang saat tiba di sini adalah meluncur dengan flying fox. Wahana ini cocok untuk anak usia sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA. Bagi usia TK hingga SD, aktivitas menarik ini melatih keberanian dan tidak takut akan ketinggian, serta berpikir cepat untuk mengambil tindakan.

Sedangkan bagi remaja usia SMP dan SMA, yang sudah dapat menaklukkan rasa takut dalam dirinya, wahana ini bisa menjadi ajang untuk melihat keindahan alam sekitar. Secara keseluruhan, objek wisata ini merupakan permainan yang asyik, seru, menyenangkan dan dapat memacu adrenalin.

2. Arung Jeram

Aktivitas Menarik Dilakukan di Taman Wisata Karang Resik
Photo by Google Maps skohar kohar

Keseruan kegiatan saat tiba di Taman Wisata Karang Resik bukan hanya meluncur dengan flying fox, namun destinasi wisata keluarga ini juga tersedia tempat arung jeram. Aktivitas yang menarik ini, memaksimalkan Sungai Citanduy sebagai media utamanya. Sedangkan alat untuk meluncur mengarungi sungai tersebut menggunakan perahu karet.

Setiap perahu karet, maksimal di isi 6 orang, alat kelengkapan juga sudah sesuai standar, termasuk pelampung model jaket. Wahana bermain ini hanya untuk remaja dan dewasa, karena medan yang dilalui membutuhkan tenaga untuk mendayung. Jangan takut dan galau, karena setiap wisatawan yang menggunakan permainan ini, di dampingi oleh professional.

3. Bermain Seru di Wonderland

Selain wahana seru, menantang, dan memacu adrenalin, seperti meluncur dengan flying fox, arung jeram di Taman Wisata Karang Resik, ada juga kegiatan edukasi anak yaitu wonderland. Aktivitas menarik ini sangat cocok untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Sebab permainan yang ada di area ini, seperti menjadi dokter, masinis, pemadam kebakaran dan lainnya, dapat merangsang saraf motorik mereka.

Selain itu, mereka dapat belajar dan memahami setiap profesi yang tersedia di wahana ini. Hal terpenting dalam aktivitas menarik ini adalah setiap anak mempunyai tujuan, cita-cita, arah dalam menghadapi masa depan, supaya mereka mencintai dan menikmati prosesnya. Inilah tujuan dasar dari tersedianya kawasan bermain ini.

Fasilitas Penunjang di Taman Wisata Karang Resik

Fasilitas di Taman Wisata Karang Resik
Photo by Google Maps Rizki Putra

Sebuah tempat piknik yang asyik dan menarik di Taman Wisata Karang Resik, sebab memiliki beragam fasilitas yang lengkap, mewah, terawat dan memberikan keamanan dan kenyamanan. Adapun berbagai sarana pendukung yang tersedia, seperti area parkir yang luas dan aman, karena ada petugas keamanan di lahan parkir tersebut.

Selain itu, ada toilet yang siap digunakan bagi pengunjung yang ada keperluan buang air. Mushola pun ada, pastinya disediakan bagi pengunjung yang beragama islam. Fasilitas lain yang ditemui yakni taman hiburan dan berbagai wahana permainan. Apabila lapar, silahkan menuju warung yang menyediakan banyak menu makanan, terutama makanan khas Tasikmalaya.

Taman Wisata Karang Resik merupakan destinasi wisata keluarga yang keren, lengkap, dan sempurna. Karena selain memberikan wahana bermain untuk berbagai usia, memadukan antara keindahan alam dengan dunia modern sangat erat dan kuat. Selain itu, tempat bermain sekaligus memberikan edukasi juga tersedia di area wisata ini.