Berkunjung di Kota Depok, tentunya terasa tidak lengkap bila belum menyempatkan waktu untuk menyaksikan keindahan taman-taman kerennya secara langsung. Taman di Depok kerap dijadikan sebagai tempat melepas lelah dan penat dari kesibukan perkotaan.

Kota Depok adalah salah satu daerah di Jawa Barat, yang mana terkenal menjadi sebuah daerah dengan beragamnya destinasi wisata. Salah satunya dengan keberadaan taman-taman di setiap sudut kotanya. Wisata taman ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk melepaskan penat dan lelah sembari menikmati keindahan atau kesejukan pepohonan yang ada. Berikut daftar taman favorit di Depok yang bisa Anda pilih untuk bersantai.

1. Taman Pemuda Pratama

Taman Pemuda Pratama
Image Credit: Google Maps (Muhammad Arief Afrinaldi)

Destinasi taman yang ada di daerah Depok pertama yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Taman Pemuda Pratama. Kawasan taman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi dengan harga terjangkau atau ramah di kantong. Bahkan lokasinya yang sangat strategis membuat taman satu ini sangat mudah untuk ditemukan dan dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin berkunjung.

Sembari menikmati pemandangan taman yang hijau dan udara yang segar, para pengunjung disini dapat melakukan berbagai aktivitas seru lainnya. Diantaranya adalah berfoto di berbagai spot yang ada, memancing di area parit, bermain di kolam renang, dan bermain di playground pasir. Bahkan Anda juga dapat merasakan keseruan menggunakan ATV yang telah disediakan oleh taman ini.

Harga Tiket: Rp Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanah Baru, Kec. Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

2. Taman Wi

Taman WIsata Pasir Putih
Image Credit: Google Maps (Arra T-rex)

Sata Pasir Putih Taman selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Taman Wisata Pasir Putih. Kawasan ruang lingkup hijau ini memberikan sebuah penawaran yang berbeda dari tempat lainnya. Yang mana memiliki kekhasan tersendiri, yakni wisata air. Bahkan area wisata ini juga menyediakan beberapa wahana permainan yang sangat lengkap. Sehingga membuat pengunjung merasa betah berada disini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Geni Raya No.1, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

3. Taman Balaikota Depok

Taman Balaikota Depok
Image Credit: Google Maps (As Ari)

Lokasi tempat wisata taman selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk melepaskan lelah adalah Taman Balaikota Depok. Menjadi salah satu taman yang sangat ramai dengan kunjungan para wisatawan atau bahkan warga sekitar Depok. Untuk lokasinya sendiri sangatlah strategis yang mana berada di pusat kota, sehingga mempermudah untuk menemukan taman ini.

Sebuah taman dengan luas yang terbilang cukup dengan rerumputan hijau yang indah dan pepohonan besar yang menjulang tinggi. Mampu menjadikan taman ini memiliki nuansa dan suasana yang sangat asri dan sejuk. Nantinya, Anda dapat menikmati keindahan tamannya dengan duduk di bawah pohon-pohon besar sembari menikmati perbekalan yang telah dibawa.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Margonda Raya No.54, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

4. Taman Wisata Permata Buana

Taman Wisata Permata Buana
Image Credit: Google Maps (Purwa Baladewa)

Taman Wisata Permata Buana adalah salah satu kawasan wisata yang sering dan kerap kali dikunjungi. Kebanyakan para pengunjung menikmati sebuah fasilitas berupa area pemancingan. Nantinya, pengunjung hanya perlu menyewa biaya alat memancingnya saja. Bahkan di kawasan wisata taman ini juga telah disediakan berbagai fasilitas dan pelayanan yang sangat memuaskan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Parung – Ciputat, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

5. Taman Kukusan

Taman Kukusan
Image Credit: Google Maps (Agus Salim HR)

Bagi Anda yang tertarik berkunjung di taman yang memiliki konsep paling berbeda dari taman lainnya, maka wajib menyempatkan waktu untuk berkunjung di Taman Kukusan. Pada umumnya, kebanyakan taman memiliki area yang sangat luas. Berbeda dengan taman ini yang hanya memiliki area terbatas dan terbilang cukup sempit. Hal inilah yang memberikan kesan keunikan tersendiri.

Memiliki nama yang sangat unik dan dilengkapi fasilitas yang sangat memadai, menjadikan taman ini sangat nyaman untuk didatangi. Terlebih lagi ada beberapa spot foto keren yang dapat Anda jadikan sebagai latar belakang berfoto. Mulai dari pada spot landmark yang bertuliskan Taman Kukusan bahkan hingga jembatan kayu yang sangat unik, klasik, dan tentunya indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. H. Moh. Alif II, Kukusan, Kec. Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

6. Taman Mekarsari Depok

Taman Mekarsari Depok
Image Credit: Google Maps (Hendry Hardiana)

Saat pertama kali mendengar namanya, mungkin banyak yang berpikir bahwa taman ini berada di daerah Jawa Barat. Meskipun tergolong kawasan wisata alam yang baru, para pengunjung tidak perlu takut jika ingin datang kesini. Sebab lokasinya sendiri sangatlah strategis sehingga memberikan kemudahan jika ingin berkunjung. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas seru.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bunga Raya No.22, Mekarsari, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

7. Taman Herbal Insani

Taman Herbal Insani
Image Credit: Google Maps (Taman Herbal Insani-Official Account)

Taman Herbal Insani adalah salah satu objek wisata taman yang sangat favorit dan terkenal di daerah Depok. Yang mana memiliki nuansa sangat nyaman dan cocok untuk dijadikan sebagai lokasi melepaskan beban dan penat pikiran. Saat berkunjung disini, tidak perlu takut. Sebab kawasan taman ini telah disediakan berbagai fasilitas dan wahana permainan yang sangat lengkap dan bagus.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kampung Kandang No.26, Duren Seribu, kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

8. Taman Studio Alam TVRI

Taman Studio Alam TVRI
Image Credit: Google Maps (Studio Alam TVRI)

Masih membahas tentang taman yang ada di daerah Depok, lokasi selanjutnya adalah Taman Studio Alam TVRI. Kawasan wisata ini menyajikan sebuah pemandangan alam yang sangat asri nan sejuk. Di taman ini terdapat banyak sekali rumah adat tradisional Indonesia. Yang mana dapat Anda jadikan sebagai sarana untuk mengenal dan mengetahui berbagai kebudayaan yang ada Indonesia.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Studio Alam TVRI, Sukmajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

9. Taman Merdeka

Taman Merdeka
Image Credit: Google Maps (Widianto Muttaqien Mukhodim)

Kawasan ruang hijau selanjutnya yang dapat Anda jadikan sebagai area untuk melepaskan penat dan beban pikiran adalah Taman Merdeka. Tempat satu ini terkenal dengan landmarknya yang mempunyai warna merah dan menjadikannya ciri khas tersendiri. Taman ini memiliki banyak sekali pepohonan yang tumbuh dan menjulang sangat tinggi. Sehingga mampu menciptakan nuansa yang sangat sejuk.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Merdeka No.1, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

10. Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika
Image Credit: Google Maps (Aisyah A’yun)

Seperti yang banyak orang ketahui bahwa Kota Depok memiliki banyak sekali destinasi wisata berupa taman yang sangat indah dan asri. Salah satunya adalah Taman Bunga Wiladatika, yang mana menjadi salah satu tempat wisata andalan. Banyak warga sekitar hingga wisatawan datang untuk menyaksikan secara langsung keindahan tamannya dan juga melakukan piknik kecil.

Kawasan tamannya sangatlah luas dan ditumbuhi oleh banyak sekali pepohonan yang menjulang sangat tinggi. Yang mana mampu menciptakan sebuah nuansa dan suasana yang sejuk dan rindang. Bahkan hamparan pepohonan dan bunga yang ada sudah tertata sangat cantik dan rapi. Tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi sewaktu ingin melepaskan penat dan lelah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jambore No.1, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

11. Taman Kiara Payung

Taman Kiara Payung
Image Credit: Google Maps (Nana Triana)

Awalnya, kawasan wisata ini hanyalah sebuah deretan empang dan lahan yang terpakai. Namun, seiring berjalannya waktu warga sekitar mengubahkan menjadi area lingkup hijau. Taman Kiara Payung kerap dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas. Terlebih lagi Anda juga dapat menikmati suara gemercik air yang mampu memberikan kesan ketenangan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. H. Terin 1 No.2, RW.1, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Depok, Jawa Barat.

12. Taman Lembah Mawar

Taman Lembah Mawar
Image Credit: Google Maps (Vincentius Yongki)

Taman Lembah Mawar menjadi salah satu kawasan hijau yang sangat recomended untuk dikunjungi dan didatangi selagi ingin melepaskan penat. Memiliki lokasi wisata yang terbilang cukup luas dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekeliling tamannya. Tak hanya itu, taman ini juga diberikan tanaman hias warna-warni yang indah. Sehingga mampu menghasilkan taman yang indah dan rapi.

Selama berada disini, nantinya para pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas yang sangat seru dan menarik. Diantaranya adalah berolahraga, bersepeda, jogging atau lari santai, memancing, dan masih banyak jenis kegiatan lainnya. Terlebih lagi di taman ini menyediakan banyak sekali spot foto yang menarik di berbagai sudut tamannya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mawar Raya, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

13. Taman Hutan Kota Universitas Indonesia

Taman Hutan Kota Universitas Indonesia
Image Credit: Google Maps (Restu Raharjo)

Termasuk kedalam salah satu taman terluas di daerah Depok, Taman Hutan Kota Universitas Indonesia menjadi area lingkup hijau yang sangat andalan dan favorit. Terlebih lagi selama berada disini, nantinya pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas yang sangat seru. Mulai dari jalan santai, jogging atau lari kecil, dan hingga bersepedah. Sehingga membuat pengunjung merasa nyaman.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Depok, Jawa Barat.

14. Taman Lembah Ikan Gurame

Taman Lembah Ikan Gurame
Image Credit: Google Maps (Adi Prasetyo)

Tertarik berkunjung di sebuah taman atau ruang hijau yang telah dilengkapi dengan berbagai peralatan kebugaran, maka Anda wajib menyempatkan waktu untuk berkunjung di Taman Lembah Ikan Gurame. Memiliki suasana dan nuansa yang sangat sejuk dan asri, tentunya membuat pengunjung akan merasa nyaman dan betah berlama-lama berada di taman ini.

Tak hanya dapat berolahraga disini, nantinya Anda dapat juga dapat menikmati berbagai wahana permainan yang telah disediakan untuk anak-anak. Sehingga tak heran apabila kawasan wisata taman satu ini kerap dijadikan sebagai tempat andalan untuk rekreasi bersama keluarga. Untuk fasilitas yang ada disini tidak perlu diragukan lagi, sebab telah tersedia dengan sangat baik dan lengkap.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nangka Raya No.68, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

15. Taman Godong Ijo

Taman Godong IjoTaman Godong Ijo
Image Credit: Google Maps (Hana Roshiana)

Lokasi wisata taman terakhir yang ada di daerah Depok adalah Taman Godong Ijo. Sesuai dengan nama tempatnya, taman ini sangat terkenal dengan keindahan dan kesejukan daerahnya. Yang mana didalamnya telah dilengkapi dengan berbagai jenis tanaman dan pepohonan. Sehingga mampu menciptakan sebuah pemandangan yang indah dan dapat menjadi lokasi wisata edukasi.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cinangka Raya, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

Itulah beberapa wisata taman yang ada di Kota Depok dan tentunya dapat Anda kunjungi ketika waktu senggang. Dengan banyaknya taman di kota ini, mampu menciptakan sebuah kawasan yang hijau dan sangat asri. Bahkan tak jarang banyak pengunjung atau wisatawan yang datang berbondong-bondong untuk menikmati keindahan tamannya. Jadi, tertarik untuk datang taman yang mana?