Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Kawasan Bogor menjadi salah satu destinasi favorit yang dikunjungi bagi para wisatawan. Tak hanya menarik bagi penduduk lokal saja, kawasan ini juga terkenal bagi pelancong dari berbagai penjuru nusantara. Salah satu yang paling banyak mencuri perhatian yaitu Taman Budaya Sentul City Bogor.

Kawasan wisata ini menyajikan pemandangan yang asri disertai dengan wahana seru di dalamnya. Dengan begitu pengunjung bisa menikmati waktu seru ketika berlibur disini. Seperti apa pesona dan daya tariknya? Yuk simak ulasan selengkapnya!

Daya Tarik Wisata Taman Budaya Sentul

Daya Tarik Wisata Taman Budaya
Image Credit: Google Maps (Demen Melancong)

Siapa yang tak kenal dengan wisata yang ada di Bogor? Tentu, destinasi yang satu ini menjadi salah satu yang paling populer di kalangan pelancong. Kawasan Bogor menyuguhkan pesona alam yang begitu menakjubkan. Ada banyak destinasi yang dapat Anda kunjungi, salah satunya yaitu Taman Budaya Sentul.

Dengan berkonsep Eco Park, taman yang satu ini berdiri di lahan seluas 6 hektar. Wisata ini menawarkan tempat liburan seru nan indah. Pasalnya, Anda bisa bersantai sambil ditemani dengan latar belakang pegunungan yang membentang luas di sepanjang kawasan ini. Setidaknya ada empat gunung yang menghiasi kawasan ini, seperti Gunung Gede, Geulis, Pancar, dan Salak.

Selain memiliki pesona alam yang begitu menawan, taman ini juga menarik banyak wisatawan berkat wahana yang disediakan. Pengunjung yang datang akan disuguhi dengan berbagai jenis permainan seru. Beberapa di antaranya yaitu Grand center, Adventure center, culture center, dan facilities Center. Semua wahana tersebut disediakan pengelola untuk memanjakan pengunjung.

Dari sekian banyaknya wahana permainan yang sudah disediakan tersebut, ada yang paling banyak menyita perhatian wisatawan. Zona permainan ini diberi nama Adventure Center atau wahana permainan outbound. Di kawasan permainan ini, Anda akan disuguhi dengan beberapa permainan seru, seperti fun games, trekking, dan paintball.

Daya Tarik Taman Budaya
Image Credit: Google Maps (Irwan Priono)

Tak hanya itu saja, daya tarik yang ditawarkan Taman Budaya Sentul ini juga bisa dilihat dari fasilitas yang ada. Sejumlah fasilitas lengkap beserta wahana permainan siap memanjakan wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan seru. Pengunjung biasanya datang bersama dengan keluarga, kerabat, maupun pasangan untuk berlibur.

Taman Budaya ini juga diklaim menjadi lokasi outbound terbesar dan terlengkap yang pernah ada di tanah air. Setidaknya terdapat lebih dari 50 jenis permainan yang terbilang cukup low impact sampai dengan high impact. Sehingga hal ini memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung yang ingin melepas penat sambil bermain wajan seru.

Pengunjung akan disuguhi dengan berbagai macam wahana permainan yang disajikan dalam bentuk outbound. Anda bisa menikmati wahana di tempat wisata ini seperti Log Swing, Giant Swing, Gladiator Ring, Buma Bridge, Vertical Playvent, Balance Beam, dan Zig Zag Log Dari sekian banyak wahana tersebut giant swing cukup diminati pengunjung karena cukup menantang.

Semua permainan dan wahana outbond tersedia di Taman Budaya Sentul disuguhkan dengan sederet fasilitas memadai. Tentunya, hal ini juga diimbangi dengan keamanan yang sangat tinggi. Tak perlu khawatir jika mencoba wahana di sini, sebab pengunjung bisa bermain dan menikmati wahana tersebut dengan pengawasan guard profesional.

Alamat, Rute dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Taman Budaya
Image Credit: Google Maps (Andry Sofyan)

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan seru ke Taman Budaya Sentul, Bogor, maka bisa datang secara langsung ke alamat Jalan Siliwangi No. 1, Babakan Madang yang ada di Bogor. Jika wisatawan datang menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta, akses tol bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sampai ke kawasan wisata ini.

Namun, jika Anda memanfaatkan transportasi umum seperti kereta, maka bisa memiliki stasiun Bogor. Jika sudah, pilih rute ke Botani Square. Dari sinilah, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan angkutan Trans Pakuan sampai dengan Bellanova Country Mall. Atau, Anda juga bisa langsung memilih shuttle bus yang bertujuan Bukit Sentul.

Untuk masuk ke kawasan taman yang satu ini, wisatawan memang tak dikenai biaya. Namun, Anda harus membayarkan sejumlah uang jika ingin menikmati kegiatan seru dengan outbond atau wahana sesuai pilihan. Harga tiket yang ditawarkan pun cukup beragam, tentu mulai dari yang termurah yaitu 25 ribu rupiah per kepala sampai dengan ratusan ribu rupiah.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas di Taman Budaya
Image Credit: Facebook.com @mediaindonesia

1. Flying Fox

Wahana Flying Fox memang menjadi salah satu permainan yang paling sering dijumpai di kawasan wisata. Hal ini juga berlaku di Taman Budaya Sentul, karena juga menyediakan fasilitas berupa Flying fox yang bisa dinikmati anak anak maupun dewasa. Dengan ketinggian yang cukup menantang, pengunjung akan meluncur setidaknya 50 meter.

2. Trampoline

Jika Anda bosan dengan wahana itu itu saja, maka bisa mencoba permainan yang satu ini. Trampoline in menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda yang ingin bermain sampai berolahraga. Bahkan permainan menarik ini ini bisa dilakukan bersama anak anak. Sensasi gembira saat terlontar ke atas memberikan kesan tersendiri ketika Anda mencoba wahana tersebut.

3. High Ropes Adult

Seperti arti dari namanya, high hope rope ini merupakan permainan yang cukup menantang. Pasalnya, dibutuhkan peralatan dalam kategori high impact. Sangat penting jika melengkapinya dengan tingkat keamanan yang tinggi dan juga tenaga instruktur handal serta berpengalaman untuk memandu game ini.

High rope Adult menjadi salah satu wahana yang sangat baik untuk menantang diri sendiri. Pengunjung yang mencobanya akan melakukan permainan di atas tali dengan ketinggian yang cukup menantang. Untuk melakukan permainan ini, maka bisa mencoba dengan berjalan, melompat, sampai dengan meluncur dari ketinggian yang sudah ditetapkan.

4. Trekking

Belum lengkap rasanya jika mengunjungi Bogor dan tidak menikmati kesegaran udara dan indahnya pemandangan. Untuk itu, Anda bisa mencoba aktivitas yang tak kalah menarik dengan mencoba berbagai wahana permainan di Taman Budaya Sentul. Bagi Anda yang takut dengan permainan menantang, maka bisa memilih trekking sebagai alternatifnya.

Berkat keindahan bentang alam yang ada di sekitar Taman Bogor Sentul, berjalan kaki menjadi salah satu kegiatan seru. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Anda akan disuguhi dengan kondisi lingkungan yang menantang, seperti hutan, tepi sungai, dan perbukitan dengan tujuan akhir sungai.

5. Cook And Serve

Bagi pengunjung yang ingin mengasah kreativitas dari memasak, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan tersebut. Program ini tak hanya tersedia bagi anak anak saja, sebab juga bisa diikuti oleh remaja maupun orang dewasa. Hasil dari kegiatan tersebut bisa langsung disajikan dan disantap bersama sama dengan keluarga, teman, maupun rombongan.

Aktivitas Taman Budaya
Image Credit: Facebook.com @ptimoramotor

6. Kids Army

Pengunjung yang membawa keluarga dengan anggota anak anak, ada baiknya mencoba wahana yang satu ini. Bernama Kids Army, program yang satu ini didesain sedemikian rupa untuk usia 5 tahun hingga 10 tahun. Untuk melakukan kegiatan ini, maka bisa dilakukan secara marathon agar lebih baik.

Partisipan yang mengikuti aktivitas ini akan melalui beberapa zona yang menantang. Beberapa di antaranya yaitu Zona Bintara, Zona Perwira, dan Zona Tamtama. Dalam kegiatan outbond ini, peserta akan diberikan pelatihan terbaik untuk menjadi karakter disiplin dan juga bertanggung jawab. Jika berhasil melalui semua rintangan, partisipan akan memperoleh medali.

7. Panahan

Belajar memanah juga menjadi referensi aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata Taman Budaya Sentul. Wahan ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu kebersamaan dengan keluarga. Pasalnya, tak hanya tersedia bagi orang dewasa saja, tetapi anak anak juga bisa memilih wahana ini sebagai solusinya.

8. Paintball

Di masa kanak kanak, permainan berupa perang perangan memang memiliki ketertarikan sendiri seperti di game counter strike. Lantas, bagaimana jika ingin mencoba pengalaman langsung terjun ke medan perang? Tentunya, hal tersebut akan memacu adrenalin yang cukup mentang dengan sangat baik.

Untuk itu, Taman Budaya ini menyediakan fasilitas yang lengkap untuk game perang perangan. Game yang membutuhkan adrenalin tinggi ini dikenal dengan sebutan paintball. Permainan ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai kerja sama tim yang besar dan juga kecepatan yang baik. Dengan begitu, waktu liburan yang Anda habiskan menjadi lebih seru.

Mengapa permainan ini dikatakan dapat memacu adrenalin? Hal ini berkat adanya senjata permainan yang bisa ditembakkan ke lawan, sehingga bisa meraih kemenangan. Paintball ini akan memanfaatkan peluru dari cat yang memberikan efek khusus pada orang yang ditembak di medan permainan ini.

9. Menunggang Kuda Poni

Jika Anda mengajak anak anak dan ingin memberikan pengalaman seru ala film film jagoan, maka bisa berinteraksi dengan satwa. Anak bisa melihat kuda lebih dekat, bahkan menunggang kuda poni. Kegiatan yang satu ini tak hanya menyenangkan anak anak, ternyata menunggang kuda juga melatih rasa keberanian anak anak.

Jika bertanya soal keamanan, tentu Anda tak perlu lagi meragukannya. Pasalnya, demi menjamin keselamatan anak anak, maka akan ditemani oleh instruktur profesional. Selain itu, kuda yang digunakan ini sudah terlatih dan terpilih dengan standar yang sudah ditentukan. Sehingga, akan sangat kecil kemungkinan jika terjadi risiko risiko yang tidak diinginkan.

10. Kegiatan Seni Anak

Satu lagi aktivitas seru yang tak boleh dilewatkan begitu saja di Taman Budaya Sentul ini yaitu mengikuti kegiatan program seni. Anak anak bisa bergabung dengan program yang satu ini sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Misalnya saja menggambar, membuat karya dari clay, melukis, membuat gerabah, dan membatik.

Jika si kecil tertarik dengan kegiatan membatik dan membuat gerabah, maka bisa langsung mendaftarkannya terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku pada kegiatan kegiatan Kite Painting yang akan diberi layang layang sebagai medianya. Pengunjung yang berpartisipasi ini akan diberi media layangan, cat warna, dan peralatan lukis.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan Taman Budaya Sentul

Fasilitas Taman Budaya
Image Credit: Google Maps (Timotius Wiyento)

Pengelola wisata taman budaya ini terbilang menyediakan fasilitas cukup lengkap karena tak hanya menyediakan wahana permainan saja. Pengunjung bisa menikmati wahana petualangan yang mumpuni untuk menunjang kegiatannya selama berlibur di kawasan taman budaya ini.

Sederet fasilitas yang bisa ditemukan di kawasan wisata, berupa toilet, toko souvenir, restoran, sampai dengan cafe tersedia. Ketika sudah lelah bermain, Anda bisa menuju resto dan café untuk menikmati hidangan yang pastinya ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Liburan yang Anda habiskan di Bogor menjadi lebih seru jika berkunjung ke wisata Taman Budaya Sentul di Bogor. Tak hanya menyediakan pemandangan serta suasana yang cukup menawan saja. Pasalnya, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru berupa outbond dan wahana ekstrim. Dengan begitu, waktu liburan bersama keluarga atau rombongan menjadi semakin berkesan.