Taman Begonia Lembang salah satu objek wisata yang hits dan kekinian di Lembang, Bandung yang menyuguhkan hamparan bunga yang berwarna-warni. Mengusung konsep taman bunga dengan berbagai spot instagramable, sangat cocok sebagai alternatif liburan keluarga.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat.

Bandung tidak hanya cocok untuk berburu kuliner lezat, tetapi juga menawarkan wisata yang luar biasa. Bagian Bandung yang selalu jadi tujuan adalah Lembang. Memiliki udara sejuk dan pemandangan yang indah, Lembang memang menggiurkan untuk liburan. Anda bisa menjadikan Taman Begonia sebagai tujuan jika Anda sedang jalan jalan di Lembang.

Sekilas Tentang Taman Begonia Lembang

Sekilas Tentang Taman Begonia Lembang
Image Credit: Google Maps (Zeremi Amandiri)

Lembang memang terkenal dengan pemandangan pegunungan yang indah dan juga udara yang sejuk. Ada banyak sekali destinasi wisata di Lembang yang menjadi unggulan. Jika Anda singgah di Lembang, Taman Begonia bisa dijadikan sebagai alternatif. Destinasi satu ini masih terbilang baru, namun kehadirannya sudah berhasil menarik perhatian wisatawan.

Baru di buka di tahun 2013 silam, taman satu tak butuh waktu lama untuk menjadi wisata hits di bandung. Terlebih ketika fotonya mulai bertebaran di media sosial, semakin banyak orang yang penasaran untuk mengunjunginya. Seperti namanya, wisata satu ini merupakan wisata kebun bunga yang akan membuat siapapun terpesona dengan keindahannya.

Taman cantik ini berada di ketinggian 1200 mdpl yang membuat udaranya sejuk dan memiliki pemandangan indah. Anda bisa menemukan berbagai jenis bunga, mulai dari Balinea, geranium, impatiens hingga Celosia. Karena keindahan yang dimilikinya banyak yang menyebutkan jika taman bunga ini mirip dengan Himawari No Sato yang ada di Jepang.

Keindahan yang dimilikinya mampu membuat siapapun yang mengunjunginya mampu menghilangkan penat. Berpadu dengan pegunungan juga bukit hijau yang mengelilinginya, Taman Begonia Lembang memang menjadi wisata keluarga yang menyenangkan. Apalagi daya tarik yang dimilikinya tidak hanya terfokus pada hamparan kebun bunganya saja.

Daya Tarik Wisata Taman Bunga Begonia

Daya Tarik Taman Bunga Begonia
Image Credit: Instagram.com @wartatrip

Keindahan taman dengan bunga warna warni memang menjadi daya tarik utama dari Taman Begonia. Tatanan taman warna warni ini begitu rapi juga indah. Pengunjung akan diajak untuk mengenal tanaman yang ada di taman ini lebih dekat lagi. Mengingat ada berbagai tanaman yang menghiasi dan beberapa diantara bukan berasal dari Bandung.

Contohnya saja bunga Begonia dengan jenis Balinea yang merupakan tanaman yang berasal dari Bali. Tanaman satu ini sangat cocok di tanam di daerah dengan berbagai cuaca. Karena bunganya akan tumbuh sepanjang musim. Dan bunga ini hadir di taman ini dengan penataan yang cantik, memang bunga satu ini sering dijadikan dekorasi di hotel atau taman kota.

Beberapa bunga juga sengaja di tata sedemikian rupa sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat foto foto. Sebenarnya, Anda tak hanya bisa menemukan bunga Begonia, karena terdapat juga sayuran juga buah buahan yang sengaja ditanam. Membuat suasana asrinya begitu kental serta sanggup menyejukkan siapapun yang memandangnya.

Mengajak anak anak mengunjungi destinasi ini bukanlah ide yang buruk. Selain mengenalkan banyak jenis tanaman, anak anak juga bisa berinteraksi dengan kelinci. Di taman ini ada salah satu sudut yang menjadi kandang kelinci. Kelinci kelinci ini semakin menambah ramai suasana di Taman Begonia ini.

Begitu Anda menginjakkan kaki di Kebun Bunga Hits ini, Anda akan disambut dengan gerbang bunga yang romantis. Gerbang bunga ini menjadi salah satu ikon dari objek wisata ini. Gerbangnya dibentuk layaknya gapura dengan ornamen bunga yang menjadikannya nampak indah.

Menginjakkan kaki lebih dalam, Anda akan disambut hamparan bunga yang indah. Bunga bunga ini ditanam di polibay dengan warna yang dipisahkan. Jalan setapak di tengah tengah kebun inilah yang memisahkan antara warna bunga satu dengan lainnya. Masuk lebih ke dalam, Anda akan menemukan spot andalan yakni spot bunga Cinta.

Bentuk love besar dengan ornamen bunga yang berwarna pink ini memang tampak menarik perhatian. Beberapa pengunjung juga menyebut spot in sebagai gerbang cinta. Anda bisa mengabadikan beberapa pose di area ini, walaupun ketika sedang ramai harus mengantri. Selain gerbang cinta, Anda juga bisa menemukan spot mobil bunga.

Wahana ini mirip dengan replika mobil antik yang disusun dari berbagai bunga dan warna. Spot ini juga menjadi daya tarik sekaligus spot favorit pengunjung yang datang ke taman ini. Hampir setiap sudut dari taman ini memang sangat menarik untuk menjadi objek bidikan kamera Anda. beberapa ornamen seperti patung juga turut hadir akan semakin menarik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Bunga

Alamat Taman Bunga
Image Credit: Google Maps (Sihyu Neng21)

Taman indah yang sedang hits di Lembang ini berada di Jl. Raya Maribaya No 120A, Lembang, bandung Barat. Akses menuju wisata satu ini tidaklah sulit, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk sampai di sini. Lokasi memang sangat strategis dan tidak sulit untuk menemukannya.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan angkutan menuju Pasar Lembang. Setelahnya itu Anda bisa menggunakan angkutan lain untuk sampai di Jalan Maribaya. Seperti misalnya menyewa andong untuk tiba di Taman Bunga Begonia.Akan lebih leluasa jika Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Ada beberapa jalur yang bisa Anda andalkan untuk tiba di lokasi taman ini. Jalur yang pertama yakni melewati jalan Setiabudi, jalur ini adalah jalur yang paling banyak diambil oleh wisatawan. Setelah itu dilanjutkan untuk menuju Lembang baru dengan melewati Jalan Maribaya. Dari sini, Anda hanya perlu mengikuti petunjuk jalan.

Ada banyak petunjuk jalan yang bisa membantu Anda untuk tiba di Taman Begonia. Sementara jalur yang kedua bisa menggunakan Jalur Dago menuju Lawang Wangi. Jika Anda menggunakan jalur ini, Anda tidak melewati pusat kota Lembang. Jika Anda tidak ingin terjebak macet, ada baiknya untuk berangkat lebih awal.

Arah ke Lembang identik dengan kemacetan lalu lintas, terutama ketika memasuki musim liburan. Bagi Anda yang masih ragu, Anda bisa mengandalkan GPS yang terpasang di smartphone Anda. Warga sekitar juga sudah cukup akrab dengan kehadiran tempat wisata satu ini. Sehingga tak perlu khawatir Anda akan tersesat saat akan liburan ke Begonia Lembang.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Wisata

Harga Tiket Masuk Wisata
Image Credit: Google Maps (hasan Sadiq)

Menikmati pemandangan alam dan kebun bunga ini tak harus mengeluarkan budget yang besar. harga tiketnya mulai Rp 25 ribu untuk wisatawan lokal. Harga tiket ini terkadang berbeda ketika akhir pekan atau hari libur nasional dan hari biasa. Namun kenaikannya tidak akan sampai dua kali lipat.

Sementara untuk wisatawan dari luar negeri, akan dikenakan biaya masuk mulai dari Rp 30 ribuan. Anak anak mulai usia 2 tahun sudah harus mengikuti aturan tiket masuk yang normal. Harga tiket masuk tersebut masih belum termasuk dengan biaya parkir jika Anda membawa kendaraan pribadi. Untuk tarif parkirnya sesuai dengan kendaraan yang Anda bawa.

Jika Anda membawa kamera DSLR maka akan dikenakan biaya tersendiri. Selain mengetahui harga tiket masuk, Anda juga harus tahu jam operasional tempat wisata hits Bandung ini. Anda bisa datang di pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dan buka dari Senin hingga hari Minggu. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat pukul 3 sampai 5 sore.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Begonia

Aktivitas di Taman Begonia
Image Credit: Google Maps (Ari Eko Prasethio)

1. Bersantai di Taman

Kegiatan yang pastinya akan dilakukan pengunjung saat singgah di Kebun Begonia adalah bersantai. Memandang hamparan bunga dengan udara pegunungan yang khas akan mampu untuk menghempaskan segala penat. Bunga warna warni yang ada juga akan menyejukkan indera penglihatan Anda. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari udara segar.

2. Belajar Tentang Bunga Lebih Dekat

Melintasi jalan setapak yang tersedia, pengunjung akan lebih tahu tentang beragam tanaman yang ada di taman ini. Masing masing tanaman telah disediakan nama nama tanaman dan bagaimana cara untuk mengurusnya. Tersedia spot khusus yang juga bisa dijadikan sebagai tempat mendulang wawasan baru terkait tanaman.

3. Berburu Foto Cantik

Mengunjungi Taman Begonia pastikan untuk menyiapkan kamera terbaik Anda. Tidak lupa menyediakan ruang penyimpanan yang lega. Karena tempat satu ini memang surganya untuk mengambil banyak pose cantik. Beberapa spot sengaja dihadirkan sebagai fasilitas pengunjung mengambil foto foto cantik. Setelahnya Anda bisa mengunggah ke media sosial Anda.

Aktivitas Menarik di Taman Begonia
Image Credit: Google Maps (Mahda Dipta)

4. Nongkrong di Cafe Kebun

Pada kawasan wisata, Anda bisa menemukan Cafe Kebun Begonia Glory. Pengunjung banyak menjadikan fasilitas ini sebagai tempat istirahat sembari kulineran. Lokasinya memang ada di dalam kawasan ini, sehingga pengunjung tetap bisa menikmati keindahan taman ini. Menu yang disediakan juga sangat beragam dan bisa Anda cicipi.

5. Mencoba Outbound

Tak hanya taman bunga cantik, Taman Begonia juga menyediakan fasilitas outbound. Dengan mengusung tema Fun Treasure Hunt, pengunjung akan diajak bersenang senang. Kegiatan outbound dikemas dengan game game seru, mulai dari Puzzle Treasure, Pinata, Secret Passage hingga Pinata. Kegiatan ini pasti akan membuat liburan Anda bersama keluarga makin berkesan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Taman Begonia Bandung

Fasilitas di Taman Begonia
Image Credit: Google Maps (Ari Wenti)

Selain menawarkan banyak kegiatan yang menarik, Anda juga bisa akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas yang tersedia mulai dari lahan parkir yang luas, sehingga Anda tak perlu khawatir tak mendapatkan lahan parkir. Mengingat ketika musim liburan pengunjung taman cantik ini membludak.

Fasilitas seperti toilet juga tersedia dalam kondisi yang memadai juga bersih. Tak perlu khawatir akan meninggalkan ibadah, karena di taman Begonia juga disediakan fasilitas berupa mushola. Setelah Anda lelah berjalan jalan, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas tempat istirahatnya. Terdapat juga meeting point yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung,

Bagi Anda yang tidak sempat membawa makanan, Anda bisa mengandalkan tempat makan yang ada. Anda bisa mencicipi berbagai menu yang beragam. Ketika akan pulang, Anda juga bisa mampir di pusat oleh olehnya. Oleh oleh tidak hanya dalam bentuk bunga atau bibit bunga, tetapi juga buah buahan juga sayuran segar.

Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas Tour Guide agar perjalanan liburan Anda semakin menyenangkan. Di waktu waktu tertentu, Anda juga bisa menikmati alunan live music yang bisa menghibur pengunjung. Karena lokasinya strategis, Anda juga bisa mudah menemukan penginapan sebagai tempat untuk bermalam atau beristirahat dengan harga beragam.

Berada di ketinggian, suasana pegunungan di Taman Begonia Lembang ini memang sangat terasa. Dengan menghabiskan liburan ke sini, selain melepas penat juga bisa menambah wawasan terkait tanaman. Karena udaranya cukup dingin, Anda bisa menggunakan pakaian hangat saat singgah di taman cantik Lembang ini.