Taman Batu Purwakarta, Menikmati Segarnya Bermain Air di Kolam Alami

Taman Batu Purwakarta, Menikmati Segarnya Bermain Air di Kolam Alami
Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Batu, Cipeundeuy, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat

Taman Batu Purwakarta adalah objek wisata keluarga yang memadukan konsep kolam renang dengan pemandangan alam. Tidak banyak destinasi wisata yang memiliki konsep seperti ini. Itulah salah satu alasan kenapa banyak sekali yang mengunjunginya dan setiap hari tidak pernah sepi.

Mungkin ada yang bingung kenapa objek wisata kolam renang memiliki nama Batu di dalamnya. Bukan kiasan, namun memang banyak batu alam yang tersebar hampir di setiap sudut lokasi. Batu ini berasal dari pegunungan Burangrang dengan berbagai bentuk dan ukuran. Selain sebagai hiasan, wisatawan biasanya memanfaatkannya sebagai pijakan ketika ingin mengabadikan momen.

Objek wisata ini diresmikan pada tahun 2016 dan berada diatas lahan seluas 5.000 meter persegi. Di sekitar lokasi masih asri, banyak ditumbuhi pohon rindang dari berbagai jenis. Dari kejauhan, tampak gugusan perbukitan sebagai hiasan alam yang menakjubkan. Sawah dan perkebunan teh juga terlihat indah karena lokasinya masih berada di lereng Gunung Burangrang.

Daya Tarik Taman Batu Purwakarta

Photo by Google Maps Zahren Mohamed

Objek wisata keluarga yang dikenal dengan Taman Batu Purwakarta ini sebelumnya merupakan sumber mata air utama untuk warga sekitar yang dikelola oleh PDAM. Pengalihan sebagai kolam renang bisa dikatakan tepat, karena banyak daya tarik yang seolah menjadi magnet bagi wisatawan.

1. Kolam Renang Bertingkat

Keunikan dari kolam renang bertingkat merupakan daya tarik pertama yang akan kita bahas di sini. Hampir mirip seperti tangga, hanya saja masing-masing memiliki area yang sangat luas, yakni sekitar 10 x 6 meter. Setiap kolam renang memiliki kedalaman yang berbeda, paling dangkal hanya sebatas mata kaki, dan paling dalam sekitar 4 meter.

Aliran air yang memenuhi setiap kolam didapat langsung dari mata air Cijanun, maka jangan heran jika sebagian wisatawan menyebut Taman Batu Purwakarta dengan Wisata Mata Air Cijanun. Airnya bersih, jernih dan pastinya menyegarkan. Tidak ada bahan kimia di setiap kolam renang yang disediakan, tidak pula ada kaporit.

Airnya yang jernih memang tidak membutuhkan bahan untuk menjernihkan nya kembali. Kejernihan ini didapatkan karena airnya mengalir setiap saat. Dengan demikian, anda pun tidak perlu khawatir gatal atau perih di mata yang biasanya terjadi di kolam renang lain dengan bahan kimia di dalamnya.

Daya Tarik Di Wisata Taman Batu Purwakarta
Photo by Google Maps Deni Mardias

2. Suasana Asri dan Sejuk

Daya tarik Taman Batu Purwakarta selanjutnya karena lokasinya yang berada di ketinggian tepatnya di lereng Gunung Burangrang. Suasana sejuk dan asri didapatkan, pastinya juga kualitas udara yang baik tanpa polusi. Selama perjalanan wisatawan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari pohon perdu yang tumbuh subur di sepanjang jalan.

Beberapa kebun teh yang terhampar luas juga semakin menyejukkan mata. Ketika berada di kolam renang, pemandangan indah pun tidak serta-merta tertutup. Pasalnya, objek wisata ini dibuat dengan konsep alam terbuka. Gugusan bukit tinggi dengan kontur atau bentuknya yang khas pun jelas terlihat di beberapa titik lokasi.

3. Eksotisme Air Terjun Buatan

Meskipun bukan air terjun alami, adanya air terjun buatan di Taman Batu Purwakarta ini juga cukup menyita perhatian. Bentuknya eksotis dengan beberapa undakan yang terbuat dari batu alam. Guyuran air yang terus menerus mengalir menjadikannya terlihat seperti tirai putih yang samar dan indah.

Hanya bagian atas air terjun yang tertata rapi dan mendatar. Bagian bawahnya dibiarkan tidak beraturan yang dihiasi batu dengan ukuran bervariasi. Hal ini justru menampakkan eksotisme yang tidak kalah dengan air terjun alami. Tidak terlalu tinggi, hanya beberapa meter saja dengan undakan yang mudah dijangkau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Lokasi Taman Batu Purwakarta
Photo by Google Maps Yudha Adillasaputra

Alamat Taman Batu Purwakarta berada di Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia. Lokasinya tidak begitu strategis dan akses jalanya juga kurang baik. Alangkah baiknya jika anda datang membawa sepeda motor, karena jalan mendekati lokasi wisata tidak terlalu lebar. Adapun mobil cukup kesulitan jika berpapasan dengan mobil lainnya.

Jarak dari pusat kota Purwakarta sekitar 30 kilometer, butuh waktu setidaknya 1 jam untuk bisa sampa ke lokasi. Terdapat dua rute yang bisa ditempuh, salah satunya dengan melewati Situ Wanayasa. Dari titik ini, silahkan lanjutkan perjalanan menuju ke kawasan Bojong. Tidak lama setelah tiba Bojong, anda akan tiba di Cipeudeuy, silahkan langsung menuju ke Cijanun.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk di Taman Batu Purwakarta
Photo by Google Maps ADAN匠

Sebelum memasuki kawasan Taman Batu Purwakarta dan melakukan aktivitas di dalamnya, anda perlu membeli tiket terlebih dahulu. Tidak ada perbedaan usia dalam hal tiket masuk, semua usia dikenakan tarif sebesar 20.000 rupiah. Bahkan usia balita dikenakan biaya, jadi siapkan budget lebih apabila membawa banyak rombongan.

Tiket masuk masih belum termasuk biaya parkir, siapkan tambahan biaya sebesar 2.000 untuk motor dan 5.000 apabila anda membawa mobil. Selain itu, jam operasional objek wisata kelaurga di Purwakarta ini semuanya sama. Baik hari libur maupun hari aktif, jam bukanya pukul 08.00 dan ditutup pada pukul 17.00 WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Photo by Google Maps Muk Sin

Dengan mengambil konsep wisata kolam renang dan pemandangan alam, banyak aktivitas yang dilakukan selama di Taman Batu Purwakarta. Setiap aktivitas dipastikan menarik dan seru yang mungkin menjadi salah satu tujuan anda datang ke lokasi ini.

1. Berenang dan Bermain Air

Sudah menjadi rahasia umum jika aktivitas menarik yang dilakukan di kolam renang adalah berenang. Ini mungkin menjadi salah satu tujuan anda, terutama jika datang bersama keluarga dan anak-anak. Silahkan pilih kolam sesuai dengan usia, masing-masing memiliki kedalaman yang berbeda.

Bagi anak-nak, silahkan menggunakan kolam renang anak yang kedalamannya hanya sebatas mata kaki. Untuk remaja dan dewasa, ada kolam khusus yang memiliki kedalaman hingga 4 meter. Jika belum pandai berenang, silahkan bermain air dengan batu alam sebagai pijakan. Mendapatkan sensasi guyuran air terjun buatan sepertinya menarik sambil bermain air.

Aktivitas Menarik di Wisata Taman Batu Purwakarta
Photo by Google Maps Kurdi Si Muka Pizza

2. Menikmati Pesona Alam dan Udara Sejuk

Keindahan alam di Taman Batu Purwakarta cocok digunakan sebagai media relaksasi. Healing dengan menikmati pesona alam sangat membantu menjernihkan pikiran. Apalagi kebanyakan pemandangan yang disajikan merupakan warna hijau yang menyejukkan. Pastinya udara sejuk pun didapatkan dengan berbagai pohon rindang yang menghiasi.

3. Berburu Spot Foto

Siapkan kamera terbaik, kalau perlu kamera DSL dengan resolusi tinggi. Bukan tanpa sebab, pemandangan yang ada di sini dijamin memukau, sayang jika hanya dilewatkan tanpa mengabadikan nya. Sebut saja barisan bukit yang indah dengan pohon rimbun seperti semak belukar karena terlihat cukup jauh.

Batu alam yang tersebar tidak merata juga cocok dijadikan objek foto cantik dan eksotis. Spot terbaik di Taman Batu Purwakarta adalah menapakkan kaki di batuan kemudian mengambil latar belakang kolam dan pemandangan hijau di sekitarnya. Tidak sedikit wisatawan yang menggunakan air terjun buatan sebagai latar belakang karena keunikan dan eksotisme nya.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di Kawasan Wisata
Photo by Google Maps R Nizar Prakas R

Selain daya tarik yang memikat dan ragam aktivitas yang dapat dilakukan, objek wisata ini memiliki fasilitas yang memadai. Toilet, kamar bilas, dan kamar ganti sudah tertata rapi dan bisa digunakan dengan nyaman. Area parkir di Taman Batu Purwakarta cukup luas, sebagian atapnya tertutup sehingga kendaraan tidak kepanasan.

Pengunjung tidak akan kesulitan menemukan warung jika sedang lapar. Banyak warung yang menyediakan berbagai menu makanan, salah satunya adalah Sate Maranggi khas Purwakarta. Bagi yang ingin santai sejenak setelah lelah beraktivitas, silahkan gunakan saung dan gazebo yang disediakan gratis oleh pengelola.

Konsep wisata wahana air yang dipadukan dengan alam terbuka membuat objek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Sedikit saran, sebaiknya datang di waktu pagi karena cuaca nya masih sejuk dan tidak terlalu panas. Taman Batu Purwakarta termasuk objek wisata keluarga, jadi silahkan datang membawa rombongan keluarga dan anak-anak.