Talaga Pancar, Menikmati Suasana Perkemahan di Hutan Pinus Majalengka

Talaga Pancar, Menikmati Suasana Perkemahan di Hutan Pinus Majalengka
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Lengkong Kulon, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat

Majalengka merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia dengan memiliki beraneka macam destinasi wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika wisatawan banyak yang berkunjung dan menyukai kegiatan berwisata di Majalengka. Dari banyaknya pilihan wisata alam, salah satu yang wajib dikunjungi yakni Talaga Pancar.

Dengan datang ke lokasi wisata alam ini, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan eksotis. Ditambah dengan adanya udara yang sejuk, sehingga memberikan kesan yang sangat syahdu serta nyaman untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Wisata alam Talaga Pancar merupakan hamparan hutan yang sangat luas dengan dipenuhi pohon pinus yang tertata rapi dan menjulang tinggi. Hal ini juga menambah suasana yang indah, sejuk dan enak untuk dipandang. Ditambah jika terkena tiupan angin, sehingga membuat daun pohon ikut bergoyang seakan-akan melambaikan tangan menyambut wisatawan yang datang.

Daya Tarik Wisata Talaga Pancar

Wisata Alam Talaga Pancar Yang Sejuk Dan Menarik Di Majalengka
Photo by Google Maps yadi subagja

1. Suasana yang cantik dan indah

Daya tarik pertama yakni suasana yang disuguhkan sangat cantik dan menarik. Bagi siapapun yang merasakan suasana di sekitar lokasi wisata ini akan dibuat takjub dan jatuh cinta. Mulai dari keindahan alam yang ada hingga cuaca sekitar lokasi juga tergolong sejuk, sehingga wisatawan merasa nyaman dan betah.

Jajaran pohon pinus yang tumbuh dengan rapi dan menjulang tinggi juga turut memberikan nuansa yang cantik, asri dan alami. Adanya pohon pinus yang tumbuh tinggi dengan daun yang lebat sehingga membuat wisatawan yang ada di bawah pohon ini merasa nyaman dikarenakan tidak terkena panasnya paparan sinar matahari.

Ditambah lagi dengan adanya angin yang sepoy-sepoy sehingga membuat para pengunjung merasa betah untuk berlama-lama di Talaga Pancar. Dan bagi Anda yang berasal dari kota-kota besar pastinya bisa menjadikan wisata ini sebagai pilihan utama.

Selain suasana hutan yang dipenuhi pohon pinus, wisata alam ini juga terdapat adanya semacam situ atau telaga. Dalam situ ini terdapat berbagai macam jenis ikan air tawar yang cantik, dan menariknya wisatawan juga bisa memberikan makan untuk ikan tersebut. Sangat menarik bukan, suasana yang disuguhkan untuk dinikmati bersama sang buah hati.

2. Bumi Perkemahan

Wisata Alam Talaga Pancar Yang Seru Dan Lagi Hits Di Majalengka
Photo by Google Maps Fransiskus Aprianto

Daya tarik selanjutnya yang ada di Talaga Pancar ini yakni adanya area bumi perkemahan. Dengan nuansa alam yang sangat indah dan ditambah dengan adanya bumi perkemahan, maka wisata alam ini memberi kesan yang sangat sempurna. Dan tentunya dapat menjadi nilai daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama bagi pecinta alam.

Dengan adanya bumi perkemahan di hutan pinus ini juga sudah didesain sedemikian rupa oleh pengelola wisata. Dimana konsep dasar dari wisata alam ini yakni perpaduan antara hutan pinus dengan bumi perkemahan. Sehingga panorama yang disuguhkan pun juga tergolong sangat indah dan eksotis.

Adanya bumi perkemahan pada wisata alam yang indah dan mempesona ini juga sangat memberikan nilai positif. Terutama bagi pengunjung yang menghabiskan waktunya dalam beberapa hari untuk menikmati keindahan dan suasana alam yang indah, cantik dan asri ini.

3. Wahana yang menarik

Wahana atau permainan yang menarik di wisata alam ini yakni seperti adanya jungkat jungkit, perosotan, ayunan, komedi putar, dan masih banyak lainnya. Beberapa wahana ini tentunya juga menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi yang ingin menikmatinya bersama keluarga serta buah hati tercinta.

Disamping memiliki wahana untuk anak kecil, Talaga Pancar ini juga memiliki wahana yang tidak kalah menarik untuk dimainkan oleh orang dewasa. Wahana ini yakni adanya olahraga memanah, wahana ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang menyukai olahraga panah.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Talaga Pancar Majalengka
Photo by Google Maps budi able

Wisata alam terbuka yang sangat cantik dan indah ini berlokasi di Jawa Barat. Lebih tepatnya wisatawan dapat berkunjung di Desa Lengkong, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Untuk sampai di lokasi Talaga Pancar ini, pengunjung dapat menggunakan motor, mobil, maupun bis, karena akses menuju lokasi ini sudah cukup baik.

Jika Anda ingin datang ke lokasi wisata ini, ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan. Jika berasal dari Cirebon, wisatawan dapat menyusuri Jl. Raya Sumber-Cirebon, setelah itu ke arah Jl. Raya Imam Bonjol. Lalu, Anda bisa mengambil arah belok kiri ke Jl. Lengkong, setelah itu belok kiri hingga tiba di lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Talaga Pancar

Tiket Masuk Di Wisata Alam Talaga Pancar Majalengka
Photo by Google Maps Ano Alkiatno

Wisata alam ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang merindukan suasana alam yang sejuk dan nyaman, namun tanpa harus menguras kantong. Hal ini dikarenakan budget yang ditarif termasuk sangat murah meriah.

Tiket Talaga Pancar yang sudah ditetapkan oleh pengelola wisata yakni hanya sebesar Rp 10.000 saja. Namun, ini berlum termasuk tiket parker kendaraan. Tergolong sangat murah bukan, untuk sekelas wisata alam yang sangat cantik, indah dan eksotis ini.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Talaga Pancar Majalengka
Photo by Google Maps Nafis Sport

1. Olahraga Memanah

Kegiatan menarik pertama yang wajib Anda lakukan di Talaga Pancar yaitu memanah. Bagi pecinta atau penghobi olahraga panah sangat wajib untuk merasakan sensasi memanah yang sudah disediakan. Kegiatan ini masih menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung di wisata alam nan indah dan elok ini.

Olahraga memanah ini tidak hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa saja, melainkan anak kecil juga dapat dilatih dalam hal memanah ini. Karena dengan melatih anak kecil memanah tentunya hal ini sangat bermanfaat terutama dalam meningkatkan dan memacu daya otak anak kecil agar tetap konsentrasi dan tenang.

Dengan suasana yang hening, dan tenang ini tentunya juga dapat meningkatkan konsentrasi bagi pemanah untuk melesatkan anak panah sesuai dengan titik yang diinginkan. Kegiatan memanah di alam terbuka ini tentunya sangat menarik bukan, untuk dinikmati dan dirasakan sensasinya.

2. Camping (Berkemah)

Kegiatan menarik selanjutnya yaitu berkemah (camping). Dengan berkemah di sekitar Talaga Pancar, wisatawan dapat menikmati seluruh momen, baik di pagi hari, siang hari, sore hari, hingga malam hari. Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan kegiatan alam beserta keluarga atau teman.

Di pagi hari wisatawan dapat menikmati suasana yang sangat sejuk khas daerah pegunungan, ditambah dengan sautan suara burung yang berkicau. Suara kicauan burung juga menjadi indikasi bahwa di lokasi wisata alam ini masih tergolong asri dan terlindungi. Hal ini sehingga menambah kenyamanan serta memberi kesan yang sangat cantik bagi wisatawan.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Talaga Pancar Majalengka
Photo by Google Maps donny G wibisono

Selain keindahan suasana di pagi hari, wisata alam ini juga menyuguhkan suasana malam yang mencekam dari tengah hutan pinus ini. Namun tidak perlu khawatir, bagi pecinta alam suasana yang suasana yang sangat menarik itu terletak di malam hari.

Dikarenakan pada malam hari wisatawan dapat melakukan kegiatan asik lainnya, yakni seperti bakar jagung, singkong, ketela, bermain gitar sambil bernyanyi, serta bercanda gurau sambil menikmati gemerlap cahaya bintang yang turut menghiasi langit. Sehingga kegiatan ini dapat meningkatkan dan mempererat dalam menjalin pertemanan maupun persahabatan.

3. Bermain dengan Si Kecil

Selain memanah dan camping, Anda juga bisa melakukan kegiatan menarik lainnya pada saat berada di wisata alam ini, yakni seperti menikmati berbagai wahana permainan yang ada di Talaga Pancar ini. Dengan bermain bersama sang buah hati, hal ini juga dapat membuat bahagia sang buah hati serta dapat menambah keharmonisan dalam rumah tangga.

Banyak permainan yang dapat dimainkan oleh anak kecil, yakni seperti bermain ayunan, komedi putar, jungkat-jungkit, perosotan dan lain sebagainya. Dengan kegiatan ini secara tidak langsung juga dapat memberi pengenalan bagi sang buah hati mengenai permainan yang cocok, aman dan sesuai dengan umurnya.

Fasilitas Wisata di Talaga Pancar

Fasilitas Di Wisata Alam Talaga Pancar Majalengka
Photo by Google Maps Amin Budiman

Untuk segi fasilitas, Anda tak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas umum dengan cukup baik. Jadi, kegiatan wisata bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan suatu apapun dengan adanya fasilitas yang memadai.

Fasilitas yang ada di lokasi Talaga Pancar antara lain yakni sebagai berikut, adanya area parkir yang cukup luas, mushola, dan toilet. Ketiga fasilitas ini tentunya sangat penting dan dapat meningkatkan kenyamanan serta keamanan para pengunjung. Baik merasa aman dengan kendaraan yang dibawa maupun merasa nyaman dapat beribadah dengan tenang.

Disamping adanya ketiga fasilitas tersebut, wisata alam ini juga dilengkapi fasilitas yang kekinian, yakni seperti adanya hammock. Hammock ini terpasang di antara pohon pinus, dan dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk duduk, bersantai, dan berbaring sambil menikmati panorama keindahan alam yang disuguhkan.

Demikian ulasan mengenai Talaga Pancar dengan segala panorama yang indah, cantik, sejuk, dan mempesona ini. Wisata alam ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para pecinta wisata alam, mengingat wisata ini penuh dengan destinasi yang memukau, permainan serta fasilitas yang lengkap.