Kawah Talaga Bodas salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan di Garut, Jawa Barat. Telaga ini bekas kawah vulkanik yang indah disertai perbukitan hijau yang mampu memanjakan mata.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Galunggung, Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kab. Garut, Jawa Barat.

Jawa Barat memang juara dalam menyuguhkan berbagai destinasi wisata menarik. Kali ini berasal dari Kabupaten Garut yang memiliki tempat wisata tersembunyi. Namanya Talaga Bodas, berupa objek wisata kawah yang terbentuk dari aktivitas vulkanik dan masih aktif, namun tidak membahayakan.

Mengandung belerang alami yang mengalirkan air ke 3 kolam rendam air panas. Belerangnya berkhasiat untuk menyembuhkan segala macam penyakit kulit. Area talaga dikepung oleh perbukitan hijau dan didukung udara sejuk khas pegunungan. Ingin tahu seperti apa keistimewaannya? Simak ulasan ini.

Sekilas Tentang Wisata Kawah Talaga Bodas

Tentang Talaga Bodas
Image Credit: Google Maps (Budiono Budi)

Objek wisata alam ini merupakan salah satu tempat liburan favorit yang dimiliki Kabupaten Garut. Lokasinya tersembunyi agak jauh dari pusat kota dan memiliki medan cukup menanjak. Lingkungan sekitar telaga masih terjaga dan asri, tak heran menjadi harta karun pariwisata. Tanah yang dimiliki sangat subur, sehingga pohon-pohon tumbuh rimbun dan terkesan teduh.

Menurut cerita masyarakat setempat pembentukan Talaga Bodas melalui banyak tahapan. Terbentuk alami akibat letusan eksplosif dari Gunung Galunggung, sehingga membentuk kawah. Kemudian kawah tersebut terisi oleh air dan saat ini terbentuklah sebuah danau vulkanik yang indah. Sekitar danau dikelilingi oleh hutan hijau seolah mengepung area kawah.

Dalam Bahasa Indonesia, talaga mempunyai arti danau sedangkan Bodas maknanya putih. Maka jika disatukan Talaga Bodas berarti Danau Putih, dan terwujud pada rupa kawah yang bewarna putih kehijauan. Disamping itu, aslinya lokasi danau kecil tersebut adalah bekas kawah dan diisi air belerang warna putih.

Wisata telaga ini pernah ditutup pada tahun 2013, karena kecelakaan 3 wisatawan yang tercebur di kawah panas. Kemudian dibuka sebentar lalu ditutup kembali pada pertengahan tahun 2014. Kala itu ada peristiwa dimana dua desa mempermasalahkan batas wilayah, sebab Taman Wisata Alam Talaga Bodas masuk ke area wilayah desa.

Namun kasus tersebut segera dibereskan oleh pemerintah setempat. Kini telaga menawan ini sudah dikelola oleh BKSDA Jawa Barat 2, dan status lahan menjadi milik Departemen Kehutanan TWA Talaga Bodas Cianjur. Pengelolaan wisata talaga ini legal berdasarkan surat keterangan atau SK Menteri Nomor 98/KPTS/1978.

Daya Tarik yang Dimiliki Talaga Bodas

Daya Tarik Talaga Bodas
Image Credit: Google Maps (Auliatunisa Andini)

Salah satu wisata alam milik Garut ini berhasil memanjakan mata siapapun yang memandangnya. Bagaimana tidak, pemandangan alam yang disajikan berupa jajaran bukit nan hijau. Belum lagi sejarah dibaliknya yang mana telaga terbentuk dari kawah Gunung Galunggung, yang meletus ratusan tahun lalu. Jadi wisatawan yang berdatangan karena penasaran dengan wujudnya.

Kawah Talaga Bodas berda di lereng gunung dengan ketinggian 1512 mdpl. Berdiri di atas lahan seluas 23,85 hektar dan berbatasan dengan area hutan serta pegunungan. Talaga mempunyai diameter 2 kilometer, jadi bisa dibayangkan luasnya seperti apa. Air danau kawah berwarna putih kehijauan, karena airnya mengandung belerang.

Suhu sekitar kawasan wisata tergolong dingin, karena berada di sisi utara lereng Gunung Galunggung. Kalau Anda datang pada pagi hari masih bisa melihat kabut tipis yang menyelimuti area talaga. Tapi disarankan berkunjung saat siang hari, sebab Anda dapat menyaksikan langsung pesona kawah secara menyeluruh.

Perjalanan menuju kawasan kawah memang tidak mudah, karena kondisi jalan cukup buruk. Wisatawan harus melalui akses jalan yang menanjak, sebab kontur tanahnya berbukit. Selain itu tingkat kemiringan tanah tinggi dan cenderung curam. Namun kondisi tersebut dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk menjadikannya kebun sayuran, seperti tomat dan wortel.

Kendaraan hanya bisa mengakses sampai area parkir bawah, untuk menuju kawasan kawah Anda harus jalan kaki sekitar 1 kilometer. Bisa juga menyewa motor cross yang ditawarkan oleh penduduk sekitar, cukup membayar 20-30 ribu sekali jalan. Tapi bagi yang suka petualang jalan kaki lebih nyaman. Anda bisa merasakan hiking sambil menikmati pemandangan hutan lebat.

Daya Tarik Telaga Bodas
Image Credit: Google Maps (Erna Amaliya)

Sebenarnya di Kawah Talaga Bodas masih terdapat aktivitas vulkanik, tetapi tidak memberi dampak berbahaya kepada para wisatawan. Justru mengalirkan sumber air panas yang dibendung tiga kolam air panas alami. Dua kolam tersedia khusus anak-anak, sedangkan satu kolam untuk dewasa. Kolam sumber air panas ini mempunyai suhu relatif hangat sehingga nyaman untuk berendam.

Konon air panas tersebut berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Karena pada dasarnya kandungan belerang memang cukup baik untuk kesehatan kulit. Berendam disini dapat mengatasi kadas, kurap, panu, gatal-gatal, hingga ruam kemerahan. Bahkan tubuh pegal-pegal langsung merasa rileks kembali, dan otot-otot semula tegang kembali kendur.

Sejauh mata memandang, pengunjung akan disuguhi panorama perbukitan yang mempesona. Udara segar dan sejuk khas daerah pegunungan menambah suasana liburan semakin syahdu. Wisatawan berhasil dibuat takjub dengan pemandangan kawah yang instagenic. Setiap sudutnya seolah menampilkan pesona yang mampu membuat takjub wisatawan.

Secara keseluruhan area kawah ini menyerupai pantai berpasir putih. Airnya mengalir tenang berwarna putih kehijauan. Tak ketinggalan latar belakang berupa paduan pegunungan dan perbukitan hijau. Didukung hamparan pohon pinus yang menambah nilai plus dari keindahan wisata. Hal ini menciptakan keunikan tersendiri, tak heran jika lanksapnya disukai para fotografer.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Talaga Bodas

Alamat Talaga Bodas
Image Credit: Google Maps (Yusup Aristya)

Talaga eksotis ini terletak di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasinya berjarak kurang lebih 21 kilometer bila ditempuh dari Terminal Garut. Kalau naik kendaraan kira-kiran Anda menempuh perjalanan sekitar 40 menit. Akses jalan cukup baik tapi masih ada yang berlubang, jadi usahakan peforma kendaraan baik selama perjalanan.

Jika berangkat dari Tasikmalaya, Anda dapat mengambil jalur lewat Jalan Raya Cisayong. Panjang rutenya sekitar 29 kilometer bila melalui Kecamatan Ciawi, atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Tapi kalau berangkat dari Bandung, gunakan jalur lewat Garut menuju Wanaraja. Boleh juga melalui Limbangan kemudian arah ke Cibatu, baru sampai Wanaraja.

Patokannya pertigaan Alun-Alun Wanaraja, belok ke kanan kalau dari arah Garut, atau belok kiri bila dari arah Cibatu. Jika naik transportasi umum wisatawan bisa mengendarai angkot dari Terminal Guntur, ambil angkot jurusan Garut-Wanaraja. Barulah disambung naik ojek ketika sampai lokasi, lalu jalan kaki sebentar untuk turun ke area kawah Talaga Bodas.

Untuk memasuki kawasan wisata talaga, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar 5 ribu saat hari biasa dan 8 ribu di hari libur. Sedangkan wisatawan mancanegara diberi harga tiket masuk sebesar 100 ribu untuk weekday, dan 150 ribu khusus weekend. Apabila mengendarai sepeda motor dikenai retribusi parkir 5 ribu, dan mobil kira-kira 10 ribu.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kawah Talaga Bodas

Aktivitas di Talaga Bodas
Image Credit: Instagram.com @im_naiphoto

1. Menikmati Aktivitas Trekking dan Hiking

Untuk menuju ke kawasan kawah, para pengunjung menempuhnya dengan berjalan kaki. Kendaraan dititipkan di lahan parkir lalu Anda harus berjalan kurang lebih 1 kilometer. Akses jalannya cukup menanjak, jadi sebelumnya siapkan fisik kuat serta baju dan sepatu yang nyaman untuk bergerak. Harap hati-hati karena kondisi jalan agak berlubang dan licin.

Sebenarnya Anda bisa saja menyewa ojek kalau tidak kuat menaiki tanjakan. Namun pilihan jalan kaki lebih seru, karena wisatawan diajak melewati hutan lebat dengan panorama perbukitan. Selain itu, udara sekitar tempat wisata sejuk jadi tidak begitu capek. Justru aktivitas hiking terasa menyenangkan dan lelahnya langsung terbayar ketika tiba di lokasi kawah.

2. Menyusuri Area Wisata

Begitu tiba di lokasi wisata, pengunjung disajikan pemandangan danau kawah berwarna putih kehijauan. Air Talaga Bodas mengandung belerang tinggi dan masih berstatus aktif tapi tidak berbahaya. Namun tidak disarankan untuk berada terlalu dekat, beri sedikit jarak dari tempat berdiri. Tidak diperkenankan pula minum atau berenang di area danau ini karena terlalu dalam.

Wisatawan hanya diizinkan menikmati keindahan alam sekitar talaga. Deretan bukit yang berjajar menambah keindahan, karea area kawah berada di kawasan lembah. Pinggiran talaga dihiasi pasir putih dengan kerikil kecil, jadi Anda seolah sedang berlibur di pantai. Suhu sekitar danau ini dingin dan tenang, sangat cocok untuk wisatawan yang ingin refreshing pikiran.

3. Berendam di Kolam Air Panas

Bergeser ke sebelah kanan area kawah terdapat 3 kolam rendam air panas. Dua kolam untuk anak-anak, dan satu kolam khusus orang dewasa. Sumbernya langsung dari belerang yang berada di kawah, tapi sudah melalui proses penyaringan. Suhu airnya hangat jadi cukup nyaman untuk berendam di tengah udara dingin.

Bentuk kolamnya terbuka langsung berhadapan dengan view perbukitan dan pinggir kawah. Untuk menuju lokasi kolam air panas, Anda bisa jalan kaki menyusuri rute lalu ke arah kanan kawah. Jaraknya sekitar 200 meter dan kondisi jalanan datar, jadi walaupun jalan kaki tidak akan capek. Tapi kalau malas jalan kaki boleh naik ojek yang ditawarkan warga sekitar.

Aktivitas Talaga Bodas
Image Credit: Instagram.com @sdverdana

4. Hunting Foto

Lokasi wisata Talaga Bodas menampilkan pesona alam yang memukau siapapun. Lanskap alamnya sangat instagramable, tak heran bila wisata ini banyak dikunjungi oleh anak muda. Terkadang pula menjadi sasaran lokasi favorit para fotografer untuk mengambil sejumlah foto. Pengelola wisata juga menyediakan jasa foto pra wedding disini, cukup bayar sekitar 250 ribu.

5. Berkunjung ke Pancuran 7

Bukan hanya kolam air panas yang perlu dikunjungi, tapi ada juga Pancuran 7 yang dipercaya warga sekitar bisa membawa berkah. Lokasinya berada tidak jauh dari lahan parkir, kurang lebih 1 kilometer. Dari area parkir Anda melewati jalan sebelah kiri lalu ikuti akses jalan. Tempat ini ditumbuhi rumput-rumput liar dan pepohonan yang lebih rindang.

6. Melihat Indahnya Gunung Sadahurip

Sebelum gerbang masuk Kawah Talaga Bodas, Anda akan menjumpai pertigaan terkahir dan banyak warung berjajar. Kalau belok kanan menuju lokasi wisata dan jalan lurus menuju ke Tasikmalaya. Di tempat ini Anda bisa berhenti sebentar untuk swafoto dengan lanskap Gunung Sadahurip. Konon gunung ini merupakan Piramida Purba dan menjadi legenda disini.

Fasilitas yang Tersedia di Talaga Bodas Garut

Fasilitas Talaga Bodas
Image Credit: Google Maps (Fadlan Ramadlan)

Pengelola wisata telah menyediakan beberapa fasilitas memadai. Diantaranya kamar mandi bilas untuk laki-laki dan perempuan. Sesekali ada jasa foto dari warga sekitar yang menawarkan. Area parkirnya cukup luas dan tersedia mushola nyaman untuk beribadah. Deretan warung penjaja makanan ringan hingga berat turut melengkapi wisata ini.

Tidak ada yang bisa melewatkan keindahan Talaga Bodas di Kabupaten Garut ini. Pesona kawah dengan air berwarna putih kehijauan tampak menajubkan. Wisatawan bisa berendam di kolam air panas yang bersumber dari belerang asli dari kawah. Sembari merasakan khasiat belerang, pengunjung dapat menikmati panorama alam berupa perbukitan dan gunung.