Sunrise Point Cukul, Menikmati Pemandangan Matahari Terbit di Bandung

Sunrise Point Cukul, Menikmati Pemandangan Matahari Terbit di Bandung
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cukul, Desa. Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Jawa Barat

Sunrise Point Cukul merupakan titik pemandangan matahari terbit yang terletak di Bandung Selatan, Jawa Barat. Pemandangan yang disuguhkan oleh destinasi wisata ini sangatlah menakjubkan. Cocok dijadikan sebagai tujuan berlibur bersama orang tersayang. Suasananya sangat romantis ditambah dengan alam yang hijau menyegarkan.

Sunrise Point ini terletak di ketinggian kurang lebih 1.600 mdpl di perbukitan nan hijau. Biasanya suasana di lokasi wisata akan lebih ramai saat hari libur telah tiba. Terutama bagi para pecinta hiking dan camping. Mereka akan membangun tenda-tenda kemah demi berburu sunrise di pagi hari.

Ya, moment sunrise memang tidak bisa didapatkan tanpa menginap di sekitar lokasi terdekat. Kecuali jika wisatawan memang berburu datang di dini hari dan sanggup melakukan perjalanan pada tengah malam. Namun, hal ini kurang memungkinkan. Jadi, alangkah baiknya untuk membuat tenda camping di bumi perkemahan yang telah tersedia.

Daya Tarik Wisata Sunrise Point Cukul

Daya Tarik Sunrise Point Cukul Bandung
Photo by Google Maps Anissa Veranita

1. Dekat dengan Wisata Kebun Teh

Destinasi wisata yang sedang hits ini memang dapat dinikmati dari ketinggian yang berupa puncak bukit dan hamparan perkebunan teh. Hal ini tentu membuat wisatawan yang berkunjung bisa menikmati suasana double wisata.

Di pagi hari berburu pemandangan matahari terbit. Setelah itu, dilanjut dengan berjalan menyusuri perkebunan teh yang luas. Bahkan Anda juga bisa belajar praktik langsung cara memetik pucuk teh kepada penduduk setempat.

Tentu ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan khususnya masyarakat kota yang jarang menemukan nuansa seperti ini.

2. Terdapat Situ Cukul

Salah satu keunikan dari titik pemandangan matahari terbit ini terdapat sebuah situ yang mirip dengan danau. Meskipun berukuran tidak terlalu besar, tetapi pesonanya menambah keindahan wisata. Danau ini disebut Situ Cukul.

Wisatawan yang berkunjung dapat menjadikannya sebagai objek untuk berfoto. Bahkan Anda juga bisa merasakan sensasi airnya yang segar dengan membasuh muka atau tangan.

3. Pemandangan Matahari Tebit yang Eksotis

Destinasi wisata Sunrise Point Cukul memang tergolong baru. Wisatawan yang berkunjung di pagi hari akan disambut oleh mentari yang muncul dari balik Gunung Wayang. Pesonanya tak perlu diragukan lagi karena siapapun yang melihatnya pasti akan merasa terhipnotis oleh keeksotisan sunrise.

Baca Juga:  Gua Belanda, Goa Bersejarah Berbalut Cerita Mistis di Bandung

Bahkan untuk menoleh sedikit pun terasa sayang karena moment yang langka ini layak untuk diperhatikan. Tatkala mentari mulai bersinar, perlahan kabut-kabut yang menghiasi puncak gunung pun berangsur hilang. Semburat kekuningan mulai terlihat semakin tinggi.

Hamparan perkebunan nan hijau semakin jelas terlihat. Udara yang sangat segar dibalut dengan keadaan alam yang masih asri tentu membuat Anda enggan untuk beranjak.

4. Terdapat Spot Foto Keren

Daya Tarik Di Sunrise Point Cukul Bandung
Photo by Google Maps Hey Dear

Di Sunrise Point Cukul ini, wisatawan tidak hanya sebatas melihat pemandangan alamnya yang menyejukkan. Namun, Anda juga bisa menikmati fasilitas berupa spot-spot foto yang sangat kekinian.

Anda boleh mengambil gambar sambil bergaya di spot yang intagramable tersebut. Baik yang lokasinya berada di dataran maupun di ketinggian seperti rumah pohon. Yang pasti untuk mencoba semua spot ini harus tetap memperhatikan keselamatan dan kenyamanan.

Ada beberapa spot foto keren seperti bentuk sayap, tulisan love, jembatan bambu, rumah pohon, tulisan selamat datang, dan masih banyak lainnya. Yang pasti background hamparan perkebunan dan bukit yang berbaris rapi membuat pemandangan lebih mengagumkan.

5. Suasana Alam yang Asri

Suasana Sunrise Point Cukul memang tidak bisa ditemukan di daerah perkotaan. Hal ini disebabkan karena keidentikan matahari terbit dari balik gunung dengan pemandangan alamnya yang hijau segar.

Hamparan perkebunan teh bagaikan karpet hijau yang tergelar luas menyambut sang surya bersinar terang. Bukit-bukit berwarna hijau juga semakin menambah suasana alam yang sangat asri. Sungguh pemandangan alam yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

6. Banyak Wisatawan yang Berkemah

Di lokasi wisata juga tersedia bumi perkemahan tempat wisatawan untuk bermalam menggunakan tenda. Pihak pengelola wisata telah menyiapkan fasilitas tenda dengan harga sewa yang terjangkau.

Namun, jika Anda ingin mendirikan tenda pribadi juga tidak dilarang. Justru kesan warna-warni dari barisan tenda yang berdiri semakin membuat pemandangan lebih indah dilihat.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Sunrise Point Cukul Bandung
Photo by Google Maps Aan Hardianto

Sunrise Point Cukul berlokasi di Jalan Cukul, Desa Sukaluyu. Lebih populernya di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Jarak dari Kota Bandung menuju Point Cukul kurang lebih 63 kilometer. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi sekitar 2 jam perjalanan.

Selain berlokasi di hamparan perkebunan teh, tempat wisata ini juga dekat dengan Situ Cileunca. Wisatawan hanya membutuhkan 15 menit perjalanan untuk menuju Situ Cileunca. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa Point Cukul termasuk kategori wisata yang strategis.

Adapun rute perjalanan yang bisa ditempuh dari Kota Bandung yaitu melalui Balendah kemudian menuju arah Banjaran. Setelah itu, ambil arah ke Pangalengan. Selanjutnya ambil arah ke Desa Sukaluyu lebih tepatnya ke Jalan Cukul.

Baca Juga:  Upside Down World Bandung, Spot Foto Terbalik dengan Konsep Unik

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, akan lebih mudah jika membuka google maps yang akan mengarahkan perjalanan menuju titik terbitnya matahari tersebut.

Harga Tiket Masuk Sunrise Point Cukul

Tiket Masuk Di Sunrise Point Cukul Bandung
Photo by Google Maps Aan Hardianto

Menikmati keindahan alam tidak selalu memerlukan harga yang terlalu mahal. Wisatawan cukup membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang untuk masuk ke Sunrise Point Cukul. Harga tersebut sudah termasuk menikmati setiap spot keren yang ada di lokasi wisata.

Namun, penetapan harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu. Tergantung pada peraturan dari pihak pengelola setempat. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kenaikan harga maka sebaiknya persiapkan uang yang cukup untuk berlibur.

Adapun untuk waktu berkunjung ke Point Cukul yakni mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB. Namun, jika wisatawan yang camping maka pelayanannya selama 24 jam. Jadi, jika ada keperluan yang diutuhkan bisa langsung menghubungi pihak pengelola.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Sunrise Point Cukul
Photo by Google Maps Sielvia Apriani

1. Menikmati Keeksotisan Sunrise

Sunrise Point Cukul memang menjadi titik terbaik di Pangalengan untuk melihat matahari terbit. Pesona keindahan yang disajikan tiada duanya. Tak heran jika wisatawan semakin hari semakin ramai karena pesona keindahan yang dimiliki Point Cukul memang sangat menakjubkan.

Sekedar tips bagi wisatawan yang hendak berburu sunrise tetapi enggan melakukan camping, sebaiknya mulai naik ke Point Cukul pada pukul 03.00 dini hari. Hal ini bertujuan agar Anda tak ketinggalan moment cantik ini.

Di waktu subuh biasanya para pengunjung sudah berjejer menantikan matahari yang akan bersinar. Perlahan cahaya keemasan memenuhi langit dari ufuk timur. Hingga perlahan memancarkan cahaya yang semakin terang. Kabut-kabut yang menyelimuti perbukitan pun semakin jelas terlihat.

Anda seolah sedang dibawa ke negeri atas awan. Bulat kekuningan semakin membumbung tinggi, burung-burung menyambutnya dengan riang kesana kemari. Sungguh pemandangan yang sangat memanjakan mata.

2. Berburu Foto yang Instagramable

Pecinta fotografi yang hobbi mengoleksi foto pasti sangat menyukai lokasi Sunrise Point Cukul. Spot-spot yang didirikan benar-benar sangat kekinian. Sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Hasil foto yang Anda ambil dapat dijadikan sebagai sarana promosi untuk wisatawan luas. Caranya hanya mengunggah foto terbaik di sosial media Anda serta jangan lupa tag lokasi wisata berada.

3. Menyusuri Hamparan Perkebunan The

Aktivitas Sunrise Point Cukul
Photo by Google Maps Jamy Hmn

Sebelum beranjak meninggalkan lokasi Sunrise Point Cukul, ada baiknya jika Anda jalan-jalan terlebih dahulu di perkebunan teh. Selain menikmati suasana yang sejuk, udara segar khas pegunungan, Anda juga bisa berfoto di hamparan perkebunan ini. Dijamin hasilnya pasti sangat keren.

Di saat penduduk setempat sedang memanen teh, Anda juga bisa ikut membantunya. Nah, bagi pecinta seni tentu moment ini tak kalah indahnya untuk diabadikan. Memanen pucuk teh sambil menggendong tas besar dari anyaman, menggunakan caping lebar. Tentu menjadi suatu objek yang unik.

Baca Juga:  Bukit Jamur Ciwidey, Objek Wisata Alam Unik dengan Spot Foto Keren di Bandung

4. Camping di Lokasi Wisata

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi udara di malam hari, bisa mendirikan tenda di bumi perkemahan untuk melakukan camping. Anda tidak perlu merasa takut karena banyak wisatawan yang bermalam di lokasi ini.

Bahkan di hari weekend atau libur panjang, area camping ini terlihat lebih ramai oleh para wisatawan yang hendak berburu sunset. Biasanya para pecinta hiking lebih merasa nyaman bermalam di tenda meskipun hanya beralaskan karpet sederhana.

5. Nongkrong di Warung Sekitar Lokasi

Di Point Cukul Anda bisa menemukan warung-warung yang berjejer rapi menjual aneka makanan dan minuman. Mulai dari yang kemasan sampai yang disajikan dengan cara memasak terlebih dahulu.

Untuk memberi rasa hangat pada tubuh karena suasana udara yang cukup dingin, Anda bisa memesan minuman seperti teh hangat, kopi, wedang jahe, dan lain sebagainya. Makanan instan seperti mie juga banyak dijual oleh pedagang.

Mengenai soal harga, Anda tak perlu khawatir akan ditarif dengan harga tinggi. Para pedagang di sekitar lokasi sudah sepakat memberikan harga yang standar. Adapun jika selisihnya lebih mahal sedikit dari warung yang biasa Anda temui karena akses untuk membawa dagangan ke lokasi memerlukan tenaga dan biaya yang lebih.

Fasilitas Penunjang di Sunrise Point Cukul

Fasilitas Sunrise Point Cukul
Photo by Google Maps Ilham Putra Sulung

1. Lokasi Parkir

Meskipun wisata di ketinggian, tetapi Sunrise Point Cukul tetap memiliki lahan parkir yang luas. Mengingat banyaknya wisatawan yang berkunjung menggunakan kendaraan pribadi sehingga area parkirnya juga dibuat senyaman mungkin.

2. Food Court

Ada barisan pedagang yang menjual aneka kuliner. Mulai dari cemilan hingga makanan berat. Semua bisa Anda pesan dengan harga yang terjangkau. Termasuk aneka minuman.

3. Penginapan Terdekat

Bagi wisatawan yang tidak ingin bermalam di area camping, tetapi ingin menyaksikan matahari terbit di pagi hari maka dapat mencari penginapan terdekat. Ada beberapa hotel ataupun villa dengan harga yang bervariasi.

4. Mushola

Wisatawan beragama Islam dapat memanfaatkan fasilitas berupa mushola sebagai tempat beribadah. Jika tiba waktu sholat tak perlu merasa bingung.

5. Toilet

Toilet yang tersedia di area lokasi wisata cukup bersih dan memadai. Wisatawan bisa menggunakannya untuk MCK. Meskipun sudah membayar retribusi penggunaan toilet, namun perlu untuk tetap menjaga kebersihan.

Itulah sekilas informasi tentang daya tarik Sunrise Point Cukul yang berada di Pangalengan, Jawa Barat. Wisata yang semakin hari semakin ramai ini memang tepat dijadikan sebagai tujuan berlibur. Tidak hanya pemandangan alamnya yang menakjubkan, tetapi lokasinya juga mudah untuk dijangkau. Ayo, segera kunjungi Point Cukul yang keren ini ya.