Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Palutungan, Cisantana, Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat.

Kuningan memang merupakan salah satu wilayah di provinsi Jawa Barat yang tidak mempunyai pantai. Meski tidak mempunyai objek wisata bahari, bukan berarti Kuningan tidak layak untuk dikunjungi. Pasalnya destinasi wisata alam di daerah ini cukup banyak untuk kegiatan refreshing menghilangkan penat, dimana salah satunya yaitu Sukageuri View yang pantas membuat masyarakat Kuningan berbangga hati. Wisata alam yang menawarkan keindahan alam nan mempesona yang mampu memberi kedamaian untuk jiwa dan raga.

Daya Tarik Wisata Sukageuri View

Daya Tarik Sukageuri View
Image Credit: Google Maps (Purnomo Sidi)

Destinasi wisata alam memang sangat tepat dikunjungi sebagai ajang refreshing dan melepas penat. Di Kuningan, Anda bisa menemukan salah satu objek wisata alam yang sangat recomended untuk berlibur yaitu Sukageuri View. Tentu yang menjadi daya tarik utamanya adalah pemandangan alam sekitar, mengingat bahwa area ini merupakan objek wisata alam.

Sajian panorama perbukitan nan hijau akan memanjakan Anda sejauh mata memandang. Sehingga suasana yang dibangun menjadi sangat rileks dan menenangkan. Rasa penat dari hingar bingar sibuknya perkotaan dijamin langsung sirna, ketika melihat dan merasakan bagaimana hijau dan sejuknya lokasi objek wisata ini.

Selain perbukitan nan hijau yang begitu indah, para pengunjung yang bertandang ke sini banyak memburu pemandangan sunrise yang disajikan oleh objek wisata tersebut. Pasalnya pemandangan matahari yang keluar dari peraduan dari bukit ini, terlihat begitu cantik dan mempesona. Suatu momen yang tidak bisa Anda saksikan di mana saja.

Banyak sekali wisatawan yang sengaja datang di pagi buta hanya untuk sekadar melihat sunrise, maupun untuk mengabadikannya dalam sebuah potret. Bahkan di tempat ini disebut sebut sebagai saingan berat dari Punthuk Setumbu di Jogja, yang merupakan lokasi favorit untuk menikmati sunrise sambil menyaksikan candi Borobudur.

Di Sukageuri View, tidak hanya pemandangan sunrise saja yang begitu apik. Namun momen matahari terbenam yang mengeluarkan semburat warna jingga di lazuardi langit, menjadi pemandangan yang juga diincar oleh banyak wisatawan. Bahkan banyak pula pengunjung yang berlama lama di sini meski matahari sudah terbenam sempurna.

Tidak sampai di situ saja keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata satu ini. Untuk menggaet wisatawan dan memperindah kawasan wisata itu sendiri, di lokasi sudah disediakan beberapa spot foto kekinian yang cantik. Spot foto tersebut sangat instagramable, dan mampu menghadirkan sebuah foto yang ciamik untuk diunggah pada linimasa.

Tidak heran jika saat berkunjung ke sini, saat menengok pengunjung lain pasti banyak yang mengalungkan kamera. Selain itu di samping spot fotonya yang melimpah, ada juga area camping begitu eksotis yang ditawarkan bagi pengunjung. Sehingga banyak para pecinta alam yang kesini sambil membawa tenda untuk bermalam.

Meski sudah dibenahi sedemikian rupa dan dijadikan sebagai objek wisata dengan berbagai fasilitasnya, tak lantas membuat Sukageuri View kehilangan kealamiannya. Seperti yang telah disinggung di awal, objek wisata satu ini masih mempunyai pemandangan alam nan hijau yang alami sehingga membuat banyak pengunjung jatuh cinta.

Alamat dan Rute Menuju Sukageuri View

Alamat Sukageuri View
Image Credit: Facebook.com @yenny.margareth

Sukageuri View terletak di kaki Gunung Ciremai, dimana secara administratif berada di Palutungan, Cisantana, Cigugur, Kuningan. Letaknya yang berlokasi di kabupaten berjarak kurang lebih 18 km dari pusat kota Sukabumi dan 8 km dari pusat Kuningan . Apabila ingin mencapai lokasi wisata, maka bisa menempuh perjalanan sekitar 20 hingga 40 menit pada lalu lintas normal.

Untuk sampai di tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Sebab akses menuju lokasi terbilang sudah cukup bagus, sehingga bisa dilalui oleh berbagai macam kendaraan. Namun karena lokasinya berada di desa, maka sebaiknya gunakan kendaraan pribadi. Pasalnya tidak ada angkutan umum yang melintas tepat di depan objek wisata tersebut.

Rute menuju tempat wisata ini tidak terlalu rumit, Anda cukup mengikuti jalur Kuningan yang menuju ke arah Desa Cisantana Cigugur. Selanjutnya di pertigaan Cigugur, belok ke arah Buper Palutungan dan temukan baliho cukup besar yang menampilkan Sukageuri View. Terus lanjutkan perjalanan sampai tiba di lokasi.

Harga Tiket Masuk Wisata Sukageuri View

Harga Tiket Sukageuri View
Image Credit: Google Maps (Purnomo Sidi)

Objek wisata yang dibuka pertama kali pada tahun 2017 tersebut, dulunya dipatok harga sekitar 5 ribu rupiah untuk tiket masuk per orang. Seiring dengan renovasi dan semakin dibenahinya fasilitas yang ada, harga tiket masuk Sukageuri View dibanderol senilai 15 ribu rupiah per orangnya. Harga ini belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

Dimana biaya parkir yang dikenakan di sini yaitu tarif normal pada umumnya, yaitu 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil. Biaya tersebut tidak mengalami perubahan sejak dibukanya tempat wisata hingga saat ini. Ke depannya, tentu tidak menutup kemungkinan bahwa harga tiket bisa mengalami perubahan harga kembali.

Karena pihak pengelola selalu berusaha menghadirkan fasilitas memadai untuk para pengunjung, dan membenahi yang sudah ada. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para wisatawan yang bertandang kemari merasa betah untuk berlama lama di Sukageuri View. Namun tentu saja pembenahan fasilitas ini tetap mempertahankan kealamian dari objek wisata itu sendiri.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Sukageuri View

Aktivitas di Sukageuri View
Image Credit: Google Maps (BUDI HANDOYO)

1. Menikmati Pemandangan

Namanya saja objek wisata alam, tentu saja salah satu aktivitas menarik yang harus Anda lakukan di sini yaitu menikmati pemandangan yang ada. Dijamin Anda tidak akan bosan mengagumi keindahan yang ditawarkan oleh Sukageuri View, terlebih jika berkunjung di sore hari atau pagi hari.

Momen sunrise serta sunset yang disuguhkan oleh destinasi ini benar benar tidak ada duanya. Anda tidak mungkin dapat melihat pemandangan seperti ini di tengah kota, jadi jangan lupa untuk mengabadikannya dengan kamera digital atau kamera smartphone. Bahkan momen ini didukung dengan latar belakang Kuningan yang kerlap kerlip indah.

2. Mengabadikan Foto Kekinian

Kamera digital yang Anda bawa ke objek wisata ini, tidak hanya berguna untuk mengabadikan momen sunrise atau sunset saja. Namun Anda juga dapat menggunakannya untuk berpose sepuasnya di beberapa spot foto yang telah disediakan. Spot fotonya sendiri sangat unik, mulai dari bentuk bintang, bulan, tangan, dan masih banyak lagi.

3. Mengunjungi Curug Landung

Anda juga bisa mendapatkan foto kekinian dan instagramable lainnya di Curug Landung, yang terletak tidak jauh dari lokasi Sukageuri View. Banyak wisatawan yang melakukan kunjungan langsung ke dua tempat ini dalam satu hari untuk menghemat waktu. Beberapa spot foto yang ditawarkan oleh curug satu ini yaitu ayunan hingga bentuk sarang burung.

Aktivitas Dilakukan di Sukageuri View
Image Credit: Google Maps (Konveksi Gamis Tegalgubug)

4. Camping

Wisata alam ini mempunyai area camping yang membuat para pecinta alam semakin bahagia ketika berkunjung kemari. Jadi bagi Anda yang ingin menikmati sunrise dan sunset di objek wisata ini, sebaiknya lanjutkan dengan berkemah di sana agar semakin merasakan sensasi indahnya alam setempat. Anda bisa menyewa tenda dari pengelola maupun membawanya sendiri.

5. Berenang

Ketika berkunjung, Anda juga bisa merasakan sensasi berenang di lereng bukit. Setidaknya terdapat 3 kolam renang dengan desain cerah penuh warna, yang saling berdampingan di objek wisata tersebut. Namun untuk bisa berenang di sini, maka pengunjung akan dikenakan tarif terpisah dari biaya tiket masuk.

6. Nongkrong Cantik

Di Sukageuri View, Anda juga bisa nongkrong cantik sambil menyesap minuman hangat untuk menghalau dingin. Ini merupakan kegiatan favorit yang dilakukan oleh hampir semua pengunjung ketika bertandang ke lokasi wisata tersebut. Biasanya para wisatawan akan mampir ke kedai kopi yang dikenal dengan nama Puncak Waja Kopi.

Puncak Waja Kopi ini menyuguhkan berbagai menu kopi yang merupakan hasil petani lokal, yaitu jenis kopi arabika dan robusta asli Kuningan yang diolah menjadi minuman andalan yakni kopi sejagat. Tentunya selain kopi, Anda juga bisa menemukan banyak makanan ringan seperti cireng, roti bakar, pisang bakar, aneka gorengan, serta kudapan lainnya.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi

Penginapan di Sekitar Lokasi
Image Credit: Tiket.com

Apabila ingin menikmati keindahan Sukageuri View lebih lama, terdapat cukup banyak alternatif penginapan yang bisa Anda pilih di sini. Mulai dari melakukan camping sehingga Anda bisa merasakan sensasi semakin menyatu dengan alam, hingga menginap di hotel dengan berbagai fasilitas lengkap yang tersedia.

Beberapa penginapan yang bisa dijadikan pilihan yaitu Ciremai Land dengan jarak 2 km dari lokasi wisata, Villa Kampung Gunung dengan jarak 2,6 km, Grand Cordela Hotel AS Putra Kuningan yang berjarak 5,8 km, dan masih banyak lagi. Tentu masing masing mempunyai keunggulannya tersendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan selera dan anggaran dana.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Sukageuri View Kuningan

Fasilitas di Sukageuri View Kuningan
Image Credit: Google Maps (Hassan Latief)

Fasilitas yang disediakan oleh objek wisata alam ini terus dibenahi oleh pihak pengelola untuk memanjakan para pengunjung. Beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan di antaranya yaitu tempat parkir memadai, gazebo untuk beristirahat, mushola, toilet bersih, berbagai tempat makan, dan masih banyak fasilitas penunjang lainnya.

Dari semua segi yang ditawarkan oleh Sukageuri View, tidak heran jika objek wisata ini menjadi salah satu yang wajib dikunjungi ketika bertandang ke Kuningan. Bahkan destinasi wisata alam satu ini cocok bagi semua kalangan, baik muda mudi maupun orang tua dengan anggota keluarga yang masih anak anak.