Situ Wulukut, Danau Cantik dengan Panorama Alam Memukau di Kuningan

Situ Wulukut, Danau Cantik dengan Panorama Alam Memukau di Kuningan
Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Kertayuga, Kec. Nusaherang, Kab. Kuningan, Jawa Barat

Jawa Barat menjadi wilayah yang mempunyai tempat rekreasi dengan dilengkapi suasana alam. Traveller bisa melipir ke Situ Wulukut di Kuningan yang menawarkan keindahan berupa air danau. Bahkan pendaki yang ingin naik gunung sering bersinggah di tempat ini untuk melihat kecantikan. Saat akhir pekan pengunjung banyak yang datang ke destinasi alam ini.

Beragam pemandangan dan permainan seru menjadi keunikan yang membuat wisata alam ramai. Hamparan rumput terlihat melengkapi keindahan dengan pohon rimbun yang menjulang tinggi. Hal ini membuat udara di sekitar terasa sejuk seperti di pedesaan. Apalagi kawasan liburan jauh dari polusi karena banyak tanaman yang menyerap udara kotor itu.

Selama datang ke Situ Wulukut Kuningan, para pelancong bisa menuju ke jembatan yang dekat dengan danau. Anda bisa melihat keindahan danau secara dekat sekaligus mengabadikan momen. Suasana liburan ini jarang ditemukan di kota besar. Maka dari itu, danau cantik ini selalu dijadikan pilihan menghabiskan waktu berlibur di sela-sela kesibukan.

Daya Tarik Wisata Situ Wulukut

Wisata Alam Situ Wulukut Yang Sejuk Dan Menawan Di Kuningan
Photo by Google Maps Ruslan Ncc

1. Air Danau

Situ Wulukut dikenal mempunyai danau yang tampak jernih karena masih natural. Air yang menenangkan cocok untuk bersantai sekaligus menghirup udara bersih. Apalagi di setiap sudut ada tanaman hijau yang berasal dari bukit maupun pohon. Hal itu membuat warna danau seperti kontras dengan tanaman tersebut apalagi ketika ada pencahayaan matahari.

Menikmati air danau yang ada disana memang terasa menyenangkan. Bahkan tamu bisa menyewa perahu di sekitar jika ingin berkeliling di danau. Biasanya banyak orang yang mencoba naik perahu dengan mengajak teman atau keluarga. Sehingga menikmati waktu berlibur tidak terasa membosankan karena danau yang jernih jarang ditemui di wisata lain.

2. Permainan Seru

Beragam permainan seru yang mampu membuat liburan semakin berkesan banyak disediakan oleh petugas. Bahkan permainan tersebut sudah dilengkapi beberapa alat pengaman agar wisatawan tidak takut. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan Situ Wulukut sebagai destinasi hits yang begitu lengkap dan wajib dikunjungi.

Baca Juga:  Keindahan Cadas Gantung, Pesona Wisata Alam yang Memukau di Kuningan

Jika tidak ingin sendirian Anda bisa mengajak kerabat untuk mencoba flying fox dan perahu di sekitar. Ketika mencoba permainan pengunjung dapat membawa kamera agar mendapatkan foto yang keren. Jadi jangan lewatkan momen dengan mencoba permainan seru di sekitar danau.

3. Jembatan di Situ Wulukut

Jembatan kayu yang ada di tepi danau menjadi spot incaran pelancong. Jika berdiri di atas jembatan ini Anda dapat melihat air serta panorama lebih jelas. Bahkan jembatan selalu dijadikan tempat untuk mengambil potret foto dengan background alam yang berada di belakang.

Meskipun terbuat dari kayu, jembatan ini tetap kokoh dan aman. Bahkan bentuk jembatan hampir mirip seperti bintang yang sangat unik. Maka dari itu cobalah mampir ke jembatan untuk mendapatkan tempat terbaik selama menghabiskan liburan disana.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Alamat Situ Wulukut
Photo by Google Maps Dani Mubarok

Situ Wulukut tepat berada di daerah Kertayuga, Kuningan, Jawa Barat. Rute yang mudah dijangkau sangat cocok untuk semua wisatawan yang ingin membawa kendaraan pribadi. Tetapi ada pilihan travel yang bisa dipakai untuk akses kendaraan menuju wisata. Aspal yang ada di sekitar jalan menuju lokasi sudah diperbaiki sehingga tidak ada batu yang terjal.

Jika mengambil arah dari Kabupaten Kuningan traveller tentu tidak membutuhkan waktu lama. Anda dapat mengarah ke kawasan Jalan Baru Awirangan yang dikelilingi pohon di setiap sudut kanan dan kiri. Lalu menuju jalur Jalan Eyang Weri dengan melewati lapangan serta rumah penduduk. Lurus terus sampai masuk Jalan Veteran yang sudah dekat destinasi.

Perjalanan menuju wisata alam ini cukup menyenangkan karena keindahan alam di sekitar mampu memanjakan mata. Meskipun Anda berasal dari luar kota dijamin tidak akan kesulitan menemukan lokasi karena banyak papan petunjuk. Bahkan sebagian orang sering memilih untuk melihat google maps supaya rute perjalanan bisa ditemukan secara cepat.

Harga Tiket Masuk Situ Wulukut

Tiket Masuk Di Wisata Alam Situ Wulukut Kuningan
Photo by Google Maps Teddy Rifana Destrian

Untuk menikmati panorama alam dan keseruan di Situ Wulukut, pengunjung harus mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 2.000 saja dan berlaku setiap hari. Harga ini tentu sangat cocok bagi keluarga karena tidak semua destinasi menawarkan tiket murah. Hal tersebut membuat banyak pengunjung ingin datang saat hari libur. Apalagi setiap tempat yang tersedia mampu memuat traveller dalam jumlah banyak karena sangat luas.

Biaya parkir yang ditawarkan cukup terjangkau hanya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 khusus kendaraan roda empat. Biaya tersebut sudah dilengkapi dengan penjagaan petugas selama Anda parkir kendaraan. Jadi selain murah lahan parkir juga terjamin aman karena kendaraan roda dua maupun empat sudah diberi penyekatan serta lahan cukup luas.

Baca Juga:  Kebun Raya Kuningan, Pesona Taman Wisata Favorit untuk Liburan Keluarga

Selain itu, jika wisatawan ingin menyewa perahu kayuh maka bisa mengeluarkan budget sebesar Rp 10.000 saja. Banyak pula tempat makan yang bisa disinggahi dengan harga murah. Jadi selama berkunjung ke Situ Wulukut pelancong dijamin akan hemat. Bahkan Anda bisa mengajak rombongan keluarga karena budget yang masih murah dengan tempat asri.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Situ Wulukut Kuningan
Photo by Google Maps Muhammad Hanif

1. Mencoba Flying Fox

Permainan flying fox tentu sudah tidak asing lagi di kalangan anak muda. Tali yang berada di atas ketinggian tertentu akan menjadi pegangan saat mencoba permainan ini. Biasanya pengunjung juga diberi pelindung kepala agar tetap aman. Selama bermain flying fox Anda bisa melihat keindahan Situ Wulukut dari atas yang tampak mengagumkan dan indah.

2. Naik Perahu

Perahu kayuh memang sengaja disewakan oleh pengelola untuk melengkapi kegiatan wisatawan saat berlibur. Jika ingin melihat air danau dari dekat Anda bisa menyewa perahu tersebut. Ada petugas yang akan menemani selama mengayuh perahu. Jadi pengunjung bisa mengajak keluarga menikmati liburan dengan naik perahu tanpa takut jatuh ke dalam air.

3. Menikmati Makanan

Sebagian orang yang membawa bekal ke wisata sering dinikmati di area gazebo. Selain itu Anda juga bisa piknik dengan duduk di tikar atau hamparan rumput hijau. Disana disediakan pula tempat makan bagi traveller yang tidak membawa bekal dari rumah. Sehingga liburan akan semakin lengkap dengan mencicipi kuliner khas sekaligus melihat ke arah panorama.

4. Melihat Danau

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Situ Wulukut Kuningan
Photo by Google Maps Cirebon Outdoor

Keindahan danau yang ada di Situ Wulukut membuat pelancong terkesima. Air tenang yang berada di danau dilengkapi dengan bukit yang terlihat seperti mengelilingi destinasi. Bahkan banyak tumbuhan hijau di sekitar area karena lokasinya masih alami. Jadi sejauh mata memandang pengunjung akan dimanjakan dengan air danau yang terlihat sangat jernih.

5. Mengabadikan Momen

Spot jembatan maupun gardu panjang menjadi tempat mengabadikan momen yang mampu membuat hasil jepretan semakin unik. Tidak hanya berfoto, wisatawan bisa pula merekam video dengan tema alam. Pastikan mengabadikan foto dengan cahaya yang sesuai baik siang maupun sore. Ajak pula kerabat untuk mengabadikan momen agar terasa lengkap.

Baca Juga:  16 Makanan Khas Kuningan yang Terkenal Lezat

6. Berkemah

Camping untuk menikmati suasana alam sangat cocok dilakukan di sekitar Danau. Biasanya pendaki sering berkemah dengan membawa tenda sambil istirahat sejenak. Banyak pula yang membawa makanan berupa nasi atau mie yang dimasak langsung ketika kemah. Suasana yang jauh dari keramaian akan memberikan pengalaman seru selama camping.

7. Bersantai

Melihat pemandangan sekaligus bersantai menjadi aktivitas yang tidak pernah terlewatkan. Apalagi ada gazebo dan jembatan yang bisa dipakai untuk melepas penat. Anda bisa mendengar suara air sambil menghirup udara sejuk selama berkunjung ke Wulukut. Maka dari itu pilih spot yang disukai saat berkunjung agar dapat bersantai sesuka hati disana.

Fasilitas Penunjang di Situ Wulukut

Fasilitas Di Wisata Alam Situ Wulukut Kuningan
Photo by Google Maps Alifially Via

Pada kawasan danau terlihat menyediakan fasilitas yang memadai agar mampu menjaga kenyamanan wisatawan. Selama berlibur Anda bisa menikmati spot foto gardu pandang yang memiliki keunikan untuk digunakan sebagai latar. Sekitar wisata dilengkapi gazebo khusus yang menghadap ke arah air sehingga cocok sebagai tempat duduk atau istirahat.

Para tamu yang berkunjung ke Situ Wulukut bisa menyewa beberapa permainan supaya tidak bosan. Disana ada flying fox serta perahu kayuh yang dijaga petugas. Biasanya pelancong banyak yang ingin menikmati alam sambil mencoba persewaan permainan tersebut. Ada pula area parkir kendaraan seperti wisata lain karena lahan yang dibangun di Walukut tampak sangat luas.

Warung makan pun tersedia lengkap di setiap sudut tempat rekreasi ini. Semua tempat makan sudah dilengkapi kursi serta meja yang bersih dengan pelayanan terbaik. Tak hanya itu, wisata juga memiliki fasilitas kamar mandi umum yang dapat dipakai siapapun. Sehingga berlibur ke sini akan semakin menyenangkan karena banyak fasilitas yang disediakan.

Nah, itulah ulasan Situ Wulukut yang sering menjadi wisata incaran pengunjung di Kuningan. Pesona alam yang menarik tentu membuat tempat rekreasi ini tidak boleh dilewatkan. Beragam kegiatan seru dapat dilakukan bersama kerabat dekat jika Anda datang ke tempat ini. Jadi siapkan budget dan ajak keluarga untuk menikmati keseruan di kawasan destinasi alam di Kuningan.