Situ Wanayasa salah satu danau yang indah dengan latar Gunung Bungarang di Purwakarta. Danau ini memiliki sebuah pulau kecil dimana terdapat makam R. A. Suriawinata, dan panorama alam yang indah dihiasi pepohonan pinus.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wanasari, Kec. Wanayasa, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Menghabiskan liburan dengan mengunjungi sebuah destinasi wisata alam adalah pilihan yang menyenangkan. Salah satu tempat populer di Purwakarta terkait dengan hal tersebut adalah Situ Wanayasa. Anda dapat bersantai sembari ditemani pemandangan yang indah. Udaranya juga terkenal sejuk sehingga membuat siapa saja merasa nyaman. Berikut ulasan lengkapnya.

Daya Tarik Wisata Situ Wanayasa

Daya Tarik Situ Wanayasa
Image Credit: Facebook.com @piknikyuk

Situ Wanayasa sangat cocok sebagai referensi liburan di Purwakarta yang berkualitas dan menyenangkan. Lokasi tersebut memiliki pemandangan yang asri karena di sekitaran danau banyak terdapat pepohonan rindang. Panoramanya semakin cantik karena danau tersebut berlatar belakang Gunung Bungarang yang megah.

Destinasi ini semakin unik karena di bagian tengah situ nya terdapat sebuah pulau yang menjadi makan RA. Suriawinata. Beliau adalah pendiri Purwakarta yang juga merupakan Bupati Karawang yang meninggal pada tahun 1827. Meskipun terdapat sebuah makam, nuansa di sana jauh dari kesan seram. Berbagai aktivitas menyenangkan bisa Anda lakukan di sana.

Selain keberadaan sebuah makam orang ternama dan pemandangannya yang indah, salah satu daya tarik danau ini adalah pilihan wahana airnya yang menarik untuk dicoba. Lokasi tersebut memang sudah dikembangkan dengan baik sehingga berbagai fasilitas lainnya telah dipersiapkan dengan semaksimal mungkin.

Spot wisata ini juga dikenal menjadi tempat memancing yang menyenangkan. Di dalam danaunya yang dalam terdapat beragam ikan yang bisa Anda bawa pulang jika beruntung. Belum lagi di sekitar lokasi ini terdapat banyak objek wisata lain yang bisa Anda coba, seperti sumber air panas Ciracas dan air terjun Curug Cipurut.

Berbagai destinasi menarik di sekitar lokasi danau membuat tempat ini sangat sering dikunjungi oleh orang yang hendak mendatangi salah satu objek wisata tersebut. Meskipun niatnya hanya untuk singgah sebentar, kebanyakan dari mereka malah justru betah berlama lama menghabiskan waktu di sana karena suasananya yang nyaman.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Situ Wanayasa

Alamat Situ Wanayasa
Image Credit: Facebook.com @dediuulyadi1971

Bagi Anda yang penasaran dan memutuskan untuk berkunjung, bisa mampir ke Wanasari, Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Purwakarta sehingga tidak akan memakan waktu lama untuk mengunjunginya jika Anda berada di sana. Jaraknya kurang lebih 23 kilometer dan hanya memerlukan waktu kurang lebih 45 menit saja.

Apabila Anda berasal dari Jakarta, maka ambillah jalur tol menuju Cikampek. Kemudian arahkan mobil tersebut ke arah Bandung melalui tol Purbaleunyi. Setelah itu keluar di pintu Tol Jatiluhur dan berbelok kiri ke arah Purwakarta. Kemudian ikuti jalannya hingga sampai di Pasar Rebo menjelang Terminal Wanayasa, disanalah letak Situ Wanayasa berada.

Namun jika Anda berasal dari Bandung maka tempuhlah jalur menuju Lembang. Setelah itu mengarahlah ke Subang melewati Gunung Tangkuban Perahu dan berbelok ke jalan Cagak menuju lokasi situ ini. Danaunya dapat Anda temukan setelah melewati terminal Wanayasa. Pada intinya gunakan saja Terminal Wanayasa sebagai patokan agar jauh lebih mudah.

Lokasi tersebut juga sangat terkenal sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Anda bisa menggunakan bantuan Google Maps karena lokasinya sudah bisa diakses melalui smartphone. Atau Anda juga bisa bertanya kepada penduduk sekitar karena mereka pastinya tahu dimana letak danau tersebut.

Harga Tiket Masuk Situ Wanayasa Purwakarta

Harga Tiket Situ Wanayasa
Image Credit: Google Maps (Asep S Manan)

Situ Wanayasa Purwakarta yang menyediakan berbagai spot menarik serta pemandangan yang indah menjadi pilihan liburan ekonomis. Bagaimana tidak? Anda tidak akan dipungut biaya untuk masuk ke kawasan tersebut, alias gratis. Anda hanya perlu membayar retribusi parkir apabila datang menggunakan kendaraan pribadi.

Harga parkir untuk sebuah sepeda motor adalah sekitar 2000 rupiah sedangkan untuk mobil 5000 rupiah. Hal semacam ini belum tentu diterapkan untuk semua tempat wisata, oleh karena itu tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengisi liburan atau akhir pekan di destinasi yang satu ini. Meskipun begitu, Anda harus ingat bahwa harga tiket masuk bisa diterapkan sewaktu waktu.

Anda dapat mengunjungi danau cantik ini setiap hari karena jam operasionalnya sampai 24 jam. Alhasil, Anda yang berasal dari luar kota bisa datang kapan saja tanpa harus takut tutup. Alasan ini pula yang membuat danau tersebut kerap dipilih untuk mengisi waktu luang. Walaupun tidak lama, nuansanya yang tenang dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk bersantai sejenak.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Situ Wanayasa

Aktivitas di Situ Wanayasa
Image Credit: Twitter.com @chanspiri

1. Menikmati Keindahan Danau

Keunggulan utama dari Situ Wanayasa merupakan pemandangannya yang cantik. Lokasi semacam ini sangat cocok Anda pilih sebagai tempat melepas penat setelah bekerja keras. Melihat hamparan air yang luas dipadukan dengan deretan pepohonan akan membuat hati menjadi tenang. Belum lagi udaranya yang sejuk membuat kondisinya semakin nyaman.

Anda bisa mengambil banyak foto di kawasan tersebut karena banyak sekali spot yang cukup fotogenik. Salah satu spot yang banyak dipilih untuk berfoto adalah sebuah jembatan bambu yang berada di atas air. Lokasi tersebut memang paling favorit untuk melihat pemandangan situ dengan jelas. Jepretan yang Anda ambil di sana dijamin instagramable.

Hasil foto akan jauh lebih baik saat hari menjelang senja karena matahari yang berwarna orange membiaskan cahayanya ke air danau yang luas. belum lagi pepohonan di sekitar danau akan terlihat seperti gelap seperti siluet yang membuat gambar semakin menarik. Alasan inilah yang membuat lokasi ini cukup fotogenik dan sayang jika tidak diabadikan dengan baik.

2. Mencoba Wahana Permainan Air

Danau sebagai salah satu destinasi wisata air pasti menonjolkan berbagai aktivitas airnya. Alasan inilah yang membuat pengelola menyediakan beberapa perahu bebek yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk berkeliling danau. Anda yang mencobanya juga tidak perlu khawatir tersengat matahari karena di bagian atasnya sudah dipasang penutup kepala.

Terkait dengan masalah keamanannya, semua itu sudah berdasarkan standar sehingga Anda tidak perlu was was. Semua perahu yang disediakan telah diperiksa dengan baik sebelum dioperasikan agar tidak bermasalah saat digunakan pengunjung. Hal ini menjadi salah satu bentuk tanggung jawab pengelola Situ Wanayasa terhadap keselamatan wisatawan.

Aktivitas Situ Wanayasa
Image Credit: Twitter.com @rei_hae1510

3. Memancing di Danau

Sebagian orang yang datang ke Situ Wanayasa berniat untuk memancing. Memang benar bahwa di danau tersebut menyimpan banyak sekali ikan. Para pemancing bisa duduk dengan nyaman disertai dengan pemandangan yang cantik. Alasan inilah yang kemudian membuat lokasi ini cukup populer. Bagi Anda yang memiliki hobi tersebut bisa datang ke sana dan mencobanya.

Saat memutuskan untuk datang, jangan lupa untuk membawa kail pancing dan umpannya. Apabila ada salah satunya yang tertinggal maka Anda tidak dapat melakukan kegiatan tersebut. Tentu hal ini sangat disayangkan, namun apabila hal ini terjadi, maka Anda bisa mencoba berbagai kegiatan lain yang telah disebutkan tadi karena tidak kalah menyenangkan.

4. Melakukan Camping Bersama Dengan Kerabat

Ternyata Situ Wanayasa merupakan tempat yang cocok untuk camping. Kegiatan ini sangatlah menyenangkan karena Anda dan keluarga bisa semakin akrab dan melakukan berbagai aktivitas bersama. Terkait dengan hal ini, Anda harus mempersiapkan berbagai peralatannya dengan baik sebelum memutuskan untuk berangkat agar tidak ada yang ketinggalan.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Situ Wanayasa Purwakarta

Fasilitas Situ Wanayasa
Image Credit: Google Maps (Abdul Wahab Channel)

1. Area Parkir yang Luas

Area parkir menjadi bagian yang penting dalam sebuah objek wisata. Apabila tempatnya luas, maka akan membuat pengunjung merasa nyaman. Terkait dengan hal tersebut Anda tidak perlu khawatir karena Situ Wanayasa juga menyediakan tempat parkir yang cukup luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan di dalamnya.

2. Toilet yang Bersih

Toilet menjadi fasilitas pendukung yang tidak kalah penting. Sudah menjadi kewajiban bagi pihak pengelola untuk melakukan pembersihan secara terjadwal karena toilet yang kotor akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Untungnya, masalah seperti ini tidak akan Anda alami karena pengelola memperhatikan kebersihan toilet dengan baik.

4. Restoran Dengan Makanan yang Lezat

Menikmati pemandangan akan lebih menyenangkan apabila didukung dengan makanan yang lezat. Anda bisa memesan berbagai hidangan yang disediakan oleh café dan restoran di kawasan Situ Wanayasa. Menunya sangat beragam sehingga Anda bisa memilih mana yang paling disukai. Mulai dari camilan, makanan berat, hingga minuman tersedia dengan lengkap.

Harga yang dipatok juga tergolong normal sehingga tidak terlalu mahal. Dengan begitu, Anda bisa membeli berbagai hidangannya dengan tenang. Para pelayannya juga ramah sehingga dapat membuat para pengunjung merasa betah. Sedangkan untuk lamanya makanan datang, itu tergantung dengan menu yang Anda beli serta banyaknya antrian, namun tidak terlalu lama.

5. Mushola yang Nyaman

Anda seorang Muslim yang ingin berlama lama di lokasi wisata, bisa lebih nyaman karena di sana terdapat sebuah mushola yang bisa Anda gunakan untuk shalat. Tempat wudhunya juga sudah tersedia di lokasi tersebut sehingga Anda dapat membersihkan diri dengan baik sebelum beribadah. Mushola ini juga sangat bersih sehingga shalat tidak akan terganggu.

Ulasan tentang Situ Wanayasa tadi dapat menjadi tambahan informasi bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata indah yang ekonomis di Purwakarta. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di pagi hari karena udaranya yang sejuk akan lebih terasa. Matahari juga belum terlalu terik sehingga Anda tidak akan kepanasan.