Situ Patenggang salah satu wisata alam berupa danau yang cantik di Ciwidey, Bandung Selatan. Danau menawan yang berbatasan dengan Hutan, suasana yang tenang dan wisata perahu yang cocok sebagai tempat berlibur keluarga.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patengan, Kec. Rancabali, Kota Bandung, Jawa Barat.

Berlibur dengan suasana alam yang indah menjadi keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh Situ Patenggang. Bagi Anda yang sering mengunjungi kawasan wisata alam Ciwidey telah akrab dengan danau satu ini. Situ dalam bahasa Sunda kerap kali diartikan sebagai danau. Pemandangan yang ada di destinasi satu ini pun tak perlu ditanya lagi, sebab keindahannya akan membuat Anda betah untuk berlama lama.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Patenggang

Daya Tarik Situ Patenggang
Image Credit: Google Maps (Abu Ibrohim Sahru Maskur)

Saat berada di wisata ini, udara yang sejuk akan menemani Anda selama seharian penuh. Bagaimana tidak, Situ ini berada tepat di bawah kaki Gunung Patuha. Mungkin hal ini yang menyebabkan danau tersebut diberi nama Situ Patengan. Pemandangan yang eksotik akan langsung Anda lihat ketika memasuki kawasan wisata ini.

Berada disini, Anda pun akan melihat perkebunan teh yang luas. Bila dikira kira luas dari kebun teh tersebut mencapai 48 hektar. Situ Patenggang yang berada di ketinggian 1600 mdpl ini tentunya akan memiliki suasana yang dingin sekaligus sejuk. Tak hanya itu saja, udaranya yang segar dan asri menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Danau satu ini memiliki luas yakni sekitar 45 ribu hektar. Selain itu, danau cantik ini juga berada di dalam cagar alam yang memiliki luas sekitar 123 ribu hektar. Karena lokasinya yang sangat luas tersebut membuat Anda bisa menjelajah seharian saat berada di lokasi yang telah dikembangkan menjadi taman wisata alam di tahun 1981 ini.

Bagi Anda yang ingin melipir sejenak dari rutinitas hiruk pikuk kota yang membosankan, Anda pun bisa berkunjung ke Situ ini. Pasalnya, suasananya yang menenangkan ditambah dengan pemandangan alam yang indah memukau menjadi salah satu keunggulan tersendiri yang bisa Anda dapatkan ketika berada di lokasi ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Patenggang
Image Credit: Google Maps (bonita munthe)

Keindahan alam yang memukau dan juga panorama alamnya yang eksotis menjadi salah satu kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika sedang berwisata ke tempat satu ini. selain itu, suasana danau yang dikelilingi oleh hamparan kebun teh yang berjajar ini akan menyajikan keindahan yang memanjakan mata.

Sepanjang mata memandang, Anda pun akan melihat hijaunya daun teh yang akan membuat Anda terpukau. Ketika Anda datang di pagi hari, suasana danau yang belum ramai, Anda pun bisa menghirup sejuknya udara pagi. Ditambah lagi dengan kabut tebal yang menyelimuti kawasan ini perlahan lahan menghilang karena munculnya mentari.

Tentunya menghabiskan waktu di lokasi ini tidak akan membuat Anda bosan dan malah menjadi salah satu energi untuk Anda yang sedang lelah. Saat suasana masih sepi, Anda pun bahkan bisa mendengar kicauan burung yang akan membuat pagi Anda menjadi lebih bersemangat dalam menyambut hari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Situ Patenggang

Lokasi Situ Patenggang
Image Credit: Google Maps (Edhi Sutanto)

Wisata satu ini berada di Kampung Patengan Baru, Desa Patengan. Tepatnya berada di Kecamatan Rancabali, Bandung. Untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu di tempat ini, Anda pun bisa menempuhnya dengan jarak sekitar 40 km dari kota Bandung. Untuk perjalanan dari Bandung menuju ke arah selatan, Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih yakni 1 jam.

Untuk rutenya sendiri, wisatawan bisa menempuhnya dengan jalur Kopi. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke arah Soreang dan barulah Anda sampai di kawasan Ciwidey. Sedangkan untuk lokasinya sendiri pun tidak jauh dari kawasan Ciwidey. Sehingga Anda bisa sekaligus berwisata ke beberapa tempat yang ada di sekitarnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Anda Lakukan di Situ Patenggang

Aktivitas di Situ Patenggang
Image Credit: Google Maps (Harry Budiman)

1. Mengunjungi Spot Kapal Pinisi

Salah satu spot favorit yang diincar para pengunjung adalah kapal pinisi. Spot satu ini cukup populer di kalangan wisatawan yang datang karena popularitasnya di media sosial. Kapal yang memiliki 4 lantai ini kerap kali ramai pengunjung yang sedang berfoto atau hanya menikmati keindahan alam Situ Patenggang dari ketinggian.

Ketika Anda berkunjung ke lokasi satu ini, pastinya Anda pun akan mendapati banyak sekali wisatawan yang bergaya. Tak mengherankan karena spot kapal pinisi ini menjadi salah satu wisata andalan yang instagramable. Saat berada di atas sini, Anda pun akan disuguhkan dengan keindahan dari Gunung Patuha sekaligus Situ Patenggang.

Bahkan ketika Anda berada di atas lantai 4, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan Pulau Asmara yang sangat indah. Selain itu, panorama kebun teh yang hijau dan mengelilingi lokasi satu ini pun akan tergambar dengan apiknya. Kawasan Rancabali yang berada di Bandung ini pun juga dapat terlihat dari ketinggian 1600 mdpl ini.

Ditambah lagi ketika Anda datang tepat disaat kabut sedang turun. Suasana yang sejuk nan eksotis akan bisa Anda dapatkan di lokasi satu ini. Untuk itu, ketika berada di danau ini Anda pun jangan sampai melewatkan wahana atau spot kapal pinisi yang luar biasa indahnya ini.

2. Memancing

Tak hanya disuguhkan dengan pemandangan alamnya yang mempesona saja, disini juga banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah memancing. Kawasan wisata satu ini mempunyai permukaan air yang cukup tenang. Dengan kedalaman yakni berkisar antara 3 hingga 4 meter akan membuat Anda bisa memancing dengan leluasa.

Selain itu, danau yang ada di Situ Patenggang in menjadi tempat habitat untuk berbagai macam jenis ikan. Pasalnya, ketika memancing di lokasi ini Anda pun akan menemukan banyak sekali ikan seperti gurami, ikan tawes hingga nila. Untuk itu, bagi pengunjung yang doyan untuk memancing, destinasi ini menjadi lokasi yang cocok untuk dikunjungi.

3. Menjelajah Kebun Teh

Hal lain yang bisa Anda lakukan selama berada di Situ Patenggang adalah menjelajah kebun teh. Destinasi wisata yang terkenal dengan suasananya yang sejuk dan asri ini memang dikelilingi dengan kebun teh yang luas. Sehingga tak mengherankan jika spot satu ini menjadi salah satu tempat favorit yang harus Anda kunjungi.

Kawasan danau ini memang sangat cocok untuk digunakan sebagai daerah untuk kebun teh lantaran berada di ketinggian. Untuk itu, wisatawan yang berkunjung ke daerah satu ini pun akan bisa menghabiskan waktu untuk menjelajah hamparan hijaunya kebun teh ini. Anda bisa berjalan jalan dan menikmati indahnya pemandangan bersama keluarga ataupun pasangan.

Area kebun teh sendiri mengelilingi danau dan memiliki luas yakni puluhan hektar. Dijamin Anda pun akan sangat puas untuk menjelajah lokasi satu ini. sepanjang mata memandang, Anda nantinya akan disuguhkan dengan pemandangan yang hijau. Ditambah lagi tempatnya yang instagramable, akan membuat siapa saja yang datang ingin mengabadikannya dalam flash kamera.

4. Sebagai Tempat untuk Pre Wedding

Karena memiliki lokasi dengan pemandangan yang luar biasa indahnya, tak jarang banyak orang yang ingin menjadikan Situ Patenggang sebagai salah satu lokasi untuk pre wedding. Spot favorit yang biasanya banyak digunakan oleh wisatawan untuk melangsungkan foto prewed adalah di kebun teh.

Tak mengherankan, lokasi kebun teh memang terkenal sangat indah dan mempesona. Hijaunya alam dan berpadu dengan bukit dan latar belakang danau pun akan terlihat sangat apik saat berada di kamera. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mencari tempat untuk pre wedding di daerah Bandung, kawasan situ ini dapat menjadi lokasi yang pas.

5. Mengunjungi Batu Cinta

Aktivitas Seru di Situ Patenggang
Image Credit: Google Maps (Andru Hendrawan)

Bagi Anda yang datang bersama pasangan dan menikmati momen romantis saat berkunjung ke lokasi ini, wajib hukumnya bagi Anda untuk datang ke Batu Cinta. Hal ini dikarenakan meskipun Situ Patenggang memiliki mitos dan legenda yang telah tersebar, namun tempat ini masih menyimpan sisi yang romantis bagi para pengunjung yang datang.

Pasalnya, ketika Anda berada di Pulau Asmara cobalah mampir ke batu yang kerap kali disebut sebagai Batu Cinta. Batu ini dipercaya sebagai salah satu tempat dimana dulunya Dewi Rengganis dan Ki Santang bertemu setelah sekian lama terpisah. Tentunya, tempat ini menjadi salah satu lokasi yang sangat romantis.

Bahkan kisah yang telah melegenda di masyarakat sekitar ini sering disebut sebagai simbol cinta sejati. Sehingga, bagi Anda yang datang bersama dengan pasangan ke wisata alam ini, maka Anda pun bisa mendatangi Batu Cinta. Hal ini dikarenakan masyarakat percaya bahwa pasangan yang datang akan langgeng dan hidup bersama hingga akhir hayatnya.

Selain itu, beberapa pengunjung juga percaya bahwa Situ Patenggang merupakan salah satu lokasi yang pas untuk mempercepat jodoh. Sehingga wisatawan cenderung meyakini bahwa danau bertuah ini memang akan mendatangkan jodoh. Untuk itu, bagi Anda yang masih belum memiliki pasangan, tak ada salahnya untuk datang ke Batu Cinta.

6. Berpiknik

Keberadaan Situ Patenggang yang eksotis kerap kali digunakan sebagian wisatawan sebagai tempat untuk berpiknik. Pasalnya area yang berada di pinggiran danau memiliki hamparan rumput hijau yang membentang. Tentu saja lokasi satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan piknik bersama keluarga atau sahabat.

Selain itu, bagi Anda yang membawa si kecil pun tak perlu khawatir anak menjadi bosan. Hal ini dikarenakan tempatnya yang memang sangat nyaman, akan membuat anak bisa bermain dan berlarian di rumput yang hijau tersebut. Disini, juga tersedia beberapa spot yang bisa Anda gunakan untuk bermain ataupun sekedar duduk santai.

Tentunya akan membuat Anda lebih bisa menikmati danau dengan suasana yang tenang. Ditambah lagi, panorama danau yang indah akan membuat Anda lebih bisa bermain dengan lebih leluasa. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah membawa tikar dan beberapa makanan dari rumah.

Sesampainya di tepi danau, Anda pun bisa menikmatinya bersama dengan keluarga. Suasana yang mendukung akan menjadi salah satu keunggulan tersendiri yang bisa Anda dapatkan ketika berada di lokasi ini. dengan membentangkan tikar yang Anda bawa dan menyantap hidangan di tepi danau akan menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Tak hanya itu saja, disini Anda pun juga bisa bercengkrama sembari bertukar cerita. Anda juga bisa untuk mengabadikan momen bersama dengan orang tersayang di tepi danau ini sembari piknik. Pastinya Anda tak akan melewatkan momen ini ketika sedang berada di Situ Patenggang.

7. Bersepeda Air

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan ketika berada di lokasi ini adalah bersepeda air. Bagi Anda yang menyukai aktivitas seru, maka berkeliling danau dengan menggunakan sepeda air dapat menjadi salah satu kegiatan yang Anda coba. Disini, Anda pun akan menemukan jasa penyewaan sepeda air.

Bagi Anda yang datang berdua saja dengan pasangan, kegiatan satu ini akan menjadi salah satu aktivitas romantis yang bisa Anda lakukan. Setelah lelah mengunjungi Batu Cinta, Anda pun bisa rehat sejenak sambil menikmati indahnya danau dengan menggunakan sepeda air ini. Pastinya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu.

Jika Anda tertarik untuk menyewanya, harga sewa yang dipatok pun tidak terlalu mahal. Biasanya fasilitas kendaraan ini, akan dipatok dengan durasi yakni per 20 menit. Sehingga, selama 20 menit, Anda bisa menjelajah dan berkeliling danau yang ada di Situ Patenggang dengan leluasa.

8. Berkeliling Menggunakan Perahu

Tak hanya menggunakan sepeda air saja, bagi Anda yang ingin menjelajah dana dengan lebih santai, perahu dapat menjadi kendaraan air lain yang direkomendasikan. Anda bisa mengelilingi danau menggunakan perahu bersama keluarga dengan lebih santai. Anda hanya perlu untuk memilih perahu yang ingin dinaiki dan nantinya orang yang mengendarai perahu akan mengajak Anda untuk berkeliling.

Biasanya orang tersebut akan mengantarkan wisatawan hanya dalam satu kali putaran saja. apabila Anda ingin berkeliling lebih jauh, Anda pun bisa untuk menyewanya lagi. Dengan menggunakan perahu ini, Anda bisa berhenti sejenak di Pulau Asmara yang berada di tengah danau.

Dalam bahasa Sundanya sendiri, pulau ini kerap kali disebut sebagai Pulau Sasuka. Legenda dan mitos mengatakan bahwa pulau ini menjadi tempat bertemunya Ki Santang dan juga Dewi Rengganis yang telah lama berpisah. Pulau ini tidak memiliki luas yang terlalu besar, namun dengan adanya pohon yang rindang dapat menjadi tempat untuk menenangkan diri.

Jika Anda berada di Situ Patenggang, wajib hukumnya untuk berjalan jalan ataupun mengelilingi danau dengan menggunakan perahu. Hal ini lantaran akan membuat pikiran menjadi tenang dan melepas lelah Anda. Salah satu yang bisa Anda coba adalah dengan naik perahu dan berhenti di Pulau Asmara sembari mengabadikannya dalam bidikan kamera.

Fasilitas yang Tersedia di Situ Patenggang Bandung

Fasilitas Situ Patenggang Bandung
Image Credit: Google Maps (Ridwan Spektra)

Destinasi satu ini memiliki lokasi yang sangat luas, sehingga fasilitas yang tersedia pun terbilang cukup lengkap. Untuk itu, pengembangan akan fasilitas tersebut terus dilakukan sebagai upaya untuk menunjang pengunjung yang datang. Jika dilihat dari kebersihannya, maka pihak pengelola telah memastikan kawasan ini untuk tetap bersih.

Tak hanya itu saja, area yang ada di sekitar kawasan wisata pun telah bebas dari adanya polusi udara dan juga sampah. Bahkan destinasi wisata ini juga terbebas dari adanya limbah kimia. Untuk itu, kebersihan pun akan sangat terjaga ketika Anda mengunjungi destinasi satu ini bersama keluarga.

Selain itu, disini Anda juga akan menemukan berbagai sarana transportasi lain yang mendukung kenyamanan Anda di dalam berwisata. Selain itu, sarana untuk ibadah, tempat penginapan, rumah makan atau restoran, tempat untuk menjual oleh oleh dan lahan parkir yang luas juga tersedia di lokasi satu ini.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berada di Situ Patenggang, Bandung Selatan. Destinasi satu ini memang memiliki keindahan tersendiri yang akan membuat Anda berdecak kagum. Pasalnya, danau dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk dapat menjadi alternatif tempat berlibur bagi Anda yang dilanda penat akan aktivitas harian maupun hiruk pikuk kota yang melelahkan.