Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Puncak-Gadog No.KM.15, Cisarua, Kec. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Kabupaten Sukabumi di Jawa Barat memang memiliki karakteristik bentang alam yang khas dan begitu menawan. Salah satu lokasi yang tak boleh begitu saja dilewatkan ketika berlibur ke Sukabumi yaitu Situ Gunung. Wisata alam ini menawarkan keindahan yang begitu memukau dengan ciri khas ala pegunungan.

Berada di ketinggian yang mencapai 859 meter di atas permukaan laut, membuat kawasan yang satu ini menjadi paling favorit untuk dikunjungi para wisatawan. Apalagi dengan pepohonan yang ada di sekitar, semakin menambah suasana semakin sejuk dan tenang. Belum lagi dengan wahan seru seperti flying fox, perahu sampan, jembatan gantung dan view alam menawan. Tak hanya itu saja, pengunjung juga masih bisa menikmati berbagai pesonanya seperti berikut.

Daya Tarik Wisata Situ Gunung

Daya Tarik Situ Gunung Sukabumi
Photo by Google Maps Olivia Nst

1. Pemandangan Pegunungan yang Menawan

Satu hal yang pasti ketika anda mengunjungi kawasan Situ Gunung adalah pemandangan alam yang begitu menawan. Di sini, para pengunjung akan disuguhi dengan keindahan gunung yang membentang luas sepanjang mata memandang. Apalagi, anda bisa melihatnya dengan jelas karena berada di ketinggian.

2. Suasana yang Tenang

Selain pesona alam yang begitu memukau, wisatawan yang datang juga akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Bagaimana tidak, kawasan gunung ini berada di 850 mdpl, sehingga jauh dari suasana ramainya hiruk pikuk aktivitas padat. Bisa dikatakan kawasan Situ Gunung sangat tenang dan damai.

Semakin lengkap, kawasan wisata alam ini juga ditumbuhi dengan deretan pepohonan yang cukup rimbun. Hal ini menambah suasananya sejuk dan segar khas pegunungan. Ketika tiba di lokasi, seketika udaranya akan berubah menjadi lebih fresh. Cocok digunakan salah satu tempat melepas penat atau refreshing dari kesibukan sehari hari.

Daya Tarik Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi
Photo by Google Maps Ade Purnama (Papabulet)

3. Jembatan Gantung yang Panjang

Selain disuguhi dengan pemandangan alam yang menawan, anda juga akan melihat betapa uniknya lokasi wisata Situ Gunung. Pasalnya, terdapat jembatan gantung dalam kawasan wisata ini untuk memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung. Perlu diketahui, jembatan ini memiliki panjang yang mencapai 250 meter dengan lebar 2 meter dan ketinggian mencapai 150 meter.

Mengingat ketinggian dari jembatan ini cukup signifikan, maka pecinta adrenalin bisa mencoba melintasi jembatan yang satu ini. Akan ada sensasi bergoyang ketika melintasi jembatan gantung ini. Bagi anda yang takut ketinggian, maka akan merasakan sensasi yang begitu mendebarkan. Sebab jika menengok ke bawah, tentu akan merasa gemetar.

Hal ini berbeda dengan para pengunjung yang menyukai tantangan, sebab jembatan ini menyuguhkan bentang alam yang memukau. Dari sinilah, anda bisa mendapatkan spot terbaik untuk melihat suasana alam yang masih asri dan menawan dari dekat. Para penguji adrenalin wisata akan sangat senang jika mencoba berdiri di tengah tengah jembatan.

4. Outbound

Bagi anda yang tidak ingin mencoba jembatan gantung tersebut, maka masih ada daya tarik yang bisa ditemukan di kawasan ini. Salah satu yang paling banyak dipilih para pengunjung adalah lokasi outbound yang seru. Ada banyak permainan yang bakal menarik perhatian anda sejenak, seperti flying fox, perahu, dan lain sebagainya.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Lokasi Situ Gunung
Photo by Google Maps encep mj

Jika ingin mengunjungi kawasan Situ Gunung ini, maka bisa langsung datang ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Lokasinya berada di Kecamatan Kadudampit, Sukabumi atau lebih tepatnya berada di 850 mdpl. Agar tiba di lokasi dengan tepat, maka bisa menempuhnya menggunakan beberapa referensi.

Salah satu yang bisa anda pilih untuk mengunjungi kawasan wisata ini yaitu naik commuter line dengan tujuan Bogor. Setelah itu, perjalanan harus berlanjut menggunakan moda transportasi Kereta Api menuju ke Sukabumi yang turun di Stasiun Cisaat. Lalu, anda bisa naik angkot menuju dan menuju ke lokasi wisata alam hits ini.

Pilihan lainnya, anda bisa naik bis dari Terminal Baranangsiang, dengan tujuan Bogor – Sukabumi dan turun di Cisaat. Setelah itu, anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum agar tiba di lokasi. Namun jika ingin sampai dengan cepat, maka gunakkan kendaraan pribadi dengan bantuan peta digital.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket Masuk Situ Gunung Sukabumi
Photo by Google Maps Amalia Elmadjid

Pengunjung yang ingin masuk ke wisata Situ Gunung, maka harus membayarkan tiket sebesar 18 ribuan saja. Biaya tersebut belum termasuk dengan tarif mencoba wahana seru di dalamnya. Semisal anda ingin mengunjungi jembatan gantung, maka harus merogoh kocek sebesar 50 ribuan bagi tiket dewasa dan juga 25 ribuan bagi tiket anak anak.

Jika ingin mencoba wahana berupa flying fox, maka tarif yang dikenakan berkisar 75 ribu rupiah. Sedangkan perahu sampan harus membayar 20 ribuan per kepalanya. Selain itu, wahana camping ground bisa disewa dengan membayar biaya sekitar 32 ribu rupiah per orang. Dengan biaya tersebut, anda sudah mendapat fasilitas asuransi dan jasa wisata.

Sederet harga yang sudah tertera tersebut memang menjadi perkiraan harga yang dikenakan. Namun, harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu waktu tergantung dari pihak pengelola wisata tersebut. Akan tetapi, saat musim liburan harga kawasan wisata biasanya mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan.

Kawasan wisata Situ Gunung dibuka untuk umum setiap hari senin – jumat pada pukul 07.00 pagi hingga pukul 17.00. Pada saat weekend, maka kawasan wisata ini dibuka mulai jam 06.00 sampai dengan 21.00. Namun, jika pengunjung yang datang cukup banyak dan ramai, maka wisata akan dibuka lebih lama.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas yang Menarik di Situ Gunung
Photo by Google Maps Tamlikho Tam

1. Mengunjungi Jembatan Situ Gunung

Seperti yang sudah diketahui, lokasi wisata ini sempat viral karena keunikan dari pesona yang disuguhkan. Apalagi, di area sekitarnya bisa dikatakan sangat mendukung sebagai destinasi liburan yang seru untuk keluarga. Bagi anda yang aktif di sosial media, maka tempat ini menjadi pilihan tepat untuk membagikan foto.

Yang paling banyak mencuri perhatian bagi para wisatawan yang berkunjung adalah jembatan gantung di Situ Gunung. Jembatan yang diprakarsai oleh Kementerian Lingkungan Hidup dengan perusahaan swasta ini bisa selesai dalam waktu singkat yaitu empat bulan saja. Dengan waktu tersebut, jembatan yang dihasilkan megah dan membentang panjang.

Dikenal sangat kokoh karena terbuat dari kayu Ulin yang terkenal dengan kekuatannya yang cukup bagus. Meskipun begitu, kapasitas maksimal untuk melintasi jembatan yang satu ini tetap terbatas, yaitu 44 orang pada saat bersama. Keistimewaan lainnya dari wahana yang satu ini yaitu ketinggiannya yang mencapai 161 meter dengan panjang 242 meter.

Ketika melintasi jembatan ini, pengunjung bisa melihat jurang yang berada tepat di bawahnya sampai dengan jarak pandang ke area Curug Sawer. Untuk menyeberangi jembatan yang satu ini, maka wisatawan yang dayang harus menggunakan gelang khusus yang menjadi penanda izin melintasinya.

Perlu diperhatikan, gelang khusus ini tidak boleh sampai hilang atau dilepas. Pasalnya, gelang ini semacam surat izin atau penanda untuk menyeberangi jembatan. Pada saat pulang atau berbalik arah lagi, gelang ini akan diperiksa. Jika gelang hilang atau tidak dikenakan, maka anda harus memutar jalur yang lebih jauh.

2. Menikmati Keindahan Danau

Tak hanya keindahan dari curugnya saja yang bisa dinikmati bagi para pecinta alam, tetapi pengunjung juga bisa melihat pesona dari Danau Situ Gunung. Meskipun danau buatan, danau yang satu ini tak kalah menarik dengan danau danau alami yang ada. Uniknya, air danau ini jernih dan terdapat beberapa pulau pulau kecil yang ditumbuhi rerumputan hijau.

Selain disuguhi dengan indahnya panorama sekitar yang menawan, pengunjung juga akan merasakan sensasi berada di tengah hutan. Tak jarang, anda akan mendengar suara kicauan burung yang bergantian untuk berkicau demi menambah keasrian danau tersebut. Bagi yang ingin menikmati pemandangan danau sambil merefresh pikiran, maka lokasi ini menjadi pilihan tepat.

3. Menyaksikan Keindahan Air Terjun Curug Sawer

Melintasi jembatan gantung ini tak hanya dapat memacu adrenalin saja, sebab anda bisa menyaksikan keindahan dari atas tersebut. Setelah melintasi jembatan, anda hanya membutuhkan waktu 10-15 menit jalan kaki dari ujung jembatan agar dapat dengan mudah mencapai Curug Sawer.

Aktivitas Menarik di Situ Gunung
Photo by Google Maps Andini Maheswari

Menariknya, treknya ke lokasi tersebut tidak sulit karena sudah ada jalan setapak. Selain itu, turun naiknya sudah dibentuk dengan tangga yang berjajar dengan mudah. Setibanya melewati trek tersebut, anda akan disuguhi dengan air terjun dengan ketinggian 35 meter. Tak jarang, para wisatawan berdiam diri sejenak untuk menikmati keindahan di kawasan curug ini.

4. Mengabadikan Momen Berharga

Mengingat kawasan wisata ini memiliki berbagai macam titik fotografis yang menawan, tak ayal jika cocok dijadikan pilihan sebagai spot mengisi jepretan kamera. Tak hanya foto saja, pengunjung juga sering mengabadikan momen dengan format video. Sebab, keindahan alam yang masih asri dan segar di Situ Gunung memberikan pengalaman tersendiri bagi para pengunjung yang datang.

Sebagai tips, pastikan jika anda mempersiapkan segala kebutuhan untuk mendapatkan tangkapan gambar. Salah satu yang harus anda lakukan yaitu membawa kamera terbaik agar bisa merekam tempat tempat menarik yang tersedia di kawasan ini. Namun, karena lokasi berada di pegunungan, maka tak semua sinyal bisa menjangkau wisata.

Jika anda ingin membagikan keindahan alam yang berada di kawasan ini, maka bersabarlah sampai mendapatkan sinyal. Untuk itu, anda dapat memilah milah serta mengedit terlebih dahulu foto maupun video yang ingin ditampilkan. Tentu hal ini akan memberikan kesan tersendiri bagi siapa saja yang melihat konten yang anda unggah.

5. Menginap di Camping Ground

Jika anda ingin lebih dekat dengan alam, maka lokasi ini adalah pilihan tepat untuk memenuhi keinginan anda. Pasalnya, kawasan wisata ini sudah siap sedia dalam menunjang para pengunjung dengan menyediakan camping ground. Wisatawan bisa dengan bebas menyewa tenda biasa, atau glamping dengan bangunan semi permanen.

Bagi anda yang ingin berkemah dengan menggunakan tenda, ada baiknya memilih sewa tenda di sekitar pintu masuk wisata. Dengan begitu anda tidak perlu jauh jauh untuk membawa peralatan tersebut ke area camping ground. Bagi yang menyukai kenyamanan, maka juga bisa menyewa villa yang disediakan pihak pengelola.

6. Mencoba Wahana Seru

Tak hanya jembatan gantung saja yang bisa memacu adrenalin para pengunjung wisata, sebab masih ada wahana lain yang dapat anda coba saat berada di Situ Gunung. Salah satu yang paling ikonik di kawasan yang satu ini yaitu wahana flying fox. Pengunjung bisa dengan bebas melepas penat dengan memanfaatkan wahana yang satu ini.

Jika tak ingin wahana menantang, ada alternatif lain yang bisa dipilih yaitu menaiki perahu sampan. Dengan perahu ini, anda bisa menyusuri danau dan melihat keindahannya dari dekat. Pilihan wahana yang beragam tersebut tentu bisa menambah keseruan perjalanan liburan anda ketika berada di Jawa Barat.

7. Berwisata Kuliner

Setelah berkeliling ke seluruh wahana yang tersedia, maka saatnya untuk mengisi perut. Anda tak usah khawatir tidak menemukan tempat makan di kawasan wisata yang satu ini. Pasalnya, pihak pengelola sudah benar benar memperhatikan Situ Gunung Sukabumi dengan sederet fasilitas yang begitu lengkap.

Pecinta kuliner pasti tak akan kecewa jika mengunjungi kawasan wisata yang satu ini. Pasalnya, pengunjung akan mendapatkan welcoming snack dan minuman secara gratis di pintu masuk. Tak perlu khawatir lagi dengan biaya yang dipatok, sebab fasilitas ini sudah termasuk tiket masuk ke wisata.

Di tempat wisata ini, anda bisa membeli berbagai macam makanan seperti nasi liwet, nasi timbel, nasi ayam, dan hidangan khas nusantara lainnya. Tak hanya itu saja, anda juga bisa menikmati kuliner khas prasmanan Sunda dan beserta aneka cemilan yang lezat. Anda juga bisa menikmati wahana yang tersedia di pinggir kafe secara cuma cuma untuk dengan menunjukkan struk pembelian.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Kawasan Wisata

Fasilitas di Situ Gunung
Photo by Google Maps Andini Maheswari

Bagi pengunjung yang datang ke kawasan yang satu ini, maka tak perlu khawatir dengan ketersediaan fasilitas yang ada di Situ Gunung. Hal ini karena pihak pengelola sudah cukup serius menjadikan wisata ini sebagai wisata yang memiliki potensi cukup besar. Beberapa fasilitas yang disediakan yaitu parkir yang memadai, toilet bersih, dan kamar mandi.

Selain menyediakan fasilitas umum tersebut, pengunjung juga dapat menikmati wahana permainan di dalamnya. Anda bisa dengan mudah menikmati wahana flying fox, perahu sampan, dan camping ground. Tersedia juga panggung terbuka yang dilengkapi dengan tempat duduk penonton dari kayu dengan view pemandangan menawan.

Tips Berkunjung Ke Situ Gunung Sukabumi

Tips Berkunjung di Situ Gunung Sukabumi
Photo by Google Maps Yuli Yully

Sebelum mengunjungi kawasan wisata ini ada beberapa tips dan trik yang harus anda lakukan. Hal ini dimulai dari jadwal keberangkatan menuju lokasi Situ Gunung. Jika membawa kendaraan pribadi, ada baiknya jika berangkat sejak dini hari supaya menghindari kemacetan yang cukup panjang.

Selain itu, ada lagi persiapan yang harus anda lakukan yaitu dengan menyiapkan baju hangat dan jaket. Pasalnya, udara pegunungan di daerah wisata tersebut terbilang cukup dingin. Sesampainya di lokasi, anda harus benar benar mematuhi peraturan yang ada. Salah satunya yaitu dengan menjaga gelang tanda masuk.

Pasalnya, gelang tersebut akan digunakan sebagai pemeriksaan saat masuk dan keluar lokasi dan mendapat free welcome drink and snack. Tak hanya itu saja, jaga kebersihan selama mengunjungi lokasi Situ Gunung Sukabumi agar keasrian alam tetap terjaga. Dengan begitu, suasana di wisata tersebut menjadi lebih alami.

Tips lainnya yang bisa anda terapkan yaitu dengan menginap di lokasi wisata untuk menikmati suasana alam yang begitu sejuk. Anda bisa memilih camping ground, baik sewa tenda maupun glamping agar lebih menyatu dengan alam. Jangan lupa juga untuk membawa kamera untuk merekam momen momen terbaik ketika berada di kawasan wisata ini.

Membawa kamera menjadi salah satu tips yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Dikarenakan, danau ini memiliki keindahan alami yang begitu menawan. Ditambah lagi dengan view danau buatan menjadikan lokasi ini sempurna untuk dijadikan salah satu objek wisata yang menarik dikunjungi.

Sederet pengalaman yang seru bisa anda dapatkan dengan adanya area camping ground dan glamping untuk lebih dekat dengan alam. Lokasi yang mudah ditemukan, spot foto menawan, serta harga tiket masuk yang terjangkau, membuat banyak orang memutuskan berlibur di kawasan Situ Gunung Sukabumi bersama orang tersayang