Situ Cileunca salah satu danau buatan yang luas di Bandung dengan panorama alam nan indah dan romantis. Deretan perbukitan hijau, kebun teh hingga strawberry menjadi daya tariknya. Mulai keliling naik perahu, outbond dan camping menambah keseruan waktu liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Situ Cileunca, Desa Wanasari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung, Jawa Barat.

Bandung menyimpan sejuta pesona wisata yang asyik untuk tempat berlibur. Salah satunya Situ Cileunca yang terletak di daerah Pangalengan. Wisata alam ini cukup populer di kalangan wisatawan, karena suguhan panoramanya sangat menakjubkan. Selain udara sejuk khas dataran tinggi, danau buatan ini juga punya berbagai wahana menyenangkan. Penasaran? Simak ulasan berikut.

Sejarah Singkat Wisata Situ Cileunca

Sejarah Situ Cileunca
Image Credit: Facebook.com @eddy.hermansyah

Objek wisata Bandung kali ini menyajikan pemandangan alam yang sangat cantik. Kondisi alamnya masih dalam keadaan baik, banyak pohon rindang tumbuh subur dan udara sekitarnya terasa segar. Suasana situ cukup membuat hati menjadi tenang, sangat cocok untuk melepas penat dan refreshing pikiran. Penyuka liburan damai pasti senang berlibur kesini.

Sebelum menjadi tempat wisata, Situ Cileunca merupakan kawasan hutan yang banyak ditumbuhi pohon besar dan semak belukar. Tidak ada satupun orang yang berani masuk ke dalam hutan, termasuk penduduk setempat. Ketika malam hari, kawasan hutan tersebut sangat gelap dan menyeramkan. Konon hutan sering dijadikan tempat untuk pemujaan makhluk halus.

Kemudian ketika Nusantara dibawah kekuasaan Belanda, Pagelangan menjadi salah satu daerah jajahan. Kala itu pemerintahan kolonial membuka area hutan belantara untuk perkebunan kopi dan teh. Hal ini dilakukan karena Pagelangan berada di ketinggian dan udaranya dingin. Sehingga kopi dan teh tumbuh subur, bahkan sisa perkebunannya masih ada sampai sekarang.

Kemudian pada tahun 1918, ada seorang meneer keturunan Belanda yang menginisasi pembangunan Situ. Tujuan membangun danau ini ialah untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat setempat. Setelah Situ selesai dibangun, masyarakat memanfaatkan air bersihnya untuk kebutuhan mandi, air minum, dan memasak.

Proses pembangunan Situ Cileunca memakan waktu hampir 7 tahun, selesai dibangun pada tahun 1926. Dalam pembangunannya, area ini membendung aliran sungai Kali Cileunca dan terbentuklah situ, kini bernama Dam Pulo. Menurut cerita warga, Situ tidak dibangun menggunakan cangkul, tapi menggunakan halu dan dipimpin oleh dua orang pintar yakni Arya dan Mahesti.

Debit air di danau buatan ini tergolong besar yaitu sekitar 9,89 juta m3. Di zaman kolonial Belanda, kawasan ini dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk kota Bandung hingga sekarang. Dan kini Situ digunakan untuk cadangan air bersih Kota Kembang ini dan tempat pariwisata.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Cileunca

Daya Tarik Situ Cileunca
Image Credit: Facebook.com @backpacker-nusantara

Bagi traveler yang menyukai wisata nuansa alam nan damai, maka Situ Cileunca cocok masuk ke list tempat wisata favorit. Suguhan pemandangan alam hijau berupa kawasan hutan dan perbukitan begit memanjakan mata. Anda juga dimanjakan dengan pemandangan air danau berwarna biru dan jernih. Saking jernihnya sampai dapat melihat ikan kecil di dasar danau.

Luas lahan Situ Cileunca tercatat sekitar 1.400 hektar, serta berada di ketinggian 1.550 mdpl. Tak heran bila hawa sekitar wisata ini sangat dingin, jadi pengunjung disarankan memakai baju tebal. Kedalaman danau hampir mencapai 17 meter, sehingga tidak ada aktivitas air di sekitar Situ, kecuali tur keliling danau dengan perahu dan memancing.

Posisi danau cukuo strategis sebab dikelilingi area pegunungan Pangelengan. Sehingga sejauh mata memandang hanya terlihat pemandangan hijau nan menajubkan. Tak ayal jika keindahan tempat ini menjadi buruan foto para fotografer handal. Lanskap alamnya mampu menghasilkan potret alam yang membuat siapapun berdecak kagum.

Suasana desa sekitar Situ yang damai bisa Anda rasakan selama berlibur disini. Di pagi hari Anda akan menjumpai pemandangan para petani sayur yang naik ke ladang. Perbukitan teh bak permadani hijau turut mengelilingi objek wisata ini. Tidak jauh dari lokasi wisata terdapat pabrik teh yang beroperasi dari masa kolonial sampai saat ini.

Daya Tarik dari Situ Cileunca
Image Credit: Google Maps (Mrcomp Cileunyi)

Jika berkunjung saat pagi hari sebelum matahari terbit, Anda akan merasa hawa dingin yang menusuk tulang. Namun bonusnya pengunjung dapat menikmati kabut, serta bias matahari yang mengintip di balik pepohonan. Sementara apabila tiba menjelang sore, Anda bisa bermain berbagai wahana di area outbond. Bahkan pemandangannya justru lebih terlihat jelas dan cerah.

Situ Cileunca juga mengaliri Sungai Pelayangan yang dimanfaatkan untuk wahana rafting atau arung jeram. Karena aliran airnya sangat deras dan menantang, memacu adrenalin Anda untuk menaklukkannya. Ketika musim hujan alirannya jauh lebih deras dan keruh, jadi harap berhati-hati dan gunakan pelampung untuk keamanan.

Selain itu, kawasan wisata dikelilingi perkebunan strawberry dan arbei. Kedua tanaman tersebut tumbuh subur dan berbuah segar. Bahkan pengelola wisata menyediakan wisata petik, dimana pengunjung bebas memetik buah langsung dari pohonnya. Untuk menuju ke area perkebunan ini Anda perlu menyebrang terlebih dahulu menggunakan perahu.

Tidak jauh dari Situ, Anda akan menemukan jembatan yang membentang hingga tengah danau. Tujuan pembangunan untuk menghubungkan Desa Pulosari dan Wanasari, agar memiliki akses jalan. Masyarakat setempat menyebutnya dengan Jembatan Cinta, karena mitosnya banyak penduduk yang saling jatuh hati setelah melewati bangunan ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Situ Cileunca

Alamat Situ Cileunca
Image Credit: Google Maps (Wilmar Desrizal)

Danau cantik ini terletak di Bandung Selatan, tepatnya di Jl. Situ Cileunca, Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Untuk menuju lokasi wisata ini akses jalannya sudah diperbaiki dan mudah. Jika berangkat dari Bandung membutuhkan waktu tempuh sekitar 2,5 jam, bisa dengan berkendara pribadi atau naik bus.

Bila naik bus berarti ambil jurusan Pangelengan melewati rute Dayeuhkolot, lalu menuju ke Bale Endah. Selanjutnya ke Pameungpeuk, Banjaran, Cimaung, Pangalengan, dan berakhir di Situ Cileunca. Kalau ingin menghindari kemacetan Anda bisa berangkat dari Tol Purbaleunyi, melalui Baros Cimahi, Nanjung, Patrol, hingga menjumpai daerah Soreang dan lanjut sampai ke kawasan wisata.

Untuk menikmati sensasi liburan tenang dan damai di danau ini, Anda dikenakan tarif tiket masuk. Pada hari biasa harga tiketnya Rp5 ribu per orang, sedangkan di akhir pekan biaya tiket sebesar Rp10 ribu. Apabila mengendarai sepeda motor dikenai retribusi parkir sekitar 3 ribu, dan mobil kurang lebih 5 ribu. Biaya penyewaan wahana di dalam Situ diluar dari harga tiket masuk.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Situ Cileunca

Kegiatan di Situ Cileunca
Image Credit: Facebook.com @bagoylada

1. Keliling Danau Naik Perahu

Danau seluas 1.400 hektar bisa Anda nikmati dengan berkeliling naik perahu. Satu perahu berkapasitas 10 orang, dengan harga sewa sekitar 75 ribu. Karena sistemnya sekali berangkat jadi antar penumpang akan saling menunggu. Jadi paling nyaman kalau berkunjung ke Situ Cileunca bersama rombongan, sehingga bisa langsung naik perahu berbarengan.

Di atas perahu, wisatawan akan diajak berkeliling kawasan danau. Menyaksikan birunya air Situ dan ikan-ikan kecil yang berkeliaran bebas di dasar danau. Sembari merasakan sejuknya semilir angin dan view yang menenangkan. Pengelola wisata menyediakan perahu beragam bentuk, dan pendayung setiap perahu berasal dari penduduk setempat.

2. Arung Jeram di Sungai Palayangan

Bagi wisatawan yang gemar olahraga ekstrim, rafting bisa jadi pilihan ketika berlibur disini. Wahana pemacu adrenalin ini membuat Anda tertantang untuk menyusuri derasnya sungai. Titik tantangan dan keseruannya bisa disesuaikan tergantung pilihan Anda. Bila masih pemula tetap bisa merasakan asyiknya rafting tanpa perlu banyak mendayung.

Aktvitas arung jeram ini dapat Anda nikmati dengan mengambil paket rafting. Harganya mulai dari 150 ribu sampai 575 ribu, tergantung dari jumlah rombongan dan muatan perahu karet. Biaya tersebut sudah sekaligus dengan alat keamanannya dan panduan singkat. Perjalanan rafting dimulai dari jeram kecil hingga ekstrim menuju ke garis finish.

Sebelum kegiatan dimulai, baik pemula maupun pro akan diberi arahan sebentar oleh tim operator rafting. Skipper atau pemandu sungai akan memberikan panduan dan pelatihan singkat. Anda akan diajarkan bagaimana cara mendayung yang benar, bagaimana menghadapi arus deras, serta tindakan pertama ketika perahu terbalik.

3. Outbond

Jika Anda datang bersama rombongan, entah teman atau keluarga jangan lewatkan wahana satu ini. Ada sejumlah permainan yang bisa Anda coba seperti flying fox, panahan, painball, dan tur Pangalengan. Masing-masing wahana dipatok biaya sewa jadi tinggal disesuaikan saja. Didukung pemandangan alam indah, udara sejuk, dan ketenangan Situ menjadikan outbon semakin seru.

4. Berkemah

Pengelola wisata Situ Cileunca menyediakan area camping ground, khusus wisatawan yang ingin lebih puas liburan disini. Lokasinya tidak jauh dari danau, bahkan ada yang posisinya di tepian. Disarankan camping pada musim kemarau saat terang bulan, cahaya bulan akan terpantul di permukaan danau.

Kegiatan Situ Cileunca
Image Credit: Twitter.com @travelbloggerid

Tidak perlu repot membawa peralatan kemah dari rumah, karena sudah disediakan oleh pengelola. Mulai dari tenda, pasak, alas tidur, selimut, hingga peralatan masak tersedia lengkap. Pengunjung tinggal datang dan menikmati suguhan alam yang menawan.

5. Memancing di Danau

Bila mengambil paket camping Anda bisa menggunakan fasilitas memancing. Peralatannya sudah disediakan oleh pengelola wisata. Hasil tangkapan ikan bisa langsung dibakar dan disantap langsung di tempat. Kegiatan liburan ini membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

6. Petik Strawberry dan Murbei

Situ Cileunca dikelilingi oleh perkebunan strawberry dan arbei yang lumayan luas. Ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan petik buah, yang banyak digemari pengunjung anak-anak. Sekaligus ada edukasi tentang budidaya buah arbei dan strawberry. Dengan begitu si kecil bisa menambah wawasan baru sambil bermain.

7. Swafoto di Jembatan Cinta

Posisinya yang strategis menjadikan jembatan sebagai spot foto favorit wisatawan. Keberadaannya memotong Situ menjadi dua bagian, ketika memotret hasil foto berlatar perbukitan yang indah. Kala pagi hari panoramanya cantik, Jemabatan Cinta biasanya tertupi oleh kabut dan menambah kesan romantis.

Fasilitas yang Tersedia di Situ Cileunca Bandung

Fasilitas Situ Cileunca
Image Credit: Google Maps (VVIBU Jalan-jalan)

Seiring banyaknya pengunjung setiap waktu, Situ Cileunca mulai membenahi beberapa fasilitasnya. Akses jalan sudah dibuat lebar dan diperbaiki, jadi memungkinkan kendaraan besar masuk. Area parkir cukup luas untuk menampung sejumlah kendaraan pengunjung. Kebutuhan toilet, warung makanan dan minuman, perahu untuk keliling danau serta toko oleh-oleh juga turut disediakan.

Untuk penginapan tersedia Citere Camping Ground yang letaknya di pinggir danau. Konsepnya seperti kemah di alam bebas, bedanya disini semua fasilitas camping sudah terpenuhi. Jadi Anda tinggal menempatinya dan menikmati waktu liburan di tepian danau.

Bandung seolah tidak bosan menyajikan tempat wisata yang menawan. Seperti halnya Situ Cileunca, sebuah danau seluas 1.400 hektar dengan view alam memukau. Air danau berwarna biru dan jernih, didukung hawa tempat wisata yang sangat sejuk. Belum lagi wahana yang disediakan untuk menunjang liburan lebih seru.