Situ Cibeureum, Danau Cantik dengan Panorama Alam yang Memukau di Garut

Situ Cibeureum, Danau Cantik dengan Panorama Alam yang Memukau di Garut
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa. Sarimukti, Kec. Pasirwangi, Kab. Garut, Jawa Barat.

Situ Cibeureum merupakan danau yang muncul secara natural di kawasan Kabupaten Garut. Destinasi cantik ini belum banyak dikenal oleh para pelancong, terutama karena adanya kompetitor serupa yang sudah lebih dahulu ditemukan di bilangan Bekasi. Padahal, keindahannya juga tak kalah memukau, bahkan membuatnya layak diprioritaskan.

Aspek lain yang menjadi keunggulan danau di Kamojang ini yaitu kelestarian alamnya. Di mana pun Anda menjatuhkan pandangan, lanskap asri akan langsung tampak di ujung mata. Dilihat dari berbagai sudut, wilayah konservasi ini masih sangat lestari dan terjaga dari ulang tangan nakal manusia.

Situ Cibeureum menariknya lagi terletak cukup jauh di dalam hutan. Dengan begitu, Anda akan merasakan petualangan seru ketika berkunjung ke sini, meski tentu saja, rute yang harus dilewati tak pernah mudah. Walau begitu, pelancong masih tetap berdatangan sehingga suasana di perjalanan tidak terasa terlalu sepi.

Daya Tarik Wisata Situ Cibeureum

Wisata Alam Situ Cibeureum Yang Menawan Dan Menarik Di Garut
Photo by Google Maps Sidik Triadi

1. Suasana Sejuk yang Menenangkan

Kebanyakan orang sengaja mengunjungi destinasi alam untuk memperoleh ketenangan. Terutama di kawasan Jawa Barat yang secara umum memang terkenal akan udara sejuknya. Memasuki area danau cantik ini, Anda akan dibuai oleh udara yang berembus sepoi-sepoi. Bahkan, hawanya pun cukup dingin untuk memaksa pelancong mengenakan jaket mereka.

Apalagi, terdapat area perkemahan di titik km 1 dari danau. Di sini, Anda akan menjumpai hutan pinus dengan keasriannya yang khas. Biasanya, suhu udara di Situ Cibeureum sekitar 18 derajat Celcius, cukup rendah bukan?

Itulah mengapa, kesejukan siap menyambut dan menggugurkan kelelahan yang Anda rasakan setelah menjalani rutinitas harian. Disarankan untuk berkunjung di akhir pekan saat berlibur agar dapat benar-benar rehat dari pekerjaan. Bagaimanapun juga, jangan sampai Anda tetap memikirkan beban kerja ketika seharusnya sedang asyik berwisata.

2. Luasnya Danau

Luasnya danau juga layak dijadikan sebagai alasan untuk mengunjungi Kamojang. Suasana air yang tenang dan tampak jernih bisa menjadi sarana healing terbaik. Air di danau akan tampak berkilauan ketika ditimpa cahaya matahari sehingga menghasilkan lanskap yang sungguh eksotis.

Sayangnya, danau menawan ini perlahan mengalami penyempitan akibat ditumbuhi oleh tanaman air di bagian permukaannya. Meski begitu, secara visual masih tetap akan memberikan pengalaman menawan bagi Anda, dibandingkan hanya sekadar duduk di rumah sambil menunggu jadwal kuliah atau kantor selanjutnya.

Pastikan Anda menikmati waktu-waktu liburan atau akhir pekan dengan berkunjung ke sini agar bisa merasakan suasana yang agak berbeda. Khususnya bagi para pecinta destinasi air atau punya keinginan untuk berenang, sangat bagus untuk memuaskan keinginan bermain air di Situ Cibeureum.

Wisata Alam Situ Cibeureum Yang Sejuk Dan Mempesona Di Garut
Photo by Google Maps Angga Setiawan

3. Dikelilingi Hutan

Ingin memperoleh sensasi seperti berpetualang namun tetap dengan suasana aman? Tempat eksotis di kawasan Kabupaten Garut ini layak untuk aktivitas tersebut. Dari berbagai arah sejauh mata memandang, Anda akan mendapati pepohonan rimbun dan subur. Kayu-kayu berukuran sedang setinggi satu sampai dua meter memenuhi sekelilingnya.

Sejak tiba di pintu gerbang utama hingga menuju danau lalu ke area perkemahan, Anda akan disuguhi pepohonan. Bagi para penyuka petualangan namun tidak cukup kuat untuk mendaki pegunungan, cobalah untuk beralih ke ikon Kamojang ini. Meski hutannya tidak begitu lebat sampai terkesan menakutkan, tetapi lumayan menantang.

4. Pinus

Selain aromanya yang khas, kehadiran pohon-pohon pinus juga menciptakan kesan tersendiri bagi para pelancong. Batangnya yang tinggi dan cenderung kecil, tetapi daunnya estetis rasanya cukup menggoda untuk dijadikan tempat persinggahan.

Anda bisa beristirahat di bawah perlindungan pinus ketika merasa lelah atau sekadar menikmati udara sekitar. Apalagi, kondisi tanahnya juga dipenuhi rerumputan sehingga tidak akan terlalu mengotori celana meski duduk tanpa alas.

Pada dasarnya, pohon-pohon pinus ini dirawat untuk tetap membuat suasana destinasi tetap terjaga. Dari ukuran suhunya, suasana alaminya, hingga kelestarian yang dijadikan daya tarik utama. Dengan begitu, datang ke Situ Cibeureum tidak akan membuat para pelancong menyesal dan bahkan, ingin kembali lagi.

5. Rute ala Off-road

Sudah pasti tujuan Anda berkunjung ke sini bukan karena hendak menikmati wahana off-road. Namun, bagi para pecinta tantangan, rute perjalanan dari gerbang utama menuju danau cukup menggelitik untuk ditaklukan.

Meskipun medannya bukan tanah sepenuhnya, tetapi tidak bisa juga dikatakan mulus. Pastinya, itu tetap butuh perjuangan untuk bisa dilewati terutama ketika membawa kendaraan sendiri. Dari pepohonan tinggi, udara dingin, hingga medan yang tidak mudah, semuanya siap menemani perjalanan Anda.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Lokasi Wisata Alam Situ Cibeureum Garut
Photo by Google Maps Cong On

Arahkan kemudi kendaraan Anda ke Kabupaten Garut di Kecamatan Samarang agar bisa melihat danau yang eksotis. Setidaknya Anda perlu melewati perjalanan sejauh 20 km dari pusat Kota Garut di mana suasananya tak kalah menarik.

Setelah melewati Jalan Samarang, Anda harus mengambil arah ke pertigaan Kamojang untuk menuju Desa Sukakarya. Sebelum benar-benar tiba di lokasi Situ Cibeureum, pelancong akan menemukan Puncak Barabon terlebih dahulu.

Tidak ada kendaraan umum yang langsung berhenti di lokasi danau eksotis ini, melainkan hanya berhenti di pertigaan rute Samarang dan Kamojang saja. Jadi, sebaiknya pakai kendaraan pribadi terutama karena lebar jalannya baru didesain untuk dilewati sebuah mobil. Belum lagi, medannya yang tidak mulus mengharuskan Anda untuk berhati-hati.

Bahkan, sebenarnya meskipun Anda memiliki mobil, tetapi belum lincah mengemudi, sebaiknya manfaatkan motor saja. Pasalnya, rute menuju destinasi tampak seperti medan off-road di mana tidak semua jenis mobil bisa menaklukan perjalanan tersebut. Cara paling aman, gunakan motor sebagai kendaraan utama.

Harga Tiket Masuk Situ Cibeureum

Tiket Masuk Di Wisata Alam Situ Cibeureum Garut
Photo by Google Maps Cong On

Jika hendak menikmati keindahan Situ Cibeureum, setidaknya Anda harus membayar biaya retribusi senilai Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Tiket masuknya dipatok seharga Rp 10.000 per kepala, sementara sewa parkir mobil Rp 5.000 dan motor Rp 2.000.

Semua tarif tersebut belum include biaya perkemahan di mana Anda harus membayar Rp 10.000 lagi jika ingin memanfaatkan fasilitas kemah. Selain itu, tidak ada lagi biaya tambahan kecuali kebutuhan pribadi seperti makan.

Adapun jadwal operasional area konservasi hijau ini bisa Anda datangi sepanjang hari dalam satu pekan. Dikelola selama 24 jam penuh, itu memungkinkan wisatawan untuk sekaligus berkemah.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Di Wisata Alam Situ Cibeureum Garut
Photo by Facebook Muhammad Wahib

1. Renang

Sayang jika berkunjung ke Situ Cibeureum lalu sengaja melewatkan renang, padahal kondisi danaunya amat jernih. Anda bisa menghabiskan waktu dengan menyelami danau atau sekadar berendam di dalamnya.

Namun demikian, selalu pastikan diri Anda berhati-hati karena kondisi separuh permukaannya ditumbuhi oleh tanaman air. Sebagaimana pengetahuan umum, biasanya tanaman air berukuran kecil tetapi cukup kuat untuk membuat Anda kesulitan bergerak jika sudah telanjur terlilit.

Sebelum mulai menikmati suasana sejuk khas air tawar, sebaiknya amati lebih dahulu kondisi sekitar. Berenanglah di tempat di mana banyak wisatawan lain juga bermain di sana. Hindari mengambil space yang terlalu menyendiri karena itu bisa berbahaya. Sulit bagi orang lain untuk mengambil tindakan dengan cepat jika terjadi hal tak diinginkan.

Aktivitas Menarik Lainnya Di Wisata Alam Situ Cibeureum Garut
Photo by Facebook Maiza Meka

2. Piknik

Bawa alas duduk seperti tikar dari rumah Anda, lalu gelar di atas rerumputan hijau di kawasan konservasi Situ Cibeureum ini. Jangan lupa pula untuk menyiapkan perbekalan dari rumah agar suasana liburannya semakin kental. Ajak keluarga terkasih atau kawan-kawan karib sehingga bisa bersenang-senang bersama.

Adapun soal lokasi piknik, Anda bisa memilih di antara pohon-pohon pinus, di tepi danau, hingga di area khusus perkemahan. Namun, jika enggan mengeluarkan biaya tambahan, sebaiknya hindari fasilitas khusus perkemahan.

3. Berkeliling

Lebih suka petualangan dan bergerak? Coba kelilingi area lestari ini untuk memuaskan rasa ingin tahu Anda. Kunjungi tempat-tempat yang mungkin jarang disadari pesonanya oleh wisatawan lain.

Anda bisa sambil berburu foto ketika sedang menjalani aktivitas semacam ini, jadi jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan fotografi memadai. Temukan momen-momen eksklusif yang jarang disadari oleh kebanyakan pengunjung lain.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Situ Cibeureum

Fasilitas Di Wisata ALam Situ Cibeureum Garut
Photo by Google Maps Zamil Abdul aziz

Fasilitas di Situ Cibeureum sudah cukup layak untuk membuat Anda betah menghabiskan waktu berlama-lama di sini. Dari warung makan, toilet, hingga musala untuk beribadah, semuanya sudah disediakan oleh pihak pengelola. Anda tinggal memanfaatkannya saja sebaik mungkin.

Dalam hal pengalaman visual, area konservasi ini juga tidak akan mengecewakan. Dana yang luasnya membuat kesan lapang, pepohonan hijau di berbagai sudut, hingga rumput merambat dengan kemudahan mencari alas duduk bagi pelancong. Kondisi yang lestari ini justru menjadi daya pikat tak terbantahkan.

Belum lagi, wisatawan juga difasilitasi untuk melakukan piknik atau perkemahan minimal satu malam. Ada area khusus yang didesain guna memenuhi kebutuhan tersebut, di mana Anda hanya perlu menyiapkan perlengkapan secara mandiri saja. Oleh karena itu, manfaatkan waktu seoptimal mungkin ketika berada di sini.

Situ Cibeureum mungkin bukan destinasi danau pertama yang bisa memukau Anda. Namun tempat ini, jelas menyajikan keunikan tersendiri dengan segala daya tariknya. Dengan demikian, pelancong akan dibuat betah hingga tanpa sadar waktu telah berlalu.