Situ Bagendit digadang menjadi destinasi ekowisata kelas dunia di Garut, Jawa Barat. Kehadiran danau yang menyimpan banyak kisah legenda dibalik proses pembentukannya, menjadikan kawasan situ ini menjadi alternatif liburan menyenangkan para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamukti, Kec. Banyuresmi, Kab. Garut, Jawa Barat.

Destinasi wisata air Situ Bagendit Garut yang berada di Jawa Barat memiliki julukan Swiss Van Java karena pemandangan alamnya yang menggugah siapapun yang berkunjung kesana. Menjadikan kawasan ini sebagai agenda liburan panjang bersama keluarga adalah solusi terbaik bagi Anda yang senang dengan panorama keindahan alam. Ingin tahu lengkapnya? Berikut ulasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Bagendit

Daya Tarik Situ Bagendit
Image Credit: Google Maps (Annisa Listiana)

Tempat ini merupakan kawasan wisata yang menonjolkan keindahan danau alami yang tidak hanya dikelilingi oleh pemandangan indah dari pegunungan dan juga persawahan. Tetapi nyatanya, pada kawasan Situ Bagendit terdapat juga legenda yang hidup di dalam destinasi wisata yang satu ini.

Kisah yang beredar, di ceritakan tentang sosok Nyai Endit yang dikabarkan tenggelam bersama hartanya karena Nyai Endit kerap kali berbuat kikir. Terlepas dari mitos atau fakta dari cerita tersebut, danau cantik ini tetap menjadi primadona wisatawan yang berasal dari Garut maupun luar kota Garut.

Selain dijadikan sebagai destinasi wisata, kawasan ini juga kerap kali dijadikan sebagai tempat menggelar acara. Adapun beberapa acara tersebut adalah kegiatan pagelaran budaya. Ditambahkan lagi adanya upacara bendera di hari kemerdekaan Indonesia yang dengan sukses diselenggarakan di Situ Bagendit.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Situ Bagendit

Alamat Situ Bagendit
Image Credit: Google Maps (Harry Hermawan)

Kawasan wisata yang berada di Jawa Barat terletak di Banyuresmi Kota Garut. Untuk akses menuju kawasan objek wisata sudah cukup bagus dan memadai. Rute sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Bagi wisatawan yang hendak datang berkunjung bisa juga menggunakan jasa angkutan umum yang mudah ditemui.

Beruntungnya, di tempat ini sudah tersedia angkutan umum dari terminal Garut Kota dengan jurusan Leuwigoong. Selain itu, ada juga angkutan umum berwarna oranye dengan jurusan Terminal ke Mengger. Jarak tempuh untuk sampai di lokasi ini jika dilalui dari Terminal Garut membutuhkan waktu kisaran 40 menit.

Pengunjung yang berasal dari Jakarta bisa memanfaatkan transportasi kereta melalui stasiun Pasar Senen. Dari stasiun Pasar Senen naik kereta rute Jakarta Pasar Senen dan turun di stasiun Cibatu atau Serayu. Selanjutnya Anda bisa naik angkot jurusan Malangbong ke Terminal Guntur. Lalu naik angkot jurusan Terminal Guntur Limbangan dan turun di Situ Bagendit.

Sebelum menikmati keindahan danau hits di Garut, wisatawan diharuskan terlebih dahulu membayar tiket masuk. Biaya tiket per orangnya yakni sekitar 5 ribu saja. Bagi yang berkunjung dengan menggunakan mobil pribadi, akan dikenakan biaya parkir mobil kisaran 7 ribu. Sedangkan motor diberi tarif parkir hanya 5 ribuan, dan untuk bus yakni kisaran 15 ribu.

Jam operasional destinasi wisata air yang berada di Garut ini yaitu mulai pukul 7 pagi hingga sampai 5 sore dan buka setiap hari. Jadi tidak perlu khawatir untuk yang ingin berkunjung saat akhir pekan, sebab kawasan wisata Situ Bagendit Garut buka setiap hari. Dengan begitu, Anda bisa puas menikmati liburan dengan panorama alam yang menjanjikan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Situ Bagendit

Aktivitas di Situ Bagendit
Image Credit: Google Maps (Faz Pain)

1. Menikmati Pemandangan Alam

Sepanjang jalan menuju area wisata, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan asri. Danau yang berlokasi pada kecamatan Banyuresmi ini memang berada di tengah kawasan pedesaan. Maka tidak heran apabila di sekelilingnya terdapat banyak hantaran sawah dan juga hijaunya perkebunan milik warga setempat.

Selain itu, pemandangan yang dapat Anda nikmati juga lukisan pegunungan yang berdiri tegak di kejauhan. Kerap kali ditemui bahwa banyak orang yang sengaja jogging ataupun berolahraga sepeda ke kawasan ini sembari menikmati sejuknya udara segar dipagi hari yang disajikan oleh pesona pegunungan.

Apabila Anda sudah melihat hamparan danau, pemandangan yang ditawarkan juga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Pada beberapa sudut danau ditemui beberapa kumpulan tanaman teratai dan juga eceng gondok yang tidak jarang dimanfaatkan warga sekitar untuk pembuatan kerajinan tangan ataupun cindera mata.

Kawasan yang berada di sekitar danau ini tidaklah terhalang dengan apapun kecuali gunung. Dengan begitu kawasan ini akan sangat cocok dinikmati saat matahari terbit ataupun terbenam. Sangat sesuai dengan para wisatawan yang suka mencari spot foto dengan mengandalkan panorama matahari yang tidak kalah menarik.

2. Berkeliling Danau

Agar dapat menikmati keindahan Situ Bagendit secara keseluruhan, pengunjung juga bisa mencoba berbagai macam wahana permainan air yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Terdapat rakit, sepeda air dan juga perahu yang bisa dinaiki seorang diri maupun bersama sama dengan sahabat atau keluarga yang menemani waktu liburan Anda.

Harga yang harus dipersiapkan apabila hendak menaiki wahana air seperti rakit, akan dipatok harga sewa kisaran 25 ribu dengan penggunaan rakit kurang lebih selama 15 menit. Untuk yang ingin mencoba wahana sepeda air yang tidak kalah seru dan menyenangkan, Anda harus membayar biaya sewa kisaran 10 ribu.

Jika sudah sampai di tengah danau selepas menaiki wahana, pengunjung dapat beristirahat sejenak di warung terapung yang berada di tengah danau. Beberapa warung makan yang bisa Anda temui di akhir pekan ini memang sengaja dibuat di atas rakit dengan lokasi warung berada area danau Situ Bagendit Garut.

Menikmati santapan ditengah danau sambil ditemani sepoi sepoi angin pasti menjadi kesan tersendiri ketika Anda berkunjung di kawasan wisata ini. Sambil menyantap, melihat keindahan danau akan membuat aktivitas makan semakin semangat bahkan tidak ingin cepat cepat beranjak dari warung apung.

Warung sederhana yang terdapat di sekitar danau ini memang sengaja didirikan di tengah hamparan danau yang luas. Selain sebagai daya tarik wisatawan yang datang berkunjung, pihak pengelola juga ingin memperlihatkan indahnya alam yang tersaji di danau eksotis ini.

Namun ada satu hal yang bisa dijadikan sebagai inspirasi ketika hendak menikmati wahana air serta pemandangan di tengah danau Situ Bagendit, yaitu wisatawan disarankan untuk datang saat sore hari. Cara ini bisa dilakukan agar Anda tidak terkena sengatan panas matahari saat sedang menikmati wahana.

Ketika sedang berada di kawasan danau, tidak jarang wisatawan juga melihat banyak warga yang beraktivitas di sekitar area. Aktivitas yang biasanya dilakukan warga yaitu memancing ikan. Selain difungsikan sebagai tempat berwisata, danau ini juga dijadikan sebagai lahan mata pencaharian warga setempat.

3. Aktivitas di Pinggiran Danau

Setelah puas menikmati wahana air yang memberikan pengalaman yang menarik, wisatawan diperbolehkan untuk berjalan jalan di sekitar danau. Akan lebih baik lagi apabila Anda membawa bekal makanan sendiri untuk dapat disantap pada beberapa gazebo ataupun saung yang bisa disewa sebagai tempat bersantai.

Tidak perlu khawatir si kecil tidak dapat menikmati wahana wisata disini, sebab pada kawasan Situ Bagendit Garut terdapat pula wahana permainan anak. Seperti adanya kereta mini, pemancingan mini, trampolin dan juga kolam bola beserta seluncuran yang paling banyak digemari oleh anak anak.

Menambah kreatifitas anak juga bisa dilakukan ditempat ini. Pasalnya pihak pengelola ekowisata ini juga menyediakan media untuk mewarnai yang bisa dilakukan oleh si kecil. tidak usah khawatir untuk biayanya, karena Anda hanya perlu membayar kisaran 10 ribu saja untuk kegiatan menyenangkan ini.

Meskipun beberapa wahana anak tidak berbahaya, namun ada baiknya disarankan untuk para orang tua agar terus mengawasi si kecil saat sedang bermain. Terutama saat diakhir pekan, diketahui bahwa pengunjung danau menawan ini bisa lebih membludak dari biasanya. Oleh karena itu, berikan pengawasan yang lebih ketat untuk mencegah hal tidak diinginkan terjadi.

Aktivitas Menarik di Situ Bagendit
Image Credit: Google Maps (Sumarna)

4. Hunting Foto

Melakukan kegiatan wisata tidak akan sempurna apabila tidak berfoto di kawasan wisata tersebut. Sama halnya dengan Situ Bagendit, Anda bisa mengabadikan foto dengan latar pemandangan danau yang rupawan. Berpose saat berada ditengah danau atau melakukan piknik di pinggir danau juga menjadi kegiatan seru dan tidak terlupakan.

Terlepas dari pemandangan danau, wisatawan juga akan dimanjakan dengan beberapa area yang sudah ditata rapi dan menarik untuk dijadikan sebagai tempat berfoto. Adapun diantaranya seperti jembatan menuju Taman Hutan Bagendit. Yang mana pada jembatan tersebut dihiasi dengan terowongan besi yang memiliki bentuk persegi serta susunan asimetris yang unik.

Disamping itu, ada juga beberapa kawasan jajaran toko yang berada tidak jauh dari gerabng masuk. Pada area tersebut sudah dipercantik dengan beragam dekorasi payung yang diganti secara berkala. Dengan begitu maka Anda bisa menikmati keindahan warna warni dekorasi payung untuk dijadikan sebagai spot foto.

Bagi Anda yang gemar fotografi, memotret beberapa spot danau serta dekorasi hiasan yang terdapat pada area wisata Situ Bagendit bisa menambah koleksi foto yang sudah Anda miliki. Tentunya akan sangat pas untuk hasilnya dipertontonkan di sosial media agar semakin banyak pengunjung yang datang di kawasan ini.

5. Memancing Ikan

Bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing, disini Anda bisa melakukan aktivitas memancing secara gratis dan sepuasnya. Beberapa jenis ikan yang kerap kali ditemui disini yakni ikan nila dan juga ikan gabus. Saat memancing disarankan pula untuk menggunakan umpan dari lumut sawah.

Untuk mendapatkannya pun tidak perlu repot atau membawa umpan sendiri dari rumah. Disekitar area pemancingan pun sudah banyak pedagang yang menjual umpan lumut sawah. Dengan begitu pengunjung akan dimudahkan untuk melakukan kegiatan memancing di pinggiran danau.

Fasilitas Penunjang yang Tersedia di Situ Bagendit Garut

Fasilitas di Situ Bagendit Garut
Image Credit: Google Maps (Rifky Fadillah)

Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu takut kerepotan mencari lahan parkir. Sebab di kawasan destinasi Situ Bagendit sudah menyediakan lahan parkir yang luas serta buat untuk berbagai macam kendaraan. Baik itu motor, mobil, dan juga bus pariwisata sekalipun.

Fasilitas penunjang lainnya yang bisa Anda rasakan yakni toilet yang bersih dan memadai, mushola, serta beberapa jajanan kios makanan. Tidak lupa juga untuk yang ingin memberikan buah tangan untuk kerabat dekat, beberapa kios sekitar juga menjual cinderamata yang cantik dan indah.

Demikian ulasan seputar kawasan wisata Situ Bagendit yang berada di Garut, Jawa Barat. Jadikan kawasan ini sebagai tempat wisata bersama keluarga adalah pilihan yang tepat. Selain dari pemandangan alam yang menggoda, adanya wahana air yang menyenangkan bisa dijadikan alternatif berlibur untuk memberikan kesan liburan yang tidak terlupakan.